Celoteh Seorang Mahasiswa Baru

12 Juni 2012 Akhirnya tanggal 12 Juni datang juga. Sejak pengumuman hasil SNMPTN dua minggu seb...


12 Juni 2012

Akhirnya tanggal 12 Juni datang juga. Sejak pengumuman hasil SNMPTN dua minggu sebelumnya, satu yang kutunggu tunggu adalah hari ini. Kenapa? Pasalnya ini bakal jadi hari yang penting banget buat aku. Kalo sebelum hari ini jam sebelas aku masih disebut “calon mahasiswa” beda dengan setelah keluar dari kantor DAA alias Direktorat Administrasi Akademik. Acara hari ini dimulai dari pukul tujuh pagi. Ya walaupun dimulai pukul tujuh tapi kan aku harus nglaju dari Magelang. Alhasil berangkat dari rumah sejak jam enam kurang. Takutnya kalo mepet-mepet malah telat jadinya.

menurut info ini foto tahun lalu haha


Memasuki bunderan UGM. Wow, rame banget. Selain karena hari ini ada agenda registrasi sama tes TOEFL bagi yang udah ketrima di kampus biru ini mungkin karena hari ini juga bertepatan dengan tes SNMPTN bagi yang mengambil jalur tertulis. Jadilah sepanjang jalan sampai di tempat ini saja sudah perjuangan. Jogja crowded banget, rame, padahal masih pagi, seperti bukan Jogja pokoknya.Memasuki bunderan UGM, lurus, mentok belok kiri terus nemu deh backdrop bertuliskan “SELAMAT DATANG INTELEKTUAL MUDA UNIVERSITAS GADJAH MADA” biasa banget sih sebenarnya, tapi bagiku itu luar biasa. Kaya percaya nggak percaya, eh aku udah lulus SMA, eh aku sekarang disebut intelektual muda kampus ini, eh aku bisa kuliah disini tanpa tes. Rasanya kalau ingat hal ini rasanya pengen nyium Alloh deh, makasih banget, syukur banget, dikala yang lainnya lagi susah berjuang ujian SNMPTN eh aku sudah dapat undangan untuk pembekalan sebagai mahasiswa baru di Grha Sabha Pramana UGM.

Sampai di depan GSP langsung langak longok nyari tempat parker yang kosong. Karena yang datang ribuan jadi ya penuh banget. Akhirnya parker di dekat pintu keluar. Terus mlongo liat banyaknya orang yang duduk duduk di tangga GSP. Ada yang maba juga tapi banyak juga yang orang-orang tua. Terus aku naik mendekati pintu masuk GSP, wow kayak mau nonton konser Lady Gaga, rameeeeeeenyooooooooo. Aku sempet ngomong sama Lilis dan Bhela kalau missal hari ini kita nyambi jadi copet pasti banyak dapetnya. Habis desak-desakkan banget. Di sana juga ketemu banyak temen-temen SMP, udah kayak reuni dadakan gitu.

ini dia GSP


Pukul tujuh lebih dikit pintu utama pun dibuka. Sekarang kembali desak-desakan ngantri untuk absen sebelum masuk ke ballroom GSP. FISIPOL penuh banget antriannya, maklum sih terdiri dari banyak jurusan jadi ya lebih crowded. Akhirnya udah absen, udah dapet jadwal tetek bengek, udah dapet undangan untuk si mom yang bakal jadi pendamping ospekku habis lebaran nanti. Sekarang langsung masuk GSP. What ternyata sudah ramee banget juga. Sampai-sampai bingung mau duduk mana. Akhirnya duduk di sayap kanan di lantai satu. But enggak PW, mutusin pindah dan naik ke lantai dua. Di sana dapet tempat duduk di sayap kiri, tapi lumayanlah lebih jelas viewnya.

Acara pun di buka oleh si MC. Pembicaranya ada dua tapi lupa siapa deh namanya yang jelas petinggi kampus gitu. Lhah disitu diberi banyak motivasi dan pembekalan how to be a new college student. Ada ucapan pembicara yang cukup menggelitik telingaku sampai-sampi teringat terus. Begini ucapannya “kalian di sini bukan kami yang memilih, tapi kalian yang mencalonkan diri. Di sini kalian punya tanggung jawab atas pilihan kalian karena kalian bukan lagi anak-anak kecil yang nurut saja. Saya yakin kalian di sini juga karena ingin membahagiakan kedua orangtua, maka bersikap dewasalah kalian harus bersyukur memiliki kesempatan untuk belajar di Univ. Gadjah Mada ini karena banyak orang tua di luar sana yang menginginkan anaknya bernasib sebaik anda tapi belum terpenuhi,”
Langsung mikir, iya juga sih ya. Mama aja kemaren pas tahu aku ketrima senengnya bukan main bahkan sampai nangis. Ayah tiriku sampai nadzar syukuran juga, sedangkan ayah kandungku sikapnya langsung berubah juga. Yang tadinya nggak care, pelit, langsung tampak lebih peduli dan ngasih uang mulu hehehehe..

Pukul Sembilan pembekalan usai. Sekarang waktunya registrasi. Karena tes TOEFL-ku masih hari berikutnya dan jadwal registrasiku satu jam-an lagi, aku langsung keluar tuh. Ternyata di luar udah banyak kakak senior yang megangin tulisan sesuai jurusannya agar kita para maba ngikutin mereka. Oke aku dan Lilis harus pisah dengan Bhela karena dia emang beda fakultas sama kita dan udah ketemu sama kakak tingkatnya. Aku sama Lilis langsung muterin Grha Sabha nyari senior berjas krem dengan plakat FISIPOL, tapi sampai muter dua kali nggak ketemu -______-
Udah capek juga, kita mutusin istirahat dan makan. Terus capcus ke DAA. Ternyata oh ternyata, si senior dengan tulisan FISIPOL itu udah ada di sana. Pantes tadi nyari sampai gempor nggak ketemu. Well kita langsung di arahin untuk ngantri nomer registrasi. Baru ngambil nomer aja rameeeeeenya banget banget. Alhasil dapet juga. Nomor berapa coba? 249 -_______- yaampyuuun.

Oh ya di antrian tadi juga ketemu sama temen-temen FISIPOL lainnya. Jadi setelah dapet nomer langsung kita ngumpul dan bareng-bareng ngikutin kakak senior ke stan FISIPOL. Di sana daftar untuk Ospek nanti. Ramah-ramah si senior kami, semoga sampai nanti ospek juga baik-baik ya hehehee.

Nungguin antrian, lama banget baru sekitar jam dua belas lebih akhirnya nomorku pun di panggil. Singkat cerita hari ini semua urusan akhirnya selesai sekitar pukul satu. Terus langsung ke warung ramen untuk makan siang yang telat. Capek banget dan kelaparan akut. Aku dan Lilis Cuma berdua kaya kesetanan saat makan, alhasil jam tiga pun kami baru sampai rumah.

Catatan penting : Hari ini belajar banyak banget, saking banyaknya nggak bisa diceritain karena bingung mau mulai dari mana.





13 Juni 2012

Sumpah hari inib test TOEFL dan malam sebelumnya belum belajar karena kecapean dan tepar. Jam setengah delapan masuk ke ballroom ground tanpa persiapan matang. Yang pasti hanya siap lahir batin dan bawa papan, pensil, serta karet penghapus. Jam delapan tes dimulai dan berakhir pukul setengah sebelas. Sejujurnya test yang terbagi dari tiga section ini aku banyak ngarangnya. Why? Ini pengalaman pertama ikut tes TOEFL juga, hanya untung saja dulu udah ikutan les bahasa Inggris sampe level advanced jadi lumayan ngebantu tuh.

Keluar dari ruang tes disambut lagi oleh kakak kakak senior dengan papan bertuliskan jurusan masing-masing. Sok atuh ngikut si kakak yang bawa tulisan “KOMUNIKASI” kita pun di bawa ke stan kecil beralaskan tikar milik komunikasi. Absen dulu. Di sini lebih ke keakraban gitu. Kenalan, sharing hal-hal seputar kuliah dan dosen, terus guyon juga, enak sih anak komunikasi easy going nggak ribet, nggak serius amat.

Dari komunikasi 12 banyak yang pulang dulu hingga akhirnya menyisakan Sembilan personil yang sepakat mau makan ke SS Sagan. Well, kita pun capcus bareng-bareng makan di sana. Ada insiden menyebalkan jadi tuh di sana lama banget ngelayaninnya. Kebetulan ini kali pertamaku makan di sana dan rasa-rasanya aku langsung kapok juga. Not recommended lahh -_______-

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kangen deh sama suasana Kampus UGM, bersih tanpa puntung rokok. Malamnya lansung ke angkringan minum jahe panas sama makan sate bekicot. Hmmm,,, berkesan banget.

    BalasHapus
  2. betul sekali kak. ayo s2 disini lagi hehe

    BalasHapus
  3. iya, Insya Allah. Pokoknya itu menjadi salah satu mimpiku. Sampai ketemu tahun depan di UGM dengan status yang sudah berbeda, anda bukan lagi maba dan saya bukan lagi mahasiswa S1. Amin

    BalasHapus

Flickr Images