Pertanyaan

Gelisah dan blo'on itulah kesan mahasiswa yang masuk ruang perkuliahan tanpa ada permasalahan dalam otaknya. Entah semua merasakan dem...

Gelisah dan blo'on itulah kesan mahasiswa yang masuk ruang perkuliahan tanpa ada permasalahan dalam otaknya. Entah semua merasakan demikian ataukah hanya aku sendiri yang merasa. Jelasnya aku sering merasa teramat sangat gagal sebagai mahasiswa jika dosen bertanya "ada pertanyaan?" lalu seakan ada perang batin dalam pikiranku. Rasanya ada dua makhlukm antah berantah yang datang dan memakiku. Dia mengataiku, aku ini nggak punya pertanyaan karena aku nggak tahu. Ya bagaimana mau tahu kalau baca buku saja nggak bisa continue. Yang kedua ada pertanyaan-pertanyaan yang lahir dengan sendirinya. Dia mencecarku. Tidak ada pertanyaan itu karena aku sudah tahu? Atau justru karena aku nggak tahu apa apa sehingga tidak tahu apa yang semestinya aku pertanyakan??

Yang jelas aku merasa masih jauh dari mahasiswa semestinya. Harusnya aku ini tanggap, ngerti, dan paling tidak punya kegelisahan tapi bukan gelisah karena tidak punya pertanyaan begini. Yah, pertanyaan menandakan kemampuan, tapi juga ketidaktahuan. Absurd kan??

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images