'Pasar Kangen Jogja', Barangnya Bikin Tambah Kangen

By Erny Kurniawati - 10.44.00

Seperti janjiku semalam, aku akan menceritakan secara khusus salah satu pojok favoritku yang isinya barang-barang kuno. Barang-barang kuno disini berbeda dengan barang kuno yang aku bahas pada posting sebelumnya. Barang-barang disini menurutku lebih berasa sentilannya karena barangnya emang sangat sederhana, sepele, tapi membuat kita bernostalgia. 

Ada satu stand diujung sayap kanan gedung TBY ini. Stand paling akhir yang berisi sesuatu yang benar-benar ciamik. Stand ini memenuhi spacenya dengan lemarin kayu yang tampak jadul beserta isinya berupa gelas-gelas kuno. Bukan itu saja, disini juga ada batik berlukiskan garuda lambang Indonesia. Benda ini tampak berasal dari puluhan tahun silam.
lambang Garuda
Selain itu disini juga ada stiker kuno jaman aku kecil. Aku masih inget dulu stiker ini udah mulai langka dan kini benar-benar udah jadi barang langka. Lalu disini ada juga poster kuno dan poscard jadul yang unik. Kualitas gambarnya benar-benar mewakili dari tahun berapa dia berasal.
ini poster jadulnya

tumpukan kartu pos

Kartu pos Raja dan Permaisuri atau selir ya?? 
Banyak banget kartu pos yang so cute di sini. Letak cutenya sendiri bukan pada gambarnya yang boneka menye-menye, tapi dari tahun kapannya si kartu pos itu diproduksi. Sayangnya sang penjaga stand nggak ngasih tahu ceritanya jadi kami harus puas sekedar lihat-lihat saja.

Selain kartu pos, ada juga yang bagiku cukup menarik, yaitu amplop dan kertas surat untuk bikin surat cinta. Kebayangkan gimana rasany hidup di era surat menyurat. Tanya kabar aja mesti nunggu berhari-hari. Yakali yang nggak LDR, nah yang LDR??? Kalau sekarang sih bales sms bisa dalam hitungan detik. Kangen pacar yang ada di negeri seberang juga nggak harus nunggu surat tiap bulan, cukup klik ikon skype di laptop udah deh konek buat ngobrol 3G-an. 

jadi pengen kirim surat buat Dhimas :3
Over all, stand terakhir ini yang bener-bener paling lama aku kunjungi. Secara barangnya bikin KSBB (Kalingan Sing Biyen-Biyen atau keinget masalalu) banget. Pasar Kangen Jogja masih buka dan sekaligus hari ini hari terakhir.




  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. sejak kapan mulai suka barang kuno mba Erny Kurniawati?

    #Informatif

    BalasHapus
  2. suka aja mas, nggak tahu dari kapan. Tapi kuno itu klasik, unik, fisiknya udah bercerita dengan sendirinya. Menurut saya sih hehehe. tapi belum minat jadi kolektor :D

    BalasHapus
  3. blaik lagi ngerti ana pasar kangen ta? ngertine mung sekaten thok e mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. event-event di Jogja banyak banget lho. Rugi banget kalau tahunya cuma sekaten. Secepatnya aku review event artjog13 :)

      Hapus