'Pasar Kangen Jogja' Bikin Kangen

By Erny Kurniawati - 22.55.00

Beberapa hari ini timeline twitter pribadiku dibanjiri oleh tweetupdate tentang Pasar Kangen Jogja. Pasar Kangen Jogja ini merupakan even yang baru pertama kali dihelat di Jogja. Lokasi even ini ada di TBY (Taman Budaya Yogyakarta) kompleks Malioboro. Even ini cukup menarik untuk berbagai kalangan orang yang tinggal di Jogja.

Pasar Kangen Jogja menjadi ajang unik untuk mengenang masalalu. Pasar Kangen Jogja lebih seperti ajang pameran lukisan, bazaar, dan hiburan. Hanya saja even ini memiliki diferensiasi dari even-even serupa yang sering digelar di Jogja. Even ini lebih fokus menyajikan berbagai pertunjukan yang terkesan baheula (tempo dulu). Lalu nuansa masalalu itu diperkental dengan bazaar yang menyediakan berbagai stand dengan isinya yang unik yaitu, barang-barag masalalu dan juga barang-barang kerajinan.

Ada beberapa stand yang menjajakan barang-barang keramat berupa batu akik, keris, dll. Ada juga stand yang menyediakan perlengkapan bersepeda ontel ala jaman dulu. Ada wayang dari kertas karton, ada buku-buku  dan kaset jadul jadul. Ada kartu pos-kartu pos unik dan banyak barang antik lainnya.
judul lukisan : GALAU


numpang narsis dikit dan gak sadar kalau dandanan hijabnya ancur
Keluar dari gedung utamanya TBY kita bakal langsung nemuin jajaran bazaar barang-barang antik nan unik yang udah aku sebutin tadi. Barangnya benar-benar ngajakin pikiran kita buat nostalgia. Banyak buku-buku jaman dulu yang keliatannya udah nggak berguna, tapi punya nilai jual karena keunikannya. Kaset-kaset tape jaman dulu, dan masih banyak lagi. Ada juga penjual barang antik seperti telepon putar, mesin ketik, dll.


unik kan :')
Bukan itu saja, di Pasar Kangen ini ada juga penjual pernak-pernik handmade. Benar-benar bikin ngiler, barangnya lucu-lucu. Sayangnya aku nggak tertarik beli, tapi justru tertarik buat bikin barang kaya gitu sendiri. Tentunya biar aku bisa nyampurin unsur-unsur yang aku banget.
aksesoris handmade
pouch motif 'buto' means raksasa :)
ini stand favoritku banyak handmade yang super unyuu

laris manis
Sebenarnya masih ada satu spot lagi yang wajib aku bahas, tetapi karena kupikir spot itu bakal banyak aku ceritai jadi mendingan aku posting besok aja. Spot terakhir nanti bener-bener bikin kangen dengan masalalu. Barang-barang yang dijual unyu-unyu dan mancing pikiran kita buat bernostalgia. Ehm, biar penasaran dan tetep baca, akan aku bahas selengkapnya besok. 

Pasar Kangen Jogja ini benar-benar even yang menurutku antimainstream. Ide dari penyelenggara benar-benar top karena bisa menampilkan suatu pameran yang tidak seperti kebanyakan. Pamerannya lebih mengajak para pengunjung untuk menengok ke masalalu dan uniknya cara mereka memancing ingatan kita hanyalah dengan benada-benda yang sepele. Pasar Kangen emang bikin Kangen.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar