Beauty: Ceritaku Seputar Naava Green Skin Care

By Erny Kurniawati - 15.27.00

Kalau kalian tinggal di Jogja, pasti bakal nggak asing melihat baliho besar di kanan-kiri jalan atau di dekat tiang lampu apill berisi foto dua mbak cantik dan satu mas ganteng serta tulisan Naava Green. Skin care yang masih terhitung baru ini memang gencar sekali promosinya. Mereka mengusung konsep "murah dan alami". Hal ini dapat dilihat dari segi harga produknya serta fasilitas yang dijanjikan. Meskipun murah, namun skin care ini tidak menampilkan image murahan. Bisa dikatakan tidak murahan karena dari segi pelayanannya pun oke, gedung dari skin care ini juga nyaman, produknya pun sudah jelas terdaftar di BPOM, dan sudah bersertifikat HALAL MUI. Beberapa hal tersebut yang pada akhirnya meyakinkan saya untuk menjatuhkan pilihan pada skin care yang satu ini.

Baca juga: Review Acne Serum Treatment & Body Brightening Scrub Naavagreen
nah itu foto ikonik 2 mbak, 1 mas. hehe. source


Sebelumnya saya belum pernah melakukan perawatan kulit di skin care tertentu, jadi bisa dibilang Naava Green ini merupakan skin care saya yang pertama kali. Awal saya memutuskan untuk merawat kulit dengan Naava Green skin care adalah ketika saya ternyata enggak cocok dengan krim pagi dan malamnya Wardah Lightening. Sedikit cerita, saat itu sudah kali kedua saya membeli Wardah day & night cream. Namun, kali kedua ini bukan karena repurchase melainkan pada saat pertama kali saya mencoba produk ini kulit saya ternyata tidak cocok. Kala itu saya masih duduk di kelas 2 SMA yaitu sekitar tahun 2010. Entah karena emang nggak cocok atau karena kulit saya masih terlalu dini buat diberi krim semacam itu karena setelah pemakaian Wardah Lightening day & night cream, muka saya justru timbul jerawat dan parahnya di daerah dagu dan pinggir bibir saya sering luka serta pecah-pecah yang membuatnya perih. Padahal saat itu saya tidak memakai krim tersebut di area pinggir bibir. Nah dari situlah saya menghentikan pemakaian Wardah Lightening day & night cream. Kemudian saya berpindah ke paket Wardah  Acne Series (saran dari mbak BA). Saya memakai rangkaian anti acne ini cukup lama. Kalau tidak salah sampai saya lulus SMA dan masuk kuliah yang berarti sekitar setahun setengah.
Di awal menjadi mahasiswa, muka saya sudah jarang jerawatan. Paling jerawat saya nongolnya di dagu dan di sela-sela antara bibir dan hidung saat PMS. Kedua tempat itu sudah tempat favorit jerawat pada nangkring. Karena sudah lumayan aman dari jerawat, saya pun kembali pada Wardah Lightening day & night cream. Alasan saya saat itu cukup simpel yaitu pengen memudarkan bekas noda jerawat dan mencerahkan kulit wajah karena waktu jadi maba (mahasiswa baru) kan kulitku jadi kucel habis ospek, makin parah saat melihat senior di kampus yang wajahnya pada koinclong tanpa noda. Hijrahlah saya pada krim pemutih yang pernah saya pakai dan tinggal beberapa waktu lalu dengan ekspektasi yang lumayan tinggi.

Pemakaian Wardah Lightening day & night cream kali ini tidak menimbulkan masalah seperti saat pemakaian pertama dulu, akan tetapi entah kenapa saya merasa krim ini berat di muka. Alih-alih untuk mencerahkan, saya justru merasa krim ini menambah kusam kondisi kulit saya. Entah memang benar membuat kusam atau karena saya sering lupa pakai night creamnya, tapi yang jelas saya kurang cocok sama krim ini. Tidak sampai habis (bahkan krim malamnya sampai sekarang masih cukup penuh), saya meninggalkan krim ini dan saya hanya mengandalkan sunblock saja buat merawat kulit saya -_____- hingga pada akhirnya sekitar lima bulanan lalu saya menjatuhkan pilihan pada produk Naava Green ini.

Kenapa Naava Green?


Pertama kali lihat baliho Naava Green saya langsung underestimate. Banyak skin care di kota pelajar ini, tapi kenapa Naava Green ngasih harga yang segitu murahnya? Apa aman? Apa asli? Jangan-jangan nggak berkualitas? Yang jelas banyak pertanyaan yang hadir di benak saya hingga suatu ketika saya ngobrol dengan teman yang bermasalah dengan jerawat. Kala itu jerawatnya yang selalu menghiasi wajahnya sedikit berkurang dan mengering. Saya pun bertanya apa resepnya kok muka dia tambah bagus kondisinya. Tanpa diminta dia menjelaskan perawatan yang sedang dia lakukan untuk menjinakkan jerawat di wajahnya. Dia mengaku sedang melakukan perawatan di Naava Green. Mungkin karena cukup puas dengan hasilnya, dia pun berhasil meracuni saya hingga akhirnya saya juga memilih skin care ini membantu merawat kulit wajah saya agar lebih cerah dan bersinar.

Alasan kedua saya memilih Naava Green adalah harganya. Sebelumnya saya memang meragukan, tetapi kemudian saya melihat hasil di wajah teman saya akhirnya stigma negatif soal harga murah sama dengan murahan itu perlahan luntur dari pikiran saya. Saya justru berpikir kalau harganya semahal Natasha, LBC, dan Erha Clinic malah sudah dipastikan saya nggak mampu perawatan disana. Secara saya ini mahasiswa yang belum berpenghasilan. 
source


Alasan ketiga adalah tempat Naava Green ini berada. Lokasinya lumayan dekat dari kampusku di UGM (Naava Green ada di Jl.Cendrawasih, Komp.Colombo no 5 Yogyakarta kompleks distro-distro ) dan gedungnya pun lumayan bagus (ex. Natasha Skin Care), dan komposisinya yang katanya terbuat dari bahan-bahan alami animal free

Lalu yang terakhir adalah sudah terdaftar di BPOM RI. Kenapa hal ini penting tapi jadi alasan terakhir saya milih Naava Green? Tidak lain dan tidak bukan karena saya belum sadar akan pentingnya ngecek produk ini sudah terdaftar atau belum. Jujur saja, saya mulai sadar soal komposisi dan terdaftar di BPOM RI itu baru beberapa bulan terakhir setelah saya sering blogwalking di rumah para beauty blogger. Telat banget ya? Iya, tapi syukur saya nggak pernah tertarik dengan krim gajebo karena dipikiran saya dari dulu saya cuma mau beli produk yang emang udah jelas merk-nya bukan semata murah dan banyak peminatnya.
ada sertifikasi halalnya :) Alhamdulillah yaa source


Oh iya soal sudah terdaftar di BPOM RI tersebut pernah saya buktikan dengan mengecek di website resminya BPOM. Selain itu saya yang penasaran dengan sertifikasi produk ini halal atau tidak terjawab saat berkunjung ke website resminya naavagreen.com dan saya makin yakin dengan skin care satu ini karena sudah resmi terdaftar dan bersertifikat HALAL MUI.

Lalu, apa yang kamu rasakan setelah memakai produk Naava Green?


Awal pemakaian produk Naava Green kulit saya tidak bereaksi apa-apa seperti mengelupas, jerawatan, terasa perih, atau pun panas. Produk yang pertama kali saya beli adalah day & night cream serta toner. Saya tidak membeli facial wash karena saat itu facial wash Wardah saya masih dan dokter bilang nggak masalah kalau facial washnya nggak dari produk mereka. Ketiga produk itu saya pilih setelah saya konsultasi dengan dokternya. Selain gratis, konsultasi dengan dokter di Naava Green ini tidak berakhir pada pemaksaan membeli produk sepaket atau pun melakukan perawatan seperti peeling dan  facial. Dokter hanya memberi saran dan mengembalikan pilihan kita untuk memilih apa tanpa memaksa. Saya suka yang seperti ini karena nggak seperti skin care yang lainnya.

Beberapa saat setelah pemakaian kulit saya terasa lebih sehat, cerah, halus, dan tidak pernah jerawatan. Catatan penting yang membuat saya bertahan pada produk Naava Green adalah efeknya yang tidak bombastis seperti langsung putih, kulit jadi keliatan lebih tipis, dan juga ketergantungan. Semua hal itu tidak saya rasakan bahkan efek yang diberikan pun tidak datang secara instan. Jadi buat yang pengen ke skin care dengan alasan pengen mukanya jadi putih dan berubah dengan cepat, Naava Green tidak menjawabnya.

Meskipun tidak memberikan efek yang cepat, tetapi justru itulah yang saya sukai. Itu artinya kandungan kimianya tidak begitu banyak. Selain itu tujuan saya memilihnya memang bukan untuk memutihkan, tapi untuk menyehatkan kulit dan mencerahkan. Kalau soal jerawat hilang itu saya kurang tahu apakah efek dari produk tersebut atau memang jerawat udah stop di kulit saya sebab, kulit saya memiliki riwayat yang cukup baik untuk jerawat. Saya hanya jerawatan saat PMS atau stress yang mengakibatkan saya begadang dan jerawat paling parah yang saya alami yaitu saat awal masa puber yang konon katanya itu merupakan efek dari hormon tubuh yang sedang bergejolak di masa itu. Saat masa puber pun jerawat saya tidak terlalu banyak.

Kemudian kabar yang paling baik adalah saya tidak ketergantungan dengan produk Naava Green. Saya sering tidak memakai day & night cream-nya ketika saya hanya beraktivitas di rumah tanpa pergi kemana-mana. Hal tersebut saya lakukan sebagai wujud cinta saya buat kulit agar bisa beristirahan dari timpaan produk skin care. Hasilnya, saya tidak mengalami perubahan apapun meskipun tiga hari berturut-turut nggak pakai day & night cream. Itulah yang membuat saya tidak ragu untuk meneruskan perawatan kulit dengan produk mereka. 
ini mukaku sebelum(kiri) dan (sesudah) pake produk perawatan Naava Green. Nggak begitu beda jbentuauh apalagi dalam bentuk foto.


Dari serangkaian produk dan fasilitas perawatan yang ditawarkan Naava Green, saya hanya memakai produknya saja tanpa melakukan perawatan kulit seperti facial, peeling, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan oleh kondisi kulit saya yang menurut saya tidak perlu untuk dipeeling maupun difacial di salon skin care seperti Naava Green. Saya lebih memilih melakukan perawatan sendiri di rumah karena sudah cukup membersihkan dan mengangkat sel kulit mati saya, serta tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak alias lebih hemat hehehe.

Apakah masih ada yang membuatmu gelisah di atas banyaknya hal positif dari Naava Green?


Jawaban saya, ADA. Kegelisahan ini sebenarnya muncul sudah cukup lama yaitu sejak sadar tidak ada tabel komposisi dari day & night cream produk Naava Green. Dari sekian produk yang saya pakai, semuanya ada kecuali krimnya dan saya juga lupa-lupa ingat apakah tabel komposisi itu ada di brosurnya atau tidak. Nah ini yang jadi PR saya, yaitu tanya komposisinya.

Finally, udah banyak banget yang aku tulis soal Naava Green. Tulisan sebanyak ini saya buat semata-mata sebagai wujud bantuan saya buat temen-temen yang nyari tahu soal review Naava Green soalnya memang belum banyak review yang saya temukan ketika googling beberapa waktu yang lalu. Jadi tulisan ini aku buat bukan karena sponsor atau apapun. Oh ya, kalau ada info tambahan atau apapun itu bisa kok komen di bawah ini.

Baca juga: Review CC Cream Naavagreen

@ernykurnia14

  • Share:

You Might Also Like

187 komentar

  1. Makasih banyak mbak... Cukup memberi gambaran tentang Naava Green. Kebetulan di kota tempat saya tinggal, Wonosobo akan dibangun cabang Naava Green yang baru.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama wah senang banget kalo tulisanku bermanfaat gini hehe. semoga cocok juga yaa :)

      Hapus
    2. haii erny... aq mw tanya,,kalau soal harganya brapaan y??

      Hapus
    3. makasih mbak...sy mau mencobanya, kebetulan kulit mbak hampir sama kasusny dgn sy

      Hapus
    4. Itu, di atas kan sudah saya cantumin harganya kak :) untuk krim 50ribu sudah krim pagi dan malam dan untuk facial wash toner dll, 15000. Tapi itu untuk perawatan normal. Kalau yang acne kurang tau @anonim

      Hapus
    5. Wonosobo itu mana kah mbak??

      Saya juga pakai naava green baru 1 bulan sudah memuaskan tanpa facial,, apalagi di tambah facial, mungkin makin memuaskan :-) jadi tidak diragukan lagi naava green keren,,,

      Hapus
  2. Ak pakai naava green baru 1 bulan, basic kulitku normal,ga banyak problem, cuma jerawat klo lg pengen muncul aja, kuning langsat, termasuk menuju putih klo d bandingin kulit indonesia umumny. Overall, mnrut ak naava green cocok buat merka dengan kondisi kulit wajah yang ga trllu brmslah, hasilny 95% keren deh. Alami, 1x treatmen cuma habis 100rban itu ud dpet facial + serum + bbrp produk .Hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bahkan saya beberapa waktu terakhir sering kelupaan makai krimnya. Tapi kulit saya nggak berubah :)) selamat mbak hehe

      Hapus
  3. jadi mba smpe skarang msih pakee naava green mba ?
    kulit mba beraa tipis ga mba ?
    sel darah yg di wajah mba keliatan ga mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih pakai mbak. Alhamdulillah nggak mengalami penipisan kulit dan tidak jadi kemerahan seperti perawat di skin care lain :)

      Hapus
    2. Siang mbak , ini mbaknya cma pke krimnya aja ya mbk ?

      Hapus
  4. mba pernah nyoba peeling blom??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak facial atau peeling kak soalnya saya berasa belum membutuhkan perawatan seperti itu :)

      Hapus
    2. tahunya butuh facial atau peeling darimana mbak erny?

      Hapus
    3. Kalau saya pribadi karena kulit saya nggak ada masalah jadi saya merasa gak butuh. thanks :)

      Hapus
    4. Hallo, Saya Risma, saya sudah nobain Peeling, sebenernya untuk perawatan, itu butuh konsultasi ke dokternya dulu, pertemuan pertama aku disuruh sinar untuk matiin acne, lalu pertemuan kedua, aku di sarankan peeling setelah jerawat lumayan tenang... lau pertemuan ketiga dokter suruh utk micro jadi, kalau aku berkunjung ke naava selalu konsul dulu... :)
      saran aku sih, sebaiknya konsul dlu, biar creamnya juga di kasi sesuai kebutuhan kulit kita saat ini.. :) semoga bermanfaat ya

      Hapus
    5. hayy mba aku juga kemaren dari naavagreen pertama konsul di suruh facial sama sinar .. tapi aku cuma ambil facial doang ? sama baru pakai cream anti iritasinya baru sehari malah nambah jerawat satu ?

      Hapus
    6. Hallo mb...risma simatupang
      Mau nanya nii kisaran kena biaya berapa ya...
      Sinar di nava green

      Hapus
    7. Hay mb risma simatupang, penyinaran di naava habis brp? Terus rasanya gimana? Abis d sinar ada efek d wajah nggak? Setelah pake cream beberapa bulan mulai muncul jerawat batu saran dr dokter suruh nyinar... Minta saranya..

      Hapus
  5. mbak mau nanya..
    misal nya kita pernah make produk naava , trus udah hilang jerawatnya
    trus beberapa bulan kemudian gag make lagi
    apakah ada efek samping nya?

    sebenernya produk naava membuat kita jadi kecanduan gag sih ?
    makasih, dan ditunggu jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak desy :) maaf balas lama, coba mention sy saja di twitter @ernykurnia14 nanti saya bales cepet.

      Kalau untuk saya naava gak bikin kecanduan. Soalnya beberapa bulan terakhir saya juga jarang make. Tapi saya gak ganti produk juga. Cuma nggak rutin aja hehe. dan alhamdulillah saya tetap gak jerawatan dan gak bermasalah :)
      Tapi hasil kadang berbeda setiap orang.
      thanks udah mampir

      Hapus
    2. Saya udah hampir 3 tahun pake naavagreen. Emang jerawat banyak berkurang dan wjh makin cerah. Tapi kulit jd tipis. Sy coba berhenti pake krimnya tp 3 hari aja gk pake wajah jd gatal merah dan timbul jerawat kecil kecil. Mungkin karena udh ketergantungan kali ya :((

      Hapus
    3. saya juga seperti itu, ada bintik2 merah dan wajah jadi gatal. setelah saya coba pakai lagi cream saya yang day diganti day calming cream tapi saya kurang puas dengan hasilnya karena wajah saya mengelupas hebat malah jadi kaku. habis cream itu saya berhenti pakai sekitar 4bln dan saya coba consultasi lagi saya bilang saya gamau pakai day cream yang calming cream lagi dan saya dikasih cream yang biasa, dua hari pemakaian kulit saya mengelupas tapi emang 3th saya pakai cream itu juga kulit saya selalu mengelupas :)

      Hapus
    4. Mbak skrg udh berhnti apa lanjut pake naava?
      Saya jg lg usaha berhenti sdah hmpir 4 bln tp bruntusan merah skitar mulut msih trs trjdi 😢

      Hapus
    5. saya juga lagi nyoba berhenti mb mlh jadi jerawaten sama bruntusan, gmna cara ngilanginnya ya??

      Hapus
    6. saya juga lagi nyoba berhenti mb mlh jadi jerawaten sama bruntusan, gmna cara ngilanginnya ya??

      Hapus
  6. selamat siang...mbak saya mau tanya..untuk produk paket krim pagi dan krim malam tersebut yang seharga Rp. 50.000,- ... habis dlam berapa lama? frekuensi mbak pakai krim itu berapa hari skali? kira kira isinya berapa gram ya mbak? dalam berapa bulan sekali mbak pesan paket krim itu kembali? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Iis, buat saya krimnya habis 1,5-2bulanan hehe. Dipake tipis-tipis dan sehari sekali. Krim pagi dipakai setelah mandi pagi (kalau saya) lalu krim malam 30-60 menit sebelum tidur. Makasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. mbk mau tanya itu cream pagi dan cream malamnya lengket tdk?
      dan cream warnanya apa?
      makasih

      Hapus
    3. Kalau aku ngrasanya nggak gitu lengket. Maksudnya cepet nyerap ke kulitnya. Thanks

      Hapus
    4. mbak mw tanya klo setelah pke day cream trus pake bedak,,gmna brmsalah gak, thanks

      Hapus
  7. Q bntu ya jwby..hehe kbtulan q jg mmber d navaagreen..jd bt creamy tu kalo q.hbisy sbulan lbh..kalo perawatan.d tmpt tu d jamin gk nyesel.q udh nyoba perwtan laen..tp ni yg plg mmuaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak dewi thanks yaa udah dibantu jawab hehe :)

      Hapus
    2. Halo mba,klo ibu menyusui bisa g pake produk itu,mksh y

      Hapus
    3. Halo mba. Klo facial nya apa ia pke jarum" gt?

      Hapus
    4. Halo saya tidak pernah facial :) thanks

      Hapus
    5. Halo mbak, saya tidak tahu. Kebetulan saya bukan dari Naava Green atau pun medis. Coba tanya saja ke dokter atau bidan mbak atau langsung tanya ke dokter di Naava Green. Thanks

      Hapus
    6. Facial di naava tidak menggunakan jarum2 mbak,, dan flexibel untuk siapapun... Silahkan mencobaa :-)

      Hapus
    7. Takut nyoba skin care aku tuh..... masih alami walau umur udah mau 19 hehe. Mending gak usah pake skin care apapun kali yaaaaa

      Hapus
  8. sore mb ,,,, mau tanya buat badan apakah ada juga hehe ,,, terus apakah harga tetap terjangkau ,,terimakasih mb .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, saya sih belum pernah perawatan tubuh. Itu sudah dibantu jawab sama komen di bawah :)

      Hapus
    2. lw luar kota pesan'a gmna mba

      Hapus
  9. mbak, aku pake navagreen juga dari desember 2013, tapi kulitku makin lama makin tipis, jerawat sih datang cuma pas pms aja, terus muncul bulu-bulu halus putih, bekas luka akibat jerawat makin kelihatan merah-merah......
    Anonim, ada kok perawatan tubuh 100rbuan krim pagi malam tubuh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo reni,
      Emang yg namanya skincare itu cocok-cocok-an. bisa cocok di aku, tapi bisa gak cocok jg buat yg lain. Nah, aku kurang tahu juga sih, tapi kl emang bikin tipis "menurut" (menurutku yg gak paham soal kulit dari segi medis) berhenti aja. AKu juga sekarang makainya tidak rutin biar kulit nggak ketergantungan juga :)
      thanks udah mampir

      Hapus
    2. Hallo reni...dulu sy py kulit wajah yg ga pernah cocok di skin care mana aja.. disamping takut ketergantungan sm bhn kimia, akhirnya aku nemuin alat yg super canggih , tanpa bhn kimia just water! Tanpa efek samping apapun, justru buat wajah kita sehat, bebas jerawat & problem kulit lainnya, utk info add pin ku 7D3A971. Trims

      Hapus
  10. Mau nanya kak, sekarang apa masih segitu harganya?
    Aku pengen nyoba ke navaagreen, harus sekalian facial dsb ga sih? Apa ga boleh cuma beli produknya aja?
    Balasannya ya kak :)

    BalasHapus
  11. Mau nanya kak, sekarang apa masih segitu harganya?
    Aku pengen nyoba ke navaagreen, harus sekalian facial dsb ga sih? Apa ga boleh cuma beli produknya aja?
    Balasannya ya kak :)

    BalasHapus
  12. Haloo, thanks udah mampir.
    Harga masih tetep. nggak perawatan lain alias beli krim aja bisa kok. Tapi belakangan saya uda jarang pake karena diwadahnya gada keterangan komposisi jd saya sanksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di krim natasha jg ga dicantumin mba

      Hapus
    2. Di krim natasha jg ga dicantumin mba

      Hapus
  13. sist, mau nanya nie, denger2 lama2 make nava bisa tumbuh rambut halus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya iya, saya juga sudah berenti pakai sekitar dua bulan ini. saya sekarang cuma pk facial wash dan tonernya aja

      Hapus
  14. Nm ku imot mo nanya,klo harga facial yg 40,itu ada biaya lain lagi g seperti bli lagi semacam facial atau cream....

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. mbak, creamnya bikin bulu-bulu halus tumbuh gtu ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya merasa sih gitu. Tapi semua krim dokter gitu *habis nanya yg pake larissa, lbc, natasha* saya sekarang malah udah nggak pake apa-apa

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  17. Mbak kan Navaa Green anak perusahaannya Natasha yg berbahaya itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sihh?? km tau dr mana??

      Hapus
    2. Halo mbak Yuki, sekarang saya udah nggak pakai. Dan soal bahaya, saya hanya mendasarkan pada nomer registrasi BPOM. Saya juga konsumen biasa. Sudah cek BPOM dan terdaftar. Kalau emang berbahaya mungkin mbak bisa jelasin. Tapi saya pribadi suda menghentikan pemakaian krn merasa ada bulu2 halus yg tumbuh. Thanks :)

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  18. naavagreen itu tempatnya dimana sih mb.? saya bingung klu liat di Map. sama UGM sebelah mananya.?

    BalasHapus
  19. naavagreen itu tempatnya dimana sih mb.? saya bingung klu liat di Map. sama UGM sebelah mananya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah gejayan ada gang setelah chacha milk tea masuk.

      Hapus
  20. Buat teman teman yg gA cocok sm obat perwatan wajah di skin care, yg takut ketergantugan sm obat2 kimia, yg takut wajah jd rusak.... nano spray mci solusinya mau tau lbh lanjut, Pls add my pin 7DB3A971. Ga akan nyesel kenal sm Nano spray, dijamin! Just water tanpa bhn kimia, tanpa efek samping. Lets joint !

    BalasHapus
  21. mbak mau tnya ni, setelah mbak berhenti menggunakan produk navaa perkembangan kulitnya bagaimana ? rambut2 halusnya berkurang tidak ? lalu apakah ada efek lain?
    mohon berbagi pengalaman :)
    terima kasih

    BalasHapus
  22. Aku juga mba, pake produk navva green cabang Ġå®ΰ‎​†,, awal pemakain emang terasa bgt hasilnya jerawat mulai mati, tapi stelah feelling jrwtnya makin banyak mba, jdi males nerusin lg klo kaya gini :( lebih baik konsul lagi apa brnti aja ya mba?? Soalnya kulit aku sensitif bgt mba.

    BalasHapus
  23. Aku pakai Naava udah 6bulan, awalnya sih keliatan efeknya cerah dimuka, tapi lama-lama muka jadi berminyak trus gatal2, tpi gak tau juga sih buat kulit yg cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kalau perawatan kulit itu cocok-cocokan kok :) aku sendiri make nggak ada masalah seperti berminyak dan gatal. Mungkin tergantung dengan kondisi kulitnya :)

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. aku mau nyoba perawatan wajah di naava green karena wajahku ga cocok pakai krim pemutih yg dijual dipasaran ..kalo idi naava green berbahaya pasti udah di cabut izinnya,,mangkanya itu cocok2kan aja..,,, yg berhasil selamat kalo yg kurang berutntung tidak usah menjelekan .ok !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nono, bener banget. Berhasil atau tidaknya perawatan kulit itu tergantung masing-masing kok. Saya juga nggak suka kalau ada yg menjelekan krn kan emang tiap orang punya problem sendiri2. Thanks udah mampir. Semoga kamu cocok! :)

      Hapus
  26. saya pemakai pemula navaagreen, setelah baca artikel mbak erny saya jadi tambah yakin, jazakillah mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tungguin aja hasilnya hehe... Kalo aku sih kurang yakin...

      Hapus
    2. skincare si cocok cocokan yaa,, tpi demi apa... syangi wajahmuuu ... sayangiii.....
      jangan terlalu dikasi bhn kimia berbahaya. yg kita tdk tau itu apa.. cr aman.. cr yg kandungannya kita tahu, jls komposisi, jelas bpomnya, .. jangaaann.. saya ini korban naavaa.. susah nyembuhinnyaa,,, :(
      #nb

      Hapus
    3. Mbk anonim.. Skrg sdh sembuh belum? 😢 aaya jg lgi berusaha sembuh, rasanya pengen balik lgi krn g tahan muka bruntusan merah selama 4 bln

      Hapus
  27. hai mbak, saya pake nava green baru 1 bln emang wajah jadi cerah bersih komedo hilang.
    tpi saya jaadi takut setelah baca orang yang ngomen jelek".

    oiya, saya mau tanya.. saya kan bru pertama kali pake nava kalo mau beli creamnya lagi ntar ketemu sma dokternya lagi gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf saya jarang banget ngecek komen di blog jadi baru sempat bales. Nggak kontrol dokter bisa kok. Oiya, kalau menurut saya kita nggak perlu khawatir selama itu sudah terdaftar BPOM :)

      Hapus
  28. assalamualaikum wr wb . mba saya tu juga pake navagreen tapi kok jadi rasanaya kulitnya jadi mengkilat2 gitu lo, kaya ada minyak nya. mba juga gitu ga? mohon jawabannya ya , wasalam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wtr. wb.

      Mbak, seperti yang sudah sering saya tulis sbg jawaban untuk pertanyaan temen2 lain, efek memakai skin care tiap orang itu BEDA-BEDA. kalau saya pribadi nggak mengalami masalah seperti itu mbak. :)

      Hapus
  29. Mbak kalo pindah dari erha ke nava gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mbak, saya tidak tahu kalau soal itu. Saya rasa itu di luar kapasitas saya.

      Hapus
  30. Mbk, kalau perawatan wajah gak cocok itu biasanya apa ya tanda-tandanya ?? Aku pengen ke navaa tapi takut kalau gak cocok , terus jerawatku malah tambah mbak. Tapi pengen kulit saya bersih dari noda bekas jerawat mbak. Aduh bimbang kie mbak ?? :o Mohon solusinya ya mbak :D

    BalasHapus
  31. hai mbak erny,waah tulisan mbak erny membuat saya lebih yakin lagi untuk pindah ke nava,soalnya sebelum itu saya ragu2,kok mumer bgt (pikirku),,sblmnya saya pake lbc,tp stelah 1 bulan g pake wajah jadi berminyak dan berjerawat :'( trus saya memutuskan untuk brenti,,skrg wajah saya jadi kusem abiiissss,,,hix...hix..tp setelah baca tulisan dari mbak erny,saya jadi semakin yakin deeh,,heheheh,.,mksh ya mbak erny buat tulisannya,sangat membantu sekali :) salam kenal,saya zelvi tinggal dijogjaj juga

    BalasHapus
  32. Hai mbak erny :) aku perawatan di lbc nih tapi kurang suka facial disana. Kalo cuman facial doang di nava boleh gak sih? Kalo cuman facial dapet kartu member gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, kalo mau facial daftar member dulu mbak. Ntar disuruh konsul dan ditanya mau ambil produknya apa ngga. Apa mau perawatan aja :)

      Hapus
  33. mbak mau nanya kok saya pakai cream navagren kok berbulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak saya bukan dokter kulit jadi saya tidak bisa memberikan penjelasan. Hanya setau saya emang ada kandungan pencegah jerawat yg berdampak bikin bulu2 halus tumbuh

      Hapus
    2. Iya aku juga tumbuh bulu"halus aku udah konsul ke dokternya katanya gpp karna sebenarnya bulu"halus itu sudah ada saat kita blm pakai cream dr naava cuma stlh make cream dr naava muka keliatn cerah jd keliatn bulu"halusnya...tp gpp ko ndak usah khawatr saya juga numbuh sdkt"tp fine"aja karna gak kliatn dan gak mnggangu kulit wajah saya Alhamdullilah selama di naava mukaku bersih dan cerah.

      Hapus
    3. Iya aku juga tumbuh bulu"halus aku udah konsul ke dokternya katanya gpp karna sebenarnya bulu"halus itu sudah ada saat kita blm pakai cream dr naava cuma stlh make cream dr naava muka keliatn cerah jd keliatn bulu"halusnya...tp gpp ko ndak usah khawatr saya juga numbuh sdkt"tp fine"aja karna gak kliatn dan gak mnggangu kulit wajah saya Alhamdullilah selama di naava mukaku bersih dan cerah.

      Hapus
  34. Mba aku ditawarin temen naava green dengan harga 250rb sudah dpt cream siang dan malam, toner sama facial wash ,, katanya itu langsung dr klinik navaa nya. Kalo yg di online jual dg harga 50rb sudah dpt cream siang dan malam itu katanya naava palsu.. mohon penjelasannya .. terkait saya tidak tinggal langsung di yogya jd gbsa ke kliniknya langsung .. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak. Sepengalaman saya harga Naava Green emang 50ribu dpt krim siang & malam. Saya beli LANGSUNG di kliniknya + KONSULTASI LANGSUNG sm dokternya. Saya malah curiga produk temen mbak yang palsu :)

      Hapus
    2. Hallo... wah mahall amaaaattt.. jgn ketipu mb. G ada harga segitu di nava. Emg si mba anonim ini stay dmn?

      Hapus
  35. Mbk pemakaian krim malam apakah harus memakai toner terlebih dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Ayu, sebelum pakai krim malam emang dianjurkan pakai toner. Sebelum pakai krim pagi pun juga. :))

      Hapus
  36. mbak kenapa mbak erny berhenti pake nava mbak? uda berapa mala pakenya

    BalasHapus
  37. dinaava itu prodaknnya ada bwat wajah ama badan dikatakan murah ya emnng sii tapi ada juga yg 1 krimnya hrga 60rb(whitening) kalau yang biasa cma 25rb. hem... emng bgus bwat yang pertama kali kesana atau bru pkai 2-3 bulanan tapi kalau di aku yang uda pkai 1 thn lbih hasilnya sekarng uda beda jauh kya dulu pdahal aku rutin pakai prodak ama perawatan ja, rajin kunsul jga.. tapi stlah pkai 1thnan ni muka ku jdi jerwatan pdhl dulu mulus bgt..lalat ajah kepleset

    BalasHapus
  38. sekarang aku putusin bwat berhenti..dan jerwa makin parah sist...
    uda hmpir 2 mggu ini aku bru brhenti...
    bwat kalian yang pgen pnya muka mulus mending jgan cri jlan pintas ke skincare dach..karna di natsya ata lbc jga kal bkin uka kalian ancur kalau uda prawatan lbih dari 2thun trgantung kulit msing" tapi kalau di naava lebih cepet, kya aku nie.. ya bukanya aku ngejelek"in ega,,cuma ngasih tau ajh tentan pengalaman aku, aku dah pakai nava sejak awal buka di jl.cendrawasih it,,nyampe skrang tapi mungkin kulitku uda kebal ma itu krim jdi kya gini..skrang aku uda ga pkai lgi..pindah ke baby cream,,

    BalasHapus
  39. tapi coba lihat pengalaman di femaledaily.com tentang naavagreen psti kaget banget

    BalasHapus
  40. mba, sebelum membeli produknya, kita konsultasi sama dokter nya dlu kan ?
    Trus dokternya ngecek kulit wajah kita dlu ?
    baru dokter nya bilang : mba/mas cocok nya pake cream ini ini ini.
    gt mba ?
    terima kasih^^

    BalasHapus
  41. Facial paling murah harga berapaan ?

    BalasHapus
  42. mbak, umurku 16thn. mukaku banyak banget jerawat kecil2, tumbuh bulu halus sama uratnya itu kelihatan mbak, terus kalo kena sinar matahri muka jadi merah sama kelihatan bintik2 gitu. aku udh sering perawatan ke dokter. dan ini aku lagi perawatan di lb* tapi bru satu bulanan sih dan hasilnya itu seperti yg udh tak sebutin itu tadi. menurut mbak, aku ganti skincare atau gimna mbak? udah pusing bangettt nih ngurusin muka. mau facial tapi takut kalo muka jadi rusak gitu :(

    BalasHapus
  43. Aku udh 8 bln ini perawatan di navaagreen dg keluhan jerawat dan bekasnya (udh bertaun2 tpi gk hilang) Pernah suatu saat krimku habis, jdi bberapa hari gk pake krim. Eh ternyata di wajah muncul bercak2 merah kek org alergi gitu. Aku kaget pas itu, aku pikir gejala penyesuaian kulit sm lingkungan baru (aku libur 3bln di kampung halaman, trus balik lgi ke malang dg cuaca yg sangat berbeda sm kampung halamanku) tpi anehnya, pas balik pake krim pagi n malam dalam bbrapa hari kulitku kembali seperti sebelumnya (ini mngkin krna ketergantungan sm krimnya). Mulai dari sini aku jdi ragu.. trus aku kn kadang masih jerawatan, kn namanya orang iseng pasti jerawatnya dipegang2 dan ternyata dri jerawat batu itu keluar darah yg mnurutku gk normal keluarnya (banyak bgt) padahal dulu aku jg sering megang2 jerawat smpe berdarah tapi gk separah waktu udh kena krim2 perawatan ini. dan setelah pendarahan itu muncul bercak merah yg gk hilang2. Saya bkn menjelek2kan tpi saya bercerita tentang pengalaman saya.. saya mau brhenti perawatan dg alasan takut terjadi hal yg lbih buruk, tpi saya jg takut klo brhenti ntar tambah rusak di wajah, ada yg punya tips gimana mnghilangkan ketergantungan pada produk perawatan ini? Sy butuh bgt sarannya, makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak,
      Saya bukan dokter atau pun tenaga medis yang paham soal ini. Tolong dipahami ya, posting saya ini MURNI pengalaman saya. BUKAN atas PESANAN PIHAK NAAVA. Kalau mbak merasa ketergantungan, mbak bisa datang ke dokter kulit. Maaf saya tidak berkapasitas untuk memberikan saran terkait hal ini.

      Thanks sudah berbagi cerita :)

      Hapus
    2. Maaf mba mau tanya, alamat naavagreen yg ada di semarang daerah mana ya kalau boleh tau?:)

      Hapus
  44. Bnty jwb @anonim naave green semarang ada d jln.kaligarang. deket Rb.bhayangkari

    BalasHapus
  45. Bantu share ya.. Semua perawatan ketergantungan/ga tergantung jenis kulitmu. Kalau memang ga cocok sebaiknya hentikan pemakaian. Aku sendiri ga ketergantungan kok. Lebih maksimal lagi kalo kombinasi krim naava + serum vitamin c sista

    BalasHapus
  46. mbak erny mau tanya kalo facial wash sama perawatan seperti facial, peeling itu brp ya harganya ? thanks mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab.. browsing aja mba, pasti ada

      Hapus
  47. Paket day cream+night cream+toner berapaan mba harganya?

    BalasHapus
  48. Nggak suka makek nava, udah antrinya lama hbs itu masak cuman facial doang sampek lima jam sendiri, berasa mendingan spa drpd facial.. Makes bgt
    murah sih tapi nggak suka sama sekali!!!!

    BalasHapus
  49. Mbak, kalo mau facial, langsung facial aja gak perlu konsultasi dulu boleh gak?

    BalasHapus
  50. thanks infonya, cukup bermanfaat karena saya juga belum pernah sama sekali melakukan perawatan di skin care :)

    BalasHapus
  51. Yuk samain persepsi, yg namanya ketergantungan itu bila kita memakai sebuah perawatan/produk kemudian kita berhenti menimbulkan efek buruk muka seperti mukanya ancur kyk berjerawat parah. Kalo cuman efeknya kusam itu bukan ketergantungan. Ibarat tanaman yg dipupuk dan enggak pasti ada bedanya sama kyk kulit yg diperawatan atau enggak pasti beda dong penampakannya. Itu secara medis arti ketergantungan perawatan/produk

    BalasHapus
  52. Pada bilang nava green bagus yaa .. haduhh .. tpi kok malah aku jerawat bruntusan kaya gini ya mbak .. aku udh 3x dtg ke nava udah pmakaina 4blan.nan lahh .. awal pake bagus .. gada jerawat .. yg dtg ke 2 kok kluar jrwtan ,yg ke 3 dtg mlah bruntusan kecil* udah 2blan ini .. itu kira kira tu knapa yaa .. dokternya blg gapapa .. tpi msa smpe 2blan stlah di suruh peeling sma dkternya bruntusan ga ilang ilang .. bantu jawab .. apa aku slah pakai atau gmna . Mksii

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipelajari dulu komposisi cream nya...namanya cream pasti isinya lebih banyak zat kimianya...walau "embel embelnya" natural ekstrak buah/sayur, tapi tetap saja berbahan kimia... diteliti ada reg.BPOMnya atau tidak...jikaperlu, tanya detail komposisi cream dan kegunaanya...hati2 dg skin care yg cream nya sudah masuk daftar cream berbahaya BPOM, walaupun itu anak perusahaannya, tetap waspada...

      Hapus
    2. Iya ini kak, saya udah pake larissa hampir 2 tahun dan ngga terlalu keliatan efeknya sih tp kulit jadi bersih kalo muncul jerawat juga cuma 1 atau 2 trus coba ke naava mulai september dan pertengahan novemver kemaren di bagian pelipis banyak muncul jerawat bahkan sampe sekarang belum sembuh malah nambah di pipi. Bingung mau konsul ke dokter naava atau lgsg pindah ke larissa ya? Pengen konsul ke dokter dan pindah produk tp kemana ?Minta saran nya donk :)

      Hapus
    3. Hi Mbak Dian, kalau memang merasa nggak cocok, ya udahin aja pemakaiannya. Saya juga begitu biasanya. Kalau sudah lebih sebulan kulitku nggak nunjukin perbaikan. ya aku sudahin. Setiap kulit itu punya karakternya sendiri. Jadi saya cocok belu tentu kamu cocok :)



      Hi Mbak Anonim benar sekali. Selalu cermati kandungannya yaa :)

      Hi mbak Eka mending mbak konsul dulu saja. Sebaiknya sih, jangan konsul ke naava atau larisa tapi ke dokter kulit aja. Kalau mmbak konsul ke dokter naava pasti disaranin untuk elanjutkan perawatan. Terus kalo ke larisa pasti nanti nyalahin krim naava green jadi nggak ada salahnya untuk cari second opinion. Itu kalau saranku sih :)

      Hapus
  53. bagi teman-teman disini yang mau tanya banyak soal skincare..
    silahkan invite 5279D7B6. saatnya kita lebih cerdas, cermat dan memikirkan jangka panjang pemakaian.. bukan sekedar ingin kulit cantik tapi lapisa dalamnya rusak.. tpi kulit sehat.. bismillah yaa..
    saya sdh berkecimpung di dunia skincare sjak lama.. smpe sya bnyk tahu soal skincre , saya jg korban. saya g mau kalian jd korban selanjutnya.. nyessek loo . :(

    BalasHapus
  54. Numpang nyimak aja ya mbak, karna sepertinya ini buat para cewek, hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cowok juga banyak kok yg ke navagreen , :)

      Hapus
  55. fitri nur oktiviani15 Juni 2015 20.27

    mbk mw nanya navagreen cabang semarang ada gak ya,,,soalnya aq berdomisli di semarang mbk,,,aq tertarik mbk stelah membaca postingan mbk,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak, saya nggak tahu. googling aja. Saya bukan pegawai naavagreen :)

      Hapus
  56. Saya udah pake nava 2 tahun dan alhamdulillah fine fine aja :)
    Muka saya tambah cerah, mulus, dan jerawat cuma muncul kalo PMS :)
    Semua tergantung kulit kita sensitif atau tidak, kalo sensitif mending jangan pake perawatan yang berat buat kulit, lebih aman lagi kalau konsultasi sama dokter spesialis kulit . Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  57. Saya udah pake nava 2 tahun dan alhamdulillah fine fine aja :)
    Muka saya tambah cerah, mulus, dan jerawat cuma muncul kalo PMS :)
    Semua tergantung kulit kita sensitif atau tidak, kalo sensitif mending jangan pake perawatan yang berat buat kulit, lebih aman lagi kalau konsultasi sama dokter spesialis kulit . Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  58. Saya udah pake nava 2 tahun dan alhamdulillah fine fine aja :)
    Muka saya tambah cerah, mulus, dan jerawat cuma muncul kalo PMS :)
    Semua tergantung kulit kita sensitif atau tidak, kalo sensitif mending jangan pake perawatan yang berat buat kulit, lebih aman lagi kalau konsultasi sama dokter spesialis kulit . Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  59. Saya udah pake nava 2 tahun dan alhamdulillah fine fine aja :)
    Muka saya tambah cerah, mulus, dan jerawat cuma muncul kalo PMS :)
    Semua tergantung kulit kita sensitif atau tidak, kalo sensitif mending jangan pake perawatan yang berat buat kulit, lebih aman lagi kalau konsultasi sama dokter spesialis kulit . Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  60. Permisi kak, saya udah membernya naava, mau nanya nih, semisal ada problem di wajah kata dokter sp KK kayaknya ada gigitan serangga yg mengakibatkan kulit wajah bercak merah" kaya bintul kecil" tapi gatal, nah itu bisa dikonsulkan ke dokter naava gak? Mohon dijawab yaa, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak tahu mbak. Maaf ya soalnya bukan petugas Naava :)

      Hapus
  61. Sekedar share,
    Setuju sma sbgian pendapat kakak2..yg namanya perawatan kulit itu cocokan kak. Sbelum memilih cream pastikan konsultasi dlu sma dokter ahli. Sy jg melakukan perawatan di natasha. Sma saja keluhannya..kdg bersih,kdg jg kurang memuaskan. Tapi klo kt ikuti saran dokter in sya Allah brsih. Sy jg cm mahasiswa yg kdg ada uang sisa kdg engga. Jd make creamnya jg trgantung budget hehe. Klo kt makenya sesuai ketentuan,ya bersih. Tapi...ya hrus siap budget lebih. Klo stgh2 ya hasilnya stgh2 kak. Itu sih pengalaman&pengetahuan yg sy alami sndri. 1 lg, yg paling penting gmn kt mnjga kebersihan wajah kt sendiri. Sering bersihin wajah,kontrol emosi spy hormon tdk berlebihan,diatur pola makannya,bnyakin air putih. Klo smua dah rutin dilakukan gak usah ke perawatan in sya Allah jg gak akan ada kulit bermasalah(kecuali kulit yg sensitif). Ini menurut sy lho ya...

    BalasHapus
  62. apakh ada produk anti iritasi untuk naava green? kalo ada, berapa hargnya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak tahu mbak, saya udah nggak pakai naava dan bukan pekerjanya Naava :)

      Hapus
  63. Saya baru pakai naavagreen selama 3bulan.. sofar sogood! Pelayanannya oke, harga ga mahal dan dimukaku jg cocok.. semua itu tergantung kecocokan muka kita.. mau murah atau mahal perawatannya.. saya pernah coba perawatan wjah dg harga yang lebih mahal dr naava.. hasilnya kurang memuaskan.. ya harga belum menentukan cocok atau tidaknya diwajah kita.. but utk naava success trus ya.. -naavagreen jakarta tj duren-

    BalasHapus
  64. kalo di Surabaya Naava Green ada ga ya..? coz mau coba di mukaku yang jerawatan

    BalasHapus
  65. Kalo baru2 pake mang bagus, coba 1-2th muka jadi breakout parah banget. Semua temen2 ku dan aku merasakannya sendiri, dan sembuhnya itu susah.

    BalasHapus
  66. Hai..
    Aku ikutan share ya pengalaman pake naavagreen
    Kalau orang lain cocok blm tentu kita cocok
    Aku pakai naavagreen cuma udah 2bulan abis dan blm sempat beli
    Karna di sby gak ada
    Awalnya mukaku biasa aja
    Lama2 gatel dan muncul bintik2 kecil
    Komentar ini cuma sbg info buat tmn2 yang lain
    Biar gak kaget klo misalnya mengalami hal yang sama kaya aku :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berhenti pakek krim setelah 2 minggu pemakaian, dan muncul bintik2 kecil mirip biang keringat, bisa share gimana cara mengatasinya? Dan berapa lama kira2 penyembuhannya?

      Hapus
  67. Ass mba erny saya maubtanya nih apakah ddaerah bandung sudah ada naava greean?
    Muka saya berjerawat nih mba
    Trm

    BalasHapus
  68. HAI SAY, BISA DILIHAT TESTIMONI SAYA TENTANG NAAVA GREEN YAH.. :)


    justbeclassy.blogspot.co.id

    BalasHapus
  69. Kenapa ya kulit wajah saya timbul bintik2 setelah pemakaian naava selama 2 minggu, awalnya perih, lama kelamaan timbul bintik2 tersebut. Saya kira itu hal wajar, tapi ternyata tidak. Saya sudah berhenti memakai naava selama 2 bulan dan bintik2 tersebut masih ada. Hal ini bukan terjadi sama saya saja, ada orang lain juga. Mubgkin memang benar naava itu murah dan murahan. Embel2 bpom dan halal hanya kesok untuk meningkatkan pemasaran saja.

    BalasHapus
  70. Kenapa ya kulit wajah saya timbul bintik2 setelah pemakaian naava selama 2 minggu, awalnya perih, lama kelamaan timbul bintik2 tersebut. Saya kira itu hal wajar, tapi ternyata tidak. Saya sudah berhenti memakai naava selama 2 bulan dan bintik2 tersebut masih ada. Hal ini bukan terjadi sama saya saja, ada orang lain juga. Mubgkin memang benar naava itu murah dan murahan. Embel2 bpom dan halal hanya kesok untuk meningkatkan pemasaran saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dulu pernah pake naavagreen, trs bbrapa bulan ada bintik2 kecil banyak di pipi kiri mbak, semacam iritasi. Abis itu udah gak pernah make lagi, saya pakein madu tiap malem diarea bintik2 itu, sebulanan lbh jadi ilang. Padahal awal-awal make naavagreen keliatan lebih bersih mukanya, senenglah punya wajah cerah. Tapi sad ending :(

      Hapus
    2. Hi Mbak Zahra dan Milata, wah sayang sekali ya :(, tapi emang skincare itu cocok-cocok an kok. Jadi, nggak heran kalau di aku mungkin cocok di kamu enggak. Pun sebaliknya. Dulu pas saya pakai Naava alhamdulillah aman-aman aja, cuma saya emang udah ganti sejak setahun setengahan yang lalu. Sekarang saya pakai hadalabo

      Hapus
  71. Qu juga pake nava green tp baru 2 minggu pakai kulit disekitar hidung dan dagu saya malah ngelupas terus muka malah terlihat lebih berminyak dan kusam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak, yang namanya Skincare itu cocok-cocokan. Mungkin di saya cocok di mbak nggak, pun sebaliknya. Semangat cari skincare yang terbaik ya

      Hapus
  72. ak udh pke cream dri navaagrenn slama hmpir 4bln,awalnya bagus n biasa adja,tpi stlh ak facial kok mlah jrawat pda kluar smua ya,awalnya ak cuek soalnya cuma 1atau2 jrwat,tpi kok makin hari mkin bnyak ya,ak mw konsultan tpi blum ada wktu krna sibuk,biar gk timbul jrawt lagi thu apha hrus brhnti dlu trus pke anti iritasi gk?tpi anti iritasiku udh hmpir 4bln tpi msih bleh d pke gk ya?
    yg tau tlong share dunkz biar ak jg bisa tau hrus gmn...thankz

    BalasHapus
  73. ak udh pke cream dri navaagrenn slama hmpir 4bln,awalnya bagus n biasa adja,tpi stlh ak facial kok mlah jrawat pda kluar smua ya,awalnya ak cuek soalnya cuma 1atau2 jrwat,tpi kok makin hari mkin bnyak ya,ak mw konsultan tpi blum ada wktu krna sibuk,biar gk timbul jrawt lagi thu apha hrus brhnti dlu trus pke anti iritasi gk?tpi anti iritasiku udh hmpir 4bln tpi msih bleh d pke gk ya?
    yg tau tlong share dunkz biar ak jg bisa tau hrus gmn...thankz

    BalasHapus
  74. ak udh pke cream dri navaagrenn slama hmpir 4bln,awalnya bagus n biasa adja,tpi stlh ak facial kok mlah jrawat pda kluar smua ya,awalnya ak cuek soalnya cuma 1atau2 jrwat,tpi kok makin hari mkin bnyak ya,ak mw konsultan tpi blum ada wktu krna sibuk,biar gk timbul jrawt lagi thu apha hrus brhnti dlu trus pke anti iritasi gk?tpi anti iritasiku udh hmpir 4bln tpi msih bleh d pke gk ya?
    yg tau tlong share dunkz biar ak jg bisa tau hrus gmn...thankz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Murni, karena aku nggak ada background ilmu kesehatan, aku sih nyaranin untuk ke dokter konsultasi. Kalau soal cream setahuku di awal udah dikasih tahu awet sampe 2-3 bulan atau kalau warna dan aroma berubah berarti sebaiknya nggak dipakai lagi :)

      Hapus
  75. ak udh pke cream dri navaagrenn slama hmpir 4bln,awalnya bagus n biasa adja,tpi stlh ak facial kok mlah jrawat pda kluar smua ya,awalnya ak cuek soalnya cuma 1atau2 jrwat,tpi kok makin hari mkin bnyak ya,ak mw konsultan tpi blum ada wktu krna sibuk,biar gk timbul jrawt lagi thu apha hrus brhnti dlu trus pke anti iritasi gk?tpi anti iritasiku udh hmpir 4bln tpi msih bleh d pke gk ya?
    yg tau tlong share dunkz biar ak jg bisa tau hrus gmn...thankz

    BalasHapus
  76. Thanks informasinya kak... bermanfaat banget buatku aku sekarang jadi tahu dan bisa jadi referensi yang bermanfaat buat akau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you :) Yang jelas soal skin care itu cocok-cocokan yah

      Hapus
    2. Mbak mau tanya . aku baru pakai naava jadi masih bngung. Kalo misal krim paginya aku pake dijam agak siangan pas mau kluar dihari minggu gtu bisa nggak ? Apa harus dijam pagi ? Makasih :)

      Hapus
    3. Mbak mau tanya . aku baru pakai naava jadi masih bngung. Kalo misal krim paginya aku pake dijam agak siangan pas mau kluar dihari minggu gtu bisa nggak ? Apa harus dijam pagi ? Makasih :)

      Hapus
  77. Alya Rahmadani6 Juni 2016 11.11

    Mbak Erny canteek��, mbak pake perawatan dari naavagreen efeknya setelah berapa lama mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak, maaf banget saya sudah lupa hehe. Soalnya udah nggak pakai Navaa lagi :)

      Hapus
  78. mbk erni, stlh lepas nava apakah mulai kluar bintik2 merah.. cara menghilangkan nya bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak, saya nggak ada efek apapun :) hehe.

      Hapus
  79. haii mba ... saya kemaren dari naava , pas konsul disuruh facial sama sinar .. tapi saya cuma ambil facial ajaa . baru 1 hari makai cream anti iritasinya malah nambah jerawat mbaa . di terus apa gak yaaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo facial bayar berapa te?

      Hapus
    2. kalau facial mulai harga 60 ribu kak
      aku juga baru pakek cream nava 1 bulan, menurutku wajahku jd berminyak dan kusam, tpi mungkin ini masa peralihan dari penggunaan cream sebelumnya. semoga aja ini aku cocok

      Hapus
  80. Selamat siang teh.
    Mau tanya nih. Kalo kita ke cuma minta konsultasi ke dokter boleh engga??
    Terimakasih ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab boleh kan .. setauku boleh aja mbak kalau cuma konsultasi aja, nanti bilang aja ke bagian cutomer , nanti disitu dijelaskan

      Hapus
  81. Mau tanya dong .. Kalo harga peeling di naava berapa? Terus kan aku pake krim ya lagi baru seminggu levih .. Boleh langsung peeling ga? Terus kalo pertama peeling gitu kaya gimana hasil ya ? Soal ya klo pertama kali facial muka aku langsung merah2 jerawatnya dan lebih keliatan. Kaya iritasi. . Makasih :)

    BalasHapus
  82. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    BalasHapus
  83. hai mbak
    aku juga baru - baru ini makai krimnya dari naavagreen trus setelah makai selama dua minggu hasilnya keliatan muka nggka jerawatan lagi tpi emang nggak lgsung semua hilang.Tpi, setelah liat ada banyaknya review tentang produk naava saya jadi takut, ada yang bilang setelah berhenti pemakaian kulitnya jadi kusam dan berjerawat parah, jadi was - was mau pakai krim mbak, mohon sarannya mbak

    BalasHapus
  84. Mba produk navaagreen itu bukannya engga cocok atau gimana , aku juga sebulan awal jerawatnya keluar semua tpi di bulan ke 2 engga keluar lagi , muka jadi bagus , kalo kita udah mau ngelepas krim yg kita pake dari skincare itu emang harus bertahap jangan langsung berhenti , aku juga sebelumnya pake anata tapi sehari aku gapake jerawat timbul gede di hidung akuu , beruntusan , tapi pake naavagreen engga

    BalasHapus
  85. Mba produk navaagreen itu bukannya engga cocok atau gimana , aku juga sebulan awal jerawatnya keluar semua tpi di bulan ke 2 engga keluar lagi , muka jadi bagus , kalo kita udah mau ngelepas krim yg kita pake dari skincare itu emang harus bertahap jangan langsung berhenti , aku juga sebelumnya pake anata tapi sehari aku gapake jerawat timbul gede di hidung akuu , beruntusan , tapi pake naavagreen engga

    BalasHapus
  86. Buat Mbak2 dan Mas2 yang memang pernah memakai krim2 atau obat2tan yang dapat memutihkan, menghaluskan, menghilangkan jerawat. please pikir ulang . klinik kecantikan berlisensi halal dan BPOM saja banyak yang menipu konsumen. jangan mudah percaya. jika memang perlu lebih baik konsultasikan pada dokter Sp.KK jangan ke klinik2 itu dokternya dokter umum kebanyakan hanya sedikit yang Sp.KK logikanya dokter Sp.KK mana mau konsultasi di gratiskan ? mereka kuliah menempuh pendidikan kulit 4 tahun lamanya dengan biaya besar kok konsulnya gratis, ga mungkin .

    silahkan yang memang mau tau cerita saya sebagai korban skin care abal2 bisa klik blog saya :

    http://sejutamimpiku.blogspot.co.id/2016/07/bahaya-perawatan-di-skin-care.html?spref=bl

    saya juga sertakan review pengobatannya , yang mau tanya2 bisa line : andramraw
    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  87. Kalo di tempatku lebih laris Larissa dibanding Nava Green, karena banyak yang lebih cocok sama Larissa gitu. Tapi emang 2-2 nya cocok di kantong mahasiswa ^6

    BalasHapus
  88. Ya semuanya disesuaikan dengan budget perawatan yang kamu anggarin kalau menurutku
    Sedikit info aja, kalau mau perawatan sendiri dirumah dengan produk yang benar2 aman, halal dan sertifikasi BPOM kamu bisa nyoba semua produk Nu Skin
    Info lainnya klik : nuskinjogja.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mohon jangan jualan di blog saya. thanks :)

      Hapus
  89. ka aku juga baru pake produk navagreen, sekitar 2 minggu yang lalu.
    sekarang kulitnya jadi kemerahan agak panas kalo kena sabun mandi
    itu kenapaa yaa? padahal awal nya itu masalah kulit muka aku cuma ada komedo dan agak berminyak sedikit, cuma itu masalahnya, jerawat juga sedikit.

    tapi sekarang makin merah padahal baru 2 minggu.
    dokter nya ga kasih krim anti iritasi pas awal perawatan.
    baru kemaren di suruh beli. trus 2 kali pemakaian pagi dan malam.

    trus kalo udah selesai pake krim anti iritasi selama 2 hari . aku harus lanjutin ga pake krim pagi sama malam ke esokan harinya atau berenti?
    aku takut kenapa2 sama muka aku.

    aku gatau bakal ada efek samping, kirain aman soalnya dari bahan alami
    tapi kok jadinya gini. sumpaah kecewa banget :(

    aku cuma butuh saran mba, gimana biar kulit aku ga merah2 kaya gini-.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Nandita, sebelumnya saya mau tanya kok bisa wajah muka kena sabun mandi? Mbak nggak cuci muka dengan sabun mandi kan? Karena sabun mandi memang nggak untuk perawatan kulit wajah. Itu poin pertama.

      Poin kedua, produk yang menggunakan bahan alami tetap ada reaksi kimia di dalamnya. Reaksi kimia nggak melulu bahan kimia A dicampur bahan kimia B. Kandungan sari jeruk bereaksi dengan garam aja udah reaksi kimia mbak. Jadi poinnya, produk alami nggak semuanya cocok juga di kulit. Kalau memang reaksi di wajah seperti itu, bahkan semakin parah setelah pakai krim anti iritasi, sebaiknya mbak hentikan pemakaian saja. Bisa jadi kulit mbak nggak cocok dengan Naavagreen.

      Karakter kulit setiap orang itu berbeda. Yang cocok untuk Mbak, belum tentu untuk saya. Pun sebaliknya. Jadi wajar dan hal biasa kalau nggak cocok. Solusinya ya berhenti saja.

      Kalau misal habis pemakaian krim iritasi, kemudian berhenti dan dilanjut krim pagi atau malam kondisi kulit kembali sensitif lagi, sebaiknya mbak berhenti total. Tapi kalau kondisi justru membaik, bisa jadi kulit mbak sedang adaptasi.

      Thanks

      Hapus
  90. dokternya saranin 2 hari pake krim anti iritasi
    trus besoknya pake krim pagi sama malem.
    kalo misalnya wajah aku masih merah aku harus pake krim anti iritasi lagi atau gimana kak? aku bingung ngilangin nya
    semula wajah bersih sekarang jadi kaya gini :(

    BalasHapus
  91. Hai...salam kenal..

    Wah turut senang krn km sdh menemukan tmpat yg cocok utk merawat kulit. Dan bener Wardah yg Lightning bikin jerawat juga di aku terutama dibagian dagu :( Btw NAva Green jg baru buka di daerah rmh aku di Pondok bambu jakarta timur :)

    Thanks reviewnya :)

    www.savitrihutapea.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang aku udah nggak pakai Naavagreen lagi mbak hehe. Udah stop perawatan klinik dari tahun 2014. Sebatas perawatan treatment aja sekarang. Itu juga sesekali :)

      Hapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  93. Yang sudah berhasil mnghilangkan bruntus merah di sekitar mulut setelah berhenti dr krim naava share pengalaman ya sist. Butuh bgt solusi ilangin bruntusan ini 😢 udah 4 bln brhnti g kunjung hikang bruntusnya

    BalasHapus
  94. Setiap pakek tirai sama krim paginya kalau pakek bedak selalu wajah beminyak apakah mbk begitu juga iya

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus