Cantik Setiap Saat bersama Kosmetik Halal

By Erny Kurniawati - 23.57.00

Ingin tampil cantik setiap saat, sepertinya hal itu sudah menjadi fitrah seorang perempuan. Rasanya justru aneh bila perempuan tidak ingin tampil cantik. Namun, ada banyak asumsi miring soal cantik itu sendiri. Banyak orang berpendapat bahwa melihat kecantikan perempuan itu tidak semata-mata dari fisiknya, melainkan hatinya. Akan tetapi secara sadar atau tidak, kita seringkali membuat first impression dari segi fisik itu sendiri. Oleh karena itu bagaimana pun juga tampil cantik secara fisik juga tetap penting.

Selain untuk membuat first impression yang baik, untuk apa sih tampil cantik itu? Nah saya akan mengupasnya secara tuntas melalui postingan di blog ini.

“Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas umat manusia, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukurinya.” (QS. Yunus: 60).


Ayat Al-Qur'an tersebut berhasil menyadarkan saya bahwa ternyata selain untuk membuat first impression yang baik, tampil cantik juga perlu sebagai wujud syukur kita kepada Alloh. Bagaimana pun juga nikmat fisik yang sempurna tanpa cacat itu merupakan anugerah yang wajib disyukuri dan alasan tersebut yang membuat saya kian yakin untuk selalu tampil cantik setiap saat. 

Selain sebagai wujud syukur, saya pikir tampil cantik juga bisa membuat orang-orang di sekitar kita merasa nyaman. Namun tentu saja cantik fisik harus diimbangi hati, sebab setelah first impression dari segi fisik, selanjutnya kita pasti berharap innernya pun cantik. Nah, dari sanalah saya kian yakin untuk terus merawat dan mempercantik diri. Kan fisik saya ini titipan Illahi yang harus tetap terawat dan terjaga, iya kan?

Salah satu cara untuk mempercantik diri yang saya pilih adalah dengan berias atau berdandan. Menurut saya itu merupakan cara paling mudah dan tidak dilarang dalam agama. Tapi ada satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih sarana mempercantik diri yaitu kosmetik halal

Kosmetik Halal
Apa itu kosmetik halal? Mengutip dari Direktur Pelaksana LPPOM MUI Lukmanul Hakim melalui  http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/07/12/11/167644/Ini-Definisi-Kosmetik-Halal menyatakan bahwa kosmetik halal merupakan kosmetik yang dalam proses pembuatannya memenuhi persyaratan halal. Lukmanul Hakim mempertegas penjelasannya mengenai kosmetik halal yaitu “Secara umum, bahan baku kosmetika tidak boleh menggunakan bahan dari bagian tubuh manusia, seperti plasenta dan keratin dari rambut manusia. Di samping itu, dilarang menggunakan kosmetik dan peralatan yang bahan-bahannya berasal dari bagian tubuh babi, seperti kuas dari bulu babi." Jadi berdasarkan penjelasan tersebut yang dimaksud dengan kosmetik halal ialah kosmetik yang bahan bakunya halal, diproses tanpa kontaminasi bahan najis dan haram, dan tidak menggunakan bahan aditif.
sumber


Kenapa harus kosmetik halal? Seperti halnya makanan, kosmetik juga akan masuk ke dalam tubuh kita maka dari itu sebagai seorang muslimah kita harus pandai memilah dan memilih yang halal dan yang haram termasuk dalam hal memilih kosmetik. 

Pilihan soal kosmetik halal saya jatuhkan kepada Wardah. Alasan memilih Wardah pun sangat sederhana. Pertama kali saya kenal kosmetik adalah dengan Wardah. Saat itu saya belum begitu paham soal kosmetik halal, namun keyakinan saya mengatakan bahwa memilih kosmetik juga harus halal. Iya halal is my life. Oleh karena itu saya memilih jalan aman sejak awal dalam berias yaitu dengan memilih produk kosmetik yang sudah ada jaminan halal.

Aku dan Kosmetik Halal

Setelah menjatuhkan pilihan untuk berkomitmen menggunakan kosmetik halal, saya semakin menyadari bahwa pilihan saya ini tepat. Bagaimana tidak, saya memakai produk kosmetik halal dari Wardah sejak tiga tahun lalu saat umur saya masih 16 tahun dan kulit saya ternyata cocok. Waktu itu saya sempat ragu dengan penjelasan mbak-mbak BA yang mengatakan Wardah itu bisa dipakai oleh seumuran saya. Akan tetapi semua keraguan saya salah karena setelah memakai produk Wardah kulit saya tetap baik-baik saja dan justru semakin baik.

Banyak rangkaian Wardah yang sudah pernah saya coba mulai dari acne series (ketika saya berjerawat saat SMA) hingga lightening series. Dari kegemaran saya merawat kecantikan dengan produk Wardah ini ternyata juga menginspirasi banyak teman saya. Dulu saat SMA ada teman saya yang penasaran kenapa jerawat saya cepat teratasi. Saya pun bilang bahwa saya hanya mengguna produk acne seriesnya Wardah. Dengan acne series Wardah yang itu pun tidak lengkap jerawat saya tetap mulai menghilang dan membuat kulit saya kian membaik. 

Kemudian beranjak saat masa kuliah ini saya merasa sangat terbantu dengan adanya kosmetik halal seperti Wardah yang beli-able alias ramah di kantong mahasiswa. Produk Wardah benar-benar membantu saya untuk tampil fresh setiap hari. Bermake up dengan produk dari Wardah membuat saya terjauhkan dari pertanyaan-pertanyaan semacam, "kamu kok pucet? Sakit ya?" Padahal saya nggak sakit, tapi karena tanpa make up saja jadi kesannya kuyu seperti orang kurang darah dan kurang tidur. 
1. tanpa make up = pucet | 2. dengan bedak + lipstick tipis = cocok untuk di rumah dan ngampus
3. dengan blush on+eye liner+eye shadow seri L pink = cocok untuk hangout ke Mall atau ngampus

Kalau mau lihat bedanya, memang model dandanan saya di rumah sama ngampus hampir sama bahkan sama. Pun ketika saya ngampus dan hangout ke mall juga seringnya sama. Soalnya kalau di kampus saya terkenal dengan slogan "mending kuliah kayak ngemall, daripada kuliah kayak bangun tidur atau orang sakit." Dan saya suka banget variasi warna dari Wardah lengkap banget yang natural sehingga bisa ngecover selera make up saya.

Oh iya, make up natural favorit saya itu kurang lebih seperti ini
sumber
Cantik banget kan? Make up natural semacam ini cocok banget buat diaplikasikan sehari-hari. Buat ke kampus, kerja, dan hang out pun cocok. Bahkan make up natural seperti ini juga cocok diaplikasikan di rumah soalnya makeupnya seolah no make up gitu. 

Terinspirasi gaya make up natural tersebut maka ini make up natural saya untuk berbagai aktivitas.
1. make up di rumah | 2. ngemall atau ngampus| 3. acara spesial seperti kondangan


Nah, ada Beberapa produk Wardah yang menjadi andalan sekaligus rahasia make up dan perawatan saya antara lain:

Wardah Lightening Gentle Wash 
Entah berapa kali saya repurchase sabun pencuci muka dari Wardah ini. Alasan saya tidak pindah ke produk lain karena facial wash dari Wardah ini ringan, tidak membuat kulit kering, dan harganya juga murah meriah. Berbeda dengan kebanyakan sabun pencuci muka, Wardah lightening gentle wash tidak berbusa banyak tapi justru itu yang saya suka karena memberikan efek melembabkan setelah cuci muka.

Wardah Lightening Mask
Masker dari Wardah ini juara banget. Saya sudah repurchase berkali-kali. Keunggulan masker ini menurut saya adalah efek mencerahkannya terlihat, harganya murah, praktis, dan awet. Selain itu masker ini bagi saya sudah cocok banget dengan kondisi kulit saya, jadi nggak ada alasan untuk ganti masker wajah.

Wardah Sunscreen Gel SPF 30
Bagi saya Wardah sunscreen gel ini sudah sahabat karib. Pokoknya tiada hari tanpa ngolesin sunscreen ke wajahku. Kandungan SPF-nya yang tinggi benar-benar bisa membantuku menjaga kulit dari pancaran sinar matahari. Terlebih lagi setiap kemana-mana saya naik motor, jadi sunscreen ini adalah item Wardah yang wajib saya punya dan bawa kemana-mana. Selama saya kenal yang namanya sunscreen saya belum pernah memakai sunscreen selain dari Wardah. Soalnya sejak pertama kali kulit saya kenal dengan sunscreen ini, kulit saya langsung berteman baik. Jadi saya tetap setia memilih sunscreen yang satu ini untuk membantu saya memproteksi kulit dari pancaran sinar matahari.

Wardah Compact Powder Ivory
Bedak merupakan salah satu item kosmetik yang wajib punya. Soalnya bedak ini berperan penting untuk membantu menjaga kulit agar tidak tampak berminyak secara berlebihan. Nah, pilihan bedak saya jatuh pada Wardah Compact Powder Ivory. Sebenarnya saya sudah mencoba TWC Wardah light beige juga, sayangnya pas mau repurchase lagi kosong, jadilah saya beberapa hari ini mengandalkan Wardah Compact Powder. Meskipun tidak mengandung foundation, tapi compact powder ini cukup memiliki staying power yang lama di kulit wajah saya. Terlebih bila saya berada dalam ruangan ber-AC. Sama seperti sunscreen, saya belum pernah memakai bedak selain Wardah karena bagi saya bedak Wardah ini sangat ringan di kulit dan cukup baik staying powernya.

Wardah Exclusive Lipstick seri 48 Rosemary
Lipstick ini bagi saya juara dan andalan. Saya sangat suka dengan warnanya yang natural dan segar. Pokoknya berasa ada yang kurang kalau tidak pakai lipstick ini. Selain andalan bagi saya, ternyata lipstick ini juga banyak ditaksir oleh-oleh teman-teman saya. Sudah banyak teman saya yang memutuskan membeli lipstick Wardah ini karena kepengen pas lihat bibir saya kelihatan segar natural tanpa terlihat menor dengan lipstick ini.

Wardah Blush On seri C
Warna blush on seri C ini benar-benar cocok dipakai dalam make up sehari-hari. Warnanya nyaris sama dengan seri lipstick rosemary sehingga tampilannya di pipi tidak tampak menor, tapi memberi kesan segar. Biasanya blush on ini jadi senjata saya kalau lagi pucet soalnya kalau sudah pakai blush on ini di pipi muka saya yang pucet bisa berubah jadi lebih segar dan berseri.

Wardah Eye Shadow seri L
Saya memang jarang merias bagian mata saya dengan eye shadow dalam kegiatan sehari-hari. Namun ketika pengen tampil dengan eye shadow yang natural, pilihan saya jatuh pada eye shadow Wardah seri L ini. Dari ketiga warna yang ada pada seri tersebut, bagi saya warna pink-nya paling oke. Kesan natural dari warna pink tersebut cetar banget.

Wardah Pencil Eye Liner Warna Coklat
Eye liner dari wardah ini emang must have. Eye liner ini tidak waterproof sehingga aman dipakai saat kita shalat karena ketika wudhu air tetap akan mencapai permukaan kulit bagian yang dibubuhi eye liner ini. Selain itu warnanya gampang keluar sehingga mempermudah saya untuk memberi garis di bagian mata. Lalu keunggulan selanjutnya adalah warna coklatnya yang menurut saya pas banget.

Dari tujuh item tersebut ada empat yang favorit yaitu........
4 item yang harus selalu repurchase

Oke itu semua produk terfavoritku, kalau kamu???

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar