Sharing: Perempuan dan Make Up

Halo readers, kali ini aku pengen sharing nih tentang relasi perempuan dan make up. Make up, seberapa pentingnya kah bagi perempuan? J...



Halo readers, kali ini aku pengen sharing nih tentang relasi perempuan dan make up. Make up, seberapa pentingnya kah bagi perempuan? Jawabannya pasti bervariasai, tapi kalau jawabanku sih penting banget. Bukan berarti setiap saat seorang perempuan harus tampil bermake up, tapi perempuan emang butuh banget make up dalam beberapa kesempatan. Make up itu fungsinya banyak dengan fungsi utamanya adalah berkomunikasi. Kata salah satu dosenku dan menurut buku yang pernah aku baca, make up itu emang fungsi utamanya untuk berkomunikasi. Make up kita itu seperti bicara "ini lho aku" atau "aku segar kan?" dan lain sebagainya.


Kenapa make up penting?
Jawabanku simple yaitu karena first impression orang kepada kita itu terbentuk pada pandangan pertama. Dari sanalah alasan make up itu penting. Dengan bantuan make up kita bisa tampil segar dan natural alias nggak kaya orang sakit. Selain itu make up juga nggak identik dengan menor seperti stigma masyarakat selama ini. Selama kita bisa menyiasati cara bermake up yang natural pasti meski bermake up orang nggak akan notice.

Lalu alasan kedua kenapa make up penting yaitu karena perempuan memang harus selalu tampil cantik inside dan outside. Alangkah baiknya kecantikan hati kita juga dilengkapi dengan kecantikan luar, pun sebaliknya. Sebagai wanita yang memiliki kodrat selalu pengen tampil cantik, make up bisa jadi penolongnya. Selain itu, pada beberapa kesempatan perempuan emang dituntut harus bisa dandan walau sesederhana mungkin. Misal untuk pergi kondangan, pesta, atau bahkan kerja, perempuan pasti butuh untuk dandan.

Alasan yang ketiga adalah karena dengan make up orang akan memandang kita lebih profesional. Alasan ini biasanya dipakai oleh mereka yang udah kerja dan ketemu beragam klien. Biasanya klien akan lebih memperhatikan lawan bicara mereka yang tampil segar karena kalau kuyu seakan-akan kita nggak semangat, tampak lelah, dan hal itu justru membuat lawan bicara kita juga sama kurang semangatnya. Namun satu hal yang harus diingat, make up yang kita pilih harus sesuai dengan acaranya atau pekerjaannya biar nggak salah tampil.

Itu beberapa alasan yang aku pakai untuk menjawab kenapa make up itu penting. Nah mungkin reader ada alasan lain???

Kemudian yang selanjutnya adalah relasi daripada perempuan dan make up. Menurut aku pribadi perempuan itu emang memiliki hubungan erat dengan make up. Namun semua itu wajar karena secara kodrati, perempuan memang sudah punya hasrat bersolek. Terlebih lagi setelah bersuami, bahkan di dalam agama saja dianjurkan seorang perempuan untuk bersolek di depan sang suami. Itu sudah jadi bukti bahwa perempuan memang punya hasrat tersendiri untuk mempercantik diri.

Sayangnya, seringkali ada beberapa teman lelaki yang suka ngomentari nggak jelas saat lihat perempuan bermake up (re: menor), tapi gegara itu mereka jadi menggeneralisasikan perempuan bermake up itu sama dengan menor, kayak badut, dan lain sebagainya. Padahal tanpa disadari mereka sering naksir sama perempuan yang wajahnya merona natural yang ternyata untuk punya wajah merona alami itu pun nggak luput dari sentuhan make up. Oleh karena itu, lelaki juga harus buka mata kalau perempuan suka make up itu wajar-wajar saja.

Make up = perlindungan

Make up itu seperti baju sama-sama melapisi, sama-sama melindungi. Melindungi dari apa? Dari sinar UV, dari kesan pucat, dan banyak lainnya. Seringkali seorang perempuan bermake up itu bukan semata-mata buat tampil cantik dan lain sebagainya, tapi bisa saja karena alasan untuk melindungi kulit dari sinar UV. misalnya pas mau kuliah, aku memilih pakai make up natural karena supaya muka saya ini terlindungi oleh SPF yang terkandung pada bedak atau BB Cream. Mungkin ada yang berasumsi, pakai sunscreen aja udah cukup kenapa harus bedak? Jawabanku sih karena kalau pakai sunscreen doang yang ada kulit kita justru makin berbinyak bisa-bisa kita dikira nggak mandi sebelum berangkat ngampus.

Kemudian melindungi dari kesan pucat. Beberapa kali saya keluar rumah dengan kondisi bare face dan reaksi orang-orang selalu komentar "kamu sakit ya? pucet banget". Karena aku males jawaban pertanyaan sama dari banyak orang, alhasil make up jadi solusinya. Make up bisa membuat kita lebih fresh.

Nah, ini dulu share aku soal perempuan dan make up. Jujur saja, sebenarnya ada beberapa poin yang masih mau aku tulis, tapi entah kenapa tiba-tiba lupa :| mungkin lain kali postingan ini akan aku update lagi.


You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images