Small Paradise, Sundak Beach!

Diawali dengan janji mau ngajak ke pantai beberapa bulan yang lalu, akhirnya Minggu kemarin janjinya dipenuhi. Walaupun sekarang badan say...

Diawali dengan janji mau ngajak ke pantai beberapa bulan yang lalu, akhirnya Minggu kemarin janjinya dipenuhi. Walaupun sekarang badan saya rasanya masih remuk gara-gara bonceng motor selama 5 jam (pergi-pulang) dengan rute naik-turun gunung, jalan berkelok, nyasar, hujan, dan motornya CBR pula, tapi saya sangat senang. Selama kurang lebih dua minggu terakhir saya sedang sibuk dengan UTS, macam-macam deadline, dan juga seleksi ini itu. Akhirnya kemarin Minggu ada waktu luang buat refreshing itu momen yang nyenengin banget. Walaupun lokasi yang akhirnya kami kunjungi ini tidak sesuai dengan rencana awal, namun itu tidak masalah karena pemandangannya nggak kalah bagus. 

Pantai yang kami kunjungi kemarin adalah Pantai Sundak. Pantai Sundak ini ada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Jalan menuju Pantai Sundak ini cukup bagus, tetapi terjal dengan turunan dan jalan naik yang lumayan curam. Selain itu di kanan kiri jalan menuju Pantai Sundak ini penuh dengan pemandangan bukit-bukit kapur yang tiada habisnya. Pantai Sundak ini dekat sekali dengan Pantai Indrayanti karena hanya dibatasi oleh karang sebagai pemisah keduanya. Kalau punya waktu lebih, ke Pantai Sundak bisa sekalian mampir ke beberapa pantai lain yang kebetulan lokasinya memang berdampingan.


Setibanya di pantai Sundak, cuaca masih panas tapi perlahan berangsur mendung dan beberapa menit kemudian hujan turun. Sedikit kecewa karena awan biru cantik yang membingkai panorama pantai itu perlahan berubah menjadi kelabu. Untungnya hanya selang beberapa menit cuaca kembali cerah sehingga kami bisa jalan-jalan menyusuri bibir laut dan tentu saja sambil mengabadikan beberapa spot menarik disana.


Cantik kan warna-warni payungnya? Nggak perlu ke pantai di luar negeri buat dapet view cantik seperti ini. Kalau di luar negeri warna-warni ngejreng seperti itu hanya hits pada saat summer, kalau di sini setiap hari!
Tiket masuk ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul ini cuma Rp 5000,- untuk satu orang dan kita bisa masuk ke sekitar tujuh pantai berbeda yang saya sendiri nggak hafal nama pantai-pantainya. 

Khusus di Pantai Sundak ini kita juga bisa naik ke karang di sisi timur pantai sehingga bisa melihat view dari atas. Cakep banget, sayangnya pas saya naik cuaca sudah mulai mendung lagi. Tarif naik ke bukit karang itu cukup murah yaitu silakan membayar dengan sukarela, jadi nggak ada tarif khususnya.
view dari bukit karang
ini foto dibuang sayang hehe
diambil dari bukit karang
Untuk harga makanan, di sini harganya relatif tidak terlalu mahal. Menunya juga beragam jadi kita bisa memilih yang sesuai dengan kantong kita. Enaknya lagi, kita bisa makan sambil menikmati pemandangan lepas pantai yang tentunya bikin mata kita termanjakan. Atau kalau bawa makan dari rumah bisa juga di sini beli es kelapa muda atau minuman lainnya biar bisa duduk di spot-spot menarik dengan gratis karena biasanya spot menarik itu punyanya warung makan hehe.

Lalu, untuk suasana pantainya sendiri, Pantai Sundak ini enak karena tidak seramai Indrayanti yang lokasinya tepat di sebelah timurnya. Di pantai ini juga mata kita disuguhi dengan laut biru yang tepat diperbatasan antara darat dan laut alias pantainya dihiasi oleh terumbu karang dan rumput laut hijau sehingga tampak cantik.

paradise :')

Buat yang ingin berlibur ke pantai ini, sebaiknya naik mobil atau rombongan. Namun, kalau mau merasakan sensasi adrenalin yang berpacu ya bisa juga naik motor seperti kami. Catatannya, kalau bisa naik motor bebek atau matic jangan motor cowok seperti ninja atau CBR karena kasian yang dibonceng pinggulnya bakal berasa pegal-pegal. 

Happy holiday reader!!!

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images