Junk Food dan Kesehatan dalam Super Size Me

By Erny Kurniawati - 15.35.00

Halo reader,

Lama sekali saya nggak sharing di blog ini. Nah kali ini saya mau berbagi cerita soal junk food. Saya yakin makan di McD bukan lagi hal yang luar biasa bagi kita. Bahkan mungkin ada yang sering ke McD karena sudah terbius dengan menu-menu yang ditawarkannya.

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan menonton satu film dokumenter yang menurut saya sangat informatif. Judul filmnya adalah Super Size Me. Film ini disutradarai, diproduseri, dibintangi, oleh satu orang yaitu Morgan Spurlock. Tidak hanya itu, Morgan juga mengorbankan dirinya demi observasi dalam filmnya ini.

sumber
Super Size Me sebenarnya bukan film baru. Film ini sudah diproduksi sejak tahun 2004 silam. Meskipun sudah diproduksi sekitar sepuluh tahun silam, namun menurut saya film ini masih recommended untuk dijadikan tontonan yang bermutu saat ini. Terlebih lagi ditonton oleh mereka yang hobi makan di McD.

Super Size Me merupakan film dokumenter pertama yang bisa tembus bioskop. Film ini menceritakan observasi Morgan tentang dugaan awal bahwa penyebab obesitas di Amerika salah satunya disebabkan oleh junk food. Untuk membuktikan dugaannya, Morgan mendatangi beberapa ahli kesehatan dan gizi untuk mengecek kondisi kesehatannya. Hasil analisa para ahli kesehatan tersebut menunjukkan kondisi kesehatan Morgan yang sempurna. 

Setelah memastikan kondisi kesehatannya dalam keadaan sempurna, Morgan memulai observasinya dengan cara mengonsumsi menu McD sebagai sarapan, makan siang, dan juga makan malamnya selama tiga puluh hari. Keputusan Morgan menjadikan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan dalam observasinya tersebut sesungguhnya menuai kekhawatiran dari kekasihnya. Akan tetapi Morgan tetap berpegang teguh pada keputusannya.

Satu minggu mengonsumsi menu-menu McD Morgan mulai merasakan perubahan dalam dirinya. Berat badannya naik akibat dari konsumsi kalori yang melonjak dua kali lipat dari sebelumnya. Keadaan semacam ini terus berlanjut hingga minggu keempat. Kenaikan berat badan Morgan cukup signifikan dan kesehatannya pun tidak lagi sempurna. Morgan terancam berbagai penyakit gara-gara mengonsumsi junk food selama satu bulan tersebut. Bahkan dalam urusan seks pun Morgan mengalami penurunan performa. Kondisi psikis Morgan juga terganggu ditandai dengan kondisinya yang mudah murung dan merasa 'nggak tahu apa yang dirasakan'. 

Super Size Me berakhir dengan kesimpulan pasti bahwa produk makanan McD ternyata tidak ubahnya sampah bagi tubuh kita. Selain itu, film ini juga menampilkan satu bukti nyata bagaimana susahnya pihak McD dikonfirmasi soal kandungan komposisi setiap menunya. Film ini juga menampilkan suatu bukti konkret bahwa ternyata kandungan komposisi menu di McD mengandung zat adiktif yang membuat orang ingin lagi dan lagi menyantap makanan tersebut. Namun ironisnya menu-menu yang ditawarkan McD biasanya dalam ukuran big size yang itu artinya kandungan racun bagi pengonsumsinya pun kian banyak. Pada akhirnya film ini menyadarkan saya dan tentu saja penonton lainnya bahwa makan menu McD bisa membawa pengaruh buruk bagi tubuh kita.

Lalu seperti yang saya kemukakan sebelumnya, film ini recommended untuk disaksikan saat ini terutama bagi mereka yang sering makan di McD entah dengan alasan suka dengan menunya atau demi prestise. Padahal jelas, makanan yang disuguhkan oleh restoran mendunia ini tidak ubahnya sampah bagi tubuh kita. Sesekali mungkin tidak apa, namun pertimbangkan ketika mengonsumsinya. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kita kalau bukan diri kita sendiri?

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Hai Erny, aku nominasiin blog kamu di liebster award :D

    cek link ini Hai Hanitis Liebster Award

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hani, aku udah buka linknya. makasih ya nominasinya
      :D
      btw besok aku bikin tulisannya soalnya malam ini kejar deadline kuliah hihihi (^,^)9

      Hapus
  2. kayaknya gak cuma mcD yang 'sampah', hehe... udah gak makan junkfood lagi selain ayam goreng KFC, itu pun jarang banget... T_T Padahal enak... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, Wendys, KFC, Pizza Hut, dll juga junk food mom. tapi berhubung ini review dan si Morgan uji cobanya McD doang jadi cuma nyebut McD. Iya padahal enak ya. di McD Macnya juga enak. Sundae u,u tapi itu film recommended bgt mom. Gara-gara nonton itu aku jadi mikir seribu kali kalau mau ke McD, KFC, dkk. hihihi

      Hapus