Manajemen Waktu

Dalam sehari, kita punya waktu 24 jam. 24 jam tersebut digunakan tidak hanya untuk satu aktivitas, tetapi banyak. Tampaknya 24 jam bukan wa...

Dalam sehari, kita punya waktu 24 jam. 24 jam tersebut digunakan tidak hanya untuk satu aktivitas, tetapi banyak. Tampaknya 24 jam bukan waktu yang sedikit, namun ketika aktivitas kita banyak maka waktu 24 jam tak ubahnya beberapa menit saja. Terasa begitu singkat.

Beberapa waktu terakhir, saya mulai jarang menulis di blog saya ini. Alasannya klasik, saya tidak punya waktu untuk menulis. Kesibukan saya sedang gila-gilanya. Bahkan rasanya tidur pun tidak tenang karena banyaknya beban yang saya pikirkan. Bangun pagi, disodori tugas. Terus menerus tugas entah tugas kampus, entah yang lainnya hingga malam terus beranjak dan saya terpaksa merebahkan badan di tempat tidur.

Beberapa kali saya menganggap diri saya sedang kaget karena sudah lumayan lama tidak dilanda kesibukan sedemikian rupa. Namun ternyata tidak. Sepertinya saya merasa kehabisan waktu karena saya tidak memanajemennya dengan baik. Kemudian masalah manajemen waktu yang kurang baik itu terus memenuhi pikiran saya.

Saya sering berpikir, "ini baru kuliah, gimana saat kerja nanti?"
Saya rasa menjadi perempuan tidak hanya harus mahir dalam hal memanajemen isi dompet, tetapi juga waktu. Saya jadi kebayang, gimana repotnya nanti bila saya berkarir, ngurus rumah tangga, ngurus anak, dll. Mungkin memang ada pembantu, namun apa yakin saya akan maksimal memanfaatkan waktu?

Pertanyaan-pertanyaan itu terus berkutat dalam pikiran saya sekaligus membuat saya enggan untuk mengeluh berlebihan. Saya jadi sadar, momen sibuk ini sebenarnya adalah lahan saya belajar. Belajar untuk bisa memanajemen waktu sebaik mungkin mulai dari sekarang. Ah ternyata benar ya kata bocah dalam iklan 3 beberapa waktu lalu, "jadi dewasa itu nyenengin, tapi susah dijalanin."
Ada yang punya tips atau saran memanajemen waktu?
Share yuk! :D

You Might Also Like

3 komentar

  1. bikin semacam run down kegiatan harian, dulu waktu saya ngrampungke skripsi neng uny ro diancem DO ini jadi andalan saya, di rundown itu pastikan njenengan punya waktu istirahat dan waktu "me time", istirahat berarti tidur/makan, me time artinya seneng2, memanjakan diri or ngegame buat yang senengnya ngegame

    BalasHapus
  2. Memang, saat sudah masuk semster 3 ke atas, adalah waktunya sibuk. sibuk di kampus, ngerjain tugas, buat laporan (itu akademis), yang non akademis juga sudah menunggu untuk menempa dan mengasah pendewasaan diri dalam pikiran dan perbuatan. saya dulu ingat dinasehatin dosen: pada saat semester seperti ini, tidur kalian 3 jam perhari sudah cukup untuk beristirahat. Kemudian pada saat saya mulai kerja, karena harus dikejar target selesai dan sukses sempatkan merebahkan badan, pejamkan mata, lepaskan pikiran, selama 10 menit, sudah bisa membuat kita segar kembali untuk beraktivitas berikutnya...semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, baru kerasa makin hidup ini hidupnya dan tentu ngerasa makin cepet menuju tua hehe. Semoga sehat terus ya pak dengan jam istirahat yang kian awut-awutan hehe.

      Hapus

Flickr Images