Cerita Magang

By Erny Kurniawati - 22.31.00

cerita magang

Tiga minggu sudah saya mendiamkan blog ini. Semua karena kesibukan awal tahun yang diwarnai dengan deretan tugas take home untuk UAS. Lagi-lagi tugas take home tersebut berupa tulisan dan analisis tentang sistem, teknologi, politik, dan lain sebagainya yang membuat saya benar-benar kehabisan waktu untuk menyempatkan diri menulis di sini.

Tiga minggu nggak ngeblog membuat saya merasa aneh karena sebelumnya saya jarang sekali vakum selama ini. Nah, untuk menghilangkan rasa aneh bagi diri saya ini maka malam ini saya mau berbagi sesuatu yang mungkin bagi pembaca kurang bahkan nggak penting. Namun bagi saya pribadi ini penting sekali.

Hari ini merupakan hari kedua pada minggu pertama liburan semester ganjil saya. Ada yang sedikit berbeda dengan liburan semester sebelumnya. Liburan kali ini saya isi dengan magang di salah satu perusahaan kecil di Jogja yang bergerak di bidang online media. Saya magang dengan menempati posisi sebagai content writer untuk mengisi website perusahaan tersebut. Saya cukup excited  mengikuti magang ini karena peserta magang mendapatkan berbagai fasilitas yang menurut saya sangat penting dan menunjang pendidikan saya di bidang komunikasi. 

Fasilitas yang saya maksud tersebut adalah kelas untuk para peserta magang. Peserta magang akan memperoleh pelajaran baru terkait hal-hal tentang menulis, bernegosiasi, meningkatkan viewer, kampanye, dan lain sebagainya. Mungkin materi menulis memang sudah saya dapatkan di kampus, namun materi lain bagi saya masih asing dan itu penting. 

Selain magang di perusahaan tersebut, liburan ini saya juga ikut aktif di LSM Masyarakat Peduli Media (MPM) Jogjakarta. LSM ini bergerak di bidang literasi media yang mengedukasi guru-guru, ibu rumah tangga, dan masyarakat awam agar makin cerdas memilih tayangan televisi maupun informasi yang disajikan oleh media massa. Kebetulan juga LSM tersebut saat ini sedang mengadakan penelitian terkait independensi media menjelang pemilu April nanti. Bagi saya ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena saya jadi tahu hal-hal baru terkait penelitian dan juga media. Tentu saja ini sangat matching dengan konsentrasi saya di jurusan komunikasi yang mengambil konsentrasi studi media dan jurnalisme.

Di samping membantu penelitian, kurang lebih satu bulan ke depan saya bersama teman-teman di MPM juga dapat tugas baru yaitu menyusun buku. Buku yang sedang akan kami susun ini akan membahas tentang bukti-bukti independensi media dengan aktor politik menjelang pemilu April nanti. Semoga saja proyek ini benar-benar terealisasi dan selesai tepat waktu karena rencananya akan dilaunching akhir Maret nanti. Apabila launching bisa dilakukan pada akhir Maret itu artinya buku tersebut akan lahir pada momen yang pas sehingga harapannya calon pemilih akan semakin tahu siapa yang pantas mereka pilih di pemilu nanti setelah membaca buku yang merupakan hasil analisis kami.
Bagi saya liburan diisi dengan magang lebih menyenangkan daripada sekedar tidur leyeh-leyeh di rumah. Dengan magang, setidaknya otak saya tetap bekerja. Sebenarnya alasan saya magang memang agar otak saya nggak macet selama satu setengah bulan. Pengalaman pada liburan sebelumnya membuat otak saya cenderung lemot ketika mulai masuk kuliah sebab selama libur otak saya juga libur mikir.

Nah, ini liburan saya, bagaimana liburanmu?

Cheers,

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. haha bener tuh, dulu... waktu belum jaman internet, liburan sekolah itu bikin otak jadi mandek, karena pas libur lebih sering menghabiskan waktu dengan tidur, jalan-jalan, nonton, makan. Pas sekolah mulai lagi, mau mikir yang gampang2 aja kayaknya lemott... XD


    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mom, makanya harus tetep dipakai buat mikir biar nggak terlalu lama istirahat itu syaraf otaknya haha. Apalagi jaman belum ada internet mom, libur 2 minggu aja bosen, nah ini lama bener -_-

      Hapus