Sharing: Kuliah di Ilmu Komunikasi UGM

By Erny Kurniawati - 22.48.00

Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi UGM merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Saya mengatakan demikian karena saat menjatuhkan pilihan pada jurusan tersebut saya tidak dipengaruhi oleh siapapun, bahkan orang tua sekalipun! Saya memilihnya karena saya merasa senang dengan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu komunikasi. Kebetulan juga, saya memiliki sedikit pengalaman terkait bidang-bidang yang dipelajari pada jurusan ini. Broadcasting, public relation, dan ilmu politik (karena di UGM, Ilmu Komunikasi termasuk dalam FISIPOL) merupakan magnet terbesar yang membuat saya mantap memilih jurusan tersebut menjadi tempat untuk menuntut ilmu tingkat lanjut.



Awal saya masuk kuliah semua berjalan secara normal. Ospek, adaptasi lingkungan, pergaulan, mata kuliah, semuanya saya lalui dengan sebaik mungkin yang saya bisa. Setelah beberapa tahun mengenyam pendidikan di jurusan ini, ada beberapa poin yang ingin saya bagikan melalui rangkuman berikut ini:

Dua Konsentrasi
Ilmu Komunikasi UGM memiliki dua konsentrasi, Komunikasi Strategis dan Komunikasi Media dan Jurnalisme. Komunikasi Strategis biasa disebut dengan Komstra. Mahasiswa yang memilih konsentrasi ini akan mempelajari berbagai hal terkait public relations dan periklanan. Sedangkan konsentrasi Komunikasi Media dan Jurnalisme atau yang biasa disebut Komed mempelajari berbagai hal terkait media (berbagai media massa) mulai hal-hal yang umum hingga yang rumit. Misalnya mempelajari tentang hukumnya, kemudian peraturannya, sangkut paut dengan politik, dan lain sebagainya. Selain mempelajari soal media, mahasiswa yang mengambil konsentrasi komed juga akan mempelajari tentang jurnalisme mulai dari pengertian hingga produksi dan distribusi. Kebetulan saya mengambil konsentrasi komed jadi lumayan tahu lebih banyak daripada konsentrasi komstra.

Dari dua konsentrasi tersebut kita bisa memilih tergantung dengan minat, kemampuan, dan passion kita. Biasanya, mahasiswa diwajibkan memilih konsentrasi tersebut pada semester 3. Saran dari saya, pilihlah konsentrasi apa yang menjadi kesukaan, minat, dan passion kita, daripada memilih berdasarkan kemauan orang tua atau ikut-ikutan teman.

Banyak Teori Daripada Praktek
Harus saya akui keunggulan pengajaran di UGM terletak pada kekuatan analisisnya. Kuatnya analisis tersebut tidak lain karena gaya pembelajaran di UGM yang memang memberikan porsi lebih terhadap teori, sehingga mahasiswa ketika kuliah benar-benar mendapatkan referensi atau pemahaman yang kuat. Berdasarkan pengalaman saya, perbandingan antara praktek dan teori sekitar 30%-40% prakter dan sisanya teori.

Meski lebih banyak teori, bukan berarti lulusan dari jurusan ini minim pengalaman lapangan. Sebab, saat kuliah di jurusan ini kita bakal punya banyak waktu untuk aktif di luar guna mencari pengalaman. Kombinasi antara pemahaman dasar teori dengan pengalaman di luar ini justru memberikan manfaat yang banyak lho. Selain itu, bukan kah sebagai mahasiswa sudah semestinya aktif mencari pengalaman baik di dalam atau di luar kampus?


Adaptasi Lingkungan
Mengapa saya tulis adapatasi lingkungan menjadi topik tersendiri yang perlu dibahas? Karena bagi saya adaptasi lingkungan menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Kuliah di Ilmu Komunikasi membawa saya masuk ke dalam lingkungan yang tak terbayangkan sebelumnya. Jurusan ini cukup santai dalam hal aturan. Aturan yang saya maksud di sini adalah aturan berpenampilan meliputi berpakaian, berdandan, sikap, dan juga cara kita berinteraksi dengan dosen.
Bila pada saat sekolah saya biasa memanggil ibu/bapak guru saya dengan sebutan Pak atau Bu, maka di kampus saya cukup memanggil dosen saya dengan sebutan Mas, Mbak, Abang, atau Cak. Sangat santai bukan? Gaya penampilan mahasiswa Ilmu Komunikasi juga sama santainya. Kami bisa dan boleh kuliah dengan gaya ala-ala mau ke mall. Catatannya cuma satu, yang penting rapi dan sopan!

Selain itu, lingkungan di Ilmu Komunikasi menuntut kita untuk bisa berpikir lebih terbuka. Jangan lagi fanatik pada hal-hal tertentu. Bila kamu punya prinsip, cukup pegang prinsipmu dan hormati perbedaan prinsipmu dengan teman-teman di sekelilingmu.

Berpikiran Terbuka
Seperti telah saya singgung sebelumnya, menjadi bagian dari jurusan Ilmu Komunikasi berarti harus menyiapkan diri untuk berpikiran terbuka. Pengalaman saya kuliah di sini membuatku cukup paham dan mengerti bahwa di jurusan ini banyak orang dengan prinsip berbeda, namun hidup berdampingan. Hidup berdampingan dalam perbedaan itu tidak mungkin bisa bila tak ada toleransi. Nah, toleransi itu lahir dari pikiran yang terbuka. Oleh karena itu, salah satu keunggulan yang saya lihat selama menuntut ilmu di jurusan ini adalah orang-orangnya merupakan orang-orang yang sangat toleran dan menghargai perbedaan.

Kuliah Menyenangkan
Bagi yang memiliki minat pada bidang komunikasi pasti kuliah di jurusan ini terasa sangat menyenangkan. Bagaimana tidak? Kami kuliah dengan durasi yang tidak terlalu lama. Banyak dosen berpikir, waktu kuliah lama tidak berarti meningkatkan pemahaman mahasiswanya. Oleh karena itu, dosen (sepertinya) lebih memilih kualitas mengajar dibandingkan kuantitasnya (durasi). Sementara itu, ujian di jurusan ini juga cukup unik. Selama saya berkuliah di sini, saya lebih sering mendapat ujian take home yang dikerjakan di rumah, daripada ujian di dalam kelas. Namun jangan salah, beban take home ini justru lebih berat lho daripada ujian di kelas! Hal yang mengasikan lainnya adalah kami bisa belajar sambil santai misal menganalisis film, menganalisis acara televisi, stasiun televisi, iklan, dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa poin yang bisa saya rangkum selama saya kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi UGM. Tulisan ini sengaja saya buat untuk membantu teman-teman SMA yang mungkin butuh sedikit bocoran seperti apa kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi tepatnya di UGM. Bila kamu penasaran lulusan jurusan komunikasi bisa kerja apa, kamu bisa kunjungi ini ya!

  • Share:

You Might Also Like

212 komentar

  1. assalamu'alaikum
    kakak dulu masuk ilkom ugm jalur undangan atau tulis?
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Wa'alaikusalam Putri
    Saya dulu melalui jalur undangan.
    thanks udah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau nanya dong, nilai rata" ikom ugm brp ya? Mau daftar , tapi takut ga keterima :D

      Hapus
    2. Kak mau nanya dong, nilai rata" ikom ugm brp ya? Mau daftar , tapi takut ga keterima :D

      Hapus
    3. Halo, nilai rata2 apa ya? Hehe.

      Hapus
    4. Nilai rata" setiap mapel di SMA dulu mungkin kak maksutnya.

      Hapus
  3. Aslkum. Mbak erny, aku sma kelas 2 ipa. Tertarik dan merasa sesuai dengan jurusan ilmu komunikasi, teman seangkatan mb erny adakah yg dr ipa juga? Kl ada, tolong sharing-in tentang IPC dong mbak. Terimakasih sudah memberi wawasan tntg ilkom ugm :) wassalmkum wr.wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam, maaf lama sekali saya membalasnya. Di kampus saya banyak yang dari IPA. Maaf ya saya nggak menuliskan ttg IPC karena saya tidak mengalaminya hehe. thanks :)

      Hapus
  4. Halo, Kak :) Salam kenal.
    Saya siswi kelas 11 IPA yg masih bingung jurusan ._. Saya mau tanya, dulu jurusan waktu di SMA IPA atau IPS, kak? Untuk masuk Ilmu Komunikasi apakah nilai TIK diperhitungkan? Mohon jawabannya. Terima kasih.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Lajeng. TIK dengan Komunikasi nggak ada hubungannya. TIK alat sementara komunikasi itu aktivitas berinteraksi jadi beda hehe. Saya dulu dari IPS :)

      Hapus
    2. Oh, kirain ada hubungannya sama TIK. Terima kasih jawabannya, Kak :D

      Hapus
    3. Nggak ada kalau TIK itu buat Sistem Informasi

      Hapus
    4. Mantap sekali websitenya dapat dijadikan sumber dan bisa juga diambil dari web http://fikom.gunadarma.ac.id/

      Hapus
  5. Assalamualaikum mb,
    saya siswa dari Lampung mau tanya"
    kalok ILKOM di UGM ni passing gradenya berapa?
    trus ILKOM ni harus dikuatin B.Inggrisnya ya mb?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam

      Saya tidak tahu passing gradenya berapa. Kamu bisa googling pasti ada kok. Nggak juga, masalah nguatin bahasa Inggris bisa seiring berjalannya kuliah.
      thanks for coming :)

      Hapus
  6. Hallo kak :) nice to read ur story...
    Saya juga tertarik sama fakultas Ilmu Komunikasi. Sekedar mau tanya, kalau udah sarjana peluang kerjanya itu di bidang apa saja ?
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Erna,
      Kalau di UGM Ilmu Komunikasi belum fakultas. Kita masih jurusan. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Nah kalau soal peluang kerja aku bisa jamin banyak banget. Apalagi sejak internet booming. Bisa jadi content writer, copy writer, public relations, jurnalis, dosen, marketing communication, etc. Sejauh ini yang kutahu jurusan ini mencetak mahasiswa yang lentur untuk kerja di berbagai bidang soalnya komunikasi kan hal yang pokok & harus ada dalam perusahaan. Untuk berbisnis pun kita ada bekal karena ada juga mata kuliah komunikasi pemasaran. :)
      thanks udah mampir

      Hapus
  7. Ilmu komunikasi itu dari ipa bsa kan kak? harus bnyak baca nggk kak? soalnya kan masuk kategori IPS. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ilmi, dari IPA BISA. Jurusan apapun yang namanya kuliah harus banyak baca. Kenapa? Karena kalau jarang baca atau sedikit baca ya pengetahuan kita stuck. Mandek segitu aja.
      Thanks uda mampir

      Hapus
  8. Kak kalau kemampuan bahasa inggrisnya minim kira2 bakal kesulitan gak ngikutin kuliahnya? Kemampuan menulis dlm bahasa inggris penting gak kak? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk kuliahnya di kelas sih nggak ngehambat kalau misal bahasa Inggris kita lemah. Tapi itu ngehambat saat kita baca aneka buku. Banyak buku yang kebetulan berbahasa Inggris. Tapi nggak perlu khawatir, kalau udah di jalani semua ringan kok. Kalau untuk menulis ya asal bisa aja :)

      Hapus
  9. bermanfaat banget, thanks kak udah posting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. Terima kasih juga udah berkunjung Puspa

      Hapus
  10. suka banget sama postingan ini..
    makasih kak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Zakiah atas pujiannya. Makasih juga sudah membaca :)

      Hapus
  11. halo kak, aku ami kelas XII dari bali.
    aku pingin masuk ilmu komunikasi, kalau punya prestasi bidang menulis kira2 bisa digunakan tidak?
    makasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Utami. Piagam menang menulis bisa digunakan saat ikut jalur undangan. Dulu saya juga begitu :)

      Hapus
  12. Tirza Rachel14 Juli 2014 19.05

    Kak mau nanya, kalau pas SMA jurusan ipa bisa masuk lewat jalur SNMPTN nggak di jurusan ilmu komunikasi UGM? Terus kalau udah lulus kerjanya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Tirza,
      sebelumnya, mohon cermati dulu ya komen-komen di atas. Semua pertanyaanmu sudah pernah ditanyakan oleh teman-teman yg lainnya. Thanks

      Hapus
  13. Ass.ww. kak saya sngt berminat di jurusan ilkom, kak sy mau tanya supaya bisa masuk ilkom sy hrs belajar lebih dan konsentrasi di mapel apa ya? Selain, ugm univ yg ilkomnya bagus dimana ya kak? Mohon djawab ya kak, Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam
      Belajar apa nggak ngaruh sih karena apa yg diajarin di kampus jauh jauh berbeda dgn pelajaran SMA. Jadi pelajaran SMA cuma sebatas nganter kita buat lolos nggak (Kalau lewat jalur undangan).

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum kak, salam kenal :)
    Saya kelas XII ips dan udah dari kelas XI berminat ke jurusan komunikasi di UGM. Tapi pernah saya bimbang dan ragu tentang jurusan ini. Tapi habis baca postingan ini kayaknya saya berminat lagi deh :))
    Kira-kira kalau mau masuk kesana harus pintar mapel apa aja ya kak? Makasih atas jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Ega
      Kamu hanya perlu tekun membaca buku, sering mengikuti pemberitaan terkini. Nah, itu aja :)) oh iya, pelajaran sekolah hanya membawamu sampai ditentukan diterima atau nggak. selebihnya, nggak ngaruh. Semangat ega! :)

      Hapus
  15. Kak, salam kenal. Saya sudah kelas 12 dan jujur masih belum yakin atas jurusan apa yang mau saya ambil. Namun beberapa akhir ini, saya memasukkan Ilmu Komunikasi ke pertimbangan saya karena saya suka hal yang berawal dari ide-ide baru. Saya mau bertanya, apakah perfilman juga dipelajari di Ilmu Komunikasi? Atau hanya televisi saja? Apakah ada bagian yang benar-benar befokus bukan bersamaan dengan televisi, namun hanya film?

    Dan kalau masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi, dasar-dasar apa saja yang diperlukan untuk dapat mengikuti pelajarannya dengan baik? Apakah harus sudah mempunya keahlian-keahlian tertentu? Seperti pada materi pembuatan film/televisi/fotografi, apakah itu berarti kita harus memiliki dasar-dasar dalam hal tersebut? Mungkin tidak kalau kita mempelajari semua itu dari awal saat memasuki kuliah?

    Terima kasih kak atas postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Iya perfilman juga dipelajari tapi tidak mendalam banget. Perfilman dipelajari di konsentrasi media dan jurnalisme. Film merupakan salah 1 media untuk berkomunikasi. Kalau yg konsentrasi fokus ke film aja di UGM nggak ada. Di Indonesia secara umum aku juga belum tahu ada nggak nya. Tentang perfilman itu ada beberapa mata kuliahnya.
      Kita nggak harus memiliki keahlian tertentu. Tapi alangkah baiknya kalau kita punya. Di kampus diajari segalanya dr dasar karena materi perkuliahan sangat berbeda dgn materi saat sekolah. Terus di kampus juga ada UKM yg memungkinkan kita belajar lebih jauh soal film, foto, iklan, dsb.

      Ini aja yg bisa sy jelaskan. Thanks udah baca.

      Hapus
  16. Hallo kak, saya Shela, sekarang sudah kelas 12 IPA dan sejak kelas 10 sudah kepingin sekali masuk UGM di Ilkom-nya. Kalau lewat jalur undangan apakah ada rata-rata minimal yang harus dicapai kak? Kalau kakak dulu gimana? Kira-kira mata pelajaran apa yang membuat kakak waktu itu bisa masuk ke Ilkom UGM lewat jalur undangan? Karena kata guru saya, kalau Ilkom Matematika harus diatas 8,0 dan Inggris 8,0. Apa ada batasan nilai di masing-masing mata pelajaran seperti mtk atau ingg untuk masuk Ilkom UGM, kak? Terimakasih kak Erny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Shela.
      Sebenarnya nggak ada batasan nilai. Batasan nilai itu biasanya yg buat malah sekolah-mu gitu. Nah, kalau mau aman, emang rata2 harus di atas 7,5. Dan tiap semester ada tren nilai yg naik. Dulu aku gitu. Semester 1 SMA tuh 7,7-an lah. Terus semester 5( terakhir) 8,4. Nah, yg penting tuh tren nilai rata2 naiknya itu Shela. Nggak ada mata pelajaran khusus, yg penting nilai tiap mapelmu sebisa mungkin minimal 7.5 gitu.

      Hapus
  17. Alya Nurbaiti27 Juli 2014 14.17

    Halo, kak Erny :) Saya maba Ilmu Komunikasi UGM 2014. Alhamdulillah seneng banget bisa keterima di jurusan yang sesuai keinginan. Kita samaan kak, saya milih jurusan ini juga tanpa paksaan, malah orangtua sepenuhnya mendukung dan merestui. Awalnya tetap diskusi dulu sih, karena saya juga keterima di sekolah kedinasan, yang dinilai kebanyakan orang lebih benefit. Tapi hati saya mantep di UGM, jadi bismillah PTK-nya saya lepas, walaupun banyak yang ngatain saya bego, membuang kesempatan emas, atau apalah.
    Saya suka nulis, tapi masih insecure. Maksutnya, saya nggak ngerasa pinter nulis gitu kak. Masih susah juga buat kritis. Ya ntar belajar sih, ya.
    Tapi kalau saat ini, saya ngerasa lebih bisa "ngomong", jadi mungkin bakal lebih cocok pilh peminatan komstra daripada komed. Tapi saya juga tertarik sama jurnalistik. Hehe jadi bingung kalau minat semua:D
    Yang mau saya tanyain nih kak, lebih luas mana peluang kerja antara komed dan komstra (saya tahu peluang kerja anak IlKom Insya Allah luas, udah disinggung juga di tulisan kakak di atas:D Tapi lebih fleksibel yang mana? I mean, lebih bisa mana komed kerja di komstra, atau komstra kerja di komed?)
    Terima kasih, salam kenal ya kak;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Alya. Waah selamat ya. Berarti kamu adik tingkatkuya? Jangan lupa sapa aku ya kalau udah mulai ngampus nanti. Sayangnya aku nggak ikut jd panitia ospek hehe.
      Kalau aku sendiri malah salut km milih UGM berdasarkan pertimbanganmu sendiri. Artinya kamu mulai mengenal dirimu sendiri. Tahu apa minatmu dan passionmu. Kupikir juga prospek ke depan juga bagusan kita (maaf) krn jenjang pendidikannya lebih tinggi. Kita S1 dan kalo km ambil PTK paling D1 atau D3.
      Asumsi kalau pinter ngomong itu lebih cocok ke komstra nggak sepenuhnya bener. antara komstra & komed porsi untuk ngomongnya sama aja kok. Aku dulu juga begitu. Pas maba udah mantep milih komstra, tapi seiring berjalannya waktu aku banting setir ke komed. Kalau soal fleksibelnya menurutku lebih fleksibel komed. Bukan krn aku anak komed, tapi selama setahun ini aku ngamatin emang lebih fleksibel komed. Ada beberapa pekerjaan yg itu bidangnya anak iklan, tapi justru lebih baik dikerjain anak komed. Misalnya pekerjaan part time sekarang itu content writer yg tujuannya ngiklan. Itu kan tugas anak komstra, tapi kita bisa. terus public relation juga. Ada ahli komunikasi (aku lupa namanya) yg nyebutin kalau PR yg baik adl yg mengenal media dan jurnalisme. plus pinter nulis. Dari sana aku lihat ternyata konsentrasi yg awalnya kuanggap sempit ini memiliki fleksibilitas yg lumayan juga. Hanya saja, anak komed tetep nggak mempelajari teori2 dasar ttg PR, Iklan, dll yg dipelajari anak komstra. Namun, ijazah kita nanti sama2 nyebutin sarjana komunikasi tanpa menyantumkan komed atau komstra makanya kita tetep bisa kerja di bidang apa pun yg termasuk dlm komunikasi.
      Terima kasih udah baca. Salam kenal juga :)

      Hapus
  18. Kak, kalo di Komunikasi Media itu kaya broadcasting gitu bukan sih? Terus apa mahasiswanya dituntut punya kamera gitu? cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi media itu ya mempelajari broadcast tapi nggak banyak praktek. Lebih ke aturan, hukum, teori, dll, terus nggak cuma broadcast, tapi juga jurnalisme dll. Kalau sama broadcasting beda karena kita diarahin jadi konseptor bukan eksekutor. Oh iya, nggak wajib punya kamera.

      Hapus
    2. Oh, gitu Kak. Oke Kak, makasih banyak :D

      Hapus
    3. Kak, mau tanya lagi '-' Maaf ya banyak tanya :( Dulu SMA mana Kak? Terus kriteria keterima lewat jalur SNMPTN itu gimana? Trims :)

      Hapus
  19. ka mau tanya,kalo pengen kerja di dalam pertelevisian tapi bukan jadi reporter atau jurnalistik tuh kuliahnya ngambil jurusan apa ya?,kayak jadi kreatif .tolong jawabannya ya kak..makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Imas,
      Pada dasarnya semua lulusan bisa kok kerja di pertelevisian. Tergantung apa dulu bidang kerja yg kamu inginkan? Kalau kamu mau jadi finance-nya ya di ekonomi, mau jadi kreatif kaya ide acara dll, itu broadcast. Sejauh ini kalau di Indo sih ya broadcast itu :)

      Hapus
  20. thanks ya buat sharingnya, sangat bermanfaat :)
    bismillah maba ILKOM UGM 2015 :)

    BalasHapus
  21. wah sangat bermanfaat banget postingannya kak! saya juga tertarik banget sama jurusan ilkom dan berniat mau ngambil jurusan ini. Tapi saya dari jawa barat kak dan sekolah saya pesantren. apakah peluangnya minim untuk masuk ilkom kak? secara barangkali lebih melirik sekolah negeri begitu. oh iya kak untuk masuk jurusan ilkom lewat jalur undangan, nilai dari mata pelajaran apa saja ya yang ditinjau? thanks yaa.. mohon bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azizah, semua lulusan SMA/K dari manapun punya peluang yg sama untuk kuliah di sini :)

      Hapus
  22. Maaf kak, saya mau tanya. Kalau di ilmu komunikasi, matkul wajib semester satu dan semester dua nya masih seperti pelajaran saat SMA nggak ya? Masih kah kita nanti bertemu dengan Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi di awal-awal perkuliahan? Mohon jawabannya. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kinan.
      Kuliah itu BEDA BANGET sama SMA. Nggak ada mata kuliah yang sama dengan mata pelajaran. Semuanya udah fokus. :)
      Thanks udah mampir

      Hapus
  23. kak saya Aliza kelas 12 ips hehe taun depan udah kuliah, aamiin. mau tanya, kalo ilkom itu pas SNMPTN nilai yang sangat dipertimbangkan itu mapel apa aja ya kak? trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aliza,

      Thanks udah mampir ke postingan ini. Tapi, sebelumnya saya minta maaf ya. Aliza bisa lihat komen di atas. Pertanyaan Aliza udah sering ditanyain temen-temen lain. Simak dulu sebelum bertanya ya :)

      Hapus
  24. Hai kak, saya maba ugm 2014 jurusan ilkom juga :)
    mau nanya sedikit aja, setelah lulus ilkom apakah bisa masuk ke pekerjaan diluar pertelevisian?
    Seperti kerja kantoran gitu, give me a reason :)
    thanks, btw ppsmb pala tahun ini cetar membahana. Salut untuk gamada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Kak :D Kalo boleh tau dulu pas SMA jurusan apa? Lolos ilkom ugm lewat jalur apa ya? Terima kasih :D

      Hapus
    2. Halo, kok namanya Anonim?

      Jelas bisa banget. Kamu mau kerja diperusahaan apapun bisa. Soalnya ilmu kita itu luwes.

      Hapus
    3. Kemaren SMA jurusan IPA, masuk UGM lewat jalur SNMPTN. Aku anak perantauan dari luar jawa :)
      ayo masuk UGM, ppsmb nya seru sekali. Rame, seluruh indonesia ada di sana, dari luar negeri juga ada

      Hapus
  25. haloo kaa menarik banget tulisannyaaa, aku kelas 12 ips sekarang, udah pengen banget masuk ilkom UGM dari SMP hehe nanti di kalo di komunikasi UGM kita belajar management komunikasi gak ka? soalnya aku mau banget punya EO hehe thanks kaa ditunggu jawabannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, tolong dong kasih nama, masak aku manggilnya Ano hehe
      Kalau di komunikasi UGM manajemennya udah fokus. Manajemen kehumasan, periklanan, dan media. Kamu mau jd wirausahawan nggak perlu kok kuliah khusus. Manajemen itu sebenarnya ilmu ngawang kalau menurutku lho. :)

      Hapus
    2. oh iya lupa kaa maaf hehe jd nanti tetep dapet manajemennya ya ka? soalnya kan kalo di UNPAD emang ada tuh jurusannya manajemen komunikasi nah kirain ngga dapet manajemen._.

      Hapus
    3. Gini esti, setiap kampus tuh ada kebijakan masing-masing. Kalau di UNPAD, komunikasi itu FAKULTAS jadi terdiri dr beberapa jurusan. Kalau di UGM itu JURUSAN sehingga lingkupnya lebih kecil. Memang di UNPAD ada manajemen komunikasi yg fokus mempelajari relasi ilmu manajemen dgn komunikasi. Nah, kalau di UGM hanya sekedar mata kuliah jadi tidak sedalam yang dipelajari di UNPAD. Sekali lagi, itu karena kampus punya kebijakannya masing-masing :)

      Hapus
    4. ooh gitu okedeh kaa makasih yaa info nyaa maaf kalo banyak nanya, doain jd maba ilkom ugm 2015 kaaa hihi^^

      Hapus
  26. Halo mbak, saya jujur mau masuk komunikasi ugm tapi rsagu ragu karena nilai matematika saya ada yang 63. Tapi rata rata saya naik mbak dari 80,80,83,88. Itu gimana ya mbak? apa masih ada peluang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang ada kalau kamu MENCOBA. Jadi PD aja lagi! Coba aja. Saya rasa nilai matematikamu nggak banyak berpengaruh.

      Hapus
    2. Tenanan lo mbak. Aku dadi semangat ki!!! Makasih ya mbak. Dongakne mlebu. Amiiiiiiiiiin Ya Allah. Semoga kebaikane mbak dibalas Allah

      Hapus
    3. Insya Alloh selalu ada jalan yang terbaik selama kita udah usaha. Yang penting, kamu usaha, doa, dan pasrahkan semuanya. Apapun hasilnya itu yg terbaik untukmu

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. halo kak saya siswa jurusan ipa sekolah swasta di jakarta saya ingin bertanya kiRa kira nilai yg dipertimbangkan untuk masuk jurusan komunikasi apa saja? serta seberapa besar peluang untuk tembus komunikasi ugm thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Qaedy, sebelumnya aku minta maaf, sepertinya kamu nggak menyimak pertanyaan2 sebelumnya. Sebenarnya pertanyaanmu ini udah sering ditanyakan temen-temen lainnya. Coba scroll ya :)
      Kalau soal peluang, saya rasa semua berpeluang tinggal seberapa besar usaha dan keberuntunganmu.

      Hapus
    2. Ohiya kak saya liat ke komen temen yg lain :) terimakasih kak target saya masuk fikom ugm tahun ini semoga masuk ya aamin

      Hapus
  29. Assalamualaikum kaa, aku mau nanya di UGM ada jurusan jurnalistik ga? atau itu termasuk ke dalam jurusan komunikasi. Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan jurnalistik termasuk dalam konsentrasi media jurnalis dan itu masuk di jurusan ilmu komunikasi. Thanks

      Hapus
  30. Assalamualaikum kak,
    saya siswa kelas 12 ipa skrg :D dan insha Allah calon maba ilkom ugm 2015 :") awalnya sempat gak yakin mau milih jurusan ini tapi stelah baca blog kaka aku udah bisa memantapkan pilihan ptn nantinya kak:")

    btw, aku mau nanya kak,biaya per semesternya disana berapaan kak? dan apa ada biaya pembangunan?kalau ada berapa? kakak saya juga kuliah di ugm hukum dan membayar uang pembangunan 30 juta kak. Makasih kak :D

    BalasHapus
  31. Thanks yayank sudah mampir ke blog ini.
    Amin! Semoga cita-citamu terkabul yah! :) senang bisa menginspirasi kamu lewat blog ini.

    Maaf yayank, untuk biaya jujur aku nggak tahu karena setahuku angkatanku belum pakai sistem UKT, sedangkan angkatan 2013 kebawah udah pakai sistem UKT. UKT itu apa, silakan googling ya! :) Selain itu, aku pakai beasiswa bidikmisi jadi semua pembiayaan kuliah (biaya masuk, SPP, sks) sudah dicover dgn beasiswa tersebut, jadi aku nggak ngerti bayarnya berapa karena sudah dibayarin beasiswa.

    Salam semangat! :)

    BalasHapus

  32. Assalamualaikum kak,

    Saya Glenn, murid 12 ipa dari sma negeri 2 banyuwangi.
    Saya mau nanya kak, kan rumor yg belakangan ini muncul, anak" dari program ipa untuk memilih jalur snmptn/undangan tuh udah gabisa milih jalur yg berhubungan dengan bidang soshum, seperti ilkom,akuntansi,management bisnis, dkk. Apa hal seperti itu bener kak?
    Apa di UGM juga menerapkan hal yg seperti itu juga? :(

    Suer kak, aku galau banget, gatau musti gimana untuk bisa masuk ke ptn yg aku inginkan. Soalnya juga aku bener" pengen banget masuk ilkom UGM kak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam,

      Maaf kalau aturan saya nggak ngerti. Coba tanya pihak sekolahmu. Info seperti ini yang tau pihak sekolah, administrasi kampus, atau dinas. maaf ya.

      Hapus
    2. hai, setahuku ipa BERPELUANG diterima SNMPTN program soshum. beberapa waktu lalu ak konsul ke BK di sekolahku, kata beliau anak ipa bisa diterima snmptn program soshum tp ada syarat pengurangan nilai dari ipa ke ips. tp maaf, ak juga masih belum tahu pasti pengurangan nilainya itu spt apa. tetep semangat, Glenn. moga kita bisa sama-sama jadi anak UGM taun ini. moga bermanfaat :) GBU

      Hapus
  33. Assalamualaikum kak..
    Kalau boleh tau nilai rapor, nilai un, nilai akhir kakak kemaren berapa ya? Soalnya nilai aku sampe semester 4 ini pas"an aja kak, sementara aku kepengen masuk ilkom ugm
    Makasi kak sebelumnya, doain aku ya kak bisa masuk ilkom ugm:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Fitra

      Maaf sekali aku lupa berapa nilaiku kemarin. Soalnya udah 2 tahun yang lalu :( maaf yaa... DUlu nilai uan nggak dipertimbangkan.

      Hapus
  34. Assalammu'alaikum kak ^^
    kak, kakak kan melalui jalur undangan, kalau melalui jalur tes tingkat kesulitannya tinggi gak kak?
    makasih kak atas infonya.. ^^

    BalasHapus
  35. ilmu komunikasi UGM sudah punya gedung kuliah sendiri apa belum kak? terus dosen-dosennya gimana?
    d sana ekstrakulikuler /kegiatan khususnya apa aja kak?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. kak, kalau melalui tes apa saja yang harus dipelajari ya? Terimakasih :)

    BalasHapus
  37. ka masuk i.kom harus banyak bicara ya ?
    dulu kakak ambil ugm dipiliha 1/2/3 ?

    BalasHapus
  38. Kak waktu itu pilihan pertama dan kedua kakak apa ya? Makasih kak:)

    BalasHapus
  39. Kak, mau tanya lagi hehe. Kalau melalui jalur undangan snmptn itu nilai rapor pelajaran apa aja yang dinilai ya? Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada yang tanya ttg hal yg sama. silakan baca komen lainnya ya. thanks :)

      Hapus
  40. Assalammu'alaikum kak,

    saya mau tanya,untuk pendaftaran di ugm tahun 2015 sudah dibuka belum ya?website nya apa?soal nya saya minat banget ke jurusan ILKOM.... balas ya.,


    suwun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Kalau di UGM ya jadwal sesuai SBMPTN. silakan pantau website ugm.ac.id. googling aja web UGM. thanks :)

      Hapus
  41. Assalamu'alaikum ukti erny, salam kenal ya,saya dini dari aceh :-) saya tertarik dengan ilmu komunikasi,khususnya jurnalistik.. bisa tolong ukti jelaskan semester1 ilmu komunikasi itu matakuliah apa saja?dan apa peluang anak luar daerah masuk ke ilmu komunikasi ugm itu minim? Terimakasih ukti, ditunggu jawabannya :-)

    BalasHapus
  42. Oh iya kak, di ilkom ugm juga mempelajari komunikasi visual gitu nggak? Macam dkv dll? Atau hanya komunikasi verbal? Kalau ada, itu masuk konsentrasi mana? Maaf banyak tanya, terima kasih kak

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Kak minta tolong dong publikasikan peminat dan daya tampung ugm tahun 2014. Khususnya buat ilkom ya kak. terimakasih :)

    BalasHapus
  45. Nice posting kak :D sukses yaa hehe

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum kak ... mau tnya dong rata" nilai rapor yg diterima snmptn ilkom UGM thun 2014 brp ya ? Makasih. Pingin masuk Ilkom UGM nih aamiin ...

    BalasHapus
  47. Oh ya tanya lagi dong kak, klo di setiap angkatan ilkom UGM bnyak didominasi dri putra daerah sndiri apa merata disetiap daerah ? Makasih :-)

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. assalamu'alaikum kakak,kalau anak SMK ada kemungkinan bisa masuk ilmu komunikasi UGM tidak ya?
    terus kakak dulu kuliah berapa tahun?

    BalasHapus
  50. Kaa esti mau nanya lagi yaa, dulu kaka nya daerah mana yaa? kan esti liat liat tuh daftar yang keterima ilkom UGM, masa tahun lalu gaada dari Jakarta :'(

    BalasHapus
  51. Mau tanya mbak, aku ingin sekali kuliah, tp bingung gmana cara daftarnya, melalui test atau apa sih? mohon pecerahannya, suwun.

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum
    Kak, saya tertarik dengan ilmu komunikasi. Apa di ilmu komunikasi dibutuhkan pengetahuan teknologi yang kuat ? soalnya saya tidak begitu ahli dalam pengaplikasian teknologi, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Wa'alaikumsalam

      Komunikasi itu belajar tentang sosial. Masyarakat. Kita nggak bahas teknologi. Teknologi jatah temen-temen ilmu komputer. Beda ya, fakultasnya juga beda

      Hapus
  53. Assalamualaikum Kak, Saya Anggo Wahyu sekarang Masih kelas 11 SMK, kak kalau lulusan SMK itu mudah atau sulitkah masih jurusan ilmu komunikasi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Semua tergantung usahamu. :)

      Hapus
  54. Kak, satu angkatan jurusan ilkom itu biasa nya berapa daya tampungnya? Saya googling sekitar 75 orang, benar begitu ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap tahun kuota berbeda. Iya sepertinya 75 thun ini

      Hapus
  55. Assalamu'alaikum kak
    kak bagaimana sih caranya supaya bisa masuk jalur undangan ilkom di Ugm :')
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      Kalau saya pribadi nggak ada tips khusus. Dulu, saya hanya punya mimpi nggak ikut SNMPTN utk masuk UGM. Terus berusaha semaksimal mungkin saat SMA. Itu saja. Kayaknya faktor lucky itu yg paling menentukan

      Hapus
  56. Assalamu Alaikum kak :D
    saya kelas XI jurusan Bahasa
    saya mau nanya, kakak ada tips khusus masuk fikomUGM?
    trs, waktu kakak SMA, satu kelas kakak yang minat Fikom Ugm cuma kakak saja atau ada yg lain? soalnya di kelas saya banyak yang minat Fikom. terus kakak sempet ragu masuk Ugm apa tdk? trs dulu kakak termasuk murid yang terpandai atau sedengan? waktu masuk SNMPTN kakak menganbil pilihan fak apa saja?
    kan saya dari Bahasa, ada kendalanya apa tidak? maaf terlalu panjang pertannyaan kak, dan Terima Kasih infonya..
    Kakak hebat bisa masuk Fikom Ugm!!!
    Wassalamu alaikum :D

    BalasHapus
  57. Assalamu'alaikum kakak..
    Mau nanya kak, pada tes kesehatan masuk jurusan, ada tes buta warna ga kak?
    Buta warna parsial masih bisa masuk kak?
    Soalnya aku dapet informasi kalau ada tes buta warna, dan ada juga yang informasi yang bilang tidak ada..

    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih kak :D

    Wassalamua'aikum...

    Dibales ya kak, biar ga ragu lagi :)

    BalasHapus
  58. Hai kak Erny :)
    Aku SMP kelas 9 yang sedikit lagi mau lanjut ke sekolah menengah hehee
    Aku mau nanya dong kak, kalo mau masuk urusan Ilmu Komunikasi harus SMA jurusan IPS yaa kak? Nah kalo aku masuk ke SMk bisa ngambil jurusan Ilmu Komunikasi gak? Oiya kalo broadcast itu termasuk Ilmu Komunikasi juga bukan? Tolong jawab ya kak terimakasih :)

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum.kak, anak IPA bisa masuk Ilmu Komunikasi UGM lewat SNMPTN, nggak ya? Terimakasih:)

    BalasHapus
  60. Kak, aku mau tanya. aku kan daftar di ilkom UGM juga. belum tau sih lulus apa gak. mudh2an sih lulus. amiin
    aku tertariknya kayak produksi perfilman kak. kalo kayak gitu komed apa komsra ? makasih kak

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. assalamaualaikum, mau tanya. saat ini insyaallah saya sudah mantap dengan pilihan ilmu komunikasi. namun, saya masih..istilahnya, survey lah ya universitas mana yang terbaik di bidang komunikasi. Kalau boleh, share dong mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu komunikasi di UGM?
    thanks and regards. :)

    BalasHapus
  63. Halo kak,
    S2 ilkom di UGM tersedia atau tidak ?
    saya ingin masuk jurusan ilkom...sedang saya telah lulus S1 DKV.... jika bisa S2 ilkom, saya tertarik masuk ilkom UGM...
    jika dari DKV tdk bisa lanjut S2 ilkom, saya rencana kuliah S1 lagi...
    cita2 saya menjadi news anchor soalnya. hehe
    terimakasih kak Erny . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, UGM ada S2 kok. S2 UGM bisa multidisipliner setahu saya. silakan cek langsung di website ugm atau fisipol ugm ya. Tapi perlu diingat, kalau komunikasi di UGM lebih kepada teori, etika, dll. Ada praktek tapi tidak lebih banyak muatannya dari teori. Jadi kalau misal ingin jadi news anchor saranku lebih baik ambil kursus ttg ini yang spesifik. sementara ilmu kuliah untuk membangun idealisme dan pemahaman kita pada institusi media. Thanks :)

      Hapus
  64. Assalamualaikum. Kak aku kelas 10 jurusan bahasa. Aku minat sama ilmu jurnalistik. Apa besar peluang anak jurusan bahasa di ugm? Terimakasih :)

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum Mbak :)
    mbak mau tanya ... saya suka banget dengan dunia fotografer nih mbak dan yg berhubungan dengan pertelevisian gitu...
    Kalo saya ambil kuliah di fakultas Ilmu Komunikasi kira2 bagus gak mbak ?
    dan apakah mata kuliah tentang fotografer nya lebih spesifik gak di Ilmu Komunikasi tsb ?
    atau bagusnya saya sekolah khusus fotografer aja...
    Mohon sarannya ya mbak ...
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  66. kak erny, nice to find ur blog! very inspiring me. makasih banyak. udah ahir2 ini aku minatttt banget mau ambil ilkom di unpad, meskipun aku anak ipa, tapi entah aku jadi pengen bgt masuk ilkom. Mungkin karena aku hobi fotografi dkk. Kak, yang mau aku tanyain, apa aja yang dari sekarang bisa aku pelajari buat masuk ilkom? thanks before:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just focus ya untuk lulus UN dan lulus ujian masuknya :)

      Hapus
  67. Doakan saya kak biar bisa menyusul di FISIPOL Komunikasi UGM

    BalasHapus
  68. Kak, postingannya keren, kakak juga selalu mau jawab pertanyaan yg mengkomentar, saya jadi juga tau tentang nilainya kak. Kak, kalo boleh nanya sekarang urutan tmpt universitas urutan 5 besar dimana aja kak? Masih bingung masuk mana kak universitasnya :" makasih kak sebelumnyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cari tahu ranking univ ending googling ya karena saya nggak mengikuti :)

      Hapus
  69. Kak postingannya keren :) Kak, mau tanya dong.. Kakak kan diterima lewat jalur undangan, nah kalo kita punya sertifikat debat tpi sertifikat peserta tingkat provinsi kira2 bisa masuk ke ILKOM ga ya? Mkasih kak

    BalasHapus
  70. kak yang masuk ilmu komunikasi itu apa cuman jurusan IPA? trus, nanti kao habis lulus apa kerja nya harus di per televisian? ini aku tertarik banget kak masuk ilmu komunikasi, tapi masih bingung masalah hal itu tadi. makasih kak. Mohon dibalas ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu komunikasi itu luas. Lulusannya bisa kerja dimana saja karena kita bukan kuliah bidang keahlian spesifik (seperti dokter, atau hukum) jadi kamu bisa kerja diperusahaan apapun.

      Hapus
  71. Kak mau tanya... aku kelas 12 ipa pengen jurusan ilkom, bisa nggak lewat jalur snmptn? Mohon dibales ya kak?

    BalasHapus
  72. ka mau tanya. aku pengen baget masuk jurusan ke ilkom/mankom tapi aku orang nya pendiem, gak pinter ngomong, tapi aku dari IPS kira kira gimana ya ? terus bakal banyak praktek siaran di radio/reporter/news enc kaya gitu gak ? mohon di batu ka terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliah di jurusan komunikasi nggak berarti harus pinter ngomong kok. :) Banyak temen2ku yg bukan tipikal speaker. Cuma, dimana pun kamu kuliah usahakan untuk jadi orang yang pinter ngomong. at least agar orang juga notice kamu ada. sukses terus ya! :)

      Hapus
  73. Apa dari smk bisa masuk ilkom kak? :)

    BalasHapus
  74. Apa dari smk bisa masuk ilkom kak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua berpeluang tergantung lolos masuk atau nggaknya :)

      Hapus
  75. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Maaf kak, saya siswi kelas XI, mau bertanya kak. Untuk lulusan Ilkom peluangnya besar masuk ke pekerja televisi tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung usahamu karena di TV nggak harus dari komunikasi :)

      Hapus
  76. Assalamu'alaikum kakak. Kak, nama ku intan kls XI IPA. kak, klo jadi presenter itu lebih menjurus kepada komed atau komsrta ya kak? Makasihh kakakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo intan, apapun bisa. sesungguhnya jurusan komunikasi itu nggak terus belajar jadi presenter lho.

      Hapus
  77. Hallo kak salam kenal saya hanny dri kls 12 jurusan bahasa. Saya mau tnya klau ilkom di ugm kan masuknya fisipol, terus waktu kuliahnya itu belajar ilmu politik nya apa saja ya kak yg dipelajari. Mohon dibalas agar jelas, terimakasih kak erny. Sukses selalu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu politik dasar, politik pemberitaan, dan politik2 yang berhubungan dengan komunikasi. :)

      Hapus
  78. Assalamualaikum kakk
    aku mau nanya kalau snptm nya ngambil ilmu komunikasi UGM gimana ya kak??
    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak paham kalau hal teknis seperti itu karena setiap tahun aturannya berbeda

      Hapus
  79. ass mbak di jurusanny ada praktek apa aja kalau kayak jadi penyiar sama presenter gitu ada gak mbak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikssi UGM banyaknya belajar analisis dan teori

      Hapus
  80. Assalamualaikum mbak. Waktu kuliah di UGM ikut organisasi BULAKSUMUR POS apa nggak?

    BalasHapus
  81. Ka Ernyn, aku boleh ngga minta alamat gmail Kaka ? Pengen sharing, ini beneran ko Ka. Makasih yaa

    BalasHapus
  82. Halo kakak. Salam kenal yaa. Saya kls 12 IIS SMAN 1 Karanganyar. Masih dilema bgt sama jurusan. Pgn masuk ilkom karna prospek kerjanya jg luas, tp rasa pesimis sll datang :((( mau nanya2 minta pin bisa kak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Foebe,

      Kamu bisa ngabrol sama saya via e-mail ya! :) Nggak perlu ragu atau pesimis karena selama semangat pasti ada jalan! :)

      Hapus
  83. Mbak mau tanya dong, apakah ilmu komunikasi harus berbahasa Inggris aktif sama seperti di jurusan HI? Thanks

    BalasHapus
  84. Mbak mau tanya dong, apakah ilmu komunikasi harus berbahasa Inggris aktif sama seperti di jurusan HI? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Andri, nggak kok. Tapi kudu bisa ya karena tetep perlu! :)

      Hapus
  85. Kak, mau nanya dong... Lebih mending mana antara kuliah di jurusan ilmu komunikasi yang banyak teorinya tapi minim praktek atau sebaliknya ? Kasih pertimbangannya juga kak, supaya lebih mantep lagi buat milih universitas. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Arvin,

      Ini pendapat pribadiku ya, kalau aku prefer yang banyak teorinya. Karena saat ini mayoritas kampus tuh banyak ngajarin praktik2nya. Sementara teori dan logis berpikir kurang. Padahal di dunia kerja yang sesungguhnya kita tetep butuh teori, logis berpikir, sebagai landasan saat melakukan analisis case tertentu (in case aku kerja di Agensi ya saat ini) :)

      Tapi, lengkapi juga dengan pengalaman praktis saat kuliah. Misal dengan ikut magang, volunteer, atau kerja parttime di bidang yang relate sama jurusan kuliahmu. Itu sih saranku ya! Semoga membantu! :)

      Hapus
  86. hai mbak, aku adek tingkatmu angkatan 2015. Makasih ya posting ini pernah membantuku untuk memutuskan masuk jurusan Ilmu Komunikasi UGM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Yuni, waah seneng banget ada adek tingkat yang nemu tulisan ini. Yuk sapa-sapa real life! Semangat terus ya! :)

      Hapus
  87. Assalamualaikum :)

    Maaf mba saya mau minta pencerahan,, menurut yang saya baca dari salah satu web persyaratan masuk UGM itu apa orang tua harus lulusan S1, S2, da lain nya?
    terus lulusan dari smk di perbolehkan untuk pendaftaran masbar gak dan satu lagi salam kenal dari saya iwan anak informatika dari majalengka :D

    BalasHapus
  88. Hallo kak assalamualaikum. Lewat jalur undangan ya berarti snmptn ya, wah hebat banget. Susah enggak kak? Kak aku bole minta line nya? Aku mau nanya nanya. Makasih kak.

    BalasHapus
  89. Assalammualaikum,hallo kak erny, aku siti siswi kelas 12 broadcast di smk salah satu di jawabarat. kak kalau peluang buat masuk ILKOM di UGM bagaimana kak buat smk ? soalnya saya ingin meneruskan di ILKOM UGM, tapi saya ingin tau terlebih dahulu bagaimana peluang di ILKOM UGM untuk smk broadcast kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Siti, kamu punya kesempatan sebesar yang lainnya kok. Pede aja untuk daftar ya! Semogaa sukses

      Hapus
  90. lebih spesifik bgt ya kalo di ugm.
    kalo d tempat sy semua ny lebih fokus k broadcast nya.
    kumbal blog jelek saya ya hehe BLOG ILMU KOMUNIKASI

    BalasHapus
  91. Hai Kak Erny. Aku baru sebulan ini loh tertarik sama ilkom ugm hehe padahal sbm tinggal hitung hari xD ohya kak, mau tanya kalo pbub ugm itu cuma satu sertifikat peluangnya kecil ya buat masuk ilkom? Sebelumnya makasih tentang cerita pengalamannya :)

    BalasHapus
  92. Kak, tau nggak biaya klu masuk jalur UTUL UGM ? Apakah ada pembayaran DPP juga ?

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum kak :)
    postingan kakak bagus banget :)
    saya mau tanya, saya anak kelas 12 smk jurusan multimedia dikabupaten karanganyar.
    saya tertarik sekali ingin melanjutkan kuliah di jurusan ILKOM dan setelah membaca sekilas postingan kakak saya tambah ingin masuk jurusan ILKOM di UGM.
    Tapi saya agak berkecil hati kak hehe
    Kak kalo masuk di jurusan ILKOM, apakah orangnya harus pandai berkomunikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Wati, seneng banget kalau tulisan ini bisa menginspirasi. Kalau saran dari aku, percaya diri aja. Kamu itu hebat lebih dari yang kamu pikirkan. Dan saat kamu bertanya apa harus pandai berkomunikasi? Jawabannya, kalau sudah pandai kenapa perlu kuliah di komunikasi? Justru karena belum pandai jadi belajar. Dan komunikasi itu luas nggak sekadar etika berbicara. Tapi banyak hal lainnya yang mungkin belum kamu sadari sekarang.

      So, semangat aja ya! :D

      Hapus
  94. Hallo kak saya kelas 11 ips, dr postingan kk ini sangat menginspirasi & memotivasi aku jd pgn masuk ilkom ugm:) oiya kl boleh tau kaka asal mana ya? soalnya aku asal jawa barat, ada yang bilang kalau ugm lebih banyak nerima mahasiswa nya dr jawa tengah (jogja) nah, apa peluang aku kecil gitu? atau seperti gmn ya k thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Zahra, aku asalnya dari Magelang, Jateng dan emang dulu SMA di Jogja. Tentang kuota daerah, saranku kamu nggak usah pikirin. Fokus aja sama cita-citamu ya! Usaha nggak mengkhianati hasil kok :)

      Thank you,

      Hapus
  95. Assalamualaikum kak Erny..

    mau tanya seandainya mau masuk Ilmu Komunikasi ada tes Buta Warna Parsial nya ga kak?

    mohon informasi nya kak karna akan membantu calom Maba yg minat masuk situ tapi terhalang akan suatu nikmat allah, yaitu buta Warna Parsial, hehe


    ditunggu ya kak, Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.

      Nggak ada tes buta warna :)

      Hapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung lulus SBMPTN atau nggak hehe

      Hapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  98. Ka jurusan ilmu komunikasi ada matamatikanya ngga ?

    BalasHapus
  99. Hai mbak .. saya windu dari madiun jawa timur lulusan tahun ini .. setelah saya baca postingan mbaknya saya semakin tertarik dengan ilkom .. saya mau nanya mbak .. apa yang harus di lakukan agar bisa lolos sbmptn .. dan sekalian minta pendapat apa yg harus saya lakukan...!!! Mbaknya udh lulus atau masih kuliah mbak .. makasih ya mbak :-)

    BalasHapus
  100. Di ilkom ugm itu sainganya berat ya mbak .. saya udh daftar di situ .. tp masih mau tes tgl 31 ..mohon jwb semua pertaan saya ya mbak.. maaf ya mbak klo kebanyakan nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Windu, thanks for comment. Aku pribadi nggak punya tips. Apalagi, dl aku nggak ikut snmptn tulis jadi nggak punya pengalaman tentang tes masuk. Saya masih kuliah semester 8 😊

      Hapus
    2. Emmb gtu ya mbak .. seumpama saya minta nmr telvon/pin atau saya yang ngasih ke mbaknya gmana mbak..?? Soal e mau ngomong pribadi dengan mbaknya :-)

      Hapus
  101. Halo kak aku mau tanya, hal yg membedakan komtras dgn komed apa ya, trs mksd dr public reaction itu gmnaya.

    Tlg d bls ya kak, mkasih

    BalasHapus
  102. Halo kak aku mau tanya, hal yg membedakan komtras dgn komed apa ya, trs mksd dr public reaction itu gmnaya.

    Tlg d bls ya kak, mkasih

    BalasHapus
  103. Bermanfaat sekali kak trimakasih sudah sharing ☺

    BalasHapus
  104. kak, saya mau nanya dong, apakah masuk jurusan ilmu komunikasi itu mesti menguasai bahasa inggris?

    BalasHapus
  105. Nggak ada ketentuan khusus. Tapi butuh kemampuan bahasa inggris utk menguasai buku2 wajibnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. o gitu ya kak, oke terima kasih. emang sulit ya kalo nggal bisa bahasa inggris

      Hapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. assalamualaikum kak :)
    saya minat nih ke ilmu komunikasi UGM, mau tanya kira2 nilainya harus tinggi kayak jurusan2 lainnya atau nggak ya kak .. atau ada mata pelajaran tertentu yang nilainya harus menonjol.. thanks kak ..

    BalasHapus
  108. kak saya rahel saya kelas 2 ips saya bingung mau masuk ilkom undip atau ugm. saya kepengen jalur undangan kak nah alumni dr sekolah saya banyakan ke undip dr ugm padahal saudara saya bilang ilkom ugm lebih bagus dr undip dan saya takut ga bsa masuk mbak karena ilkom itu jurusan yg peminat nya banyak dan penerimaan nya sedikit, dan saya mau nanya mbak dlu mbak nilainya 5 diatas kkm ga dlu mbak dan peringkatnya dr semester 3-5 peringkat berapaa aja mbak? dan ada pengaruh ga peringkat sama jalur snm mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nilaiku dulu selalu di atas KKM. Kalau gak salah rata-rata 8 sekian. Ranking 2-6. Thanks

      Hapus
    2. kak bagi tips kakak biar bsa masuk snm dong

      Hapus
  109. Kak,menurut kk kalo ujian masuk lewat tes itu (jurusan ilkom)peluang masuknya gimana sih kak? Secara kakak an lewat undangan....dan aku mau coba lewat ujian tulis nanti... Terimakasih sebelumnnya kk:)

    BalasHapus
  110. Kak,menurut kk kalo ujian masuk lewat tes itu (jurusan ilkom)peluang masuknya gimana sih kak? Secara kakak an lewat undangan....dan aku mau coba lewat ujian tulis nanti... Terimakasih sebelumnnya kk:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, aku nggak tahu ya kalau peluang-peluang secara tiap tahun daya tampung berbeda dan aku nggak tahu gimana tes masuknya. So sorry

      Hapus
  111. Halo, kak. Salam kenal. Saya Rika, siswi SMA Negeri 5 Denpasar, Bali. Saya sangat berminat untuk masuk komunikasi, khususnya komed setelah baca beberapa referensi dari internet. Saya mau tanya, apa kuliah di komunikasi kesibukannya masih bisa diatasi? Karena saya rencananya mau masuk lewat jalur PBOS marching band nanti, semoga saya bisa dapat. Takutnya nanti kuliahnya sibuk banget bangetan gitu. Dan saya juga minta tolong kak, kalau ada temen kakak yg anak MBUGM dan komunikasi, saya boleh minta contact nya? Untuk pribadi dr temen kakak, bisa balas melalui email saya di aryaputri30@yahoo.com. Terima kasih banyak kak 😊

    BalasHapus
  112. Terima Kasih kak . sangat bagus yang saya baca. Saya masih kelas XI IPA dan bingung mau milih jurusan apa hehe

    BalasHapus
  113. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  114. Kak tolong do'ain utk saya biar bisa jadi bagian mahasiswa ugm khusus fisipol di jurusan ilmu komunikasi 2017 hehe. amin. makasih kak sebelumnya udah sharing info tentang ilkom ugm. gluck for you!

    BalasHapus