Sharing: You're More Beautiful Than You Think

By Erny Kurniawati - 13.30.00

Saya menyaksikan video iklan Dove Real Beauty Sketches yang diunggah di YouTube ini beberapa minggu yang lalu. Bagi saya, iklan ini lebih daripada iklan. Dia memiliki nilai lebih karena pesan yang ditampilkan bukan "belilah produk Dove", tetapi "yakinlah bahwa kamu lebih cantik dari yang kamu pikirkan." Iklan tersebut merupakan bentuk kampanye Dove yang ditujukan untuk kaum perempuan agar menyadari betapa berharganya diri mereka dan betapa cantiknya mereka. Pesan yang menurut saya jarang atau hampir tidak pernah saya temukan pada iklan-iklan di Indonesia.

Berbicara soal menyadari betapa cantiknya diri sendiri bukan berarti kita merasa terlalu percaya diri atau sombong. Namun bagi saya pribadi pemikiran tersebut penting agar pada setiap diri perempuan memiliki sikap percaya diri atas kekhasannya masing-masing. Cantik tidak melulu putih dan lain sebagainya sebagaimana yang disampaikan pada iklan produk kecantikan pada umumnya. Cantik bisa juga berupa kepercayaan diri kita membawakan diri di tengah masyarakat, di dalam pergaulan, dan dimana saja.
Seperti yang digambarkan pada iklan Dove tersebut, seorang pelukis membuat sketsa wajah seorang perempuan berdasarkan apa yang diceritakan si perempuan tentang dirinya kepada pelukis. Pelukis tidak melihat wajah si perempuan. Kemudian si pelukis membuat sketsa serupa namun berdasarkan penuturan orang-orang terdekat si perempuan baik teman maupun kekasihnya. Hasilnya pun ternyata berbeda. Justru sketsa yang dibuat berdasarkan penuturan si perempuan langsung hasilnya justru lebih buruk. Sementara yang sketsa yang dibuat berdasarkan penuturan orang lain hasilnya justru lebih hidup dan tentu saja cantik. Dari beberapa perempuan yang dibuatkan sketsa wajah oleh sang pelukis, keseluruhannya menunjukkan bahwa apa yang mereka tuturkan menghasilkan sketsa yang lebih buruk daripada yang dituturkan oleh orang lain. Tentu saja hal ini membuktikan bahwa banyak perempuan yang cenderung memandang dirinya lebih buruk daripada yang dipandang orang lain. 

sumber || edited by me
Menjadi perempuan yang percaya diri terhadap keunikan yang dimiliki dan kecantikan alami adalah hal yang penting. Hal ini disebabkan oleh pembawaan diri seseorang yang biasanya terpengaruh dengan tingkat kepercayaan dirinya. Ketika kita percaya bahwa kita bisa tampil mengesankan, maka kita akan berusaha untuk benar-benar mengesankan. Hanya saja jangan sampai berlebihan. Oleh karena itu, saya menceritakan iklan tersebut disini karena berharap baik saya maupun perempuan lain dimana saja dapat berpikir bahwa kita sudah diciptakan menjadi cantik dengan karakter masing-masing. Bagaimana orang akan menganggap kita cantik dan unik, bila kita sendiri mengabaikan potensi cantik dan unik yang sesungguhnya ada pada diri kita sendiri.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar