Setiap Orang Punya Pencapaiannya Masing-Masing

By Erny Kurniawati - 23.02.00

sumber
"Setiap orang punya pencapaiannya masing-masing." Kalimat tersebut adalah kalimat favorit yang sering saya tulis ulang dan saya bagikan di jejaring sosial twitter. Dari kalimat tersebut saya belajar banyak, terutama tentang penerimaan terhadap diri sendiri. 

Pernah nggak sih, teman-teman merasa , "kok pencapaianku cuma segini?" atau, "dia udah bisa gitu kok aku masih gini aja?" Saya termasuk orang yang sering merasa demikian. Merasa diri saya belum mencapai apa-apa dan akhirnya saya nyaris tak mau menerima diri saya sendiri. Berawal dari itulah, kalimat klise yang berbunyi, "setiap orang punya pencapaianya masing-masing," itu lahir. Kalimat tersebut lahir dari lamunan dan pemikiran panjang saya setelah melihat teman-teman seperjuangan satu persatu dapat mencapai apa yang mereka impi-impikan. Kala itu, saya merasa belum mencapai apa pun dan saya sempat down. 

Namun kemudian hari saya sadar, bahwa setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Oleh karena itu, 'setiap orang punya pencapaianya masing-masing'. Saya belajar memahami jalan hidup saya dan mencoba mengingat ada hal apa saja yang selama ini saya anggap biasa, tapi berarti sebagai pencapaian bagi orang lain. Ternyata ada banyak!

Dari hal itu, saya semakin sadar bahwa dengan terus menatap iri pada pencapaian orang lain adalah sesuatu yang menghambat kita untuk berkembang. Pun membuat kita jadi enggan bersyukur. Lantas bagaimana mau meningkat pencapaiannya kalau kita sibuk melihat pencapaian orang lain, tidak lekas bergerak, dan enggan bersyukur?

Ternyata yang saya butuhkan adalah berpikir positif dan optimis dengan diri saya sendiri. Lalu sekarang saya pun sudah bisa menerima bahwa jalan hidup saya dengan orang lain berbeda sehingga pencapaian kami pun tak sama. Saya jadi semakin optimis untuk mewujudkan "pencapaian" ala saya sambil sesekali saya juga mensyukuri berbagai hal yang sudah saya dapatkan selama ini.

Buat teman-teman yang pernah merasakan sesuatu yang saya rasakan, percayalah bahwa dirimu punya 'pencapaian' tersendiri yang mungkin orang lain tak bisa mencapainya. Tetap berpikiran positif dan optimis!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Balasan
    1. Kamu punya pencapaianmu sendiri cik :') itu yg membuat kamu unik & berbeda dr yg lainnya! :D

      Hapus