Jalanan Jogjakarta

By Erny Kurniawati - 23.30.00

Hari ini saya pergi kuliah dan kerja dengan mengendarai sepeda. Hal yang nggak pernah saya lakukan sebelumnya. Karena nggak pernah melakukannya itulah, hari ini saya merasa dapet pelajaran banget terutama ngerasain gimana deg-degannya mengendarai sepeda di jalanan Jogjakarta.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, jalanan di Jogja sekarang sudah ramai oleh kendaraan bermotor. Walau tidak separah kondisi jalanan di Jakarta, namun jalanan di kota ini sudah tidak ramah lagi bagi pesepeda. Saya merasakan hal itu hari ini. Bagaimana takutnya saya ketika menemui lampu merah atau persimpangan. Para pengendara kendaraan bermotor sepertinya tidak lagi punya kesadaran untuk berbagi sehingga pesepeda seperti saya harus ikut berdesak-desakan dengan mereka di lampu merah.

Suatu hal yang cukup kontras dengan kondisi Jogjakarta beberapa tahun silam. Setidaknya, ruang tunggu sepeda di lampu merah kala itu masih berfungsi. Kini, ruang tunggu itu sudah diserobot para pengendara kendaraan bermotor. Saya jadi sadar dan mengingat-ingat apakah selama ini saya juga melakukan hal membahayakan itu kepada para pesepeda? Setidaknya, gara-gara bersepeda hari ini saya jadi sadar kalau lain waktu saya harus lebih menghormati para pesepeda di jalanan. Soalnya, mengendarai sepeda di tengah kota Jogja ibarat membahayakan diri sendiri.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar