Kamu Sedang Diet Ya?

By Erny Kurniawati - 11.30.00

dok. pribadi
Pertanyaan itu sering sekali saya dengar belakangan ini. Semacam pertanyaan refleks dari beberapa orang yang melihat saya membawa nasi merah untuk menggantikan nasi putih saat jajan di kantin atau lunch di kantor. Pertanyaan itu juga sering muncul dari temen-temen yang follow instagram-ku dan sering melihat aku mengunggah foto-foto aneka jus/smoothie. Mereka semua mengira saya sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Saya memang punya bentuk badan yang semlohay (kata lain dari gemuk hehe) sih. Tapi, bukan itu alasan saya diet. Soalnya menurut perhitungan berat badan ideal, hasilnya tubuh saya masih ideal. Oleh karena itu, alasan utama saya diet bukan semata-mata menurunkan berat badan, melainkan ingin menjaga pola makan dan asupan gizi bagi tubuh saja.
Alhamdulillah berat badan masih ideal
Bila dituruti, saya ini pemakan segala. Apalagi, saya sibuk juga. Jadilah apa saja makanan dan minuman yang ada di depan mata bisa langsung saya masukan ke mulut. Nah, kebiasaan itu yang perlahan saya hilangkan. Saya lebih memilih makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh saya. Semua ini saya lakukan supaya saya lebih sehat. Iya lebih sehat. 

Sebenarnya, saya masih awam banget dalam menjalankan pola hidup sehat. Sebelum mulai dengan memperbanyak makan sayur dan buah, saya sudah memulainya dengan mengurangi konsumsi junk food dan mie instan. Setelah itu, tanpa sengaja saya membaca cerita Alodita di blog pribadinya. Dia bercerita tentang usahanya mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Sungguh, bagiku si Alodita ini provokator paling mempan untuk membangkitkan gairah hidup sehatku. Saya mengikuti semua cerita hidup sehatnya dan TTC Journey-nya. Hal itu benar-benar menampar sekaligus mengajak saya untuk menjalani hidup lebih sehat.,

Selain hasil kepo di blog Alodita, saya menerapkan hidup sehat dengan mengikuti anjuran pola makan seimbang yang pernah dibahas dalam acara dokter OZ Indonesia. Walaupun tidak setiap hari menjalankan pola makanan sebagaimana yang dicontohkan dalam tayangan itu, tapi paling nggak saya tetap perbanyak konsumsi sayur dan buah. 


Kemudian seperti apa menu makanan saya selama ini?
Jadi, saya lebih sering memasak makanan saya sendiri. Saya berusaha menyeimbangkan antara protein nabati dan hewani. Biasanya, kalau saya masak sayur, maka lauknya adalah dari unsur hewan seperti telur dan ikan. Namun tidak jarang saya mengonsumsi lauk pauk nabati seperti tempe, tahu, dan terong. Di samping itu, saya juga mengganti nasi putih menjadi nasi merah soalnya nasi merah memiliki glikemik index yang rendah sehingga lama diserap tubuh dan membuat kita tidak mudah lapar.

dok. pribadi
dok. pribadi
Selain menu makan utama, saya juga berusaha menjaga asupan camilan. Pada dasarnya, saya bukan orang yang suka ngemil. Justru saya sangat jarang ngemil. Kalaupun ingin ngemil, saya lebih sering memilih biskuit dari gandum, jus/smoothie, atau buah-buahan. Kadang kan kita merasa lapar pada saat bukan jam makan. Nah, untuk mengatasi lapar itu, saya makan buah atau jus/smoothie. Khusus jus/smoothie saya jarang menambahkan gula. Saya lebih sering menggunakan madu sebagai pemanis atau jika terpaksa menambahkan gula, maka saya hanya mengambil 1-2 sdt. Pokoknya batas maksimum konsumsi gula dalam sehari itu 4 sdm yang setara dengan 8 sdt.

dok. pribadi
Lalu apa perbedaan yang saya rasakan setelah menjaga pola makan?
Pertama, saya merasa tubuh jadi lebih fit. Nggak berat dan kadar malasnya kayak berkurang. Mungkin istilahnya fit kali ya? Selain itu, pencernaan saya jadi lancar. Pada postingan sebelumnya saya kan sedikit menyinggung tentang gejala wasir. Nah, sejak pola makan saya jaga, gejala tersebut makin jarang saya alami. Kemudian kulit wajah terasa lebih bersih aja dan tentunya berat badan saya turun dengan sendirinya.

Menurut saya pribadi, menjaga pola makan tuh banyak banget manfaatnya untuk kesehatan. Tapi itu tadi, tantangannya banyak. Apalagi kalau ada ajakan makan keluar. Cara paling mudah untuk menjaga pola makan itu ya masak sendiri makananmu sehingga kita bisa tahu dan memastikan kandungan dari makanan yang kita konsumsi.

Punya cerita tentang pola hidup sehat? Berbagi sama aku donk di kolom komentar atau silakan email langsung. :)
 


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar