1 Bulan 1 Buku

Beberapa tahun terakhir, saya merasa kebiasaan membaca buku saya semakin berkurang. Sepertinya minat baca saya terhadap buku mulai berkura...

Beberapa tahun terakhir, saya merasa kebiasaan membaca buku saya semakin berkurang. Sepertinya minat baca saya terhadap buku mulai berkurang sejak adanya aneka gadget canggih. Sadar atau tidak, banyak waktu yang terbuang hanya untuk stalking timeline twitter atau instagram. Kalau waktunya habis untuk baca tulisan di website atau blog sih masih rada mendingan. Tetapi kalau habisnya karena sekedar stalking media sosial, kok rasa-rasanya sayang sekali.

Hal itulah yang selama ini membangun kegelisahan saya. Semakin berkembangnya teknologi komunikasi & informasi, kok justru membuat kita seperti terperdaya begini. Tak bisa lagi mengatur waktu dengan teliti dan bijak. Sampai-sampai kegiatan yang penting sekali untuk memperbaharui pengetahun dan pandangan kita saja sering kita tinggalkan. Kegiatan yang saya maksud itu ya membaca buku.


Berawal dari kegelisahan tersebut, saya ingin banget ketemu dengan teman-teman yang sama-sama sedang gelisah karena hal yang sama.  Makanya, saya memutuskan untuk membuat tulisan ini. Berbeda dengan tulisan saya sebelumnya, melalui tulisan kali ini saya ingin mengajak siapapun dimanapun untuk bareng-bareng baca buku. Eits jangan dibayangkan bareng-barengnya kita gerudukan ke perpustakaan. Bukan, bukan gitu maksud saya.

Maksud saya, saya ingin mengajak teman-teman untuk bergabung dengan proyek 1 Bulan 1 Buku. Terlihat cemen ya, masak sebulan cuma 1 buku. But trust me, 1 Bulan 1 Buku menurut saya paling realistis. Mengingat banyaknya pekerjaan yang harus saya dan teman-teman lakukan, belum lagi kalau yang masih kuliah mungkin juga waktunya sudah habis untuk mengerjakan tugas kuliah. Oleh karena itu, saya memilih 1 buku saja dalam sebulan sebagai sebuah permulaan. Perkiraan saya, paling tidak teman-teman bisa fokus meluagkan waktu untuk membaca setiap weekend. Dengan adanya 8 hari weekend setiap bulannya, kan sangat mungkin buat kita menyelesaikan 1 buku bacaan walau dengan tema berat semacam Dunia Sophie atau buku-buku Dan Brown. Namun, kalau ada yang membaca lebih dari 1 buku dalam sebulan juga tidak masalah kok. Justru bagus.

Harapan saya dengan adanya teman-teman yang bergabung proyek ini kita jadi bisa saling menyemangati satu sama lain. Terkadang, minat baca kita menurun karena lingkungan yang juga kurang pro dengan aktivitas membaca. Nah, dengan adanyanya proyek ini kita tidak sekedar saling menyemangati satu sama lain, tetapi juga saling bertukar informasi tentang buku yang menarik.

Lalu bagaimana teknis untuk proyek ini?
Sebelumnya, proyek ini sebenarnya gagasan saya pribadi. Misalnya di antara teman-teman ada yang tertarik gabung ya Alhamdulillah. Ayo kita bareng-bareng menghidupkan kembali hobi membaca. Tapi kalaupun nggak ada yang minat, ya saya akan tetap jalan sendiri. Hehe..

Secara teknis sih, setiap bulannya kita akan buat potingan di blog yang pertama sebelum kita mulai membaca buku. Postingan awal ini akan menceritakan tentang buku apa yang mau kita baca pada bulan ini. Kita juga menuliskan garis besar cerita atau sinopsis atau apapun yang membuat kita tertarik untuk membaca buku tersebut.

Lalu postingan kedua adalah tulisan yang dibuat setelah kita selesai membaca buku pilihan kita. Pada postingan kedua ini, kita menceritakan secara rinci apa isi buku tersebut, lalu terpenuhi atau tidak ekspektasi awal kita terhadap isi buku itu. Tidak kalah pentingnya, perlu juga menuliskan kekurangan dan kelebihannya si buku tersebut. Ala-ala resensi buku, tapi dikemas dalam bahasa yang ringan dan tetap nggak semata-mata memuji, tetapi harus ada kritiknya juga. Kan yang namanya karya pasti ada kekurangan dan kelebihannya, bukan? Selebihnya, kita bisa menceritakan hal lain yang masih berkaitan dengan buku itu. Misalnya alasan kita memberi nilai 8 dari 10. Oh iya, jangan lupa kasih nilai ya jadi temen-teman lain yang baca bisa banget membayangkan buku itu sesuai dengan kesukaannya atau tidak. Kemudian hal-hal lain bisa tetap temen-temen tambahkan.

Pada intinya sih, proyek ini cuma menuntut kita untuk menyelesaikan 1 judul buku dalam sebulan. Saya pikir itu tidak berat ya. Palingan yang berat itu memulainya saja hehe. Kemudian aturan lainnya, teman-teman harus menulis postingan 1 pra-membaca. Terus nanti, saya akan merekapnya setiap hari SABTU pada setiap minggunya. Terus tulisan untuk posting 2 maksimal di posting pada minggu ke-4 setiap bulannya sebelum hari SABTU. Soalnya rekap tulisan akan saya lakukan setiap hari SABTU. Kalau telat? Tidak apa-apa hanya mungkin tidak terekap atau terekap pada bulan selanjutnya. 

Kemudian bagi temen-temen yang membaca lebih dari 1 buku setiap bulannya bisa memosting tulisan 1 dan 2 kapan saja dengan jumlah berapa saja. Saya akan berusaha untuk merekapnya semua kok. Nah, info aturan selengkapnya, bisa cek di sini.

Terakhir, proyek ini dimulai bulan ini juga. Semoga dalam waktu seminggu di bulan Januari ini kita bisa menamatkan 1 buku ya. Dan yang terpenting untuk teman-teman yang berminat ikut dalam proyek ini harap mendaftarkan diri ke e-mail saya kurniawati.erny@gmail.com dengan SUBYEK: 1 Bulan 1 Buku. 

Saya tunggu partisipasi teman-teman ya! :)

You Might Also Like

4 komentar

  1. Balasan
    1. Hai mbak dona, ini rulesnya bisa dicek di sini: http://ernykurnia.blogspot.com/p/1-bulan-1-buku.html

      Hapus
  2. Waaa aku tertariik :""""
    Hehehe aku pengen ikutan :D *brb nyortir buku-buku yg pengen dibaca*
    bismillah ^^; moga bisa ngatur waktunya

    BalasHapus

Flickr Images