How To Have Self Confidence

By Erny Kurniawati - 18.57.00


Saya percaya bahwa untuk menjadi cantik, seorang wanita harus percaya diri. Saya juga percaya kalau percaya diri adalah make up utama yang membuat kita tampak menarik. Sebab, sebaik apapun pakaian kita, semahal apapun make up dan produk perawatan kulit kita, semua itu tidak akan membuat kita tampak cantik atau menarik tanpa rasa percaya diri.

Ngomong-ngomong soal percaya diri, menurut saya percaya diri itu berasal dari sikap penerimaan kita terhadap kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Jadi, ketika kita sudah mengenal diri sendiri dengan baik, kita akan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Selanjutnya, saat kita sudah bisa menerima kekurangan dan kelebihan tersebut, dengan sendirinya kita akan percaya diri.


Sayangnya, sebagai seorang wanita saya sering lho merasa kehilangan kepercayaan diri hanya karena hal-hal sepele seperti wajah yang berjerawat, bentuk tubuh yang tak seindah model Victoria Secret, penampilan yang mungkin tampak kurang up to date, dan banyak hal lainnya. Akibatnya, saya sering mengeluh. Tanpa sadar saya juga sering mengeluh pada orang-orang terdekat. Kalaupun tidak mengeluh, terkadang saya suka merendahkan diri sendiri misalnya bilang, "aku sih nggak secantik si A", "iya sih badanku pendek gini", "mau gimana lagi, umurku masih muda tapi nggak tahu kenapa mukaku tampak lebih dari umurku," dan banyak ungkapan lainnya yang sebenarnya membully diriku sendiri. Parahnya lagi, saya sering mengucapkannya saat ngobrol dengan orang lain. 

Saya terjebak dalam situasi seperti itu dalam waktu yang bagi saya tidak sebentar. Pada beberapa sisi saya merasa cukup percaya diri, tetapi pada sisi yang lain kadang saya merasa jelek sekali. Kemudian saya kehilangan rasa percaya diri saya sendiri dan akibatnya dengan mudah saya membully diri saya sendiri.

Saya sering membully diri saya sendiri hingga suatu ketika orang terdekat saya menegur. Dia memeringatkan saya untuk berhenti membully diri sendiri karena hal itu justru membuat saya rugi sendiri. Tidak hanya menyebabkan kepercayaan diri hilang, membully diri sendiri juga membuat kita memandang negatif diri kita sendiri. Akibatnya hal itu bisa menular dalam lingkungan pergaulan kita. Bukan nggak mungkin orang lain juga akan memandang kita seburuk kita menghakimi diri sendiri.

Sejak diperingatkan begitu, saya mencoba untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Apa benar yang orang tersebut katakan dan setelah dipikir-pikir ya memang benar. Oleh karena itu, mulai detik ini juga saya akan selalu mencoba berpikir positif terhadap diri sendiri. Mengenal dengan baik apa kekurangan dan kelebihan saya. Kemudian menerima semua kekurangan yang ada dan bisa mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Untuk menjadi percaya diri, sebenarnya kita tidak perlu menjadi sempurna. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa yang namanya manusia itu pasti tidak sempurna. Jadi, jangan menunggu hal yang tidak mungkin untuk bisa berdiri tegak menerima diri kita sendiri.

Siapa lagi yang mau menerima diri kita bila kita sendiri enggan menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki? Sama halnya dengan percaya diri. Siapa yang mau percaya dengan kita, kalau diri sendiri enggan percaya kepada kemampuan dan ketidakmampuan yang kita miliki?

Jadi, cukup terima apapun keadaan diri kita. Yang terpenting adalah terus berusaha menjadi lebih baik setiap harinya. :)

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sukaa... kamu engga pendek kok er, kamu montok dan cantik ^o^

    BalasHapus