From Blogging to Japan

Masih euforia dengan kenangan ke Jepang setahun yang lalu, saya pun memutuskan untuk menuliskan bagaimana awal mula saya bisa mendapatka...


Masih euforia dengan kenangan ke Jepang setahun yang lalu, saya pun memutuskan untuk menuliskan bagaimana awal mula saya bisa mendapatkan full funded exchange ini. 


Bermula dari chat salah seorang dosen yang menanyakan siapa mahasiswa kelasku yang aktif ngeblog, cerita ini bermula. Saat itu, awal Desember 2014. Di tengah kebosanan mengerjakan tugas kantor, laptop saya berdering tanda chat masuk dari laman FB. Ternyata, chat dari seorang dosen saya di kampus. Dia bertanya siapa teman saya yang aktif ngeblog. Saat itu, saya menyebutkan beberapa nama sekaligus deskripsi blognya. Tidak lupa saya juga menyebutkan id blog pribadi haha. 

Jujur saja, kala itu saya tidak tahu apa maksud dosen itu bertanya tentang blog. Jadi, saya tak ada firasat apapun. Setelah itu, hari-hari berlalu begitu saja sampai pada pertengahan bulan Desember telepon saya berdering di tengah jam kantor. Ada panggilan dari nomor tak dikenal. Saya mengangkatnya dan kaget saat tahu kalau ternyata panggilan tersebut dari dosen yang berbeda. FYI, saya belum pernah berhubungan langsung dengan dosen tersebut. Bahkan saya belum masuk kelasnya! 

Telepon di siang bolong itu berhasil membuat saya melongo dan nyaris histeris. Gimana nggak histeris, di tengah tsunami tugas pekerjaan, saya dapat panggilan dari dosen yang notabene belum saya kenal dan tiba-tiba bertanya, "mau nggak ke Jepang gratis?" Sungguh, itu seperti mimpi di siang hari! Saya langsung takut kalau terbangun dan itu benar-benar mimpi. 

Nyatanya, semua itu sungguhan. Hari berikutnya saya ke kantor sang dosen. Ini kali pertama saya bertatap muka secara dekat dengan beliau. Beliau menjelaskan banyak hal tentang tawarannya tempo hari dan menekankan bahwa yang perlu saya siapkan adalah kesehatan, badan, paspor, pakaian, dan tanggung jawab! Uang transport, makan, tinggal, dan tetek bengek lain seperti pengurusan visa tak perlu saya pikirkan!

Kaget terkaget-kagetnya! Lebih kaget lagi karena ini nyata. Rupanya impian untuk menginjakkan kaki di luar negeri sebelum lulus kuliah S1 itu bisa saya wujudkan. Iya, ini perjalanan pertama saya ke luar negeri! Dalam pertemuan ini juga saya baru tahu apa hubungan dosen pertama yang bertanya tentang blog dan keberangkatan saya ke Jepang bulan Februari 2015. Rupanya dosen pertama sudah menguliti blog saya dan menyarankan saya untuk mewakili Komunikasi UGM dalam exchange yang diselenggarakan atas dasar kerjasama Menkominfo dengan Kementrian Pariwisata Jepang ini. 

Penjelasan dosen tentang alasan memilih saya sebagai perwakilan exchange ini sungguh membuat saya bingung harus bereaksi apa. Sungguh, saya tidak pernah berniat menulis di blog untuk mendapatkan durian runtuh seperti ini. Bermula dari kejutan ini, saya jadi sadar kalau ternyata hobi yang diseriusin itu memberi manfaat entah pada diri sendiri atau pun kepada orang lain. 

Namun bukan berarti saat ini saya menulis semata-mata untuk cari untung ya. Bagi saya, hadiah semacam ini adalah bonus, selebihnya saya tetap ingin menulis dengan tulus di sini (kan ini nggak tugas kantor ya hehe). Setidaknya, niat saya adalah berbagi kepada semua, barangkali tulisan saya bisa memberi sedikit pencerahan atau syukur-syukur menginspirasi.

Last but not least, do the best for something you love ya!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Balasan
    1. Kakak, maafin aku lagi lihat komenmu haha. Makasih kak :* send you my virtual hug

      Hapus
  2. Asli saya ngiri dan baper.. .. Asyik banget bisa ke Jepang gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak, hehe makasih ya sudah mampir, jangan iri hehe. Nanti kalau sampai rejeki pasti bisa sampai sana juga

      Hapus
  3. Keceeee bangeet mbak erny :D saya mau ikut jenesys 2.0 tp ndak pas terus temanyaa. hehehe keep inspiring mbak yaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya soalnya tiap tahun beda ya. Makasih sudah mampir. semoga segera kesana juga

      Hapus
  4. Wah ini termotivasi sekali tulisannya hihi.

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  5. Waahh warbiyasak banget mbaaa, semoga rejekinya nular nular nulaaar ke akooh, aamiiin
    mampir ke blogku yah ---> bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga nular ya rejekinya. Kalau bisa lebih banyak dari aku :)

      Hapus

Flickr Images