Preparing Winter Essentials for Japan Trip

By Erny Kurniawati - 08.00.00

Perjalanan ke Jepang, winter tahun lalu sepertinya benar-benar membekas dalam hidupku. Entah karena itu perjalananku yang pertama ke luar negeri dan pas banget dapet winter, atau karena itu perjalanan gratisan yang benar-benar bikin saya seperti ngimpi.






Salah satu hal yang tidak ingin saya lewatkan begitu saja dari perjalanan tersebut adalah berbagi tips untuk menikmati winter di Jepang. Mungkin tulisan ini sedikit telat, tapi harapannya sih tetap bisa kamu jadikan rujukan saat mau ke Jepang kapanpun itu!

Seperti judulnya, kali ini saya mau berbagi tips mempersiapkan barang-barang yang sebaiknya kamu bawa saat ke Jepang di musim dingin. Tips ini based on my experience ya! So here we are....

Outfit

Berkunjung ke negara empat musim saat musim dingin sepertinya jadi PR tersendiri bagi kita-kita yang tinggal menetap di negara tropis dengan sinar matahari hangat sepanjang tahun. Untuk menghindari hipotermia akibat perubahan suhu yang ekstrim dari Indo ke Jepang, hal pertama yang harus kamu siapin adalah outfit!

Pastikan kamu membawa long john atau heater t-shirt & legging sebagai pakaian lapis dalam. Long john sendiri bisa kamu beli di toko-toko khusus yang menjual pakaian musim dingin. Sayangnya, di Jogja belum ada. Jadi sebagai gantinya saya membeli legging biasa dan manset. Selain bisa dibeli di toko khusus musim dingin, kamu juga bisa mendapatkan koleksi heater t-shirt or legging di Uniqlo. 

Selain itu, jika kamu ingin berhemat kamu bisa mendapatkan long john dan heater t-shirt di toko atau kios secondhand. Tentu saja untuk harga akan menghemat jauh!

Selanjutnya, pakai pakaian biasa atau casual sebagai lapis kedua dan terakhir lapisi pakaian terluar dengan coat. Untuk pemilihan coatnya sendiri, kamu nggak perlu membeli coat bulu angsa yang mahal superhangat itu, karena winter di Jepang masih bisa ditolerir dan nggak sedingin di Eropa.

Lalu untuk alas kakinya, sebaiknya kamu memilih sepatu kets, boots, atau casual or sporty shoes semacam Nike. Saya pribadi tidak merekomendasikan kamu memakai sepatu flat shoes. Selain alasnya yang licin dan membuatmu rawan terpeleset, flat shoes juga rawan basah dan membuat kakimu kedinginan (based on my bad experience). 


Berlibur di musim dingin berarti banyak membawa baju, bukan berarti kamu harus benar-benar memenuhi kopermu dengan segambreng pakaian lho! Lagi-lagi based on my experience, sebenarnya kamu bisa meminimalkan baju yang kamu bawa saat liburan musim dingin. Celana jeans misalnya, kamu nggak perlu tiap hari ganti kan? Bahkan legging juga bisa dipakai dua hari hehe. Soalnya, saat musim dingin tubuh kita cenderung nggak menimbulkan bau badan. Pengalamanku sih, kaos luar yang kupakai selama 2 hari (iya 2 hari nggak ganti -,-) sama sekali nggak bau apek. Justru wangi habis dicuci masih bertahan hingga saya kembali ke Indonesia. 

Dari tiga jenis pakaian yang kamu bawa (inner, lapis 2, dan outer), pakaian bagian dalam seperti legging, heater t-shirt, dan long john lah yang paling banyak kamu perlukan. Untuk pakaian lapis kedua kamu bisa mengenakannya 2 kali. Agar nggak boring, pintar-pintar lah mix & match ya! Sementara outer atau coat, sebenarnya kamu cukup membawa satu saja. Tapi kok sayang ya di luar negeri fotonya pakai outer itu saja. Kalau begini kamu bisa beli 1 lagi di negara tujuan atau membawa 2 dari rumah. Tergantung kamu mau pilih yang mana.

Skincare 
 
Berlibur ke Jepang saat musim dingin bisa membuat kulitmu menjadi super kering! Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya kamu menyiapkan perintilan skincare head to toe untuk digunakan selama di Jepang. Beberapa skincare yang sebaiknya kamu bawa adalah sebagai berikut:
  1. Mousterizer
  2. Lip Balm
  3. Hand cream (bisa disubstitusi dengan hand body butter)
  4. Hand body butter
  5. Sunscreen
Lima skincare yang saya sebutin itu sebenarnya masih basic banget. Setidaknya, kamu membawa kelima skincare itu. Untuk mousterizernya sendiri, saya menyarankan untuk memilih produk asli Jepang. Alasan saya sih simple aja, produk tersebut dibuat oleh negara yang memang mau kita kunjungi. Otomatis, formula produk itu telah disesuaikan dengan iklim negara asalnya. 

Saat saya ke Jepang tahun lalu, saya menjatuhkan pilihan mousterizer untuk kulit wajah dan tangan pada Hada Labo (saya lupa serinya). Merk asal Jepang ini terbukti membuat kulit saya tetap lembab walau berada pada suhu 3-5 derajat saja. 

Sementara untuk lip balm, saya memilih Maybelline. Lip balm ini juga ampuh menjaga bibir saya sehingga tidak kering mengelupas. Kemudian saya skip membawa hand cream karena sebagai hand creamnya saya malah menggunakan Hada Labo yang ditimpa dengan body butternya Herborist. Lagi-lagi produk-produk tersebut sukses menjaga kelembaban kulit saya. Lalu yang terakhir, saya menggunakan sunscreen Wardah yang diaplikasikan setelah memakai mousterizer. 

Nah, kamu bisa mencoba produk-produk tersebut atau membawa produk andalanmu sendiri!

Dari perjalanan ke Jepang setahun lalu, dua poin penting itu yang menurut saya wajib dipersiapkan sebelum liburan musim dingin kesana. Untuk barang-barang lain yang sebaiknya kamu bawa saat mau liburan ke Jepang di musim dingin adalah kaos kaki, kaos tangan, masker, dan kupluk atau ear puff (diutamakan bagi yang nggak berjilbab). 

Semoga artikel ini membantu persiapanmu winter di Jepang ya! Kasih tahu saya dengan komentar atau menyapa di e-mail kalau artikel ini kamu rasa bermanfaat ya! :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar