101 Instagram Tips: How To Make Likeable & Comment able Content

By Erny Kurniawati - 08.00.00

Siapa sih di sini yang nggak pengen postingan foto di Instagram dapet likes dan komen? Walaupun banyak yang bilang nggak peduli dengan likes dan komen, tapi saya yakin kalau temen-temen ngeposting foto terus dapet likes dan komen pasti merasa "ahh ada yang suka sama postinganku," sambil senyum-senyum, iya kan?

Sayangnya, nggak semua foto menarik itu bakal memancing komentar lho. Kalau likes, mungkin masih bisa datang hanya dari menariknya foto yang diunggah saja. Kalau komentar? Sayangnya, beda cerita. Oleh karena itu, sedikit berbeda dari biasanya kali ini saya mau share hasil observasi *tsaaah* saya tentang bagaimana memancing komentar pada postingan instagram. If you curious, lets jump!


Pernah lihat foto bagus, tapi minim likes dan komen di Instagram? Padahal pas ditelusuri, ternyata followernya banyak juga. Lalu, kenapa bisa sedikit likes dan komennya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya ada beberapa hal yang mungkin terjadi. Pertama, bisa jadi followernya robot atau palsu. Kedua, bisa jadi yang follow males ngelike dan kasih komentar karena nggak kenal. Ketiga, karena caption dan foto nggak nyambung!

Nah, postingan kali ini saya akan fokus membahas kemungkinan yang ketiga yaitu tentang caption dan foto yang nggak nyambung. Membuat caption itu menurut saya pribadi adalah hal yang sepele tapi susah. Kadang sampai ketiduran saking bingungnya pengen upload tapi nggak paham musti kasih caption apa (yang pernah ngalamin ngacung donk!). Kalau bagi saya pribadi solusinya adalah bikin caption yang relate to foto. Jadi, bukan foto selfie manja dikasih caption kutipan ayat Al-Qur'an ya hehe.

Setelah membuat caption yang relate, coba diakhiri dengan call to action. Mungkin ada di antara teman-teman yang sedikit bingung dengan istilah call to action ya. Jadi begini mudahnya, call to action merupakan kalimat aktif yang mengajak audiens atau pembaca melakukan sesuatu. Misalnya, lipstik favorit kamu yang seperti apa sih? Share yuk! atau, ingin dapet diskon 50% dari aku? Klik link di bio ya! atau bisa juga pertanyaan lugas yang menarik minta dijawab seperti, kalau kamu kenapa harus bawa HP kemana saja?

Look the red box! That's a call to action
 
Look the red box! Pakai 2 call to action nggak disarankan karena bikin bingung yang mau komentar!

Look the red box! There is no call to action and no comment.

Beberapa kalimat di atas merupakan sedikit dari sebagian besar call to action yang bisa kamu pakai untuk melengkapi caption untuk foto-foto instagrammu. Lalu, apa efeknya bagi engagement (likes dan comment) pada postinganmu? Kalau berdasarkan pengalamanku sih sangat membantu menaikkan engagement ya. Terutama komentar. Kalimat-kalimat aktif tersebut secara otomatis memancing pembaca untuk mengutarakan pikiran atau jawabannya. Soalnya, seperti yang kita tahu, orang suka bercerita apapun dengan menggunakan sudut pandangnya. Pun dalam hal berkomentar di akun instagram. Selain itu, dengan menjawab mayoritas orang akan memberi like juga pada postinganmu. Jadi, nggak ada salahnya mulai sekarang mencoba untuk menyisipkan kalimat call to action pada caption-caption di foto yang kamu unggah di Instagram.

Oh ya, tulisan ini saya buat sekadar untuk sharing ya, bukan bermaksud untuk menggurui. Karena, sejauh ini, angka likes dan commentku juga belum tinggi. But i hope this tips will help you guys! :)

Kalau di antara kamu ada yang punya tips lain, yuk kasih tahu saya dengan komentar pada kolom di bawah ini! :D

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Hai salam kenal :)
    Sartika disini,, :D
    Udah beberapa kali mampir tapi belum pernah ninggalin jejak *silent reader hehehe
    Terima kasih udah sharing tips supaya instagram ga banyak di like tapi juga ada interaksi sama followers kita ya ^-^
    Ketemu blog ini pas lagi googling cari-cari informasi tentang jurusan komunikasi ^_^
    Soalnya sepertinya menarik minat pengen masuk jurusan komunikasi tapi ga ngerti apa2 :( *dulu sekolah trus langsung kerja, jadi pengen lanjut kuliah tapi mau cari tau dulu soal jurusan2 yg menarik minat saya :)
    Masih baru nih punya blog jadi masih banyak belajar, salam kenal ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Virelizs,

      Seneng banget atas kunjunganmu. Semoga bermanfaat ya tipsnya hehe.
      Salam kenal juga, semoga apapun aktivitasmu sekarang selalu diberi kelancaran ya! :)

      Hapus
  2. Tips ini juga berlaku buat postingan blog yaaa Erny, supaya makin banyak yang komen heheheh :D
    Nice tips Ernyyy <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kak Tia. Tapi kalau kak Tia udah otomatis banyak yang ngomenin lah ya hihihi :D

      Hapus