Turn On Notification, Perlu atau Tidak?

Temen-temen user Instagram pasti familiar dengan postingan ajakan " turn on notification " yang sempat booming awal minggu ini....

Temen-temen user Instagram pasti familiar dengan postingan ajakan "turn on notification" yang sempat booming awal minggu ini. Sebenarnya, menurut kalian perlu nggak sih turn on notification tersebut?

Sebelum menjawab, yuk bayangin dulu apa jadinya kalau kamu turn on notification pada semua akun yang kamu follow. 

Saya menganalogikan kalau turn on notification tak ubahnya seperti subscribe akun Youtube atau subscribe newsletter di website e-commerce. Terus apa yang kamu dapet? Yang pasti bakalan dapet info update-an terbaru real time alias kapanpun saat update itu dilakukan oleh pemilik akun yang kamu turn on notifikasinya.

Karena kamu bakal dapet update-an terbaru saat turn on notifikasi, maka siap-siap HP-mu sering getar, bunyi, atau sekadar nampilin pesan kalau pemberitahuan terkait update-an tersebut. Kira-kira mengganggu nggak sih? Kalau saya pribadi sih bakalan terganggu. Karenga nggak cuma bikin banyak notif yang masuk, tapi juga bikin baterai HP jadi cepet lemah. 

Selanjutnya, saya juga mikirin apa iya konten-konten update-an saya ini bakalan penting dan berguna banget bagi mereka yang turn on notifikasi? Dan ternyata jawaban versi saya adalah nggak penting-penting banget :). So, saya jadi makin yakin kalau turn on notification ini sebenarnya nggak perlu!

Meski secara pribadi aku merasa nggak perlu turn on notification, tapi jujur saja Senin malam kemarin saya juga sempat mengunggah konten mengajak follower untuk turn on notification akunku. Namun, berselang sekitar 20 menitan saya memilih untuk menghapus konten ajakan tersebut setelah membaca website resmi Instagram yang nggak ada rilis apapun terkait penerapan Instagram algorithm. Saya langsung curiga, masa iya Instagram nerapin sistem tampilan by algorithm yang kontroversial itu tanpa pemberitahuan terlebih dulu? Kok rasanya nggak mungkin banget ya. Akhirnya saya terus cari-cari artikel yang membahas hal ini sampai tanpa sengaja saya buka pembahasan terkait hal tersebut di akun Instagram selebgram dunia, Toni Mahfud yang mengungkapkan kalau Instagram belum akan menerapkan sistem algoritma dalam waktu dekat secara masiv. Entah siapa yang memulai rumor, tetapi penerapan Instagram algorithm yang disebut-sebut dimulai hari Selasa itu (29/3) hanya berlaku untuk beberapa user yang dipilih menjadi objek percobaan penerapan Instagram algorithm oleh pihak Instagram. Intinya sih, hari Selasa itu baru riset doank apakah sistem itu oke apa nggak. 

Selain itu, pembahan tentang ajakan turn on notification tersebut juga dibahas oleh situs-situs berita resmi di berbagai negara seperti The Guardian, Fortune, dan NYMag. Situs-situs berita tersebut menjelaskan kalau sebenarnya Instagram tidak akan tiba-tiba mengganti tampilan by chronologicalnya dengan by algorithm tanpa pemberitahuan. Yang terpenting, situs-situs tersebut juga menjelaskan kalau user Instagram nggak perlu panik dengan menyuruh orang lain turn on notification akunnya. Karena, turn on notification bukan berarti membuat tampilan Instagrammu berubah. 

Jadi, kamu masih mau minta teman-temanmu untuk turn on notifikasi dari akun Instagrammu nggak? :)


You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images