SKINCARE | My First Impression about Vitacreme B12 Day Cream

Setuju nggak sih, kalau mencari skincare yang tepat untuk kulit itu sulit? Bahkan saking sulitnya, saya pernah lho stop memakai krim pag...

Setuju nggak sih, kalau mencari skincare yang tepat untuk kulit itu sulit? Bahkan saking sulitnya, saya pernah lho stop memakai krim pagi dan krim malam cukup lama. Ceritanya, saat itu saya baru saja lepas dari krim klinik yang saya tulis ceritanya di sini. Karena bingung memilih skincare yang tepat, akhirnya saya memutuskan untuk rutin bersihin muka dan pakai sunscreen saja. Rutinitas merawat kulit super simple ini bertahan hingga setahun lebih lho. Walaupun sekarang sudah pakai produk skincare yang lebih lengkap, tapi bisa di bilang skincare yang wajib banget untukku itu memakai suncare macam sunscreen.

Sayangnya, saya baru sadar baru-baru ini kalau sunscreen atau sunblock itu berbeda. Ternyata sunblock itu memiliki kandungan dan fungsi lebih baik untuk merawat kulit dari matahari bahkan polusi. Makanya saya seneng banget pas tahu kalau freebies pertama saya dari Sociolla berisi sun block dan lightening cream dari Vitacreme B12.

Pada post kali ini, saya akan menceritakan first impression saya tentang Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection.


What Is Vitacreme B12?

Sebelum membahas pengalamanku mencoba kedua produk tersebut, perkenalkan dulu siapa Vitacreme B12. Produk ini memang masih tergolong asing di telinga orang Indonesia macam saya. Maklum sih karena produk ini asalnya dari Swiss dan belum dijual di outlet seluruh Indonesia. Walaupun berasal dari Swiss, tapi produk ini sudah menjadi produk favorit di beberapa negara di Asia lho misalnya, Jepang. Keberhasilan Vitacreme B12 di pasar Jepang membuat ditributor dari negara lain di Asia tertarik untuk memasarkannya.

Terus, satu hal yang paling membedakan Vitacreme B12 dari produk lainnya adalah kandungan intinya yaitu, Vitamin B12. Setahuku, ini skin care pertama yang menjadikan Vitamin B12 sebagai inti dari komposisinya. Nah, kandungan Vitamin B12 tersebut ternyata punya manfaat baik untuk kulit lho. Apa saja manfaatnya?

  1. Vitamin B12 bermanfaat membantu menyembuhkan kerusakan kulit. 
  2. Vitamin B12 mencegah hiperpigmentasi.
  3. Vitamin B12 membantu menyamarkan noda hitam di wajah. 
  4. Membantu menjaga kelembaban kulit. 
Itulah beberapa manfaat Vitamin B12 yang terkandung dalam Vitacreme. Terus, bagaimana pengalamanku memakai produk Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection?

So, here is the review!

Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection

Sesuai dengan namanya, Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection ini merupakan day cream yang sekaligus sunblock dan dilengkapi dengan SPF 30+++. Jadi, salah satu fungsi unggulan dari produk ini adalah menjaga kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari. Seperti yang sudah kubahas di awal, sunblock ternyata berbeda dengan sunscreen. Bila sebelumnya saya rutin memakai sunscreen, rutinitas saya tersebut hanya berfungsi sebatas pelindung ringan saja. Karena, sunscreen memang mengandung kandungan kimia yang mampu menangkis sinar UVA & UVB, tetapi kulit masih tetap bisa menyerap sebagian sinar pancaran matahari. Sehingga, dampak buruk pada kulit akibat paparan sinar matahari masih mungkin terjadi. Berbeda dengan sunblock yang mengandung mineral, antioksidan, dan pelembab. Salah satu keunggulan dari kandungan mineral tersebut adalah zinc atau zat besi yang mampu memblok sinar matahari, layaknya cermin memantulkan cahaya. Karena cara kerja sunblock inilah, sunblock memberi proteksi lebih baik untuk kulit. (sumber: Kompas)


My First Impression
Selain berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, produk ini juga berfungsi sebagai pelembab yang mengandung antioksidan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Pas banget kan untuk saya coba, kebetulan saat paket datang saya baru saja kehabisan sunscreen andalan sebelumnya. 

Selama kurang lebih seminggu ini, saya sudah rutin menjadikan Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection ini sebagai krim pagi. Dan bagaimana 1st impression saya? Satu hal yang saya highlight dari produk ini sebagai keunggulan adalah teksturnya yang thick, tapi nggak greasy karena cepat menyerap di kulit. So far, ini sunblock pertamaku yang nggak ngasih efek lengket dan berminyak di wajah. 


Sedang untuk minusnya, sejauh ini saya belum nemuin sih. Bahkan saat pakai sunblock ini jerawat di wajah saya yang belakangan tiba-tiba muncul berangsur berkurang. Jadi makin yakin untuk nerusin pemakaian produk ini. Mengingat sebelumnya sering baca kalau kandungan dalam Vitacreme B12 Day Cream berisiko menimbulkan jerawat di kulit.
(Tapi, perlu digarisbawahi juga kalau kecocokanku pada krim ini nggak berarti krim ini cocok untuk kulit siapapun. Kembali lagi, yang namanya skin care itu sangat personal. Makanya, selalu ada hasil berbeda pada tiap-tiap orang.)

Paling, satu-satunya yang jadi pertimbangan saya saat mau repurchase produk ini lagi adalah harganya. Untuk kemasan 50 ml, Vitacremen B12 Day Cream dijual seharga Rp 269.900,- di Sociolla. Tapi kalau dipikir-pikir, produk ini bakalan awet sampai 3-5 bulanan jadi cukup affordable. Jadi, sepertinya saya akan beli produk ini lagi kalau benar-benar cocok untuk kulitku.

Komposisi Produk
Berdasarkan keterangan di kemasan dan berbagai sumber yang saya baca, Vitacreme B12 Day Cream ini dibuat dari kombinasi berbagai vitamin dengan kandungan utamanya Vitamin B12. Beberapa vitamin tersebut antara lain B5, C, E, dan B12. Perpaduan beragam vitamin tersebut memberi manfaat baik untuk menangkal sinar UVA & UVB dengan tetap menjaga kelembaban kulit serta mencegah efek buruk paparan sinar matahari seperti, tanda-tanda penuaan dini. Sementara untuk komposisi selengkapnya, ada di bagian box produk ini.  
Kemudian satu hal yang harus diperhatikan juga, produk ini kadaluarsa setelah 6 bulan sejak pertama di buka. 


Packaging
Untuk packaging, Vitacreme B12 Day Cream berbentuk tube sedang dengan desain simple berwarna orange-putih. Nothing special untuk packagingnya, justru terlihat seperti sunblock apotek. Tapi, saya pribadi bukan tipikal orang yang kepincut produk karena packagingnya sih. So, selama produknya oke, saya fine-fine aja. 
Lalu untuk bagian mulutnya, kemasan tube ini dilengkapi dengan mulut mungil yang ditutupi oleh alumunium foil. Bagiku, alumunium foil tersebut ngebantu banget untuk menjaga kualitas agar tetap higienis. Jadinya, sampai sekarang saya nggak ngebuang alumunium foil itu. 
At the end, saya masih mau mencoba memakai produk ini terus sampai beberapa bulan (rencananya). Sambil melihat apakah produk ini memang beneran cocok untuk kulit saya atau nggak. Saya juga berusaha untuk memperbaharui terus info seputar pengalaman saya dengan produk ini. Jadi, jangan sungkan untuk menanyakannya di komentar atau e-mail ya. Dan, karena produk ini merupakan sunblock, jadi jangan berharap kulit jadi putih saat memakainya ya. Produk ini cenderung memproteksi, bukan mengatasi. Nah, kalau ada di antara kamu yang ingin membelinya dalam waktu dekat ini, kamu bisa menggunakan voucher potongan 50K dariku saat belanja produk ini di Sociolla. Caranya, cukup masukkan kode ERNY50 pada check out.

Oh ya, selain Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection, saya juga akan membagikan first impression saya dengan Vitacreme B12 Vita Blanc yang berfungsi sebagai lightening. So, stay tune ya! 


You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images