Skincare Palsu dan 5 Tips Sebelum Membeli Skincare atau Kosmetik

Ide tulisan kali ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu. Tepatnya setelah saya ngalamin sendiri nyobain masker impor yang tern...

Ide tulisan kali ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu. Tepatnya setelah saya ngalamin sendiri nyobain masker impor yang ternyata palsu. Kalau inget-inget saat itu sih, semua salah saya. Salah saya kurang baca, makanya sampai nggak tahu kalau masker tersebut palsu. Dan, kenapa ide tulisan ini akhirnya menjadi sebuah tulisan, tak lain karena tadi siang saya mendengar mbak-mbak di samping saya ngomongin masker ini. Saya nggak kenal sama mbak-mbak tersebut, tapi justru jadi sadar kalau ternyata masih banyak yang nggak ngerti kalau masker itu palsu. Terus, masker apa sih yang saya maksud?



Iya, masker yang saya maksud itu adalah Naturgo yang 'katanya' keluaran Shiseido. Masker clay berwarna hitam pekat yang dipercaya bisa mengangkat komedo ini ternyata bukan masker keluaran Shiseido. Tapi, masker replikanya Shiseido. Dulu, Shiseido memang mengeluarkan produk ini. Namun, sudah discontinue sejak tahun 1993-an. Jadi, sudah lama banget Shiseido nggak ngeluarin produk ini. 

Selain itu, masker ini juga beneran nggak ada di daftar produknya Shiseido. Coba deh cek Masker Shiseido, nggak ada Naturgo di daftar produknya kan? Nah, dari situlah saya semakin yakin kalau masker ini beneran replika. Apalagi pas melihat harga masker Shiseido lainnya. Nggak ada yang semurah Naturgo kan?  


Bahaya atau Tidak? 

Cerita sedikit tentang pengalamanku memakai masker ini. Saat itu, saya kenal Naturgo dari temanku. Jauh sebelum mencobanya, saya sudah curiga sih kalau masker ini palsu atau replika. Soalnya, harganya murah banget hanya 5 s/d 10 ribu saja. Pertama kali nyoba, aku takjub sama hasilnya. Kulitku beneran jadi halus dan bersih banget. Make up jadi nempel sempurna dan beberapa orang pada nanya mukaku kenapa bisa sebersih itu. Dari situlah saya tertarik untuk beli sendiri dan selalu kehabisan. Iya, kata mbak-mbak olshopnya, ini masker most wanted banget. Jadi makin yakin kalau asli.

Setelah pemakaian kedua saya masih tetep percaya kalau masker ini aman-aman aja, mengingat hasilnya yang amazing itu. Tapi, saya tiba-tiba penasaran pengen googling review masker tersebut. Selama ini, saya jarang banget nyobain produk tertentu tanpa googling dulu. Kecuali, produk keluaran produsen kosmetik atau skincare lokal. Beberapa kali googling, saya nggak nemu review yang aneh. Hanya ada sedikit review dan kebanyakan memuji hasil akhir pemakaian produk ini. 

Karena nggak kunjung nemuin review yang bernada negatif dan jumlah reviewnya hanya sedikit, saya jadi curiga. Masak produk bagus nggak dibahas sama beauty blogger di Indo sih? Saya pun mengingat-ingat, pas di Jepang saya memakai produk Shiseido setiap hari (karena disediain hotel) jadi saya pikir Shiseido memang nggak mahal-mahal amat. Nggak lama kemudian saya inget kalau pernah mampir counter Shiseido di mall dan harga produknya mahal. Rasa penasaran dan was-was pun muncul dong seiring dengan saya menemukan review yang mengatakan produk ini palsu. Dan, benar donk memang palsu karena ternyata Shiseido sendiri pernah membuat pernyataan kalau mereka sudah tidak memproduksi Naturgo mask sejak beberapa belas tahun yang lalu. 

Meski selama pemakaian saya nggak pernah merasakan dampak negatif, tapi memakai produk palsu atau replika itu nggak dianjurkan. Apalagi kita nggak tahu apa komposisinya. Dalam kasus Naturgo ini, semua tulisan keterangannya dalam huruf Jepang. Nah, makin bingung kan. Oleh karena itu, daripada terjadi hal buruk di kulit, lebih baik tidak menggunakannya. Dan, saya yang tadinya sudah jatuh cinta langsung stop memakainya. 

Supaya teman-teman nggak mengalami hal seperti saya, ada baiknya perhatikan 5 tips berikut ini sebelum membeli produk skincare maupun kosmetik:

1. Cari tahu website produk

Jaman sekarang, hampir semua produk punya website. Apalagi skincare atau kosmetik. Nah, sebelum membeli produk incaranmu, cari tahu dulu website resminya. Apakah produk tersebut terpercaya atau tidak. 
2. Cek ketersediaan produk

Dalam kasus masker Naturgo, saya langsung percaya kalau masker itu palsu saat nggak menemukan produk tersebut dalam list produk masker mereka. Oleh karena itu, sebelum membeli produk coba cek terlebih dulu. Apakah produk tersebut beneran ada dan dirilis oleh produsen resmi atau tidak. 

3. Baca review

Membaca memang membuka jendela dunia. Dengan membaca review kita jadi paham bagaimana produk tersebut bekerja pada kulit orang lain. Cermati juga, apakah banyak yang memberi komentar negatif atau positif. 

4. Belanja di counter resmi atau toko terpercaya

Belanja di counter langsung memang paling mudah dan terpercaya. Tapi, kadang jarang diskonnya. Sementara beli online seringkali ada promo khusus dan nggak perlu capek. Kalau sudah begini, solusinya pastikan tempat belanja online-mu terpercaya. Entah olshop, market place, maupun e-commerce. Misalnya, memilih belanja di Sociolla

5. Selalu cermati harga

Barang yang dijual lebih mahal belum tentu asli, apalagi yang lebih murah. Jadi, sebelum membeli selalu cek ya harga-harga produk lain dari produsen yang sama. Kalau kisaran beda harganya cuma 10 ribuan, masih besar peluang aslinya. Tapi, kalau lebih dari itu, coba deh cari tahu lagi. 
Bagaimana dengan kamu, pernah punya pengalaman mencoba atau belanja produk palsu juga? Share denganku di kolom komentar yuk!

  

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kulit ku sensitif banget, sempet nyoba produk ini gara2 bonus dari olshop, pas iseng nyoba setelahnya kulitnya jadi gatel2 gak karuan..

    BalasHapus
  2. Iya banyak temenku yang cerita dapet gratisan masker ini saat belanja di olshop. Waaah terus gimana sekarang, nggak bikin efek.yang lama kan yah

    BalasHapus

Flickr Images