BEAUTY: REVIEW & SWATCHES NABI MATTE LONG LASTING LIP GLOSS IN PLUM & NUTMEG

By Erny Kurniawati - 17.31.00

Sejak kenal yang namanya make up, satu item yang hampir setiap bulan saya beli adalah lipstick atau lip cream. Entah kenapa, produk pewarna bibir ini nggak pernah habis daya tariknya bagi saya. Rasanya mengoleksi warna-warna lipstick atau lip cream yang beragam itu ngasih kebahagiaan tersendiri. Sampai-sampai saya cuma bisa puasa nggak beli lipstick selama bulan Ramadhan kemarin. Itu pun karena sebelum puasa saya dapet paket lip cream Wardah 3 warna. Jadi, nggak beli tapi sama aja punya produk pewarna bibir baru. 


Karena nggak tahan untuk nggak beli lipstick, maka kemarin malam saya memutuskan membeli 2 lip cream baru yang sempat ngehits beberapa waktu terakhir. Lip cream ini merupakan produk dari Amerika yang diproduksi di Cina seperti NYX dan L.A. Girl. Nah, produk yang kumaksud adalah Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss.


Walaupun ada embel-ember lip gloss, tapi sebenarnya produk ini merupakan lip cream matte. Jadi, nggak ada penampakan glossy-nya sama sekali di bibir saat dipakai. Alasanku membeli produk ini pun sederhana karena beberapa teman blog di grup Line bilang produk Nabi ini lumayan bagus untuk suatu produk drugstore dari luar yang dijual dengan harga sangat affordable. Gimana nggak affordable, untuk satu lip cream dengan isi 9ml hanya dijual seharga Rp 35.000,- s/d Rp 60.000,- (tergantung olshopnya). Dan, saya dapetin ini seharga Rp 40.000,- per tubenya. Sebenarnya, beli lip cream atau lipstick dengan harga affordable adalah cara saya untuk nurutin  hasrat belanja tanpa keluar dari budget make up bulanan. Cara saya ini bisa teman-teman terapin juga kalau kepepet pengeeeen banget beli produk lipstick tanpa mengambil jatah belanja lainnya. Solusinya ya, beli produk drugstore yang terpercaya dari segi kualitas dan harganya cukup ramah di kantong. Secara, perempuan suka tergoda beli lipstick nggak peduli sudah gajian atau belum kan?

Selain harganya affordable, saya juga naksir beberapa warnanya. Walaupun sebenarnya dua warna yang saya beli tersebut bukan warna incaranku. Saya pengen banget shade Red Red dan Blackberry, tapi ternyata yang available paling tua warna Plum. Jadilah saya tetap ngambil. Eh kemudian lihat shade Nutmeg yang cokelat cakep dan saya ambil juga. Terus, gimana pendapat saya tentang lip cream ini? Keep reading this post ya

PACKAGING

Sebagai orang yang nggak begitu tergoda dengan packaging lucu, saya nggak ribet dengan urusan yang satu ini. Dari segi kemasan Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss ini mirip banget dengan NYX SMLC dan L.A Girl. Bedanya, Nabi punya tube lebih panjang dan ramping. Ukurannya yang lebih ramping, membuat lip cream ini nggak makan banyak tempat kalau mau dimasukkin ke dalam make up pouch. Sementara nomor dan nama shade berada di bagian bawah tube. Lip cream ini juga punya tube bening sehingga kita bisa lihat warna isinya secara langsung. 

Sayangnya, packaging ini cukup rapuh. Sesaat setelah saya beli produk ini, saya menjatuhkannya tanpa sengaja dan bagian lekuk dekat mulut tube retak sampai isi lip cream ini berceceran. Bisa dilihat kan pada gambar berikut ini, lip cream Nabi shade Plum-ku terpaksa saya selotip supaya isinya nggak berceceran setelah jatuh semalam. 


Meskipun punya packaging rapuh, namun untungnya aplikator Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss ini nyaman untuk digunakan. Bagi saya pas aja ukurannya dan bisa menjangkau sudut bibir yang biasanya susah terjangkau. Catatannya sih, karena mulut tube ini  mungil, jadi lip cream yang nempel di aplikator sering nggak cukup untuk menutupi seluruh bibir. So, jangan malas untuk telaten ya! 





KOMPOSISI & TEKSTUR

Buat teman-teman yang care dengan kandungan dalam produk kosmetik, pasti nggak mau melewatkan mencermati komposisi dalam lipstick atau lip cream. Komposisi kandungan dalam Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss ini antara lain Isododecane, trimethyloxysilicate, stearalkonium, hectorite, silica dimethyl sylilate, propylparaben, BHA. Karena saya nggak menghindari produk yang mengandung paraben, jadi bagi saya produk ini nggak masalah. So, semua kembali kepada kondisi masing-masing. 

Sedangkan untuk teksturnya, Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss ini punya tekstur yang creamy. Nggak terlalu kental dan nggak cair juga. Jadi, produk ini cocok untuk temen-temen yang baru belajar pakai liquid lipstick karena cenderung mudah untuk dibaurkan. Kalau menurut saya sih, tekstur dari Nabi ini mirip NYX SMLC, tapi lebih creamy. Lalu saat baru saja dibaurkan di bibir akan memberi rasa lengkep. But don't worry, lengket ini cuma sementara kok sampai lip cream ini mengering sempurna di bibir. 

REVIEW & SWATCHES



Setelah membahas panjang lebar tentang packaging, komposisi, dan tekstur, sekarang masuk ke inti tulisan kali ini yaitu, review pribadiku serta swatchesnya. Saya memilih shade Plum yang berwarna magenta dan nutmeg yang punya warna kecoklatan. Shade Plum ini berwarna pink tua keunguan. Awalnya saya berharap shade plum ini warnanya lebih tua pas dibaurkan di bibirku. Tapi ternyata jatuhnya warna magenta atau pink tua. Sedikit kecewa sih karena pengen warna lebih gelap. Sedangkan shade Nutmeg saya beli tanpa rencana. Saya cuma inget aja pengen lipstick warna cokelat dan belum kebeli-beli. Eh lihat Nutmeg ini cokelatnya pas seperti yang selama ini saya cari. Jadilah saya beli juga. Penasaran kan gimana swatchesnya? Ini dia penampakan kedua shade Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss Plum & Nutmeg di tanganku.


First impression, saya kurang suka dengan teksturnya yang lengket di bibir. Untungnya lengketnya cepat hilang sesaat setelah kering di bibir. Hasil akhir dari lip cream ini dead matte. Saya suka banget. Apalagi, sekali pulas sudah menutupi warna asli bibir saya yang cenderung gelap. Karena hasil akhirnya dead matte, lip cream ini sepertinya kurang cocok buat kamu yang punya bibir super kering. Jadi, kalau mau nyobain Nabi harus pakai lip balm dulu sekitar 10 menit sebelum pakai lip cream ini. Lalu tap-tap ringan dengan tissue dan baru baurkan Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss.

Kemudian untuk staying powernya, nggak perlu ditanya karena produk ini super pigmented dan awet banget. Saya juga sempat nyobain pakai shade Nutmeg untuk makan ketoprak dan tetap stay. Kurang lebih 4 jam saya pakai untuk makan dan minum tetap stay walaupun bagian dalam bibir warnanya sedikit hilang. Saking awetnya, untuk membersihkan lip cream ini di bibir kita perlu menggunakan cleansing oil based. Soalnya pas saya coba pakai air biasa, susu pembersih, ataupun cleansing water hasilnya nggak bersih.


Pada foto di atas, foto pertama adalah Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss saat baru saja diswatch di tangan saya. Foto kedua setelah swatches tersebut saya cuci pakai air biasa. Bisa dilihat kan kaya nggak berubah warnanya. Lalu foto ketiga saya bubuhi susu pembersih dan hasilnya pada foto keempat tetap stay warnanya. Foto keempat memang menunjukkan kalau intensitas warnanya berkurang, tapi nggak begitu banyak. So, bener kan kalau Nabi ini staying powernya oke banget. Cocok nih untuk orang-orang yang males touch up seperti saya. 

Swatches di tangan tetap saja berbeda dengan di bibir. Jadi, saya juga sempat bikin swatches di bibir langsung. Berikut ini foto bare lips saya yang saya bubuhi BB Cream dan kira-kira seperti ini kalau saya pakaiNabi shade plum dan nutmeg di bibir. O ya, semuanya saya swatch dengan 2 kali pulas karena saya suka warna yang benar-benar bold
 
Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss in Plum





 Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss in Nutmeg






Setelah lihat swatchesnya di tangan dan bibir saya, menurut temen-temen mana yang lebih cocok untuk saya? Plum atau Nutmeg? Kalau saya pribadi sih lebih suka Nutmeg. Tapi, shade lip cream warna ini nggak bisa sembarangan dipakai. Warna cokelat Nutmeg ini mengingatkanku pada bibir ala Kylie Jenner, iya nggak sih? Yang bakalan cocok dipakai saat wajah bersih dan cerah. Soalnya, kalau sedang nggak oke kulit wajahnya bakalan bikin wajah tampak kusam. Selain itu, perlu pakai riasan mata yang bold juga biar wajah nggak plain. Misalnya, pakai smokey eyes, eyeliner yang jelas, dan kalau bisa bulu mata palsu atau mascara supaya wajah lebih on. 

Kalau menurutmu gimana nih? Kasih tahu pendapatmu di kolom komentar ya! ;) 

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Ah, nutmeg nya cucokkkk ^^ sempet mau beli, tp ga jadi. Soalnya baca review pada ngerasa lengket gitu :(


    Tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lengketan si L.A Girl. Cuma emang rada lengket sih. Iya suka nih sama Nutmeg tapi nggak sembarang occasion cocok huhu

      Hapus
  2. wah matte nih , sukaan ku banget hehe kukira glossy loh dr packagingnya kyk lipgloss.hrs ceki2 nih XD thanks for the review!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, apalagi ada embel2 lip gloss dinamanya ya. Tapi ini matte banget. BTW warnanya lengkaaap jadi tinggal sesuaiin selera :D. Thanks juga uda mampir :D

      Hapus
  3. Beli dimana yg 40ribu? :D

    Cocok dua2nyaa., Nutmegnya agak ada hint orange ya?? kalo aku yg pake boro2 mau kayak kylie, yg ada jd kayak abis negak orson, wkwk anti lippen yg ada orange2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di @Elsbeauty07 (kayanya) offline storenya samping kost-an aku :D. Ini nggak ada hint orangenya menurutku. Soalnya aku juga kalau ada hint orange-nya suka nggak cocok :D Tapi kalau lagi nggak oke mukanya jatuhnya kaya perokok berat bahahaha.

      Hapus
  4. Temenku ada yg juga pake ini dan emang bagus seperti kata kamu. Pilihan warnanya juga banyak. Sayang aku lagi gabisa pake lip matte T.T padahal penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah sayang banget nggak bisa pakai lip matte. Aku sedih kalau nggak bisa pakai lip matte hehe. Iya enak nih soalnya nggak kerasa tebel gitu hehe. :D

      Hapus