5 Aktivitas untuk Mengatasi Jenuh dan Stres

By Erny Kurniawati - 18.39.00


Pas banget nih, pas nulis ini saya sedang stres-stresnya karena jenuh dengan rutinitas. Ah, saya yakin deh hal semacam ini wajar banget ya terjadi. Biasanya, saat mulai jenuh seperti ini saya punya beberapa cara untuk mengembalikan mood supaya jadi lebih baik lagi. Nah, berikut ini beberapa cara mengembalikan semangat ala saya:

1. Nonton Film

Ini cara yang mainstream banget ya? Tapi untuk saya, cara ini cukup ampuh. Usahakan juga nontonnya bukan melalui laptop, tapi langsung di bioskop. Nah, ambience nonton di bioskop ini yang menurut saya bisa membantu melepas penat dan mengatasi jenuh. Apalagi, kalau genre film yang ditonton itu adalah favoritku. Duh, jadi inget, kemarin habis nonton film terbaru Tom Hanks yang berjudul Sully. Temen-temen udah nonton belum nih?

2. Doing my Hobby

Beberapa temenku kadang nanya kenapa aku sempat ngeblog, tapi ngerjain tugas akhir kuliah agak lambat. Haha. Saya sih ketawa aja. Lha wong beda ya antara keduanya. Ngerjain tugas akhir itu kan kewajiban. Sementara ngeblog itu hobi. Udah kejawab kan, kalau seringkali kewajiban itu yang bikin kita jenuh dan stres, sementara hobi itu obatnya. Jadi, kalau saya habis jenuh baca-baca buku atau jurnal, saya emang melarikan diri sejenak dengan melakukan hobi saya. Dalam hal ini sih ngeblog. 

3. Hangout

Ketemu temen atau ngopi bareng pasangan bisa jadi cara jitu saya untuk ngurangin jenuh dan stres. Soalnya, dengan cara ini saya bisa ngeluh sepuas-puasnya yang biasanya sehari-hari saya tahan. Apalagi, saya juga suka randomly ngebahas hal-hal nggak jelas dengan orang-orang terdekat saya. Karena bisa ngungkapin isi hati dan pikiran inilah yang mungkin bikin rasa jenuh serta stres itu berkurang. 


4. Staycation alias Menginap di Hotel

Jujur, saya ini selalu girang kalau ada agenda menginap di hotel. Meskipun sebagian besar saya tidur di hotel karena suatu acara tertentu. Tapi bagi saya, menginap di hotel atas alasan apapun tetap termasuk staycation *ini sih ngedefinisiin maksa* dan tetap bikin pikiran saya lebih fresh. Maklum ya, sebagai anak kost, toilet saya nggak sebersih hotel, spreinya nggak tiap hari diganti, nggak ada AC seperti di hotel, dan yang terpenting aromanya berbeda. Haha. Menurut saya sih, aroma hotel itu nggak ada duanya. Bikin mabok pengen leyeh-leyeh dan menikmati hidup. Plus bikin saya lebih rileks sehingga stress berkurang. 



Masih soal menginap di hotel, saya sendiri punya life goals kalau udah aman finansialnya pengen sesekali me time ke hotel. Ngebayangin tiduran sambil nonton tv atau baca buku bikin saya geregetan pengen buru-buru staycation. Atau diem aja ngadep ke luar jendela pas malem-malem sambil megang mug kopi. Duh syahdu ya? 

Untungnya, sekarang banyak hotel murah tapi nggak murahan juga. Jadinya saya bisa lebih gampang ngewujudin life goals saya itu. Nggak perlu staycation jauh-jauh. Cukup di Jogja aja tau di sekitar Jawa Tengah kaya Purwokerto misalnya. Di sana banyak hotel murah dengan fasilitas oke. Kemarin sempat ngecek di Traveloka dan mupeng karena harga hotel untuk menginap semalem cuma kisaran 300-an. Itu udah include breakfast dan fasilitas seperti WiFi lho! Belum lagi, baca review orang yang pernah menginap. Beuuhh... bikin makin pengen soalnya pada cerita hal yang positif. 

Back to topic. Jadi kesimpulannya, menginap di hotel 1 s/d 2 malam bisa jadi cara untuk mengurangi stres dan mengatasi jenuh. 

5. Liburan

Kenapa liburan saya jadikan cara terakhir? Karena kalau liburan, otomatis saya bisa ngelakuin semua hal di atas donk. Makanya saya taruh di bagian paling akhir. Liburan ini bisa diisi dengan nonton film, melakukan hobi, hangout bareng orang-orang tersayang, dan bisa juga ke mana gitu terus nginep di hotel. See? Kalau liburan adalah rangkuman agenda dari 4 poin sebelumnya hehe. 


Kalau saya sih, selama ini level liburannya masih cemen. Saya biasanya liburan di sela agenda tertentu biar irit. Haha. Kalau nggak, saya milih liburan jalan-jalan di sekitar Jogja. Alhamdulillah nikmat tinggal di kota yang banyak tempat pariwisatanya. 


Nah, dari 5 cara di atas, kalau kamu cara mana sih yang paling tepat untuk ngatasin jenuh dan stres karena rutinitas?


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar