Sephora Virtual Artist, Bantu Temukan The Right Lipstick

By Erny Kurniawati - 12.23.00




Memilih lipstik itu bagiku sesuatu yang sangat-sangat personal. Dan saya yakin begitu juga bagi temen-temen. Soalnya nggak semua lipstik yang cocok denganku cocok juga buat temen-temen. Begitu pun saat lihat review blogger atau vlogger, yang cakep di bibir mereka bisa jadi nggak pas dengan bibirku. Sekalipun kita punya skin tone yang sama, tapi nggak mungkin sama persis kan?

Sering banget di grup chat sama temen-temenku ngebahas tentang masalah lipstik ini. Masalah utamanya pasti bingung milih warna lipstik yang pas untuk skin tone serta warna dasar bibir. "Padahal udah pakai lipstik yang direkomendasiin si A lho. Si A ini kulitnya mirip aku gitu tone-nya sama aku tapi kok nggak cocok?" Atau "warna kulitku gelap pakai pink muda jadi aneh ah. Nanti jadi nyala kaya lipstik pink Nicki Minaj gimana?" Komentar-komentar seperti nggak asing bagi saya.  Hmm, don't worry saya juga sering galau soal itu. Padahal hampir setiap bulan beli lipstik, tapi masalahnya gitu-gitu aja.

Dipikir-pikir, menemukan "The Right Lipstick" memang nggak mudah sih. Apalagi setiap warna punya range yang banyak. Kaya warna pink berikut ini. Semuanya merupakan lipstik warna pink yang dijual di Sephora. Ini baru sebagian warna pink yang dijual di sana dan range warnanya sudah bikin bingung kan? So, wajar banget kalau bingung milih warna lipstik yang pas!
Sephora Virtual Artist, lipstick, virtual, cara coba lipstik online,
Range warna-warna pink dalam Sephora Virtual Artist
Karena masalah itu, saya dan beberapa temenku sering ragu buat beli lipstik via online. Terlebih lagi kalau lipstik yang mau dibeli harganya di atas 150 ribuan. Tawaran teman untuk nitip beli lipstik idaman di Sephora sering saya abaikan. Gimana ya di Jogja kan belum ada Sephora jadi kalau mau beli mesti via online atau nitip temen. Tapi saya takut lipstik seharga 200K-an bahkan lebih tersebut ternyata nggak pas dengan skin tone dan warna dasar bibirku karena nggak dicobain langsung. Akhirnya, kalau pun beli online atau nitip pasti milih warnanya yang itu-itu aja. Istilahnya milih warna aman biar pasti kepakai dan nggak mubadzir. Andai saja ada cara nyobain lipstik secara virtual, pasti memudahkan banget untuk orang-orang seperti saya yang tinggal di kota tanpa outlet kosmetik super lengkap seperti Sephora. 

Dan ternyata, Sephora mewujudkannya. Baru-baru ini, Sephora Indonesia melaunching "Sephora Virtual Artist" yang bisa diakses melalui PC maupun ponsel Android dan IPhone. Sebagai pecinta lipstik, saya girang bukan main. Gimana nggak girang, saya bisa nyobain swatch lipstik-lipstik yang dijual di Sephora secara online! No more galau saat ditawari temen untuk nitip atau beli sendiri secara online di Sephora. Secara, saya bisa nemuin "The Right Lipstick" dengan fitur ini!


Personally, Sephora Virtual Artist ini memang sangat memudahkan saya untuk swatch lipstik yang dijual di Sephora. Dengan memanfaatkan Sephora Virtual Artist saya nggak perlu takut salah beli warna lipstik karena sudah nyobain langsung secara virtual. Cara memanfaatkan Sephora Virtual Artis juga gampang banget. Saya tinggal duduk dan klik Sephora Virtual Artis terus mengikuti petunjuknya. Selain itu, masih banyak kelebihan dari Sephora Virtual Artist ini. Berikut ini rangkuman kelebihan Sephora Virtual Artist menurut saya:
  • Membantu kita menemukan lipstik dengan warna dan finishing yang cocok dengan skin tone.
  • Karena Sephora Virtual Artist sudah terkoneksi dengan Sephora.co.id, jadi setelah swatch lipstik favoritmu bisa langsung dibeli secara online di Sephora atau bisa juga mark as wishlist.
  • Membantu customer luar kota yang belanja secara online dengan lebih mudah dan menghindarkan kesalahan warna, jadi nggak galau deh!
  • Bisa nyobain semua warna lipstik yang dijual oleh Sephora melalui virtual secara gratis!
  • Memudahkan customer memilih lipstik berdasarkan finishing-nya. Kalau jeli, kita bisa lihat perbedaan lipstik matte dan high shine yang dicoba secara virtual. So love it!
Karena banyak kelebihannya tersebut, so this is step by step to try Sephora Virtual Artist!

Pertama-tama upload foto terlebih dulu. Saranku sih jangan pilih taking picture karena kualitasnya biasanya kurang. Jadi lebih baik pilihlah foto yang nggak to much editing dan yang terpenting warna kulit asli dengan difoto 11-12 miripnya.


Setelah upload foto berhasil, kini saatnya ngepasin pointer di bagian bibir. Pointer ini tujuannya untuk membuat swatch lipstik secara virtual tepat mengikuti garis bibir kita. Jangan khawatir kalau ternyata pointernya kurang pas, soalnya kamu bisa klik refine untuk mengedit lokasi pointer agar pas.


Kemudian, kini saatnya nyobain lipstik-lipstik yang tersedia di Sephora. Sebelum nyobain swatching, kamu juga bisa memilih lipstik sesuai jenisnya. Misalnya saya pecinta lipstik matte, saya bakal nyobain stok lipstik matte aja. Atau kalau pengen nyobain semua jenis lipstiknya juga bisa. Seru dan memudahkan banget ya?

Pilih jenis-jenis lipstik favoritmu!
Lalu kamu pun siap untuk swatch warna-warna lipstik yang tersedia. Saking banyaknya variasi warna yang ada, saya sampai swatching banyak banget. Sungguh, Sephora Virtual Artist ini nggak sekadar bantu saya buat milih lipstik di Sephora tanpa salah warna. Tetapi juga jadi hiburan. Setiap kali bosen karena kerjaan, saya bakalan buka Sephora Virtual Artist buat ngembaliin mood. And it really works on me!

Terus kalau kamu ngalamin bingung milih warna atau mau cari merk tertentu, kamu bisa memanfaatkan fitur FILTER. Fitur ini berfungsi mempermudah pencarianmu pada lipstik idaman.


Kalau kamu sudah menemukan beberapa brand, warna, dan jenis lipstik idamanmu, tapi bingung mau pilih yang mana maka manfaatin aja fitur COMPARE. Fitur ini bakalan membantumu melihat perbedaan lipstik-lipstik yang jadi incaran kalau kamu pakai di bibir. Nggak lain dan nggak bukan agar kamu nggak salah pilih kan? Biar lipstik yang kamu beli nantinya benar-benar "The Right Lipstick". Ah, so genius!

Buat saya pribadi, fitur COMPARE ini juga memudahkan saya untuk lihat brand lipstik yang saya pilih. Saya jadi tahu keterangan produknya dan yang terpenting tahu harganya! Jadi tahu juga mana yang sesuai dengan kantong saya.

Selain COMPARE, kamu juga bisa memanfaatkan fitur SURPRISE ME. Dengan klik SURPRISE ME, sistem Sephora Virtual Artist bakal memilih warna acak untuk kita. Bisa jadi varian lipstik yang dipilih secara acak itu justru bikin jatuh cinta dan pengen langsung dibeli.


At the end, kita juga bisa mengunduh dan share hasil swatching lipstik tersebut ke social media atau e-mail. Baik dalam bentuk 1 foto maupun compare foto. Caranya pun gampang, tinggal klik salah satu icon di bawah foto sebelah kanan. It's an easy way, isn't it?

Karena Sephora Visual Artist ini sangat membantu banget dalam menemukan "The Right Lipstick", so jangan sampai temen-temen nggak nyobain ya! Apalagi Sephora Virtual Artist ini sudah terkoneksi langsung dengan Sephora.co.id sehingga lipstik yang kita idamkan bisa langsung dibeli setelah nyobain swatch virtualnya. Kalau pun masih mau menjadikannya wishlist juga bisa! Maka dari itu, ini must try banget. Temen-temen udah nyobain Sephora Virtual Artist belum?

 

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah baru tau banget inih! Bakalan berguna banget buat pilih-pilih shade sebelum beli lipstik tanpa harus nyobain tester di toko. Praktis banget kalau mau beli online, udah ada visualisasi di muka bakal gimana, jadi ga deg-degan banget takut ga cocok sama muka hehe thank you for sharing yaa salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy! Love to read your comment mbak :D iya apalagi kalau untuk beli lipstik yang lumayan mahal ya (re: bagiku lipstik-lipstik Sephora lumayan mahal haha).

      Hapus
  2. Duh langsung narsis aaah di website ya sephoraaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun kemarin sempet nggak fokus kerja gara-gara mainan ini haha

      Hapus
  3. kyaknya seru yaah coba2 lipstik via online..thanks infonya Erny. aku mau langsung coba juga aah..hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak praktis dan memudahkan banget. Soalnya banyak brand juga kan yang bisa kita coba :)

      Hapus