Workshop #LifeGoalsFashion feat Zetta Media

By Erny Kurniawati - 11.34.00

This is another #WeekendProductive story! Ceritanya, hari Minggu (13/11) kemarin saya mengisi sesi workshop #LifeGoals yang diadakan oleh Zetta Media. Workshop yang diadakan untuk para blogger ini dilakukan dalam beberapa pertemuan. Saya merasa beruntung karena diajak bekerjasama untuk mengisi salah satu sesi dengan tema #LifeGoalsFashion pada pertemuan ketiga. Karena acara ini seru banget dan saya banyak belajar dari sini, jadi saya bakalan cerita detil di postingan ini. Are you ready?

Sebelumnya, saya dapet kesempatan ngisi acara ini dari Kak Prima. Kebetulan saya cukup kenal baik sama dia sejak akhir 2014 lalu atau tepatnya sejak dia kuliah S2 di kampus yang sama dengan saya. Sekitar dua bulan yang lalu, Kak Prima cerita via chat kalau mau mengadakan workshop untuk blogger Jogja. Dia nawarin saya untuk ngisi sesi tentang ngeblog, foto, dan bermedia sosial. Semuanya disampaikan dari sudut pandang saya sebagai Social Media Strategist dari agency. Maklum, saat ini salah satu cara memonetize blog adalah dengan bekerjasama dengan agency atau klien langsung. Jadi, sharing tentang apa yang membuat agency atau klien tertarik untuk mengajak blogger bekerjasama itu penting untuk mereka.


Sesi #LifeGoalsFashion ini diadakan di Student Lounge 1 Lippo Mall Jogja. Dari segi venue acara, tempatnya cukup asyik dan nyaman. Asyik karena venuenya di mall yang gampang diakses, tapi nggak terlalu ramai, dan pencahayaannya pas banget untuk langsung praktik foto. Acara ini dimulai dari pukul 10.30 s/d 14.30 WIB. Selama 4 jam sesi tersebut saya nggak cuma share tentang Membangun Fashion Blog dan Menulis tentang Fashion, tetapi saya juga share tentang Produk Fotografi untuk Blog dan Media Sosial. Setelah sesi kedua, saya juga berbagi ilmu sekaligus belajar langsung foto produk dan foto fashion bareng peserta. 

Waktu untuk praktik foto ini nggak lama. Kalau tidak salah hanya satu jam untuk dua materi praktik yang berbeda. Singkatnya durasi praktik membuat peserta antusias sekaligus tampak gugup. Walau begitu, mereka tetap semangat dan beberapa kali saya juga mencontohkan foto produk dengan kamera handphone agar layak tayang di media sosial dan blog. 


This photo taken by Asus ZenFone2

This photo taken by Asus ZenFone2
Nggak cuma itu, beberapa kali saya berpesan ke teman-teman yang masih malu-malu untuk foto fashion agar selalu percaya diri. 

Menurut saya, menulis tentang fashion atau jadi fashion blogger nggak harus langsing atau super modis bak model papan atas. Yang penting kita percaya diri menunjukkan keunikan kita, dengan begitu kita pasti tampak lebih cantik!
  

Sesi praktik tersebut selesai bertepatan dengan waktu makan siang dan istirahat sholat. Personally, saya excited dan happy bisa berbagi sedikit tentang pengalaman kerja dan ilmu saya yang belum seberapa ini. Jujur, saya sempat nervous beberapa hari sampai begadang terus untuk bikin materi yang sesempurna mungkin. Meskipun pada saat-saat terakhir saya harus mengakui kalau nggak sempurna juga, tapi setidaknya saya berusaha. Sesi kemarin justru jadi momen yang membuat saya belajar banyak hal. Belajar untuk memahami materi yang harus saya sampaikan, belajar untuk menerima kalau usaha saya nggak memberi hasil yang sempurna, belajar kalau ternyata saya masih jauh dari kata "banyak tahu", belajar untuk mengendalikan nervous, sampai belajar untuk berinteraksi dengan peserta sedekat mungkin agar sesi belajar itu nggak berakhir di workshop saja. Saya jadi termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi plus menjadi lebih percaya diri.

Hal yang nggak kalah menyenangkan dari belajar banyak hal adalah melihat antusiasme peserta workshop dan reaksi mereka kemarin. Saya terharu, mereka yang awalnya asing sama saya sebegitu antusiasnya. Makin nggak terkira terharunya saat Kak Prima ngepost testimoni peserta yang bilang makin semangat menulis setelah sesi workshop kemarin dan baca blog saya. 

Siapapun kamu, nggak cuma kamu yang makin semangat, saya pun makin semangat karena bertemu dengan kamu dan teman-teman lain kemarin.


Pelajaran yang saya dapat dari sesi kemarin adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Ini catatan untuk saya pribadi dan teman-teman semua. Saya juga setuju dengan istilah sharing is caring. Nggak cuma sharing is caring, bagiku sharing is learning juga. Dari berbagi kita pasti selalu mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Seperti berbagi sedikit ilmu saya yang nggak seberapa itu, saya justru dapat banyak pelajaran hidup dari teman-teman semua. So, #WeekendProductive kemarin membuat saya makin semangat untuk selalu produktif juga.



  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. Wuaaa kak ernyyyy...
    Pekan kemarin Kak Prima juga datang ke Jember. Harusnya Kak Erny ikut jugaaaa.... supaya dapet ilmu dari kak ernyyy, heheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Ocha, salam kenal! :D hehe Wah semoga aku kapan-kapan dapet kesempatan sharing di Malang ya!

      Hapus
  2. Wah telat :( , buat tahu info blogger jogja gitu gimana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau acara ini kemarin udah dishare di fanspage Zetta Media seingetku :) Aktif ikut grup blog aja. BTW salam kenal! :D

      Hapus
  3. Kuncinya percaya diri ya mbaaa? Siappp. Noted :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyonya kan sudah penuh percaya diri hihi. Iya nyonya, percaya diri adalah koentji

      Hapus
  4. Makasih yaa mba Erny sharingnya. Setuju banget, sharing is not just caring but also learning! Sedang mencoba praktik dan praktik lagi ilmu-ilmu dari workshop kemarin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anisaaah nice to know you! AKu juga belajar dari kamu :D

      Hapus
  5. Gemess banget acaranya, main main dong ke jkt hihi atau aku ke jogja ya.
    pengen deh dapet ilmu dari mba erny, yang sudah pakar ya nih....


    alsheilaaa.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh makin banyak alasan ke Jakarta nih haha. Belum pakar tapi kebetulan diajak kolab aja hihi Kamu kl ke Jogja kabar2 yah!

      Hapus
  6. artikel yang menarik, terimakasih informasinya kak,,

    BalasHapus