Membeli Tas di Bawah 500K? Ini Caraku!

By Erny Kurniawati - 19.15.00


Dalam hal penampilan, saya selalu menekankan pada diri sendiri untuk jangan bergaya melebihi kemampuanku. Entah dalam memilih item pakaian, makeup, sampai aksesoris seperti tas, sepatu, dan aksesoris tambahan lain. Karena memegang prinsip ini, saya inget sekali saat SMA saya nggak pernah coba-coba pakai produk kecantikan seperti temen-temen saya. Produk perawatan saya saat itu sangat-sangat standar dan murah. Alasannya, saya belum bisa cari uang sendiri, uang saya saat itu mostly dari orang tua, sisanya palingan kalau menang iseng ikutan lomba atau ngirim tulisan untuk rubrik anak SMA dan berhasil terbit. 

Ternyata, saya bisa menjaga prinsip itu sampai saat ini. Bahkan saat saya sudah punya penghasilan sendiri, saya selalu merasa bersalah saat belanja untuk lifestyle yang sebenarnya sedikit berlebihan dibandingkan dengan kemampuan saya. Bukan berarti saya anti sama barang mahal, cuma saya selalu berusaha merencanakan apa yang mau saya beli. Kalau ternyata itu barang yang mahal, ya saya nggak bakal beli secara impulsif. Tapi bakalan dipertimbangkan dalam-dalam terlebih dulu. Inget banget lah gimana capeknya kerja, jangan sampai menghamburkan uang untuk hal yang salah. Itu prinsip saya.

Tas adalah salah satu barang yang bakal saya pikirkan matang-matang sebelum membelinya. Saya suka produk-produk tas branded, karena siapa yang bisa memungkiri kalau tas branded itu emang punya kualitas jempolan dan bisa jadi investasi juga. Cuma selama saya belum mampu, saya janji sama diri sendiri untuk cari alternatif lain. Salah satunya dengan memilih tas dengan harga yang jauh lebih terjangkau dan sesuai budget, tetapi BUKAN PRODUK KW. Saya sengaja nulis dengan huruf kapital karena menurut saya, saat kita punya budget yang nggak terlalu banyak untuk membeli sebuah tas, bukan berarti kita harus beli produk KW. 

Saat ini, kita bisa lho dengan mudahnya menemukan produk-produk asli dalam atau luar negeri dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dengan tas branded berharga jutaan tapi dijual dengan harga terjangkau. Untuk hitungan budget tas bagi saya itu maksimal Rp 500.000,- kecuali ada produk yang udah idaman saya banget dan saya sanggup nabung. Itu mah beda ya. 

Dalam post kali ini, saya mau sharing tentang apa yang saya lakukan untuk mendapatkan tas wanita seharga maksimal Rp 500.000,- dengan kualitas oke, model kekinian, tapi bukan barang KW. 

Tentukan Budget

Lihat temen pakai tas brand A yang keren, tapi harga nggak kejangkau sama kamu? Ah, saya sering merasa begitu. Kalau sudah begitu, saya bakalan ngasih tahu diri saya kalau budget saya nggak sampai segitu. Menerima kemampuan diri kita adalah cara terbaik untuk bersyukur. Plan selanjutnya adalah fokus ke budget yang ada. Kalau saya membatasi belanja tas maksima Rp 500.000,- Jadi kalau bisa sih Rp 500.000,-. Pengiritan? Kenapa nggak!

Tentukan Model yang Dibutuhkan

Membeli tas wanita sesuai kebutuhan itu penting banget. Jangan sampai butuh sling bag, belinya backpack atau sebaliknya. Nah, saat menentukan model yang dibutuhkan ini, nggak masalah kalau menjadikan tas produk tertentu jadi acuan. Bukan untuk beli KW atau tiruannya, tapi untuk cari dupenya. Teman-teman pasti paham ya perbedaan KW dan dupe. :) 

Riset Tas Wanita Idamanmu


Beli tas aja riset? Iya donk! Saya orang yang mudah bete kalau merasa salah beli. Soalnya ya itu tadi, cari duit kan capek ya, jangan sampai salah beli. Nah, biasanya saya riset tentang macem-macem bahan tas idaman saya. Bisa melalui online atau offline kalau punya waktu lebih. Saya harus tahu bedanya kulit sintetis grade ini dan itu, teksturnya, jahitannya, sampai detil ada berapa sakunya. 

Kalau mau melakukan riset secara online, jangan ragu untuk cek di market place atau e-commerce ternama dan zoom semaksimal mungkin fotonya biar kelihatan detil. Selanjutnya, lihat juga akun media sosial brand terkait, khususnya Instagramnya. Perhatikan betul-betul penjelasan dan klaim jaminannya. 



Setelah riset bahan, selanjutnya riset harga. Saya yakin poin ini selalu jadi perhatian utama kaum wanita. Siapa sih wanita yang ikhlas beli produk tertentu dan ternyata lebih mahal dari toko sebelah? Jarang sekali ada kan?

Riset selanjutnya adalah riset brand dan keaslian produknya. Untuk riset yang satu ini agak panjang sih. Kalau temen-temen beli di market place, penting untuk tahu toko atau brandnya dan kepoin media sosial mereka. Kalau beli di e-commerce, pastikan itu produk asli bukan KW. Ini bisa dilihat dari harganya. Misalnya merek Fossil atau MK dijual seharga Rp 300.000,- yang benar aja? Ada dua kemungkinan. Pertama, itu produk KW. Kedua itu secondehand. Tapi sayangnya, lebih sering ke yang pertama sih. Selain itu, jangan bosan-bosan cari tahu tas wanita dari brand-brand asli Indonesia yang kualitas dan keasliannya bikin kita yang makai jadi makin percaya diri. Saya ada beberapa brand tas lokal yang selalu kujadikan andalan lho. Kalau penasaran tinggalkan komen ya nanti saya ulas di post lain. 

Pilih Tempat Membeli

Dimana kita membeli produk itu juga menentukan harga, kualitas, dan keaslian produk tas idaman kita lho. Sekarang ini ada banyak banget online shop, e-commerce, dan market place yang bisa dijadikan pilihan. Kalau teman-teman sudah punya brand unggulan bisa langsung beli ke website resmi brand tersebut. Kalau misalnya beli di online shop pastikan sudah terpercaya ya! Caranya, klik bagian tag-nya, di situ kita bisa melihat banyak nggak pelanggan yang puas dengan online shop tersebut. Tapi kalau mau lebih praktis, temen-temen bisa memilih e-commerce seperti BliBli. Ada banyak banget pilihan tas dengan harga di bawah Rp 500.000,- yang kualitasnya terjamin. Mau buktiin? Coba cek di BliBli mau membeli tas wanita. Selain itu, teman-teman juga bisa memilih market place. Jujur saya pribadi belum pernah melakukan pembelian melalui market place karena suka kurang waktu untuk memastikan sellernya terpercaya atau nggak. 

Itulah beberapa pertimbangan dan hal-hal yang saya lakukan sebelum membeli tas idaman. Temen-temen punya cara lain? Sharing sama saya donk! :)



  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Mbaak itu tasnya unyu banget beli dimanaaa ^^
    Saya juga gitu kok mba setuju banget sama tulisan ini. Bahkan temen saya pernah bilang menegaskan lagi, yaaaaa jangan beli kalau harus ngutang. Mending beli sendiri, daripada ngutang.

    ngutang disini maksudnya pakai kartu kredit. Hahaha.

    Biasanya mah cewek cewek kalau belanja pake kartu kredit engga tau diri. Asal gesek gesek gesek, karena mereka itung per bulan enggak sampe 500rb. Padahal yah.. hmm kita nggak tau akan ada kebutuhan apalagi di depan.

    mending ngeluarin uang yang sudah di tabung. Daripada ngeluarin uang dalam jumlah besar, trus kita cicil.

    Aku juga suka barang diskonan *jujur
    Hahaha.
    Sukaa banget Misal sama tas harga 1jt, tp ogah beli karna kebutuhan masih banyak.
    Pas minggu depannya mampir ke tempat yg sama, eh tasnya lagi diskon. Yawis lah.. ga mikir panjang pasti langsung aku beli daripada nyampe rumah ngecess kepikiran ngiler ngiler terus pusing sampe kebawa bawa mimpi kan yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, CC emang suka bikin kalap yah! Hahaha. Walau sebenernya mampu, tapi aku lebih milih spending money. kalau ada tabungan rasanya hidup lebih tenang. Iya, gak sih?

      BTW ini tasnya dari brand lokal namanya @Gotosovie :D cek di IG apa di HijUP deh hihi worth to buy banget barangnya.

      Hapus
  2. Kebetulan selera tasku agak susah, ga suka yg lagi ngetrend krn males pake tas kembaran sejuta umat, ga suka yang banyak ornamennya, ga suka yang girly,ga suka yang kecil...wkwk banyak banget ya
    Trus klo beli keperluan sekunder pribafi harus dari keringet sendiri
    Jadi sejauh ini gayaku masih aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi samaan mbak Eni, aku juga suka males kalau pakai model semua umat haha. Thanks for sharing mbak :D

      Hapus
  3. Kebetulan banget aku juga ada yang ditaksir dari merk tas yang ada di foto :)
    Lagi mengumpulkan untuk bisa beli tas idaman itu :D
    Kalau boleh, pengen tau apa aja merk tas lokal yg kualitasnya bagus2, mbak :)
    Karena saya termasuk yg pemilih juga soal tas, pengen yg cocok buat dipake jalan2 tapi masih bisa masuk untuk acara formal, trus pengen cari yg kualitasnya bagus karena saya kalau udah suka dan cocok sama tas itu pasti akan dipake terus minimal sampe udah harus diganti karena rusak atau memank sudah waktunya untuk diganti :D
    Terima kasih tips memilih tasnya <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak suka brand Gotosovie ini ya, ini favoritku hihi.
      Kalau aku brand lokal sering milih gotosovie sih mbak soalnya suka tas kulit gini, kelihatan exclusive, jahitannya rapih, dan bisa untuk acara formal casual juga. Bahkan ada yang bisa dipakai dengan 3 gaya berbeda gitu mbak.

      Kalau butuh rekomendasi beberapa merk lokal, nanti aku tulis di post terpisah. Thanks inspirasinya! :)

      Hapus