Perempuan Punya Karya X Girls in Tech Indonesia | Woman, Creativity, & Technology

Rasanya masih nggak percaya komunitas Perempuan Punya Karya yang dibangun oleh saya, Mbak Ewindha, Mbak Marlin, dan Rifda ini bisa membuat...

Rasanya masih nggak percaya komunitas Perempuan Punya Karya yang dibangun oleh saya, Mbak Ewindha, Mbak Marlin, dan Rifda ini bisa membuat event cukup besar yang belum pernah ada di Jogja. Rasanya kayak dream comes true


Perempuan Punya Karya ini merupakan komunitas yang kami bangun sejak 2016 lalu. Embrionya sih udah dari 2015, tapi baru benar-benar declare ini sebagai komunitas dan serius membuat event-event seru sejak Oktober tahun lalu.

Belum ada setahun kami berdiri, rasanya ada banyak keajaiban yang terjadi dan membukakan masa depan komunitas ini. Jujur, kami awalnya cuma asal jalan dengan tujuan simple "enlighten women" yang mana nggak sesimpel istilahnya karena kata enlighten aja mengandung arti yang cukup berat. Tapi, kami asal jalan saja sampai akhirnya tanggal 9 April kemarin kami bisa mengadakan event ketiga yang merupakan hasil kolaborasi dengan Girls in Tech Indonesia. 


Event ketiga ini juga event terbesar kami dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang. Sebelumnya, event kami hanya melibatkan pembicara lokal dengan peserta maksimal 15 orang. Kali ini, kami bekerjasama dengan Girls in Tech Indonesia yang mana bagian dari Girls in Tech Global. Speaker event kali ini ada 3 orang yaitu Salsabeela Ollie, Ayang Cempaka, dan Indah Ederra. Walaupun dua diantaranya merupakan pembicara lokal, tapi siapa sih yang nggak kenal Ayank Cempaka? Sementara Indah Ederra juga belakangan ini cukup sering menghiasi panggung fashion week di nasional maupun internasional. Kalau Mbak Ollie, pasti pada kenal donk karena dia nggak cuma Co-Managing Director Girls in Tech Indonesia, tapi juga CEO dari Nulisbuku.com dan co-founder Zetta Media. 



Rasanya senang bisa arrange acara ini untuk perempuan di Jogja. Pasalnya selama ini belum ada acara seperti ini yang segmented untuk perempuan dan topiknya tentang women, creativity, and technology. Saya makin seneng saat tahu ketiga pembicara sharing tentang perjalanan passion mereka kepada peserta. Mata peserta yang berbinar mendengarkan sharing dari speaker seolah menjadi obat lelah paling mujarab. Apalagi beberapa di antara peserta mengirimkan DM ke akun official Perempuan Punya Karya dan akun pribadi saya yang berisi apresiasi mereka tentang event kami. 


Apresiasi yang mungkin bagi orang lain tidak seberapa itu membuat saya dan temen-temen merasa lega dan pusing hingga lelah terbayarkan. Rasanya, apresiasi mereka juga semangat untuk kami agar bisa membuat event yang lebih bermanfaat lagi. Kalau bisa sih nggak cuma di Jogja, tapi Jakarta, Surabaya, hingga kota-kota lainnya. Amin. 


Buat saya pribadi, bisa membangun Perempuan Punya Karya ini seperti menghidupkan mimpi yang tadinya terasa hanya mimpi tanpa bisa menjadi kenyataan. Saya sering cerita kepada Dhimas tentang impian membangun komunitas yang segmented untuk saling support perempuan di bidang passion dan profesi, tapi saya selalu mengakhiri cerita itu dengan pertanyaan "can i?" Hingga akhirnya, komunitas ini dibangun bersama 3 orang teman saya. Rasanya hidup saya lebih berwarna dan penuh semangat. 

Buat temen-temen bisa intip-intip Instagram saya atau di @perempuanpunyakarya untuk tahu event-event seru kami sebelumnya dan info berikutnya!


You Might Also Like

9 komentar

  1. Ah mbak dan temen-temen keren banget bisa bikin acara yang mendatangkan orang-orang menginspirasi begini. Sempet ketemu kak Ollie beberapa kali, dan memang beliau keren banget! Kalo Ayang Cempaka itu juga kakak idola banget, waaaah pengen datang rasa-rasanya pas baca ini hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mbak :* Seneng deh baca komen mbak jadi makin greget!

      Hapus
  2. Senang ya bisa terkoneksi dengan perempuan-perempuan inspiratif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, seneng banget soalnya aura positifnya kaya bikin saya kesetrum

      Hapus
  3. Makasiiiiiih Erny buat kesempatan ikut event iniiii! Aku bahagia banget rasanya bisa ketemu kamu dan temen-temen lain yang super inspiratif! Literally, dari pagi mau berangkat sampe pulang tuh senyum-senyum sendiri karena pembicaranya sumpah keren semua. Dan akhirnya bisa ketemu kamuuuuuuuuuu <3 Kapan-kapan bisa lah ngopi di Indomaret Point bareng huahaha. Sukses terus buat Perepuan Punya Karya. Ditunggu banget buat event-event berikutnya >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanifa as happy as you, aku juga berterima kasih kamu udah meluangkan waktu untuk dateng. Semoga bermanfaat ya nggak cuma isi materinya, tapi juga mingle-minglenya hehe. See you! Ditunggu waktu luang ngopinya :D

      Hapus
  4. Semangat untuk Seluruh Wanita Indonesia ...
    Karya MU menjadi bukti Kehebatan Wanita Sesungguhnya dimata Dunia ..

    BalasHapus
  5. Owalaaaah ternyata dirimu toh salah satu pioneernya Perempuan Punya Karya! Seneng deh nemu movement yang bener-bener positif dan empowering buat sesama perempuan walau kemarin berhalangan hadir. Keep up the good work yaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Ratri, nice to know you Mbak! Iya aku salah satunya hehe. Semoga next time kalau aku ke Jakarta bisa kenal dan ketemu Mbak Ratri ya! Thanks mbak :))

      Hapus

Flickr Images