My Favorite Ramadan Skincare

By Erny Kurniawati - 23.32.00


Wah nggak terasa bulan Ramadan sudah masuk minggu ketiga. Alhamdulillah, puasa masih lancar dan kondisi kulit semakin membaik. Awal Ramadan lalu saya sempat bermasalah dengan kondisi kulit yang berubah kering. Penyebabnya sudah jelas karena tubuh sedang beadaptasi dengan pola makan dan minum selama bulan puasa. Nggak hanya kulit kering, kulit wajah saya juga berubah jadi beruntusan dan muncul jerawat kecil-kecil. Karena kondisi kulit berubah, saya pun mencoba mengatasinya dengan melakukan perubahan pada skincare yang digunakan sehari-hari. Dan, berikut ini beberapa skincare andalan saya selama bulan Ramadan. Check this out!

1. Always 21 Aloe Vera Soothing Gel 99%

Aloe vera shooting gel ini merupakan produk Korea yang saya dapet dari Hermo Indonesia beberapa bulan yang lalu. As we know, aloe vera gel difavoritin oleh banyak beauty blogger dan vlogger karena manfaatnya. Sekalipun merk-nya bukan Nature Republik (ini merk paling hits kalau ngebahas aloe vera gel), tapi aloe vera soothing gel ini sama-sama bermanfaat baik untuk kulit saya. Saya memakainya rutin sebagai sleeping mask setiap hari. Pada awal Ramadan kemarin, saya bahkan memakainya sebagai pelembab sebelum pakai sunscreen.  Hasilnya, beruntusan dan kulit kasar saya teratasi. Kalau masalah jerawat, so far membantu mengurangi.

2. Evian Natural Mineral Water

Sebenernya Evian Natural Mineral Water sudah ada di meja skincare saya jauh-jauh hari. Saya sendiri sengaja belum menulis reviewnya karena merasa produk tersebut nggak punya pengaruh banyak untuk kulit saya. Saya sudah menggunakannya sejak bulan Maret lalu dan merasa biasa-biasa saja sampai awal Ramadan lalu saya rutin menggunakannya saat kondisi kulit kering. Produk ini pun menjelma jadi favorit saya! Saya rutin menggunakannya setiap hari. Untuk pagi dan malam, kadang saya menggunakannya sebagai hydrating toner ala 7 skin method Korea. Lalu kapan pun saya merasa kulit mulai kering, saya langsung semprotkan Evian di wajah dan tepuk halus. Hasilnya kulitku jauh lebih lembab, kenyal, dan teksturnya semakin baik. Ah jadi jatuh cinta!

3. Always 21 Raspberry Sleeping Mask

Produk sleeping mask ini pernah saya review di sini. Saya menggunakan sleeping mask ini bergantian dengan Aloe Vera Soothing Gel. Tapi beberapa kali saya pakai produk ini selepas sahur (yes, habis subuh saya suka tidur lagi sampai jam 7 pagi). Hasilnya juga bagus untuk melembabkan kulit. Selama bulan Ramadan Always 21 Blueberry Sleeping Mask ini juga membantu menjaga kesehatan kulit saya.

4. Avoskin Perfect Hydrating Toner Essence

Avoskin Perfect Hydrating Toner Essence (PHTE) ini baru saya pakai sejak memasuki bulan Ramadan. Saya menggunakannya setelah mengaplikasikan cleansing toner dan hydrating toner (saya pakai Evian). Tekstur Avoskin PHTE ini berupa gel essence yang memberi sensasi cooling saat diaplikasikan ke kulit wajah. Essencenya pun mudah dan cepat menyerap tanpa memberi kesan lengket. Lagi-lagi, produk ini juga punya fungsi membantu menjaga kelembaban kulit. Selama bulan Ramadan ini saya menggunakannya tidak setiap hari, tetapi beberapa kali dalam seminggu. Biasanya saya menggunakannya saat kondisi kulit nggak beruntusan dan nggak muncul bibit jerawat. Kalau berdasarkan hasil stalking sih, produk ini tetep aman dan bagus buat kulit berjerawat.

5. Aishaderm Sunscreen

Saya baru memakai produk ini belum lama. So far, saya suka karena sunscreen ini mudah meresap di kulit dan nggak memberi efek oily. Oleh karena itu, setiap mau pergi keluar, saya pasti mengaplikasikannya ke kulit wajah dan tangan terlebih dulu. Untuk review first impressionnya saya tulis di sini.


Anyway, temen-temen punya skincare khusus Ramadan juga? Share produk andalanmu di kolom komentar yah!



  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. pernah nyoba aloe vera gel dari wardah ga? lebih lembap mana sama Always? oh ya kalo boleh tau avoskinnya beli dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak, aku belum pernah cobain yang Wardah. Katanya bagus juga yah.. Avoskin bisa beli di webnya mbak. Mbak kepoin aja di @avoskinbeauty atau www.avoskinbeauty.com

      Hapus
  2. si aloe enak bangettt apalagi kalo abis panas2an diluar langsung oles itu biar ga sunburn beughhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess Git, ini andalan banget. Apalagi selama bulan puasa. Dia penyelamat kulit juga

      Hapus
  3. Btw it make evian natural nya setelah make up atau sebelum make up ya? Pernah pengen coba tapi takut syg ga kepake😓😁

    fitrianaadi.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum mbak. Ini saya pakai sebagai hydrating toner :) setelah cuci muka atau pakai cleansing toner, terus semprot ini di muka dan tepuk-tepuk halus.

      Hapus
  4. Jadi tertarik mencoba Aloe Vera Soothing Gel-nya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa bilang Aloe vera soothing gel ini must have item mbak! hehe

      Hapus
  5. Mbak Aloe Vera gelnya beli online atau di toko biasa? Di jogja dimana ya belinya? Thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak maaf banget telat bales huhu. Aku beli online. Kalau di Jogja bisa cek di konter The Face Shop Amplaz. Merknya beda sih, tapi sama-sama dari korea. Atau bisa juga pilih produk dari Wardah :)

      Hapus