Menu Sehat Serba Sosis: Capcay Sosis

By Erny Kurniawati - 18.00.00

Sosis Premium So Good, Sausage Premium So Good, Capcay Sosis

Ada banyak cara untuk menunjukkan perhatian pada orang tersayang. Menyajikan masakan adalah versi saya.

Nggak terasa Ramadan sudah berakhir dan libur Lebaran sudah selesai. Minggu ini saya dan Dhimas kembali ke rutinitas pekerjaan masing-masing. Saya di Jogja dan dia di Semarang. Sejak resmi jadi pasangan LDR -yang sebenernya nggak terlalu jauh juga- kami jadi tahu gimana rasanya berusaha memanfaatkan waktu sebaik mungkin pas bisa ketemu. Berhubung libur kali ini dalam momen Lebaran, waktu kami pun lebih banyak untuk keluarga masing-masing. Barulah pada dua hari terakhir liburan kami punya waktu sedikit banyak buat ketemu. Ya walaupun agenda kencan tidak seperti kencan, maklum lah ya selain pekerja kantoran saya kan freelancer juga haha. Jadi quality time bareng itu isinya dia nemenin saya di coffee shop untuk menyelesaikan pekerjaan. Waktu kerja freelancer emang nggak terbatas oleh libur momentum, termasuk libur Lebaran ini. 

Sebelum Dhimas berangkat ke Semarang, saya sengaja memasak menu capcay yang terdiri dari beragam jenis sayuran buat bekal dia. Walaupun saya ngakunya masak ini untuk diri sendiri, tapi sebenernya saya masak ini karena inget dia. Selama bulan Ramadan kemarin hampir setiap hari saya memasak menu sahur yang kaya serat dan protein. Capcay menjadi salah satu menu yang sering saya pilih. 

Saat Ramadan itu pula Dhimas sering ngeluh via chat kalau dia kangen menu makanan yang banyak sayurnya. Katanya di daerah tempat tinggalnya di Semarang lumayan susah cari menu makan sehat kaya serat gitu. Berhubung memasak menu sehat yang kaya sayuran dan protein jadi rutinitas selama Ramadan kemarin, so kenapa nggak saya biasakan memasak menu sehat terus setiap hari? Dan kebiasaan itu dimulai hari ini dengan memasak untuk bekal dengan menu capcay sosis. 

Saya memilih sawi, wortel, kobis, dan tomat sebagai sayuran sumber vitamin sekaligus seratnya. Sementara sebagai campuran dan sumber proteinnya saya memilih Sausage Premium Garlic dari produk premiumnya So Good. Agar lebih jelas, berikut ini detil bahan dan step-step praktis memasaknya!

Sosis Premium So Good, Sausage Premium So Good, Capcay Sosis

Bahan-Bahan Capcay Sosis


1 ikat sawi hijau
1 wortel berukuran sedang
1 buah tomat merah berukuran sedang
1/5 buah kobis berukuran sedang
2 Sosis Premium Garlic So Good
1 sdm minyak goreng
1,5 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cabai rawit merah
1 sdt kecap manis
1/2 sdt gula pasir
garam secukupnya
air kaldu secukupnya

Cara Memasak

1. Iris semua bumbu (bawang merah, bawang putih, dan cabai)
2. Iris semua sayuran
3. Iris serong Sosis Premium Garlic So Good dengan ketebalan sedang. 
4. Panaskan minyak goren lalu tumis bumbu (bawang merah, bawang putih, dan cabai) sampai harum. 
5. Masukkan irisan Sosis Premium Garlic aduk sampai sosis membesar dan setengah kering
6. Masukkan irisan wortel
7.Masukkan garam, gula pasir, dan kecap manis
8. Tambahkan air kaldu dan tunggu hingga wortel setengah matang serta bumbu meresap pada sosis
9. Masukan semua sayuran dan aduk hingga setengah matang. 
10. Angkat dan sajikan. 



Simple banget ya cara masaknya? Saya yakin menu ini layak disebut menu praktis. Selain bahan dan bumbunya yang mudah didapat serta pasti ada di dapur, durasi masaknya pun paling lama hanya 15 menit saja. Walaupun praktis, tapi soal gizi pasti terjamin. Sebagai orang yang picky dalam memilih makanan olahan seperti sosis, saya pun memastikan terlebih dulu kandungan yang ada pada Sausage Premium Garlic So Good ini. Saya nggak mau salah pilih karena tujuan menambahkan sosis sebagai sumber protein, tapi malah kandungan proteinnya rendah. Makanya saya memilih Sausage Premium Garlic ini karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Kandungan protein pada setiap takaran sajinya sebanyak 14% protein. 

Setelah selesai masak, saya pun langsung menyajikannya ke dalam wadah bekal. Tapi ternyata sia-sia, Dhimas malah langsung melahap bekalnya di tempat. Haha. Selain karena menunya yang menggoda, perut kosong belum sarapan juga jadi alasannya. Alasan ketiganya, dia takut menghilangkan tempat makan favorit saya! Makanya, dia memilih melahap menu bekal capcay sosis tersebut.

Oiya, selain dimasak sebagai campuran dalam menu capcay ini, saya juga mengolah 3 sosis sisanya menjadi menu lain. Menu olahan lainnya dari Sausage Premium Garlic So Good ala saya bakalan saya tulis pada postingan selanjutnya ya! Kalau temen-temen mau berkreasi memasak menu-menu sehat dan enak dengan So Good, cek aja produk mana yang cocok di website So Good.

Capcay sosis, Sausage Premium So Good
Dengan memasak menu sehat ini adalah wujud perhatian saya pada orang tersayang sekaligus untuk melanjutkan kebiasaan baik saat Ramadan lalu dengan menyiapkan makanan bergizi!


  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. So sweet banget, mbak. Thanks buat sharing resepnya, mudah dipraktikkan nih di rumah.

    BalasHapus
  2. Mbak Wina, makasih ya hehe. iya ini sebenernya resep cepet masak sehat hehe

    BalasHapus
  3. Aku jugak sukak nih si capcay sosis, Ny. Tapi aku tambahin bakso jugak. Wkwkwk. Banyakan bakso en sosisnya sik :p

    BalasHapus
  4. Capcay emang paling enak dicampur sosis atau bakso ya mbak :-)

    BalasHapus
  5. Capcay juga jadi andalanku karena masaknya cepet

    BalasHapus