Makeup Natural untuk Kuliah atau Wawancara Kerja

By Erny Kurniawati - 19.56.00


Meskipun saya udah nggak aktif kuliah, tapi nggak masalah ya saya share beberapa tips makeup untuk ke kampus. Sebenarnya sih tips ini juga berlaku untuk temen-temen yang mau dateng ke wawancara kerja. Kuncinya adalah makeup natural. Biarpun saya suka tampil bold, tapi nggak untuk kuliah atau wawancara kerja. Soalnya, makeup bold kadang juga intimidating lawan bicara kita atau kalau di kampus justru menjadikan kita center of attention. So, beberapa tips dari saya berikut ini semoga membantu temen-temen yang masih kuliah atau mau melamar kerja, tapi masih bingung makeup seperti apa yang cocok. 

Simple Complexion

Bagi saya, makeup untuk kuliah itu masuk dalam kategori daily makeup. Karena termasuk daily makeup, saya rasa kita nggak perlu memakai complexion yang full coverage bahkan sampai shading. Yes, cukup pakai BB Cream or DD Cream sebagai base. Bahkan saya lebih menyarankan kalau bisa nggak usah memakai base makeup tersebut sering-sering. Soalnya, saya pikir kasihan kulit wajah kita ditutupin dengan BB Cream, DD Cream, ataupun foundation setiap hari. Jadi untuk daily, rasanya cukup dengan memakai daily skincare andalanmu seperti yang biasa saya lakukan. Kecuali kondisi kulit bener-bener bikin kita kurang pede seperti belang atau sedang banyak noda jerawat. Kalau seperti itu, saya biasanya memakai cushion terlebih dahulu.


Kalau hanya memakai skincara, saya melanjutkan dengan mengaplikasikan sunscreen or sunblock dan kalau kira-kira perlu, kamu bisa menambahkan bedak dan blush on agar wajah terlihat segar. Buat saya blush on bahkan jauh lebih penting ketimbang bedak lho. Tapi first, kulit wajah kita mesti terawat terlebih dulu. 

Nah, kalau temen-temen pengen kulit wajah terlihat dewy, menambahkan highlight bisa jadi best choice. Tapi inget ya, karena tujuannya ke kampus or wawancara kerja, jadi nggak perlu terlalu tebal highlightnya.


Simple Eye Makeup

Saya setuju kalau menggambar, membentuk, atau mengisi alis itu part eye makeup yang nggak boleh terlewat untuk apapun tujuannya. Namun, untuk makeup mata seperti menggunakan eyeshadow sepertinya akan lebih bagus kalau kita memilih warna-warna natural seperti cokelat tua, cokelat muda, atau warna krem. Agak aneh juga kan kalau kuliah tapi riasan matanya smokey eyes? Pengecualian buat temen-temen yang memang sudah kadung percaya diri tampil dengan eye makeup seperti itu. 



Kalau buat saya, selain alis, eye makeup yang nggak boleh terlewat adalah memakai eyeliner. Eyeliner cukup jitu menyembunyikan mata lelah saya karena habis begadang semalaman. Biar bulu mata terlihat lentik, jangan lupa tambahkan maskara. Biasanya saya memakai maskara dengan cara disikat zig-zag dan dijepit dua kali. Sekali sebelum pengaplikasian maskara. Kedua setelah maskara diaplikasikan dan setengah kering. Tujuannnya biar bulu mata lentik maksimal.

Kalau dirangkum, makeup mata untuk kuliah atau wawancara kerja ini cukup pakai simple eye makeup aja. Temen-temen bisa menggunakan produk khusus untuk alis yang jadi andalan kaliah, eyeshadow warna natural dengan nuansa cokelat, eyeliner, dan maskara. Kalau bingung produk tersebut bisa dibeli dimana, kita nggak perlu ke gerai kosmetik di mall. Duduk dan cek aja situs belanja online branded seperti Tokopedia. Oiya, branded yang saya maksud ini bukan berarti harus produk mahal, tapi produk yang jelas brand dan kualitasnya.

Soft Lip Color

 

Again, sekalipun saya suka banget dengan lipstik yang berwarna bold. Tapi saya nggak ingin memakainya untuk kuliah atau wawancara kerja. Sesekali saya masih memakai lipstik bold untuk ke kampus sih, tapi hitungannya jarang banget. Lipstik atau lipcream dengan warna-warna soft selalu jadi pilihan. Soalnya warna tersebut membuat keseluruhan wajah kita terlihat natural dan warna-warna bernuansa pink bisa memberi kesan manis. 


Mungkin tips ini bukan hal baru bagi temen-temen beauty enthusiast, tapi semoga tips ini bisa membantu temen-temen yang masih newbie di dunia makeup dan pengen belajar makeup for daily. Share juga yuk tips makeup daily ala kamu selama ini di kolom komentar biar saya ikutan belajar dari kalian.




  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. saya pernh wwc mahasiswa yg mau magang di kantor. dia pakai make up menor bngt dan lipstick merah saya jd ngam suka first impressionnya. Saya setuju kalu buat wwc yg sedrhanan aja make upnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan mbak? Kecuali casting yah hehe atau udah masuk kerja beberapa kali baru beda cerita

      Hapus
  2. daily make up yang weareable bgt ya.
    tapi klo aku jaman kuliah mah boro-boro pake eyeshadow, gak telat aja udah happy..hehe..

    http://kireinoclouds2.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekaran kayanya mahasiswa pada sempet makeup deh. Soalnya dulu adik-adik tingkatku ke kampus aja masih sempet ngecurly rambut sampai badai lho

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus