Money Talk: Be A Smart Shopper

By Erny Kurniawati - 17.12.00



Habis nonton video makeup tutorial atau review di Youtube terus pengen beli produk ini itu. Habis baca ulasan di blog terus pengen beli produknya juga. Duh, kalau diturutin semua, apalagi dibeli dalam kondisi impulsif dampaknya cukup mengerikan untuk keuangan jangka panjang. Kalau dipikir-pikir mengatur keuangan itu part of kedisiplinan dan ketekunan. Tapi itu baru kesimpulan dari saya yang baru saja melawati masa-masa first jobber. Mengatur keuangan itu kelihatannya mudah, tapi sulit pada praktiknya. .Bahkan sampai sekarang masih suka pusing untuk meredam keinginan yang nggak disertai kebutuhan. Padahal ya kalau belanja pas rasa 'kepengen' mendominasi tuh bikin kita nggak jadi smart shopper lho. Misalnya nih, saking pengennya sikap impulsif meningkat, nggak bandingin harga dari satu shop ke shop lain, sampai nggak mempertimbangkan berapa banyak jumlah belanja kita karena yang dikejar kepuasan aja. Karena itulah, saya pengen sharing cara saya untuk jadi Smart Shopper. Tulisan kali ini lebih ke tips ya dan saya bakalan happy kalau di akhir nanti temen-temen juga sharing tips belanja cerdas ala kalian. So, mari kita mulai sharing tips kali ini!


 

1. Don't buy something impulsifely

Belanja impulsif itu big no banget buat saya. Bedasarkan pengalaman, rasa puas yang saya dapetin dari belanja impulsif itu hanya sesaat dan diikuti rasa menyesal. "Kenapa sih saya beli ini padahal nggak butuh-butuh banget!", "Aduh saya kok buang-buang uang buat beli ini, padahal uangnya bisa saya tabung aja." Setidaknya pikiran seperti itu sering muncul setelah saya membeli sesuatu dengan impulsif. Bukannya merasa bahagia, malah merasa bete setelahnya. Buruknya lagi, belanja impulsif seringkali bikin jatah uang yang semestinya kita tabung jadi berkurang.

2. Belanja Barang yang Benar-Benar Dibutuhkan

 

Setiap kali saya mau beli sesuatu, saya bakalan mikir cukup lama. Saya timbang-timbang dengan pikiran sejernih mungkin. Saya beneran butuh nggak sih dengan barang tersebut. Kalau misalnya saya butuh, tapi barang itu masih bisa disubstitusi dengan barang lain yang sudah saya punya, saya bakalan mengurungkan niat. Tapi, belanja barang yang benar-benar dibutuhkan itu fase lanjut setelah kita mampu mengendalikan diri dari sikap impulsif. Sekalipun saya bisa bilang saya udah jarang belanja dalam kondisi impulsif, namun saya masih tetep ngalamin beli sesuatu saat lapar mata. Terutama waktu belanja di Indomart haha.

 

3. Cek Harga Sebelum Berbelanja

 

Hmm... tadinya saya nggak begitu suka belanja online. Alasannya saya ribet ngebandingin harga produk yang saya incer. Nggak segampang beli di outlet yang ada di mall-mall. Kalau mau bandingin tinggal ke store sampingnya. Tapi itu dulu sebelum saya kenalan sama Priceza Indonesia.



For your information, Priceza ini merupakan  mesin pencari produk dan pembanding harga secara online. Bagi saya cek harga sebelum berbelanja itu penting banget. Makanya saya langsung download aplikasi Priceza karena saya pasti bandingkan harga di Priceza Indonesia sebelum membeli barang secare online. Buat saya, layanan yang  sangat membantu untuk jadi smart shopper. Apalagi cara untuk cek harga di Priceza Indonesia juga simple. Jadi smart shopping with Priceza.co.id itu gampang banget langkahnya. Kurang lebih begini caranya:

● Masuk ke website Priceza.co.id
● Cari produk yang diinginkan di kotak search lalu klik
● Muncul berbagai pilihan perbandingan harga

Berhubung cek harga sebelum berbelanja itu membantu saya saving money, saya pun menyebutnya sebagai salah satu cara untuk jadi smart shopper. Saya yakin, kalau temen-temen tipikal yang pengen beli produk dengan best price seperti saya, kalian pasti terbantu banget dengan aplikasi Shopping Search Engine Priceza Indonesia ini.

4. Gunakan Point Reward atau Voucher

Persaingan e-commerce dan market place di Indonesia ini cukup ketat. Nggak heran ya kalau mereka pun membuat loyalty program atau memberikan voucher dan point reward yang nilainya nggak jarang lumayan banget. Nah, saya termasuk orang yang suka memanfaatkan point reward, voucher, dan juga diskonan.

Ngomong-ngomong soal point reward, kita nggak cuma bisa dapetin dari e-commerce atau market place. Tapi, kita juga bisa dapetin dari Shopping Search Engine Priceza Indonesia. Hadiahnya lumayan banget soalnya terdiri dari dua macem:

Regular Gift: Hadiah yang bisa ditukarkan setiap bulan. Member bisa mendapat hadiah dengan menukar poin sejumlah tertentu untuk hadiah yang diinginkan.
Lucky Draw: Hadiah didapat dengan cara diundi. Member bisa ikutan untuk mendapat nomor luckydraw. Jika terpilih sebagai pemenang maka akan mendapat hadiah. Jika tidak maka silahkan coba lagi di lucky draw berikut.

Lumayan banget lah ya dan caranya untuk dapet Priceza Rewards ini juga nggak sulit. Temen-temen bisa simak nih caranya di bawah ini:

priceza rewards, point rewards,

Itu dia empat cara saya untuk jadi smart shopper. Intinya sih jangan malas untuk mengendalikan diri saat kita kepengen suatu produk, terus rajin-rajin bandingkan harga, dan jangan lupa rajin cari voucher yah! Temen-temen share juga donk cara kalian jadi smart shopper.


  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. wah menarik bgt yA aplikasinya..

    challenging bgt emng belanja online zaman skrg hihihi

    BalasHapus
  2. Point reward nya ini bikin pengen belanja lagi...lagi...lagi. Eh tapi enaknya bisa lihat semua display e-commerce ya? Kereen

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa bisa mbak Desy. Ngebantu banget sih.. tanpa ada iming2 point rewards aja uda ngebantu secara sy suka bandingin harga banget kalo belanja

      Hapus
  3. Iya nih, Priceza emang andalan buat nemu harga termurah :)

    BalasHapus
  4. Ya ampunnn, kuno banget caraku, bandingin harga masih manual bukain satu2 hahaha. Ternyata ada website yg praktis bgt gini 😂😂😂😂

    BalasHapus
  5. Kalau cara lain jadi smart shopper versiku buat nggak gampang tergiur kata-kata 'mumpung lagi diskon' dan 'mumpung limited item' hihi. Ini aplikasinya so helpful, anyway.


    www.zahwaaldila.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zahwa, bener banget. Haha aku jarang belanja sekalipun diskon karena kalau dipikir logic ya sama aja kalau nggak butuh kenapa dibeli haha

      Hapus
  6. cek harga sebelum beli emang wajib banget supaya enggak beli kemahalan hehe

    BalasHapus
  7. Aku kalo belanja tuh sering banget nyesel mbak, gegara nggak pernah cek harga dulu. Untung ada Priceza ya jadi nggak nyesel karena udah dapet harga termurah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya walau beda berapa doang tapi rasanya tetep nyesel eh haha

      Hapus
  8. dl ps kecil smpt nyesel bgt beli brg yg tyt g dibutuhin mskipun murah y cm ttp aj brasa buang2 duit y, skrg enak y bs dpt kode voucher prmo macem2 brguna bgt infony :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh Shani, aku sampe sekarang itungannya pelit untuk menuhin hasrat lapar mata. Jarang bgt malah, inget susahnya cari duit

      Hapus
  9. Setuju dengan poin2 di atas, twrutama beli barang yg dibutuhkan ya. Priceza mantep neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mbak, soalnya sebelum pake priceza aku cari sendiri secara manual haha. ada ini merasa sangat terbantu

      Hapus
  10. saia suka belanja onlen tapi alhamdulilah belum pernah sampe gelap mata belanja impulsif :D

    BalasHapus
  11. Belum bisa jadi smart shopper nih...sering aja mupeng tiap ada penawaran harga menarik..Tapi yang dulunya lebih sering onlineshopping, sekarang malah balik ke offline lagi..

    BalasHapus