Karimun Jawa, My Wishlist Destination

By Erny Kurniawati - 00.01.00

photo by agnieszka boeske
Seperti biasa, akhir tahun selalu menjadi momen yang sibuk-sibuknya. Mulai dari kejar target tahunan, sampai agenda kantor yang kadang nggak terduga banyaknya. Makanya, buat saya Desember itu hampir selalu jadi bulan paling sibuk dan stressful! Kalau temen-temen sering mampir ke blog ini pasti ngeh juga karena saya sudah dua mingguan nggak update nulis. Sebenarnya sedih, tapi itu tadi ada skala prioritas yang harus diduluin. Pengennya setelah tanggung jawab selesai semua saya pengen liburan. Tahun ini saya masih punya wishlist untuk liburan ke Karimun Jawa yang belum terealisasi.

Meskipun belum tahu bisa atau tidak liburan akhir tahun ini, tapi saya sudah dari jauh-jauh hari merencanakan liburan ke Karimun Jawa. Ada beberapa destinasi wisata di Karimun Jawa yang ingin banget saya kunjungi. Mulai dari Pulau Menjangan Besar dan Kecil, Pulau Cemara Besar, Terumbu Karang Gosong, Pantai Ujung Gelam, Pulau Kecil, Penangkaran Hiu, dan beberapa pulau lainnya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang pengen banget saya kunjungi di Karimun Jawa, saya paling ragu untuk ke Penangkaran Hiu. Saya semacam memiliki pobhia dengan hiu gara-gara suka nonton animal channel saat saya kecil. Animal channel bisa dibilang program favorit saya saat kecil, lebih spesifiknya tentang kehidupan di air, mulai dari danau, rawa, dan laut. Makanya, saya suka nonton tentang hiu, tapi waktu itu yang dibahas seringkali soal keganasannya dan kemampuan hiu mencium darah atau makhluk lain yang bisa jadi mangsa. Karena itu, saya jadi takut dan tenyata ketakutan tersebut berimbas hingga sekarang.
Photo: Pulau Kecil by Blog Traveloka

Kalau saya ragu ke penangkaran hiu, ada satu destinasi yang belum saya sebut tetapi wajib saya realisasikan yaitu, menikmati sunset di Karimun Jawa. Terakhir kali menikmati sunset yang begitu indahnya itu di Bali, awal 2016 lalu. Lama banget kan? Itulah kenapa saya harus nyempetin melihat sunset sambil berdecak-decak kagum gitu. Selain itu, saya pengen puas-puasin makan seafood. Terakhir kali saya makan seafood di pantai itu Januari tahun ini saat ke Lombok. Yes, I was born to be lucky karena nggak punya masalah alergi dengan aneka seafood. Dan, hal itu membuat saya bisa menikmati aneka macam makanan laut yang entah kenapa selalu bikin saya happy kalau mau ke tempat wisata pantai. Sebenarnya, saya bukan tipikal orang yang suka banget sama pantai, tapi iya saya suka banget sama makanannya dan itulah yang menguatkan saya untuk merencanakan liburan ke Karimun Jawa. Kebayang gimana enaknya menikmati aneka seafood denga backsound deburan ombak! Kalau mau cukup waktu pengen juga eksplor tempat-tempat lain di Karimun Jawa seperti yang dibahas di sini.

Photo: memory Lombok, 2017

Ngomong-ngomong soal liburan di Karimun Jawa, saya sering dapet tips dari temen-temen tentang cara ke sana dengan hemat. Tapi pas saya kepoin saran tersebut, kok nggak jarang malah bikin ribet. Sementara saya kalau liburan malas kalau harus ribet-ribet. Pengennya tuh yang praktis mulai transportasi ke sana sampai nginepnya gimana. Tetep maunya ngirit, tapi nggak mau yang backpacker amat. Sementara kalau nginepnya standar koper, saya sering meringis. Belum lagi ribetnya pesan tiket sampai penginapan. Buat saya yang tinggal di Jogja mungkin nggak bisa naik pesawat ke sana. Tapi buat teman-teman yang dari Jakarta atau kota lain bisa lho ke Karimun Jawa via Tanjung Emas, Semarang. Pertamanya naik pesawat terlebih dulu, baru kemudian naik kapal untuk menyebarang. Ini cara yang praktis banget, cuma sayang banget ya nggak ada layanan pesawat Jogja-Semarang. Ya kaliiiii..... Padahal pesan pesawat+hotel via Traveloka bisa dapetin diskon 20% tanpa perlu memasukkan kode apapun. Praktis sekali! 


Layanan seperti itu cocok untuk orang-orang yang nggak punya banyak waktu untuk mengatur liburan seperti saya ini. Biasanya kalau mau pergi kemana-mana perlu banget beli tiket dan memesan penginapan secara terpisah. Tapi justru dengan membelinya dalam bentuk paket, jatuhnya jadi lebih murah daripada pesan terpisah. Jadi praktisnya dapet, saving time, dan juga lebih murah. Selain ke Karimun Jawa, saya juga punya destinasi lain yang ingin dikunjungi pada tahun 2018 nanti. Saya pengen ke Bali lagi atau ke Sumba. Pengennya bukan karena urusan kerja, tapi memang untuk liburan. Sudah kepo juga harga tiket dan penginapan di dua destinasi tersebut via Traveloka. Hasilnya pun beneran lebih murah daripada pesen terpisah. Kalau gini sih, jadi lebih betah ya pesan tiket dan penginapan kemana saya pakai Traveloka. Kalian ada yang seperti saya juga?

  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Makin praktis ya pesen tiket pesawat dan hotel sekaligus pakai Traveloka :)

    BalasHapus
  2. Lumayan bgt ya bs hemat sampe 20%

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYah.... lumayan banget deh sama kalau aku sih suka praktisnya mbak

      Hapus
  3. Kayaknya asyik nih ke Karimun Jawa. Apalagi semuanya udah dihandle sama 1 aplikasi. Semoga tahun 2018 ada libur panjang.

    gadzotica.com

    BalasHapus
  4. Karimun Jawa jg udah jd wishlist aku buat entar honeymoon #ehh XD haha
    ak jg lebih milih yg praktis gini klo ada aplikasi.drpd ikut tour packagae ato apa lah.

    torichux3.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke Karimun Jawa. Mudah-mudahan bisa kesana suatu saat nanti :D

    BalasHapus