Red A Matte Lipstick, Full Review & Swatches!

By Erny Kurniawati - 16.53.00


Hola! I am back to review lips product. Berbeda dari sebelumnya, kali ini saya mau meracuni temen-temen dengan produk lipstik lokal yang bentuknya tidak cair. Yes, ini beneran lipstik ya! Jadi rasa tertarik saya pun meningkat mengingat stok lipstik di makeup box memang jauh-jauh lebih sedikit ketimbang lipcream. Bersamaan dengan itu, saya dikirimi oleh Sociolla satu paket yang ternyata isinya adalah lipstik yang bakal saya review saat ini. Sesuai dengan judulnya, lipstik yang saya review kali ini adalah Red A Matte Lipstick. Kalau denger brand ini rasanya saya langsung mengingat masa remaja karena Red A emang brand yang segmentasinya remaja banget. Mungkin karena image itu pula Red A merilis 6 shade dengan warna-warna yang cheerful dan playful. Tapi nggak masalah, semua shadenya tetep oke untuk kita-kita yang sudah dewasa. Daripada penasaran, yuk langsung kita bahas!

Packaging & Color


Red A Matte Lipstick ini hadir dengan packaging box putih ramping finishing dof. Isinya pun dikemas dengan tube panjang yang kecil dan berwarna putih dof. Packaging lipstick seperti ini adalah favoritku karena nggak makan tempat kalau dibawa kemana-mana. Di bandingkan kemasan lipstik Red A varian lain, saya paling suka dengan kemasan Red A Matte Lipstick ini. Kesan clean-nya dan finishing dof pada kemasannya bikin produk yang dijual dengan harga di bawah IDR 30K ini nggak terlihat murahan. 

Kemudian bentuk lipstik yang ramping juga memudahkan saya untuk mengaplikannya hingga ke sudut-sudut bibir. Warna-warnanya juga wearable untuk daily occasion karena didominasi oleh warna natural nude-peach hingga pink. Keenam shade-nya tidak ada yang bold, hanya saja ada dua warna yang cukup vibrant di skintone saya.


Tekstur, Coverage, & Staying Power


Biarpun matte lipstick, tapi tekstur dari Red A Matte Lipstick ini cenderung creamy sehingga terasa lembut saat diaplikasikan ke bibir. Sama sekali nggak ada sensasi seret seperti saat saya pakai lipstik matte brand lain pada umumnya. Namun tekstur yang creamy tersebut sepertinya berpengaruh pada coverage produk ini di bibir saya. Hampir semua shade harus diaplikasikan dua layer untuk menutupi warna bibir asli saya. Saya sendiri maklum karena warna dasar bibir saya memang gelap. Sementara warna-warna pada seri Red A Matte Lipstick ini juga mostly warna terang sehingga sangat wajar kalau coverage-nya tidak full pada sekali swatch.

Saya menyarankan untuk menggunakan Red A Matte Lipstick ini maksimal dua layer. Soalnya, beberapa shade akan patchy dan mempertegas garis bibir kalau digunakan lebih dari tiga layer. Kemudian untuk staying powernya lipstik ini cenderung mudah hilang warnanya di bibir. Terutama kalau digunakan untuk makan dan minum. Tapi itu bukan masalah besar karena lipstik matte umumnya memang tidak memiliki staying power selama produk lipcream. Di samping itu, kemasan lipstik  yang ramping ini juga mendukung kita untuk membawanya kemana saja sehingga tinggal touch up kalau warnanya di bibir sudah memudar.

nama-nama shade Red-A Matte Lipstick

Lazy Monday


Shade ini hadir dengan warna nude-peach dan ada hint cokelatnya. Warna nude yang nggak membuat wajah terlihat pucat. Lazy Monday ini cocok banget untuk digunakan sehari-hari, baik untuk kerja maupun kuliah! Shade ini juga favorit saya!

Follow Me

Saat melihat shade-nya di box, saya kira warna shade ini cenderung pink. Ternyata salah, saat diaplikasikan ke bibir warnanya cukup vibrant atau terang. Sekalipun termasuk nude, tetapi hint orange cukup dominan sehingga lipstik ini terlihat terang di bibir saya. Sayangnya coverage shade ini juga kurang bagus di bibir saya dan hasilnya patchy saat saya mengaplikasikannya lebih dari satu layer. 

First Sight

Shade First Sight masih dengan warna dasar nude, tapi dengan hint soft pink. First Sight ini menurut saya cocok dengan kulit sawo matang. Meskipun awalnya saya kira bakal terlihat terang dan aneh dengan warna kulit, tetapi ternyata tetap terlihat pas dan natural di bibir. 

Frozen Heart


Frozen Heart hadir dengan warna pink-mauve yang pastinya cocok untuk kulit sawo matang seperti saya. Plus, warna ini saya rekomendasikan kepada temen-temen semua karena shade ini bisa dibilang cocok pada semua skintone!

I'm In Love

Shade I'm In Love ini punya warna yang unik yaitu, pink dengan kombinasi orange! Kombinasi dua warna tersebut memang membuat shade ini terlihat fresh. Sayangnya saat dipakai lagi-lagi terlihat terang dan vibrant. Terutama pada kulit sawo matang saya. 

Let's Party


Shade terakhir dari seri Red A Matte Lipstick ini adalah yang paling bold! Warna pink fuschia-nya memberi efek wajah 'on' dan segar. Walaupun shade ini juga terlihat vibrant di bibir saya, namun pas untuk kulit saya yang medium-warm.


Kesimpulannya... 


Red A Matte Lipstick ini punya tekstur creamy yang glide smoothly saat diaplikasikan. Tenang aja, sama sekali nggak ada efek kering atau seret. Tapi karena teksturnya yang moist itu, hasil  akhir lipstik ini nggak bener-bener matte. Good news, tekstur dan hasilnya yang nggak dead matte justru menurut saya jadi nilai tambah karena belakangan ini saya sering banget baca komen orang-orang bosan dengan lipstik finish dead matte. Selain itu, hasilnya yang mengarah ke satin finish malah bikin kulit kelihatan segar, lebih muda, dan pastinya bibir terlihat sehat.

Kalau dari segi kekurangannya, menurut saya sih ada di pigmentasinya. Warna setiap shade-nya yang terang membuat lipstik ini kurang mampu menutupi warna asli bibir saya. Tapi saat diaplikasikan dengan layer lebih dari tiga hasilnya justru patchy. So, menurut saya cara terbaik memakai lipstik ini memang maksimal dua layer. Terus lipstik ini juga seperti lipstik kebanyakan yang cenderung mudah gompel. Tapi untungnya nggak mudah patah seperti lipstik matte lainnya.

Mengingat brand Red A itu identik dengan produk remaja dan harganya terjangkau, so Red A Matte Lipstick ini bakalan pas untuk temen-temen yang masih SMA atau kuliah. Harganya nggak bikin kantong bolong, plus warnanya wearable untuk sehari-hari. Walaupun saya nyebutnya temen-temen SMA dan kuliah, tapi buat yang mau pakai Red A Matte Lipstik untuk kerja atau meeting sama klien juga cocok aja. Warnanya pas, nggak norak, dan naturalnya tuh dapet.

Seperti biasa, saya pengen tahu nih pendapat temen-temen tentang lipstik ini, warna mana yang paling pas dengan kulit dan wajah saya? Please share!


  • Share:

You Might Also Like

25 komentar

  1. Akhirnya Red A ini mengikuti tren juga. Udah lama ga terdengar dan sekarang keluar lagi. ��

    First sight cakep deh warnanya.

    www.rima-angel.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah cina Lazy monday mix sama lets party nih hehe... Jadi natural bgt ombrenya

      Hapus
  2. Frozen Heart~ Namanya frozen, tapi kok membuat hati terasa hangat? #wadaw #terdilan

    Dari segi packaging enak banget keknya dimasukin di dosgrip-nya anak SMA yak. Nggak makan banyak space dan warna2nya natural juga. Cucooook~

    xoxo,
    honeyvha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.... haha... mungkin wajahku bikin hatimu membeku shay?

      Hapus
  3. Sebenernya aku menyayangkan warna-warna lipstick yang hampir-hampir mirip. Di antara semua warna yang ada, warna terakhir ya yang beda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang lainnya keliatan sejenis ya.. mungkin karena aku pake 2 layer ajah dan itu warnanya masih natural banget hehe... Dan, mungkin karena lipstik ini segmentasinya pelajar (?) aku pake ini berasa siap sekolah lagi haha

      Hapus
  4. suka banget sama hasil dari matte lipstiknya.. :)

    BalasHapus
  5. ya ampun brand red a masih ada yah ternyata,,, hahaha, sudah lama bgt gak pernah denger lagi.. lets party cantik dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kamu malah suka yang pinky banget gini ya mbak hehe

      Hapus
  6. Finally Red A.. warnanya cantik-cantik dan wearable banget 😍❤️ Cakep semua di kamu, warm tone friendly nih 👏🏼 Sayang nggak ada keterangan harga, aku kan kepo 😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sayang, harganya 30 ribuan sudah aku tulis di atas hehe. Cuma harga tergantung outlet ya. Umumnya 27 ribuan :)

      Hapus
  7. Lucu-lucu banget nama shadenya <3 tapi yang follow me rasanya cocok banget <3



    xoxo
    ayu

    BalasHapus
  8. Lazy monda bangus di kamu ga terlalu pucet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku suka ini Des. warnanya pas aja gitu untuk daily

      Hapus
  9. Saya kenal merk ini jaman 20-an tahun yang lalu :)

    BalasHapus
  10. OMG, nama shadenya lucu2 banget sih, hahahha
    Galau yah klo warnanya ga keluar, pake lebih dari 3 layer biar warnanya keluar tapi malah patchy, terus kita kudu piye kalo mau pake lipstik ini?
    I'm in love with "I'm i love", cantik bgt shadenya.

    BalasHapus
  11. Warnanya cakep-cakep ya mbak, termasuk warna favorite saya itu. Kapan hari sempat pesimis sama brand ini, ssaya cuma punya eyeshadownya :D
    Salam kenal mbak..

    BalasHapus
  12. Waw, Red A! Masih eksis ya brand kosmetik ini, aku inget banget iklannya di TV pas masih SD, hehehe. Bagus dong mereka mengadaptasi tren kekinian dunia beauty, dengan merilis matte lipstick.

    BalasHapus
  13. Lazy Monday nya kereennn
    Berapa harga sebiji?
    Nurulrahma(dot)com

    BalasHapus
  14. Duh, ini cakep-cakep juga yah warna. sempet jarang terdengar yah brand ini, tapi akhirnya update lagi ni brand. <3

    BalasHapus
  15. Ah akhirnya merek satu ini kembali update. Kayaknya terakhir denger zaman SMA deh... Suka banget sama shade Lazy Monday and I think it suits you best! Warnanya ada hint orange juga nggak sih, sekilas soalnya mirip shade Diamond-nya matte lipstick Purbasari, my favorite. Anyway, I love your blog photos! So thoughtfully curated! Salam kenal :-)

    www.ruthvcp.com

    BalasHapus
  16. red-a dari dulu emang terkenal banget ya, cuma aku baru tau kalau ternyata ngeluarin produk lip matte-nya juga..

    BalasHapus
  17. Lazy monday dan first sight boleh juga tuh warna nya kalem.. 😊

    BalasHapus
  18. Lazy monday dan first sight boleh juga tuh warna nya kalem.. 😊

    BalasHapus