Makeup Glowing untuk Kulit Sawo Matang

By Erny Kurniawati - 17.14.00


Saya sedang jatuh cinta dengan makeup glowing. Belakangan ini saya juga mulai jarang mengaplikasikan makeup dengan finish matte. Biasanya saya mengandalkan beberapa trik untuk mendapatkan glowing look tanpa bikin kulit saya yang sawo matang ini terlihat kucel. Menciptakan glowing look di wajah dengan kulit sawo matang memang tantangan sih. Tapi itu serunya dan saya pengen share soal makeup glowing untuk kulit sawo matang ini.

Pertama, complexion. Saya memilih foundation dengan finish yang bukan matte atau satin. Foundie yang memiliki finish seperti ini biasanya memberi efek makeup skin like. Jadi nggak terlihat berat seperti saat makeup dengan finish matte. Saya masih mengandalkan foundation dari Elizabeth Arden yang pernah saya review beberapa bulan lalu. Dibandingkan beauty blogger lain, saya memang jarang membeli base makeup. Biasanya saya bakalan membeli satu dan memakainya sampai habis. Beda cerita kalau ternyata tidak cocok. Back to foundation Elizabeth Arden, foundie tersebut menurut saya bagus banget untuk medium to full coverage dengan hasil satin yang tahan lama di wajah. Saya menggunakan foundie ini hampir di setiap makeup untuk postingan blog hingga beragam acara. Salutnya, nggak terhitung berapa orang yang menanyakan foundie apa yang saya pakai setiap kali makeup dengan foundie ini.

Setelah memilih foundation yang tepat, berikutnya adalah memilih bedak yang pas dengan kondisi kulit kita. Saya pribadi sering memilih bedak dari Emina Cosmetics karena hasilnya nggak matte, tapi cukup awet dan so far bagus untuk hasil makeup glowing. Biar nggak flat, saya tetap mengaplikasin contour, bronzer, dan blush on. Blush on ini kunci biar wajah saya terlihat berseri dengan effortless. Kemudian untuk menciptakan efek glow yang nyata, highlighter adalah solusinya. Untuk kulit sawo matang seperti saya, warna highlighter yang natural adalah gold. Selama ini sudah mencoba warna-warna lain dan seringnya justru mempertegas kalau saya dengan menggunakan makeup tebal. So, warna highlighter gold itu cukup natural untuk kulit saya. Kesan yang muncul setelah pengaplikasian highlighter tersebut, kulit saya terlihat glowing alami!

Jadi makeup glowing itu bukan berarti pakai produk minimalis. Entah kenapa, buat saya bikin glowing makeup yang natural itu justru lebih sulit. Dan nggak jarang juga makeupnya pun cukup tebal. Yes, saya mengakuinya kok hehe. Tapi, saya bisa memaksimalkan kesan skin like dengan mengaplikasikan setting spray. Nah, info untuk temen-temen yang mungkin masih newbie di bidang makeup, setting spray itu ada banyak jenisnya. Mulai dari hydrating, matte finish, satin finish, glowing, dan banyak lainnya. Kalau ingin hasil makeup yang glowing, maka pilihannya antara satin atau glowing finisih dan hydrating. Saya sendiri pada makeup ini kebetulan menggunakan face pray dari Avoskin Beauty. Karena face spray, sebenarnya fungsinya lebih ke hydrating yang ternyata malah bagus banget untuk menghasilkan makeup glowing. Face spray yang saya pakai ini memang namanya Hydrating Treatment Essence, jadi memang sebenarnya fungsi utama si produk ini untuk menghidrasi kulit dengan maksimal.

Untuk bibir, saya masih suka memakai lip cream matte. Namun untuk memaksimalkan glowing looknya, saya memilih menambahkan lip topper berupa lip gloss. Kalau kali ini, saya menggunakan lip cream shade Thalia yang berwarna pink dan lip gloss shade Luna yang warnanya sheer pink dengan partikel microshimmer. Keduanya dari brand Looke Cosmetics. Kebetulan saya juga sudah mereview di postingan blog khusus Looke Cosmetics beberapa hari lalu.

Face spray dan lip gloss untuk memaksimalkan kesan glowing di kulit

Pilihan warna lipstik untuk makeup glowing khusus kulit sawo matang ini sebenarnya nggak harus pink. Warna nude coral juga bagus banget karena otomatis ngasih efek seger dengan kesan my lips but better. Kalau mau lebih berani, coba aplikasikan lip tint warna merah dan tumpuk dengan lip gloss. Pasti nggak kalah cantik!

Intinya, saya memaknai makeup glowing itu sebagai makeup yang terkesan natural karena memperlihatkan kilau wajah. Jadi nggak flat dan tegas seperti makeup dengan finish matte. Makeup seperti ini buat saya cocok untuk berbagai acara, sekalipun untuk acara santai seperti nongkrong. Apalagi belakangan ini banyak beauty enthuasiast yang sepertinya mulai bosan tampil dengan makeup matte finish. Kalau kamu juga bosan dengan makeup matte finish, makeup glowing ini juga bisa kamu coba! Kalau kamu team matte atau team glowing? Let me know ya!


  • Share:

You Might Also Like

27 komentar

  1. Cantik banget makeup glowingnya kaak <3
    Aku team glowing, karena nggak tau kenapa, kalau ada glowingnya gitu ngasih kesan kulitnya sehat hihihi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, glowing tuh maksimalin efek kulit sehat banget yah! Jadi simple tapi oke hehe. Thanks for reading ma darling!

      Hapus
  2. Glowingnya natural banget, cantik Erny, kulitku juga sawo matang tp mendekati terlalu matang hahaha, aku pengen praktekin juga ahh, biar bisa makeup glowing kayak kamu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neta, makasih hehe. Eh bisa banget kok kulit sawo matang kaya gimana pun makeup glowing. Mau lihat kalo hasil makeupnya uda diupload. Kalo di IG boleh lho senggol akyu

      Hapus
  3. Canti aneut si beeeeeeb, beneran glowing ya, btw aku juga penasaran banget sama si looke itu ih #kbbvmember 💕

    BalasHapus
  4. Aku suka banget deh sama lipgloss lookenya. Aku pastinya team glowing dong! :D #kbbvmember

    BalasHapus
  5. Aku mah pake mekap brp jam aja pasti glowing, padahal base nya udah matte :'
    #kbbvmember

    BalasHapus
  6. pernah dengar brand ini, glowing nya natural ya bagus #kbbvmember

    BalasHapus
  7. Cantik makeupnya 😍😍 kalo aku lebih suka base yang matte karena kulitku berminyak #kbbvmember

    BalasHapus
  8. waahh tips nya bagus banget, jujur aku suka bingung kalo mau dandanin temenku yang kulitnya sawo matang. #kbbvmember

    BalasHapus
  9. flawless banget beb makeup nya.. Warna lipstick nya juga cantik... penasaran sama si Looke lipstick! #kbbvmember

    BalasHapus
  10. Cantik banget makeup nya, aku juga tim glowing, walau kata suamiku mah glowing tu kayak minyakan �� #kbbvmember

    BalasHapus
  11. Akuuu pengen coba liptint dengan lipgloss, cuma masih belum kepikir beli lipgloss-nya. Ngelunasin PO dulu ngahahah Btw, makeup look-nya manis sis :D #kbbvmember

    BalasHapus
  12. wah tipsnya bisa diapikasikan untuk makeup wisuda nih :D #kbbvmember

    BalasHapus
  13. aku lebih suka pakai lipstik nude dari pada pink, gak pede soalnya apa lagi kalau shocking pink hehehe #kbbvmember

    BalasHapus
  14. aku juga lagi suka sama yang glowing dewy gitu. bosen sama matte #kbbvmember

    BalasHapus
  15. Cakeeppp. Aku juga penasaran banget sama avoskin. Banyak reviewnya bagus yaaa. Harganya yg ini brp yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Tuti, lagi ada bundling tuh... dua produk ini ga sampe 200K... mayan banget deh, cuma sampe akhir bulan katanya

      Hapus
  16. Suka iih glowingnya naturalnya dapet! Cantiik. Aku juga setuju makeup glowing yang natural lebih sulit :D Kalau aku pasti masih medok gitu kurang natural.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan.... susah banget bikin glowing makeup. aku pun habis makeup glowing kadang ga bisa ngulangin haha

      Hapus
  17. I'm not sure pink is the color for sawo matang skin...mungkin hanya preferensi aku aja 😍😍 cocok di kamu soalnya
    #kbbvmember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku pun baru pede pakai warna pink belum lama kok. Dulu aku lebih ke bold color hehe...

      Hapus
  18. Mbak, highlighternya merk apa? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, ini aku pakai eyeshadow palletnya Beauty Creation utk highlighternya ehhe

      Hapus
  19. Makeup glowing kayaknya kurang sesuai buat aku yang skin type-nya oily. But you're looking flawless as always, Erny :)

    BalasHapus
  20. paling seneng liat cewe kulit tan yang highlightnya blinding. contoh : sara robet #KBBVMEMBER

    BalasHapus
  21. muka nya jadi glowing gtu ka bagus bnget ih..

    BalasHapus