Clinelle PureSwiss Hydracalm, Skin Care untuk Melembabkan Kulit

By Erny Kurniawati - 01.41.00


Untuk urusan skin care, saya itu cukup setia dan enggan mencoba produk baru. Terutama, untuk skin care yang difungsikan sebagai serum, day or night cream, dan toner. Saya pun jadi jarang mereview produk skin care selain facial wash atau cleanser yang memang suka ganti-ganti. Sekitar dua minggu terakhir, saya akhirnya mencoba produk baru untuk merawat kulit yang dikirimkan oleh pihak Clinelle dan Clozette Indonesia. Kali ini saya nyobain Clinelle PureSwiss Hydracalm yang diformulasikan untuk melembabkan kulit. Pasti banyak yang bertanya-tanya, kan kulit saya cenderung normal to oily, kok pakai produk untuk melembabkan kulit? 

Jadi saya sempet baca-baca secara detil tentang penyebab kulit berminyak. Ternyata, kondisi kulit berminyak itu nggak menjamin kulit kita terhidrasi dengan baik. Seringkali kulit jadi berminyak karena dipicu oleh kondisi kulit yang dehidrasi. Dan, hal ini yang saya rasakan. Ini bukan habit baik, tetapi saya sering banget begadang dan baru tidur dini hari. Tidur di atas jam 10 malam itu rupanya bikin kulit kita cenderung tidak beregenerasi dengan sempurna sel-selnya. Yang terjadi pada saya, biasanya keesokan paginya kulit jadi berminyak dan kusam. Nah, itu bisa disebabkan oleh skin care routine sebelum tidur yang kurang memberi efek lembab di kulit. Padahal pada malam hari kulit akan lebih mudah dehidrasi karena regenerasi sel tersebut. Apalagi kalau kurang tidur, proses regenerasi sel kurang maksimal dan kulit tetap dehidrasi! 

Maka dari itu, saya tertarik untuk menambahkan Clinelle PureSwiss Hydracalm series untuk mengatasi kulit dehidrasi. Kali ini saya mencoba tiga produknya yaitu, Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel, Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion, dan Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum. Supaya lebih detil, saya bahas satu per satu setiap produknya. 

Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel



Kulit saya yang cenderung normal to oily ini bisa tiba-tiba kering kalau salah pilih facial wash. Setelah mengamatinya cukup lama, ternyata kulit saya kurang toleran dengan kandungan sulfate pada facial wash. Sadly, kebanyakan sabun cuci muka itu mengandung sulfate. Tapi tidak dengan Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel. 

Yang pertama kali menarik perhatian saya terhadap facial wash ini adalah claimnya yang bebas sulfate. Lalu saya juga sempat mengamati komposisinya dan kandungan air menjadi kandungan pertama dalam list komposisinya. Istimewanya lagi, air dalam komposisi ini merupakan Thermal Spring Water yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Lalu, kandungan lain yang juga menarik untuk saya adalah Bio-Calm Complex. Jadi, Bio-Calm Complex ini fungsinya antara lain untuk menenangkan, memulihkan, dan mempertahankan kondisi kulit dari sensitivitas yang disebabkan oleh kondisi lingkungan. Nah, buat teman-teman yang sering kena polusi dan terpapar AC, kedua kandungan tersebut menurut saya membuat cleansing gel ini worth to try. 

Tidak lupa, Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel ini juga dilengkapi dengan kandungan Asam Hyaluronat Natural yang bermanfaat untuk mengikat air di kulit sehingga tidak dehidrasi dan menjaga kelembaban hingga 72 jam, terutama bila kita juga menggunakan serangkaian Clinelle PureSwiss Hydracalm lainnya. 

My own review about Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel


Saya memang suka membahas suatu produk skin care panjang lebar sebelum akhirnya mereviewnya. Sejak pertama kali mencoba Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel ini untuk step kedua dari double cleansing, saya merasa kalau teksturnya yang gel, tanpa pewangi, tanpa pewarna, tanpa SLS, tanpa alkohol, dan tanpa paraben membuatnya terasa light serta cocok untuk kulit yang sensitif sekalipun! Walaupun tidak berbusa, tetapi feel bersihnya sesaat setelah mencuci muka dengan cleansing gel ini tetap terasa. Saya suka banget kalau habis cuci muka tidak ada efek kulit kesat. Justru jadi chewy karena mungkin kulit justru lebih lembab. 

Clinelle juga mengklaim kalau Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel ini aman untuk kulit sensitif. Kalau dilihat dari komposisinya, klaim tersebut nggak perlu diragukan lagi. Walaupun kita tetep harus paham bahwa skin care itu cocok-cocok an. Di kulit saya cocok, belum tentu di kulit kamu juga cocok. 

Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion


Istilah lotion pada Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion ini menunjukkan kalau produk tersebut berfungsi sebagai toner. Biasanya, toner digunakan sesaat setelah selesai membersihkan kulit wajah. Kandungan dalam toner sebaiknya memang diformulasikan untuk menyiapkan kulit supaya bisa lebih maksimal menyerap serum hingga cream yang dipakai setelahnya.

Untuk Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion ini mengandung beberapa komposisi yang sama seperti pada Clinelle PureSwiss Hydracalm Cleansing Gel. Misalnya, Thermal Spring Water, Asam Hyaluronat Natural,  dan Bio-Calm Complex. Toner ini juga tidak mengandung alcohol, pewarna, parfum, non-comedogenic formula, lanolin, dan mineral oil. 


My own review about Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion


Toner ini berbeda dari toner pada umumnya. Teksturnya cukup kental untuk ukuran air, tapi lebih cair dibandingkan gel. Untuk digunakan di seluruh kulit wajah, saya cukup mengaplikasikan sekitar 3 sampai empat tetes aja. Kebayang kan, kalau Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion sepertinya bakalan awet banget! 



Sensasi pertama setelah diaplikasikan ke wajah, kulit saya instantly terasa lembab dan lembut. Saya mendiamkannya sekitar satu hingga tiga menit baru menimpanya dengan step skin care berikutnya. Selain melembabkan, toner ini juga berfungsi untuk menutup pori-pori, mencegah blackheads, mencegah breakout, dan membantu kulit kita tetep prima walaupun terpapar polusi atau kondisi lingkungan yang kurang bagus untuk kulit. 

Sejauh ini, Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion di kulit saya sudah terbukti tidak memicu breakouts dan sukses menjaga kelembaban. Tapi, untuk fungsinya yang mencegah blackheads sepertinya tetap kunci pertama ada di masalah cleanser, toner itu lebih ke pendukung menurut saya. Saya biasa menggunakan toner ini untuk day or night skin care routine. Saya juga menggunakannya bersamaan dengan produk brand lain dan so far so good. Tidak ada efek buruk sama sekali. So, yay or nay untuk Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion ini? Saya sih yay!

Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum


Produk ketiga yang saya coba dari Clinelle adalah Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum. Serum ini biasanya saya gunakan setelah toner. Saya juga lebih sering menggunakannya untuk malam hari. Selain karena saat malam kulit lebih cepat dehidrasi, saya juga kurang nyaman menggunakan serum atau skin care terlalu banyak layer pada pagi hari. 

Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum megandung pH 5,5 atau sesuai dengan pH alami kulit. Fungsinya untuk memaksimalkan hidrasi pada kulit dan mengunci kelembaban lebih lama. Kandungan dalam serum ini juga tidak berbeda jauh dari produk sebelumnya. Kandungan unggulan seperti Thermal Spring Water dan Natural Phyto Hyaluronic Acid juga ada dalam serum ini. Sementara untuk teksturnya, Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum punya tekstur creamy.

My own review about Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum


Serum ini saya aplikasikan sesaat setelah toner meresap sempurna di kulit. Feel yang menonjol setelah mengaplikasikan serum ini antara lain kulit jadi lebih lembut, lembab, dan kenyal. Walaupun melembabkan kulit dengan maksimal, tapi serum ini tidak memberikan efek lengket sehingga nyaman untuk dipakai. Saya sering menguji kemampuan produk yang melembabkan kulit untuk dipakai di malam hari dan dilihat hasilnya pada keesokannya. Setiap malamnya menggunakan serum ini, saya merasa bangun tidur kulit jadi lebih kenyal. 

Sebagai serum, Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum sebenarnya bisa digunakan untuk morning skin care routine. Tapi saya pribadi jarang menggunakannya karena pada pagi hari lebih suka mengaplikasikan skin care dengan tidak banyak layer. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Clinelle PureSwiss Hydracalm



Seri Clinelle PureSwiss Hydracalm ini memang dibuat untuk kita-kita yang punya kondisi kulit dehidrasi. Tapi, rangkaian skin care ini cocok untuk semua jenis kulit. Menurut saya, poin itu jadi kelebihan dari produk ini. Selama pemakaian, saya juga merasa kondisi kulit semakin baik untuk masalah kelembabannya. Kondisi kulit yang lembab maksimal itu bisa mencegah penuaan dini. Jadi, saya yang hobi begadang dan kulit sering tidak prima, merasa rangkaian produk ini cukup membantu. 

Hanya saja, saya tetap perlu mengombinasikannya dengan skin care lain. Terutama yang memiliki efek lightening atau brightening. Soalnya Clinelle PureSwiss Hydracalm ini pure untuk melembabkan, jadi kurang memberikan efek kulit jadi lebih cerah. Tapi itu nggak masalah. Selamat produk-produknya nggak menunjukkan reaksi negatif saat digunakan bersama produk lain, saya nggak menganggap poin tersebut sebagai kekurangan. 

Last but not least, saya berani kasih nilai 8/10 untuk produk ini. Untuk temen-temen yang sering terpapar polusi hingga AC, saya merekomendasikan kamu untuk nyobain skin care Clinelle PureSwiss Hydracalm ini. 





  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Masalah skincare, aku juga paling hati-hati sama serum. Takutnya kalo coba-coba, malah nggak cocok di kulit. Tapi kalo udah cocok, jadi pengen pake terus dan bisa jadi repurchase.

    Dan iya, enaknya pake serum buat night aja. Kalo pagi banyak layer gitu rasanya muka jadi nggedibel HAHAHA

    xoxo,
    honeyvha.com

    BalasHapus
  2. "saya sering banget begadang dan baru tidur dini hari", disitu saya merasa sedih.
    saya merasa tersindir. hiks. Eh gw baru tau ini ada kandungan Thermal Spring Water, hemmmmmmm sepertinya ku harus coba yah. Ku cocok sama Thermal Spring Water.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya beb, kurang tidur tuh beneran bikin kulit tantrum. Yes, aku juga cocok sama thermal spring water dan cocok sama ini!

      Hapus
  3. Sama erny. aku juga susah move on nih kalo soal skin care hahhaa.

    Wah jadi pengen coba produk yang ada thermal spring waternya nih.

    BalasHapus