L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation shade 107

By Erny Kurniawati - 18.08.00



Setelah sekian lama tidak membeli foundation, akhirnya beberapa hari yang lalu saya belanja base makeup yang satu ini. Niatnya memang mau beli karena liquid foundation sebelumnya sudah kadaluarsa. Saking bingungnya mau membeli foundation dari brand apa, saya pun sempat bikin poling di Insta-Story dan banyak yang nyaranin saya untuk mencoba L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte. Saya sendiri memang sudah tertarik dengan foundie ini, jadi ngadain polling di Insta-Story itu semacam mengukuhkan niat biar makin manteb! Akhirnya, malam itu juga saya ke mall dan membeli L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation shade 107. Setelah memakainya hampir seminggu, saya pun sudah nggak sabar untuk berbagi review soal produk ini. Ya, sudah banyak yang mereview, tapi saya tetep semangat untuk sharing soal produk ini!

Saya membeli foundation ini di konter L'Oreal Paris yang ada di Ambarrukmo Plaza, Jogja. Sebenarnya saya sempat mau membeli produk ini di Sociolla, tapi saat itu sedang sold out. Jadilah saya membeli foundation merk lain dan warnanya terlalu terang untuk kulit saya. Saya pun enggan membeli foundie secara online soalnya takut kalau salah pilih shade. Karena alasan itu, saya pun memilih beli di mall aja. 

Sadly, waktu saya nyobain mbak-mbak Beauty Adviser-nya tuh ramah, tapi karena saya belum yakin kalau shade 107 ini pas dengan warna kulit, saya pun minta izin untuk jalan-jalan sambil mikir-mikir. Surprisingly, keramahan mbak Beauty Adviser itu langsung berubah jadi sikap jutek. Duh saya sebel banget dan jujur saya jarang belanja beauty product secara offline dan di mall karena mostly pelayanan mereka tuh nyebelin. Jadi agak trauma gitu. Semoga kalau ada Beauty Adviser yang membaca postinganku ini jadi terketuk hatinya ya! 

L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte shade 107 Like My Second Skin!
Back to topic, setelah mikir-mikir beli atau nggak, saya pun memilih untuk balik ke counter L'Oreal Paris dan membelinya. Untungnya, shade 107 ini pas saya pakai beneran seperti second skin karena warnanya yang tepat dengan warna kulit saya. Happy? Pastinya! 

Selain warnanya yang tepat dengan warna kulit, menurut saya tekstur dari L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte foundation ini juga cukup ringan. Memang ada embel-embel matte yang biasanya terkesan lebih berat. Tapi tidak untuk foundie ini. Untuk daily, saya memilih untuk mengaplikasikannya satu layer saja dan beneran seperti second skin saya. Walaupun harus diakui kalau satu layer saja belum bisa menutup noda bekas jerawat yang ukurannya agak besar dan cenderung hitam. Namun untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan freckless bisa dibilang bekerja dengan baik!

Baca juga: Bersihkan Makeup dan Kotoran Lebih Maksimal dengan L'Oreal Paris Micellar Water 

Fondie by L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte shade 107

Performa di Kulit yang Cenderung Oily

Sering banget saya dapet pertanyaan dari temen-temen tentang foundation apa yang cocok, terutama untuk kulit oily. Kulit saya sendiri sebenarnya tipe yang normal cenderung oily. Jadi mungkin kalau saya share gimana perfoma L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte foundation ini based on pemakaian saya pribadi, saya nggak bisa menjamin performanya bakal sama bagusnya dengan saat dipakai oleh temen-temen. 

Pertama, soal coverage. Saya sudah menyinggung di depan kalau foundation ini efektif meratakan warna kulit, tetapi tidak bisa menutup noda hitam di wajah saya dalam satu layer pengaplikasian. Wajar dan sesuai dengan klaim produknya yang memang memiliki coverage medium. Sesaat setelah diaplikasikan ke wajah, hasilnya pun terlihat demi matte. Mungkin karena tidak memberikan hasil dead matte jadi foundation ini memang terasa ringan untuk ukuran foundation matte. 

Biarpun L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte foundation ini punya coverage medium, tetapi dengan mengaplikasikannya dua hingga tiga layer, hasilnya akan jadi full coverage. Berarti foundation ini memang buildable untuk menciptakan coverage yang lebih sempurna. 

Untuk ketahanannya sendiri berdasarkan klaim dari produknya mengatakan tahan sampai24 jam. Jelas saya nggak mencoba memakainya selama ini. Tapi selama ini saya sudah mencoba memakainya selama 12 jam dan hasilnya makin lama makin ngeblend bagus. Karena saya suka kesan glowing, jadi setelah tiga jam minyak di wajah saya memang mulai terlihat. Namun sama sekali nggak mengganggu karena malah membuat makeup di wajah saya blendingnya semakin bagus dan terkesan seperti 'my skin but better'. 

Setelah saya mengaplikasikan foundation ini, saya memilih menggunakan loose powder dari Emina untuk finishing touch-nya. Hasilnya pun flawless dan tetep awet. Kesan ringan di kulit juga jadi lebih maksimal. Setelah itu, saya tinggal aplikasiin blush on aja di pipi supaya wajah terlihat segar. 

Karena panjang lebar reviewnya, so berikut ini rangkuman tentang plus minus L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte shade 107 based on experience saya memakainya selama beberapa kali.


Kelebihan L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte shade 107

  • Harga sesuai dengan kualitasnya. 
  • Ringan di kulit dan so far tidak memicu jerawat di kulit saya (sudah tes pemakaian lebih dari 12 jam dan tetap aman).
  • Mudah didapetin, tapi sering sold out kalau di online shop
  • Shade 107 ini perfect di kulit saya!
  • Setelah pemakaian foundie ini saya nggak memakai bedak padat pun hasilnya tetap oke.
Kekurangan L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte shade 107

  • Sering sold out! Saya beberapa kali dapet DM temen kalau shade 107 sering kosong. 
  • Shade-nya cenderung sedikit dan didominasi warna cerah.
  • Menahan minyak, tapi tetap butuh primer terutama untuk kamu yang kondisi kulitnya sangat berminyak. 
Kelebihan dari foundation ini buat saya memang lebih banyak dibanding kekurangannya. Yang terpenting, harganya pun cukup terjangkau jadi temen-temen bisa ikutan nyicipin produk ini tanpa bikin kantong kering berkepanjangan. Apalagi kalau kamu belinya di Sociolla yang sering diskon. Bahkan kalau belanja minimal 250K, temen-temen juga bisa dapetin potongan harga 50K dengan masukin kode SBNLAN0K saat checkout.  Nah, temen-temen ada yang jatuh cinta sama foundie ini? Sharing yuk alasannya kenapa! 

Baca juga: L'Oreal Paris White Perfect Clinical, My Most Favorite Skincare

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Ini foundie all time favorite banget Erny. Fondie ini beneran bagus banget, oil controlnya juga juara :D. Aku setuju ama kamu erny, warna yg masuk Indo nggak lengkap, aku sendiri udah pas baget pakai 104 sekarang bingung kalau repurchase mesti shade yg mana :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, aku tuh pakai ini tanpa dibedakin aja bagus dan syukurnya nggak nambah komedo ato break out! oh no. 104 nggak ada ya di Indo?

      Hapus
    2. Gak masuk Erny, dari 102 langsung loncat ke 105, hiks

      Hapus
    3. Yaaaah kok sedih ya Dest! Secara cari foundie sesuai warna kulit kita tuh tak mudah huhu :(

      Hapus
  2. Wah, bikin penasaran deh sama foundation ini tapi, foundation masih banyak. huhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rima, emang ya soal foundie ini. Rasanya pgn nyobain ini itu tp ngabisinnya effort.

      Hapus
  3. Aku cocok sama shade 105 dan samaaa sering sold out juga di Sociolla. Aku suka formula dan finish-nya tapi kurang suka sama tube-nya yang mudah ngeluarin cairan foundie-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cenderung cepet kotor ya kak, aku pun kudu lap-lapin gitu deh bagian mulut botolnya. iya sering banget sold out :(

      Hapus
  4. AKU SAD BEB!!!
    Shade aku tuh 105 juga abis, tapi abis dimana-mana.
    Penasaran banget padahal pengen coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, shade-ku katanya juga sering kosong. Beli foundie udah kaya jodoh ya... siapa untung gituh... udah usaha pun kadang ga terpenuhi. kehabisan lah, kosonglah haha

      Hapus