Belanja Cerdas saat Ramadhan: Tips Bebas Capek dan Lebih Hemat

By Erny Kurniawati - 23.42.00


Ramadhan bakalan dateng dalam hitungan hari. Selain nyiapin mental, kesehatan, dan hati, saya juga pengen ngingetin diri sendiri untuk ingat-ingat pengeluaran. Well, Ramadhan dan Idulfitri di Indonesia tuh bisa dibilang meriah banget sampai-sampai sering ngeluarin budget tambahan dengan dalih, "ah kan untuk lebaran, sesekali!" Padahal, esensi dari Ramadhan dan lebaran kan bukan itu. Makanya, saya pengen tahun ini lebih bijak mengatur keuangan untuk Ramadhan ini. Apalagi saya sudah memutuskan untuk menikah dalam beberapa bulan ke depan. Jadi, harus jaga kesehatan dan keuangan. Tapi untungnya saya punya tips belanja cerdas saat Ramadhan biar bebas capek dan lebih hemat.

Belakangan ini saya menyadari kalau ternyata saya lebih enjoy untuk belanja online daripada di toko offline. Selain lebih hemat waktu, lebih fokus juga untuk membeli produk yang dibutuhkan. Karena itu, Ramadhan kali ini saya sudah berniat buat belanja kebutuhan-kebutuhan lebaran secara online. Kalau misalnya nggak nemu di online, baru deh saya mau ke toko offline. Soalnya Jogja sekarang crowded nggak ada obat, rasanya lelah dan malah stres kalau belanja di supermarket serame itu! Padahal belanja mestinya menyenangkan. Makanya, memilih belanja online biar bebas capek dan lebih hemat.

Dulunya sering bingung dimana bisa belanja online yang beneran nyaman dan aman. Beli via seller di Instagram memang jadi salah satu pilihan, tapi saya malah belakangan lebih suka belanja di market place semacam Tokopedia gitu. Selain bisa nyari yang sudah recommended seller atau official seller, promonya juga banyak. Plus lagi-lagi belanja online malah bisa bebas capek dan lebih hemat ketimbang belanja langsung ke toko. hayo, yang punya pengalaman kayak saya ngacung!

Sebenarnya ada tipsnya untuk belanja online biar lebih hemat. Terutama kalau belanjanya via market place. Berhubung saya cukup sering belanja di Tokopedia termasuk waktu belanja makeup, jadi kali ini saya juga mau sharing tips belanja lebih hemat selama Ramadhan di Tokopedia. Harapannya biar nggak cuma saya yang bisa belanja bebas capek dan lebih hemat, tetapi temen-temen juga! Terus, tips lengkapnya simak berikut ini ya!



  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Sebagai market place, Tokopedia punya banyak toko online dengan banyak varian produk dan harga yang berbeda. Sama halnya belanja di toko offline, belanja online juga perlu membandingkan harga. Membandingkan harga di Tokopedia jauh lebih praktis. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Saya selalu menanamkan hal itu di pikiran. Tokopedia dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

  1. Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Nah, poin ini penting ya, karena ada kasus temen saya beli produk lebih murah, tapi ternyata dari China jadi nggak cuma ongkir yang bengkak, tetapi masa kirimnya lebih lama. Di Tokopedia, kita bisa mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

 

  1. Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online dan juga nggak merepotkan kita sebagai buyer!

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

  1. Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran dalam berbelanja online. Terus hasil kepo-kepo, bulan Ramadhan ini Tokopedia punya promo menarik yang bisa dimanfaatkan. Karena promonya sepanjang bulan Ramadhan, jadi beneran bisa bikin Ramadhan Ekstra nih belanja di sini. Tapi, saya tetap menyarankan untuk belanja kebutuhan untuk Lebaran maksimal minggu ketiga Ramadhan. Kalau makin mepet lebaran, biasanya ekspedisi juga udah makin ramai. Risikonya, barang belanjaan bisa telat. Sayang banget kan?

Terus masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Konsepnya tuh seperti festival belanja online“Black Friday". Saya sampai set kalender biar inget promo ini!
 

Enam tips tersebut menurutku lumayan banget membantu saya buat belanja cerdas saat Ramadhan. Udah bebas capek dan lebih hemat juga. Jadi beneran kan, Ramadhan Ekstra. Semoga tips tersebut membantu temen-temen juga ya. Kalau kamu punya tips lain, please kasih tahu saya di kolom komentar.


  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Sekarang makin banyak brand bikin official store di Tokopedia, bisa manfaatin free ongkir pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, official store tuh konsep yang menurutku oke banget sih. dulu aku ragu belanja di market place. Sekarang malah selalu ngandelin ini haha

      Hapus
    2. saya juga mbak.. dulu saya ragu tiap kali mau belanja.. harus banyak baca testimoni dulu n survey apakah toko online itu layak untuk di beli..
      semenjak ada market place sekarang makin g ragu lagi..

      Hapus
  2. Selain diskon, mutu barang juga jadi incaran buatku ☺
    Sekarang kemudahan berbelanja makin memanjakan konsumen ... tinggal geser2 pilih, bayar dan nunggu kiriman dateng 😁

    BalasHapus
  3. Pilihannya banyak...Top lah ToPed mah...

    BalasHapus
  4. aku sekarang emmang jarang belanja baju lebaran di toko langsung, lebih enak kalau via online aja. Praktis dan ngak stres karena penuh atau macet di jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini setuju banget sih mbak, lebih efisien banget ya

      Hapus
  5. Pilihan belanja online memang paling mudah sekarang, saking mudahnya dibutuhkan belanja cerdas ya supaya apa-apa nggak main belanjain ajah

    BalasHapus