Havermeelkoek: Cerita tentang Menu-Menu yang Memanjakan Lidah

By Erny Kurniawati - 00.48.00


Bener banget kalau Jogja itu punya banyak cafe yang menarik. Menarik dari segi konsep, menu yang ditawarkan, interiornya, hingga harganya! Tak perlu jauh-jauh kalau perlu me time ke luar rumah, tak perlu susah juga kalau mau mencai tempat untuk hang out bareng temen karena ada banyak pilihan cafe yang recommended. Setelah sekian lama saya nggak berbagi tentang food & place yang recommended di Jogja, so here it is! Beberapa waktu terakhir saya sering menghabiskan waktu di cafe Havermeelkoek. Salah satu cafe di Jogja yang awalnya lebih fokus ke menu desserts yang didominasi aneka macam cakes. Awalnya cafe ini berada jauh dari tempat tinggal saya dan berada di kawasan turis, Prawirotaman. Tapi sejak beberapa bulan yang lalu, Havermeelkoek membuka gerai di Jalan Tentara Pelajar. Lokasinya nggak jauh dari tempat tinggal saya!

Saya memang jarang mengulas soal cafe. Hanya cafe-cafe yang mencuri perhatian saya yang saya ceritakan di blog ini. Havermeelkoek adalah salah satunya. Dulu saya selalu ngidam jajan cake ke cafe ini. Namun, seringnya tidak jadi karena lokasinya yang jauh. Makanya, saya menyambut dengan senang hati saat Havermeelkoek buka di daerah Jogja utara.

Berbeda dari cafe pertamanya di Prawirotaman dulu, Havermeelkoek di Jl. Tentara Pelajar menawarkan ruang yang lebih luas dan nyaman dengan menu yang lebih variatif. Ngomongin soal interiornya, Havermeelkoek tampil dengan kesan clean yang didominasi oleh warna putih. Ada beberapa sisi yang dicat dengan warna tosca dan dihiasi dengan tegel kunci. Semakin manis karena setiap meja dihiasi dengan tanaman succulent asli! Sedangkan di bagian luarnya, warna tosca dipilih sebagai cat tembok bangunan utama. Sementara bagian lainnya berwarna putih. Menariknya, nuansa hijau tanaman membuat suasana Havermeelkoek terlihat asri dan fresh. Biar pun lokasinya di tepi jalan utama Jogja, tetapi tanaman outdoor tersebut berhasil memberi ambience lain yang bikin saya merasa lebih fresh dan nyaman sejak memarkirkan kendaraan di depan cafe ini.


Ngomong-ngomong soal menunya, mereka masih tetap hadir dengan aneka cakes yang enak-enak. BTW, saya bukan pecinta makanan manis. Jadi, hanya beberapa varian cake aja yang saya coba. Sejauh ini saya sudah mencoba tiga varian berbeda dan approved di lidah saya yang lebih suka makanan hambar atau asin ini. Ketiga varian yang dimaksud adalah Nastar cake yang menurut saya dominan manis, cheese oreo cake yang rasa gurik keju dan biskuit oreonya pas banget di lidah, dan blueberry lemon cake yang manis asem enak nggak bikin eneg. Dari ketiga cake tersebut, saya kesulitan menyebut mana yang terenak antara cheese oreo cake atau blueberry lemon cake. Keduanya cocok di lidah orang yang kurang suka dessert manis seperti saya.


Sedangkan untuk minumannya saya sudah punya comfort drink yaitu, Es kopi susu HVM. Tapi saya lebih suka request yang no sugar karena es kopi susu HVM yang ready take away biasanya sudah ditambah gula sehingga terlalu manis buat saya. Selain es kopi susu HVM, ada banyak menu lain dari coffee, milk, smooties, dan teh. Tapi saya berkali-kali ke cafe ini dan enggan mencoba menu minuman lainnya.

Selain dessert dan kopi, menurut saya main menu yang ditawarkan oleh cafe ini relatif terjangkau dan memanjakan lidah. Duh, kesalahan banget saya nulis soal makanan pada tengah malam. Rasanya kangen Chicken Mozarella Rice-nya yang gurih-gurih melted. Spaghetti bolognesenya pun nggak kalah enak dengan meat ball yang rasanya surga banget. Nah, harganya setiap porsinya sekitar 30 ribuan. Kalau dibandingkan dengan rasanya sih terbilang murah karena benar-benar memanjakan lidah!



Saya muji-muji menu Havermeelkoek yang enak itu bukan karena endorsement! Saya memang ke sana beberapa kali karena suka sama makanan dan ambience cafenya. Plus, akhir Juli kemarin sempat ada promo buy cake & es kopi susu HVM hanya 20 ribu! Murah banget nggak sih? Padahal harga es kopi susu HVM-nya tuh 21 ribu, lha ini 20 ribu udah plus cake terserah kita yang pilih! Terus sempat ada promo juga all pasta plus es kopi susu HVM cuma 30 ribu. Sumpah, ini best deal! Sampai Dhimas ketagihan dan sayang promonya sudah berakhir.



Intinya sih, kalau temen-temen lagi ke Jogja, pengen ketemu seseorang di wilayah Jogja utara dan pengen sambil cemal-cemil, ngopi cantik, atau makan ala cafe, maka Havermeelkoek bisa jadi pilihan. Tenang, beberapa sudutnya juga Instagramable sehingga nggak bakal menghalangi hobi kita berfoto bareng temen! Gimana, sudah laper dan pengen nyobain belum?


  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. salah nih bacanya pagi-pagi jadi ngiler liat cake-nya... hihihi tempatnya juga cakep lagiii, duh kapan yah ke jogjaaa

    BalasHapus
  2. Ahh Erny bikin kangen jogja nih. Kapan2 kalau ke jogja mau ahh coba ke Havermeelkoek, aduh namanya susah banget lidahku kaku banget ngucap namanya

    BalasHapus
  3. aku jadi penasaran sama yang di prawirotaman mba, btw nama cafenya unik yah hehe

    BalasHapus