Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 99+ PA++++

By Erny Kurniawati - 20.00.00


Akhir Agustus kemarin saya liburan ke Bali selama 5 hari. Biasanya saya selalu nyiapin sunscreen dengan SPF tinggi sebelum pergi berlibur. Tapi sibuknya persiapan menikah membuat saya nggak sempat untuk memberi sunscreen ber-SPF tinggi. Untungnya mencari aneka produk sunscreen di Bali itu bener-bener mudah. Bahkan di Indomart aja lengkap sekali produk sunscreen yang mereka jual. Saat berhenti di salah satu Indomart di Ubud, saya langsung membeli sunscreen karena siang itu juga akan menyebrang ke Nusa Lembongan. Kebayang gimana teriknya pantai jam 12.30 WITA dan hembusan angin lautnya. Pilihan sunscreen pun jatuh pada Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 99+ PA++++.

Sunscreen lotion yang saya beli tersebut harganya hanya Rp. 65.000,- dan merupakan produk dari ROHTO. Karena saya sudah familiar dengan kualitas produk-produk ROHTO, saya pun nggak ragu untuk membungkus sunscreen dengan kemasan mungil berwarna merah putih ini.

Saya sempat kaget saat tahu harga sunscreen dengan SPF 99+ PA++++ ini di bawah Rp. 100.000,-. Apalagi ada klaim aman dipakai untuk kulit wajah dan seluruh badan. Yang nggak kalah penting, sunscreen ini juga mengklaim tahan keringat dan air. Wah, jadi penasaran untuk ngebuktiin kan?

Selama liburan di Bali itu, saya selalu pakai sunscreen ini benar-benar di seluruh badan sampai wajah. Sebelum memakainya jangan lupa kocok dulu sesuai anjurannya. Tekstur sunscreen yang menyatakan water based ini cukup cair kental dengan warna putih. Saat diaplikasikan di kulit terasa ringan tak seperti sunscreen lain dengan kandungan SPF tinggi. Karena warna putih pekatnya, sunscreen ini juga meninggalkan white cast. Untungnya, white cast tersebut cepat menyatu ke kulit dan akan tertutup saat ditimpa makeup.

Sesungguhnya saya nggak berekspektasi sunscreen ini bisa mencegah belang. Sebelum-sebelumnya, saya sering ke pantai atau beraktivitas outdoor dengan memakai sunscreen lain dan tetap belang. Jadi, saat mencoba Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 99+ PA++++ saya nggak ada ekspektasi muluk-muluk. Yang penting saya melindungi kulit dari paparan sinar matahari saja.

Setelah memakainya terus menerus sampai sekarang, saya bisa bilang kalau Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 99+ PA++++ ini pas sekali di kulit saya. Hal-hal yang saya suka dari produk ini seperti:


  1. Punya kemasan mungil yang travel friendly
  2. Punya kandungan SPF tinggi tanpa efek sticky saat dipakai
  3. Tahan air dan keringat
  4. Terbukti membuat kulit saya nggak belang 
  5. Harga yang affordable. 

Memang banyak faktor yang membuat saya jatuh cinta sama sunscreen ini. Walaupun saat membaca forum-forum beauty enthusiast ada yang bilang nggak cocok. Tapi kan, soal skincare memang begitu. Belum tentu sunscreen andalan yang cocok di saya ini bakalan cocok juga di kamu. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang punya alergi dengan kandungan tertentu pada skin care. Jadi, mencermati komposisinya sebelum membeli bisa jadi langkah preventif. Kalau komposisi dari Sunplay Lotion SPF 99+ PA++++ ini antara lain sebagai berikut:

Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Aqua, Elthylhexyl Methoxynnamate, Triethylhexanoin, Dimethicone, Titanium Dioxide, Polymethyl Methacrylate, Lauryl PEG-9 Polymethylsiloxyethyl Dimethicone, Acrylates/Dimethicone Copolymer, Butylene Glycol, Hydrated Silica, Hydrogen Dimethicone, Diethylamino Hydrixybenzoil Hexyl Benzoate, Bis-IsobutylPEG/PPG-10/7/Dimethicone Copolymer, Aluminum Hydroxide, Methylparaben, Cyclotetrasiloxane, Tocopheryl Acetate, Tocopherol

Dari komposisinya, sunscreen ini termasuk kategori Chemical Sunscreen yang perlu waktu lebih lama untuk diserap kulit dan mengandung alkohol. Tapi, sunscreen ini cenderung tahan air dan keringat walaupun lebih berisiko tinggi memicu alergi. Jadi, kalau temen-temen ingin mencobanya, pastikan kamu nggak ada alergi dengan komposisi produknya. 

Ternyata udah banyak banget yang saya bahas, temen-temen ada yang pernah mencoba sunscreen ini? Atau kamu punya andalan sunscreen dari brand lain? Let me know ya!

    • Share:

    You Might Also Like

    2 komentar

    1. baru tahu sunscreen ini, biasaya pakai yang banana boat atau nivea, dan harganya ini kok murah yah... jadi pingin coba

      BalasHapus
    2. Wow, baru tahu ada sunscreen dengan kandungan SPF hampir 100. Mana harganya under 100K pula. Kapan ke Bali lagi, pengen nyari sunscreen ini deh, travel friendly banget.

      BalasHapus