My Current AM Skin Care

By Erny Kurniawati - 23.50.00


Ngomongin skin care itu buat saya personal banget. Soalnya perjalanan menemukan produk skin care yang pas dengan kondisi kulit memang nggak semudah itu. Perlu kenal kondisi kulit sendiri. Setelah itu baru dipelajari kira-kira perlu perawatan kulit seperti apa. Lanjut belajar tentang do & don'ts komposisi skin care, dan belajar special case soal kondisi kulit dengan skin care. Sesederhana kalau kulit sedang jerawat sebaiknya menghindari brightening product dan fokus ngatasin jerawat dulu.

Setelah perjalanan panjang mencoba mengenali kondisi kulit sebaik mungkin, akhirnya saya berani posting tentang AM Skin Care yang sedang jadi andalan. Perlu digaris bawahi kalau yang menjadi andalan saya itu step-nya, bukan produknya saja. Jadi, produk skin care yang saya pakai bisa saja berubah, tetapi step-nya tetap sama atau nggak banyak berubah. Step AM Skin Care ala saya ini dimulai dengan Cleansing, lalu Toning, Moisturizing, dan Protecting. Step ini sudah saya pilih sejak lama. Tapi baru konsisten beberapa bulan terakhir.

Nah, saya juga mau berbagi review singkat tentang produk-produk AM skin care andalan beberapa bulan ini. Yuk, langsung kita mulai!

Cleansing Step - COSRX Low PH Good Morning Gel Cleanser


Setiap pagi saya mengawali step-step skin care dengan membersihkan wajah. Kurang lebih dua bulan saya selalu mengandalkan COSRX Low PH Good Morning Gel Cleanser. Cleanser ini sempat jadi idola banyak orang karena kandungan pH yang pas dengan pH kulit wajah. Penggunaan skin care dengan kandungan pH yang pas dengan kulit kita bisa membantu menjaga acid mantle atau mencegah kerusakan lapiran pelindung kulit.

Yang lekat di ingatan, face cleanser ini punya aroma wangi yang cukup kuat. Wangi citrus mendominasi face cleanser yang mengandung ekstrak citrus dan tea-tree ini. Wanginya memang segar, tapi bagi saya wanginya masih terlalu menyengat. Terlepas dari hal itu, COSRX Low PH Good Morning Gel Cleanser tidak memicu negative effect di kulit saya. Bahkan kandungannya juga cukup oke untuk kulit acne-prone. Yes, suami saya kulitnya acne-prone dan dia sering banget ikutan pakai face cleanser ini.

Karena nggak ada efek negatif, face cleanser ini berhasil saya pakai sampai habis. Nah, sekarang saya sedang nyobain produk baru dari Naruko. Tapi belum bisa berbagi review karena baru memakainya sekitar seminggu terakhir.


Toning - Lacoco Aloe Vera Soothing Mist



Ini sudah botol kedua! Saya memang secinta itu dengan soothing mist dari Lacoco yang bisa digunakan sebagai hydrating toner. Biasanya saya memakai Lacoco Aloe Vera Soothing Mist setiap habis cuci muka. Kulit dibiarkan untuk kering sendiri atau tepuk halus dengan tissu. Setelah itu, saya semprotkan soothing mist ini kulit wajah secara merata. Tepuk lembut kulit wajah agar toner meresap sempurna. Nah, review lengkap tentang soothing mist ini sudah pernah saya bahas juga. Yuk, klik linknya berikut ini:

Baca juga: Review Lacoco Aloe Vera Soothing Mist

Tahap toning ini buat saya penting banget, terutama sejak kondisi kulit mudah dehidrasi dan menjadi kering seperti kulit saya ini. Sejak pemakaian toner secara rutin, saya beneran merasakan perubahan yang signifikan di kulit. Terutama soal kelembaban kulit dan kemampuan kulit menyerap skin care selanjutnya.

Moisturizing - Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence


Jujur saja, saya nggak langsung cinta sama Avoskin PHTE. Pernah kenalan sampai ngabisin hampir sebotol Avoskin PHTE di tahun 2017 kemarin. Bahkan saya juga sempat mereviewnya di postingan ini. Tapi, saat itu performa PHTE belum benar-benar mencuri perhatian saya. Mungkin karena saat itu saya belum nemu step skin care sesuai kebutuhan kulit, jadi produk itu rasanya kurang maksimal performanya di kulit saya.

Tapi, saya berhasil dibuat jatuh cinta dan ngabisin sebotol Avoskin PHTE di tahun 2018 ini setelah mengandalkannya sebagai essence pelembab di bulan Ramadhan. Nah, sejak bulan Ramadhan tahun ini hingga sekarang, saya bener-bener nggak skip memakai Avoskin PHTE untuk essence di pagi dan malam hari.

Khusus pagi hari, saya hanya memakai Avoskin PHTE sebagai essence sekaligus moisturizer. Soalnya, tekstur gel dari produk ini cocok banget di kulit. Saya merasa kalau memakai Avoskin PHTE setelah toner dan sebelum sunscreen, kulit jadi lembab tapi minyak di wajah terkontrol produksinya. Pernah sih mengombinasikannya dengan krim pagi, tetapi seringnya justru membuat kulit berminyak berlebih. Well, kebutuhan kulit setiap orang memang berbeda. Makanya, saya berpikir kulit saya memang butuh pelembab, tetapi essence Avoskin PHTE saja sudah cukup memenuhi kebutuhan tersebut.

Protecting - Emina Sunscreen SPF 30 PA++

credit by @eminacosmetics

Percaya nggak sih kalau saya nggak punya foto proper buat sunscreen andalan ini? Mungkin saking senengnya pakai Emina sunscreen, saya sampai repurchase lebih dari 2 kali dan tetap lupa untuk share review lengkapnya di sini.

Menemukan sunscreen yang bisa jadi sahabat kulit itu nggak mudah. Apalagi dari brand lokal, oleh karena itu giliran cocok dengan sunscreen Emina sampai lupa bikin reviewnya. Sunscreen ini kandungan SPF-nya ada 30 PA++. Kandungannya pas untuk kebutuhan kulit yang jarang terpapar cahaya matahari langsung di siang hari. Kebetulan pada jam-jam saat matahari sedang terik-teriknya, saya emang berada di ruangan aja. Hehe. So, SPF 30 PA++ bener-bener sudah cukup untuk kulit saya.

Bagian dari produk sunscreen ini yang bikin saya bener-bener cinta itu teksturnya yang nggak ninggalin rasa lengket di kulit seperti sunscreen lain yang pernah saya coba. Selain itu, Emina sunscreen ini nggak meninggalkan white cast juga di kulit. Pas banget untuk saya yang kulit aslinya warna kuning langsat, jadi nggak khawatir ada white cast.

Itulah langkah-langkah simple merawat kulit ala saya. Merawat kulit itu memang tergantung kebutuhan dan kenyaman masing-masing. Nggak salah kok kalau ada teman-teman yang rutin merawat kulit dengan step panjang ala korean skin care. Soalnya perawatan kulit memang sangat personal. Ya seperti saya yang lebih memilih merawat kulit dengan langkah-langkah di atas. Nah, kalau kamu sendiri punya langkah merawat kulit yang bagaimana?





  

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ini Eminanya racun banget Erny. Aku sebel sm sunscreen yg lengket di kulit udh gitu ninggalin white cast lagi, ga nyaman bgt pakainya. Emina ini keknya harus dicoba yaa

    BalasHapus
  2. Wah sunscreennya samaan, aku suka lho sunscreennya emina ringan dipakai, murah meriah dan gak minyakan. Btw, ini avoskin PHTE bikin penasaran deh dulu sempet cobain punya Sella tapi belum beli-beli hahaha.

    BalasHapus