Review Avoskin Miraculous Refining Toner, Worth to Buy or Not?

By Erny Kurniawati - 00.04.00

exfoliating toner lokal, exfoliating toner, AHA, BHA, PHA, niacinamide dan Vitamin C, chemical exfoliator, review miraculous refining toner, review exfoliating toner, review exfoliating toner avoskin,

Siapa yang nggak kenal dengan Avoskin? Brand skin care asli Jogja ini memang sedang naik daun beberapa waktu terakhir. Sejak kehadiran produk PHTE yang difavoritkan oleh banyak orang dan Intensive Nourishing Eye Cream yang dinobatkan sebagai Best Eye Cream versi Female Daily Best Beauty Awards 2018, saya nggak mau ketinggalan untuk nyobain produk-produk Avoskin lainnya seperti yang baru saja dirilis akhir tahun kemarin. Avoskin Miraculous Refining Toner adalah produk terbaru Avoskin yang saya maksud. 

Avoskin Miraculous Refining Toner merupakan exfoliating toner lokal pertama di Indonesia yang dari awal launching saja sudah jadi inceran banyak orang. Sebulan yang lalu saat launching di Sociolla, produk toner ini bahkan habis nggak sampai 3 jam karena diburu oleh penggemar produk Avoskin. Makanya, saya sebenarnya nggak sabar untuk share soal produk ini jauh-jauh hari. Tapi, saya sengaja menahannya biar hasil reviewnya lebih akurat karena saya memakainya secara terus menerus selama lebih dari satu bulan. Sayangnya, saya luput untuk mengabadikan progres perawatan kulit dengan produk ini. Jadi, di tulisan ini saya bakalan bahas sedikit soal komposisi, feel yang saya rasakan, dan efeknya untuk kulit saya. So, jangan bosen untuk menyimak tulisan ini sampai tuntas ya!

Baca juga: Review Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

exfoliating toner lokal, exfoliating toner, AHA, BHA, PHA, niacinamide dan Vitamin C, chemical exfoliator, review miraculous refining toner, review exfoliating toner, review exfoliating toner avoskin,

Packaging Produk


Firstly, saya mau bahas dulu tentang packaging produknya. Menurut saya sendiri, produk-produk Avoskin memang memiliki ciri khas kemasan yang terlihat luxurious dan nggak ringkih. Termasuk Miraculous Refining Toner ini. Walaun kemasannya berupa botol berbahan plastik, tetapi kesan lux-nya tetap dapet. Kemasan exfoliating toner ini memang berbeda dari kemasan Avoskin PHTE yang hits itu atau kemasan face mist-nya yang semua berbahan kaca. 

Ada plus minus sih terkait bahan kemasan plastik dan kaca. Tapi untuk saya sendiri kemasan plastik dari Miraculous Refining Toner ini emang paling pas biar lebih travel friendly juga karena nggak gampang pecah dan nggak berat. Biar pun plastik, tetapi warna kemasan merah tua berhasil membuat packaging produk ini nggak kehilangan kesan lux-nya. Well done, Avoskin!

Oiya, bagian atas dari produk ini juga ada stoppernya jadi produk bisa kita kontrol seberapa banyak keluarnya.

Review Avoskin Miraculous Refining Toner, Miraculous Refining Toner, exfoliating toner lokal,

Ingredients


Beberapa bulan terakhir saya semakin tertarik belajar soal ingredients dalam produk skin care. Awalnya karena tertarik mencoba produk dengan single ingredients atau semacam chemical exfoliator ini. Dari situ saya berkenalan dengan beberapa exfoliating agent seperti AHA, BHA, dan PHA, serta apa beda ketiganya. Walaupun saya bukan expert, tapi saya coba jelasin secara singkat tentang ketiga kandungan tersebut yah:

AHA (Alpha Hydroxy Acid): merupakan exfoliating agent yang cenderung cocok untuk semua jenis kulit, terutama pemilik kulit kering. Yang membedakannya dari BHA, salah satunya adalah komponen pelembab yang dapat larut dalam air. Oleh karena itu, exfoliating agent ini nggak cuma mengangkat sel kulit mati, tetapi juga membantu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan ketebalan kulit, dan memperbaiki tingkat kolagen.

BHA (Beta Hydroxy Acid): exfoliating agent yang satu ini tidak memiliki satupun komponen pelembab sehingga lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Selain itu, BHA dikenal lebih efektif untuk mengatasi jerawat dan komedo.

PHA (Polyhydroxy Acid): exfoliating agent ini disebut-sebut pas untuk pemilik kulit kering dan sensitif! Disebut begitu karena kandungannya jauh lebih ringan ketimbang AHA dan BHA.

Nah, ketiga exfoliating agent itu juga terdapat dalam Avoskin Miraculous Refining Toner. Kadarnya 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Kandungan yang menurutku kadarnya nggak tinggi-tinggi amat, tapi nggak rendah juga. Jadi pas. Apalagi konsentrasi AHA akan bekerja lebih optimal bila konsentratnya sekitar 5% - 10% dan BHA 1% - 4%. Karena konsentrat AHA dan BHA dalam Avoskin Miraculous Refining Toner tidak berada pada batas atas, jadi exfoliating toner ini aman untuk dipakai setiap hari.

Baca juga: Review Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream

Soal klaim aman dipakai setiap hari, saya pernah membahasnya bareng temen yang memang mengambil kuliah dermatologis. Dia pun membenarkan klaim tersebut. Tapi, tidak semua kulit umumnya bisa menerima penggunaan exfoliating agent setiap hari. Jadi, intensitas penggunaan produk ini tetap dikembalikan kepada kondisi kulit masing-masing.

Selain itu, exfoliating toner ini juga diklaim aman untuk semua jenis kulit. Bila ditelaah lebih lanjut, saya menebak alasan produk ini aman untuk semua jenis kulit karena kandungan exfoliating agent-nya yang tidak tunggal sehingga pemilik kulit kering, berminyak, dan sensitif bisa menggunakannya. Tapi, sekali lagi saya bukan ahli dermatologi, jadi kalau temen-temen punya penjelasan lebih sahih, please share di kolom komentar!

Selain AHA, BHA, dan PHA, Avoskin Miraculous Refining Toner juga disertai Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel, Raspberry, dan Aloe Vera. Kandungan tersebut membantu memaksimalkan eksfoliasi pada kulit dan membantu mengatasi jerawat dengan tetap mempertahankan kelembaban kulit karena kandungan Aloe Vera-nya. Tapi, benarkah efeknya di kulit saya seperti itu? Saya bahas tuntas di bawah ini. Jangan lelah dulu ya!

Pengalaman Menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner selama 2 Bulan

review miraculous Refining toner Avoskin, review avoskin exfoliating toner, produk exfoliating toner avoskin,

Kalau menuruti nafsu, mungkin saya sudah mengunggah review exfoliating toner pertama asli Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Tapi, saya mencoba menahan diri karena ingin share saat sudah merasakan betul manfaatnya di kulit. Bener banget kalau kunci kesuksesan merawat kulit itu ada pada konsistensi. Dan setelah 2 bulan mengandalkan exfoliating toner ini, saya pun merasa cukup bahan untuk dibagikan ke kalian.

1. Saya mengawali perkenalan dengan Avoskin Miraculous Refining Toner ini dengan memakainya 3X seminggu. Sekalipun produk diklaim aman digunakan setiap hari pada pagi dan malam, tetapi beberapa skin care expert dan juga dermatologist share kalau sebaiknya coba dulu satu hingga 3X dalam seminggu. Setelah kulit terbiasa, baru bisa naik kelas dengan menggunakannya lebih sering.

Penting juga untuk dipahami kalau produk exfoliating toner yang mengandung AHA, BHA, dan PHA itu berpotensi menimbulkan photosensitivity atau memicu iritasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Logikanya, kulit baru saja dikikis kulit matinya, otomatis akan lebih sensitif termasuk pada sinar matahari. Maka dari itu, kalau kita menggunakan exfoliating toner ini sebaiknya pada pagi hingga sore hari kulit dilindungi dengan sunscreen atau sunblock.

Karena saya nggak mau ambil risiko, saya pun memakainya hanya pada malam hari. Selain menghindari iritasi kulit karena photosensitivity, saya juga mencegah agar tidak over exfoliate.


2. Exfoliating ini dipakai dalam kondisi kulit bersih. Biasanya saya memakainya setelah melakukan double cleansing atau setelah cuci muka saat kulit belum benar-benar kering.  Sensasi tingling saat awal-awal pemakaian adalah wajar. Saya merasakannya hingga pemakaian ketiga kali. Setelahnya sensasi tersebut hilang. Sesekali muncul kalau kulit sedang bermasalah seperti ada bakal jerawat atau bruntusan.

3. Selain tingling, efek dari klaim produk ini benar-benar terbukti. Sadly, saya nggak mengabadikan perkembangan kondisi kulit selama pemakaian Miraculous Refining Toner selama 2 bulan. Sejauh ini, saya notice setelah pemakaian toner ini kulit lebih lembab, lembut, dan kenyal. Pokoknya kondisi kulit rasanya gemesin pengen dielus terus karena halus kenyal. Efek mencerahkan juga ada, tapi pastinya nggak instan. Saya melihat kulit semakin cerah setelah pemakaian sekitar 2 minggu. Minggu pertama pemakaian 3X seminggu dan minggu kedua 5X dalam seminggu.

Noda jerawat juga signifikan memudar tanpa memicu timbulnya jerawat baru. Justru bibit jerawat yang mau muncul berangsur hilang atau jerawat yang tadinya sudah hampir mateng langsung kempes setelah memakai toner ini. Tapi itu efek di kulit saya yang cenderung kering - normal dan juga tidak acne prone. 
 

4. Banyak yang bertanya-tanya, apakah kandungan AHA, BHA, PHA, dan Niacinamide dalam produk ini aman digunakan bersamaan dengan cream yang mengandung vitamin C dan turunnya hingga skin care dengan kandungan alpha arbutin. Saking penasarannya dengan pertanyaan tersebut, saya mencoba cari tahu dan jawaban yang saya temukan adalah bisa digunakan bersamaan, tetapi tetap tergantung kondisi kulit masing-masing.

Masalah skin care ini kan memang sepersonal itu, jadi dalam kasus exfoliating agent ketemu dengan kandungan A, B, atau C, bisa jadi secara umum nggak masalah. Tapi, semua kembali dengan reaksi kulitmu. Ada juga yang kulitnya bereaksi negatif bila menggunakan AHA, BHA, atau PHA bersamaan dengan vitamin C.

review exfoliating toner lokal, local exfoliating toner recommended, Avoskin Miraculous Refining Toner recommended

Selama ini saya menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner bersamaan dengan Avoskin PHTE, hydrating toner Lacoco, dan juga Ultra Brightening Cream Avoskin masih aman-aman saja malah makin bagus! Saya juga pernah mencoba menggunakannya bersamaan dengan night cream dari L'Oreal White Perfect Clinical dan untungnya reaksi kulit tetap positif. Jadi, kecocokan produk ini di kulit saya nggak 100% menjamin cocok di kulit kamu ya!

Baca juga: Review & Swatches Looke Cosmetics, All Shades!

Overall, Avoskin Miraculous Refining Toner ini menurut saya adalah produk yang inovatif dari brand lokal dengan kualitas premium. Untuk seharga Rp. 169.000,- hasilnya bisa dibilang nggak kalah dengan brand-brand lainnya. Hanya saja, temen-temen mesti paham betul dengan kondisi kulit saat memakai produk chemical exfoliating seperti ini. Tujuannya agar kulit kalian nggak over exfoliate. Misalnya, pada saat-saat tertentu dalam 2 bulan masa kenalan saya dengan exfoliating ini saya pernah menggunakannya 3X seminggu, pernah pula setiap hari, tapi satu waktu saya pun stop untuk seminggu saat kulit bereaksi tidak biasa padahal nggak ada skin care baru yang dicoba. So, listen your skin.

Avoskin Miraculous Refining Toner tanpa alcohol, parfum, dan pewarna

Kabar bagus untuk kalian yang menghindari kandungan parfum, alcohol, dan pewarna, nah Avoskin Miraculous Refining Toner ini nggak mengandung itu semua. As you can see, tekstur toner ini cair tanpa pewarna dan aroma. Makin yakin kalau ramah untuk sensitif skin!

Kalau kamu punya pengalaman juga soal menggunakan exfoliating toner atau chemical exfoliator, please sharing yuk di kolom komentar!
Alpha Hydroxy Acid

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal AHA, BHA, dan PHA pada Produk "Skincare"", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/24/055540520/mengenal-aha-bha-dan-pha-pada-produk-skincare.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. hiks, baru baca bagian depan botolnya, dan tau ini ada kandungan AHA, aku lgs sedih ga bisa pake. kulitku alergi AHA mba. jd semua skin care yg ada kandungan ini, ga akan bisa kupake. krn pasti breakout . udh 2x ngalamin, dan akhirnya dipastikan aku memang alergi ama ingredient itu. padahal kalo seandainya cocok, aha memang bgs utk menghilangkan kulit mati dan bikin wajah cerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sad... Tapi memang ada yg alergi mbak. Sayangnya ini ada aha, bha, dan pha ya. I mean dicampur gitu ingredientsnya

      Hapus
  2. Baru nyobain sekali, ku pikir tinglingnya bakal heboh karena mengandung AHA BHA ternyata santuy aja tinglingnya. Lebih cekit-cekit AHA Cosrx

    Kalau hasilnya belum tau, baru nyoba sih. Moga aja cocok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti share ya kalau udah pakai sebulanan! thanks udah baca reviewku mbak

      Hapus
  3. Aku baru cobain, semoga hasilnya memuaskan :)
    Bikin penasaran banget ini tonernya :D

    BalasHapus
  4. pengen nyoba somebymi miracle water trus baca ini jd bingung mau pilih yg mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo.... Pilih yang mana hehe.... Kandungannya emang mirip ya. Aku malah milih ini krn lokal brand

      Hapus
  5. penasaran banget, aku yang termasuk ga kebagian pas mau beli di sociolla :( sold out mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ci winda, aduh sabar yah... siapa tahu segera available lagi! hehe

      Hapus