Skincare untuk Kulit Berjerawat: ERHA Acne Care Lab Series

By erny's journal - 13.12.00

Masalah klasik kulit itu apalagi sih kalau bukan jerawat? Nggak perlu punya kulit jenis acne prone, kulit seperti saya yang cenderung badak aja bisa lho tiba-tiba berjerawat. Walaupun seringnya disebabkan oleh hormon, lifestyle, dan perubahan suhu sih. Meski begitu, saya tetep seperti temen-temen semua. Saat kulit berjerawat saya bakalan cari tahu enaknya pakai skincare apa. Jadi, di meja rias memang ada dua jenis skincare yaitu untuk kulit saya saat berjerawat dan rangkaian lain saat kulit sedang baik-baik saja. Baru-baru ini, skincare khusus kulit berjerawat yang nangkring di meja rias saya nggak lain adalah ERHA Acne Care Lab Series. Jarang-jarang lho saya pakai produk skincare dari klinik kecantikan dan satu seri begini. But, nggak ada salahnya untuk nyobain dan share hasilnya ke temen-temen kan? 

ERHA Acne Care Lab

Ada alasan tersendiri kenapa saya mau nyobain ERHA Acne Care Lab Series. Salah satunya karena produk ini bisa dibeli di ERHA Apothecary alias produk Over The Counter yang nggak perlu dibeli atas resep dokter.

Beli produk Erha di Erha Apothecary

Karena saya merasa jerawat di kulit ini nggak parah, jadi saya mikir kalau pakai produk drugstore aja bisa diatasi. Produk perawatan kulit berjerawat dari ERHA Acne Care Lab Series ini cukup lengkap karena terdiri facial wash, scrub, moisturizer, acne spot treatment, dan sunscreen. Semua produk tersebut saya pakai dan saya juga mengombinasikannya dengan skincare drugstore lain yang komposisinya aman dipakai bersamaan. Saya sendiri sudah menggunakan produk tersebut beberapa kali. So, nggak ada salahnya kalau saya berbagi review-nya di sini. Saya akan bahas satu-satu produknya biar makin detil ya! 

Acne Care Lab ACSBP 


Scrub khusus kondisi kulit berjerawat

Serba salah kalau kulit sedang berjerawat. Pengen mengeksfoliasi kulit harus hati-hati memilih produknya. Sadly, jarang sekali ada produk physical exfoliator yang memang dibuat untuk kulit berjerawat. Makanya, Acne Care Lab ACSBP ini menarik perhatian saya karena fungsinya sebagai physical exfoliant yang memang diformulasi untuk kulit berjerawat. 

Awalnya agak ragu juga mencobanya karena exfoliator ini memiliki butiran scrub yang sering disebut-sebut rentan memicu iritasi di kulit berjerawat. Tapi butiran scrub dari produk ini cenderung kecil dan waktu saya coba aplikasikan di kulit terasa nggak mengganggu. Selain itu, ada kandungan Salicylic Acid-nya yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran dari kulit. Nah, kandungan acid tersebut disebut-sebut bagus dan juga acne friendly. That's why saya jadi berani nyobain scrubnya. Apalagi nggak ada aroma parfum yang kuat karena memang kulit saya juga agak sensitif sama parfum. Kandungan lainnya yang menarik itu adalah Sulfur. Kandungan ini dikenal sebagai anti acne. 

Biarpun mild di kulit, tetapi saya nyaranin kalau menggunakan scrub ini saat kulit berjerawat sebaiknya nggak usah menggosok kulit terlalu bersemangat. Hati-hati aja menggosoknya dan pastikan dalam kondisi kulit basah. Cara ini cukup ampuh mencegah kulit berjerawat jadi iritasi. Yang saya suka, sehabis membersihkan kulit dengan scrub ini kulit saya terasa seger dan halus. Untungnya reaksi kulit juga positif dengan produk ini. Tapi, selama ini saya menggunakannya maksimal 3 kali saja dalam seminggu agar kulit yang berjerawat nggak over eksfoliasi.

Acne Care Lab Clarifying Gel


Facial tanpa parfum yang ramah di kulit berjerawat

Ini nih sabun muka khusus saat kulit saya berjerawat. Biasanya sabun muka khusus kulit berjerawat memberikan efek kulit kering di kulit saya. Lucky me, Acne Care Lab Clarifying Gel ini aman karena mampu mempertahankan kelembaban kulit saya. Selama memakai sabun muka ini, saya notice kalau aromanya itu obat banget. Jadi sabun muka ini memang tidak mengandung parfum dan itu bagus untuk kulit saya yang suka sensitif dengan kandungan parfum. 

Mirip dengan produk eksfoliatornya, clarifying gel ini juga mengandung Salicylic Acid, Nicotinamide, AHA, dan Sebum Regulator. Kandungan-kandungan tersebut bekerja sama untuk membersihkan kulit secara maksimal sekaligus membantu mengontrol produksi minyak pada kulit dan mengurangi efek inflamasi karena jerawat. 

Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer


Ini merupakan moisturizer khusus kulit berjerawat pertama saya! Saya tertarik mencobanya karena selama ini saya memakai moisturizer yang tidak diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Yang membuat saya tertarik untuk mencobanya antara lain karena ada beberapa kandungan aktifnya seperti: 
1. Granative Acne dan Salicylic Acid yang bagus untuk mengatasi hingga mencegah timbulnya jerawat. 
2. Ceramide Complex, Gluconalactone, dan Betain yang bagus untuk memproteksi barrier kulit serta mengembalikan kelembabannya. Nah, saya perlu banget moisturizer yang bener-bener melembabkan karena biasanya produk antiacne tuh ngasih efek kering di kulit!
3. Zinc Gluconate dan Niacinamide yang bagus untuk mengontrol minyak berlebih serta berfungsi sebagai antiinflamasi. 
4. Allantoin, Alpha-Bisabolol, dan Niacinamide yang dikenal bagus untuk antiradang yang disebabkan oleh jerawat dan membantu proses wound healing. 

Moisturizer dan sunscreen dari ERHA yang cocok untuk kulit berjerawat

Nah, kandungan aktif itu yang bikin saya yakin kalau moisturizer dari ERHA Acne Care Lab Series ini layak diberikan kesempatan untuk dicoba. Terutama karena kandungannya yang bisa membantu memproteksi barrier kulit. Barrier kulit ini merupakan lapisan terluar dari kulit yang bisa rusak karena disebabkan oleh jerawat. Padahal saat barrier kulit terganggu efeknya kulit bakal rentan iritasi, jadi lebih sensitif, kering, bersisik, dan gatal. Kalau udah begini, biasanya repot kan untuk mengatasinya? 

Dengan memakai Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer ini saya membuktikan kalau kulit berjerawat nggak serta merta membuat seluruh kulit wajah saya bermasalah. So far kulit saya tetep lembut, lembap, dan juga jerawat nggak makin parah. Saya biasanya menggunakan Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer ini untuk day cream dan juga night cream. Saya juga memakainya dikombinasikan dengan essence atau serum yang acne friendly dari brand lain. Untungnya so far so good. Nggak memicu breakout atau memperparah jerawat!

Acne Car Lab Acne Spot Gel 


Saya jarang lho menggunakan acne spot treatment. Alasannya karena sudah nyobain tiga produk, tapi hasilnya nihil. Jadi agak putus asa gitu. Barulah saya nyobain acne spot treatment lagi dari ERHA Acne Care Lab ini. Itu pun tanpa ekspektasi yang gimana-gimana. Nyobain nothing to loose aja.



Mungkin karena tanpa ekspektasi, justru Acne Car Lab Acne Spot Gel ini oke banget lho di kulit saya. Bisa dibilang kalau acne spot treatment ini terfavorit saya yang bisa mematahkan asumsi saya sendiri kalau nggak acne spot treatment yang bagus. Dari claimnya, produk ini bisa mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat sejak hari ketiga pemakaian. Saya mencoba membuktikan claim tersebut dengan rutin memakainya di malam hari pada bagian kulit yang berjerawat. Surprisingly, efek ngempesin jerawat langsung terasa tanpa nungguin pemakaian hari ketiga. Walaupun efek untuk mengurangi noda hitam akibat jerawat rasanya belum terbukti. Tapi nggak masalah selama pemakaian produk ini terbukti bikin jerawat kalem seketika!

Acne Care Lab Acne Sun Friendly


Kata orang, mencari sunscreen yang acne friendly itu susah. Mungkin berangkat dari asumsi orang-orang ini akhirnya ERHA ngeluarin Acne Sun Friendly sebagai salah satu produk yang berfungsi sebagai pelindung untuk perawatan kulit berjerawat. Dengan SPF 30, menurut saya sih udah cukup banget untuk memproteksi kulit saya dari bahaya sinar matahari. Apalagi saya seringnya di dalem ruangan sehingga kandungan SPF 30 itu sudah cukup mengakomodir kebutuhan kulit. Acne Sun Friendly ini juga diklaim non-comedogenic sehingga nggak memperparah sumbatan pada pori-pori kulit yang biasanya memicu munculnya jerawat baru.

Selama ini saya memakainya setelah mengaplikasin moisturizer. Walaupun judulnya Acne Sun Friendly, tapi saat jerawat meradang sebaiknya jangan dikenai sunscreen ini. Biasanya jerawat yang sedang meradang atau aktif itu sangat-sangat sensitif sama formula dasar sunscreen. That's why saya kurang menyarankan dipakai pas dibagian kulit yang sedang ada jerawat aktifnya. 

Kalau untuk teksturnya sendiri, menurut saya Acne Sun Friendly ini agak thick. Untung tetap mudah diserap kulit walaupun pemakaiannya seukuran 2 ruas jari. Awalnya saya agak risih dengan sensasi thick cream-nya. Hanya saja kulit saya bisa menyerapnya dengan baik tanpa menimbulkan white cast. Saya pun jadi keterusan memakai sunscreen ini.


Setelah pemakaian ERHA Acne Care Lab Series beberapa minggu, saya menyimpulkan kalau ada beberapa produk yang saya bener-bener suka dan salah satunya adalah Acne Spot Gel dan Gentle Acne Moisturizer. Keduanya bikin saya nggak bingung lagi memilih skincare saat kulit rewel berjerawat. Untuk mengatasi jerawat yang ringan produk-produk tersebut memang bekerja dengan baik. Tapi kalau jerawat di kulitmu termasuk parah, saya lebih menyarankan untuk konsultasi dengan Dermatologist. Apalagi di ERHA kan memang ada layanan dokternya, nah bisa tuh konsultasi dulu karena mereka juga punya advance treatment yang diperuntukkan kulit berjerawat parah. Treatment yang dimaksud misalnya, Blue Light Therapy. 

kalau kondisi jerawat tak kunjung membaik, tak ada salahnya melakukan perawatan intensif

So, recommended atau nggak sih produk ERHA Acne Care Lab Series Ini? Menurut saya sih kembali ke kondisi jerawatmu. Lihat dan amati, kalau perlu research kecil-kecilan apa yang menyebabkan kulitmu bermasalah. Kalau sudah begitu, kamu bisa menjadikan review saya ini sebagai salah satu pertimbangan untuk mencoba ERHA Acne Care Lab Series.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Seneng kalau baca review skincare buat jerawat gini, soalnya aku jg cenderung acne prone jd bisalah buat referensi hehe. Aku tergoda buat coba sunscreenya dong, tapi bisa di beli tanpa harus konsultasi ke dokternya dulu atau harus konsultasi mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli tanpa konsul. Makanya aku seneng karena berarti kan dia kandungannya drugstore banget alias nggak terllau tinggi jadi ga perlu pengawasan khusus dr dokter

      Hapus