Safi White Expert Deep Exfoliator, Recommended untuk Semua Jenis Kulit?

By erny's journal - 22.55.00



Weekend di bulan puasa menjadi waktu yang paling pas buat merawat kulit. Selama bulan puasa ini, beberapa produk perawatan kulit saya memang ada perubahan, tetapi khusus produk eksfoliasi kulitnya saya masih setia dengan produk yang sudah dipakai selama tiga bulanan terakhir ini. Salah satunya, deep exfoliator dari seri Safi White Expert. 

Perkenalan saya dengan brand asal Malaysia ini bermula ketika saya diundang untuk hadir di eventnya di Jogja awal Maret lalu. Akhirnya saya membawa pulang beberapa produk Safi dalam goodie bag. Salah satu di antaranya adalah Safi White Expert Deep Exfoliator yang merupakan face scrub dengan kandungan utamanya ekstrak Habbatus Sauda dan biji Aprikot sebagai butiran scrubnya. Face scrub ini juga hadir dengan teknologi OxyWhite yang bekerja membebaskan oksigen tambahan ke dalam kulit sehingga kulit terasa segar, membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi di kulit, dan membantu mencerahkan kulit. 

Dari sekian banyak produk Safi yang saya coba, deep exfoliator ini yang bisa dibilang benar-benar mencuri perhatian saya. Produk ini secara kontinyu saya gunakan terus untuk memaksimalkan proses pembersihan kulit dan pengangkatan sel kulit mati setiap seminggu satu hingga dua kali. Awalnya saya nggak mencari tahu lebih jauh terkait kandungan di dalam scrub ini. Saat saya merasa kok cocok, barulah saya penasaran dan mencoba menganalisis komposisi produk ini dengan bantuan Skincarisma. 

List ingredienst-nya sendiri sebagai berikut: 

Aqua, Glyceryl Stearate, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Olea Europaea Oil Unsaponifiables, Sodium Cocoamphoacetate, Stearic Acid, PEG-100 Streate, Prunus Armeniaca Seed Powder, Olive Oil PEG-7 esters, Carbomer, Aminomethyl Propanolol, Tetrasodium EDTA, Fragrance, Nigella Sativa Seed Oil, Perfluorodecalin,4-butylresorcinol, Phenoxyethanol, Methylparaben.

Hasil analisis di Skincarisma menyebutkan kalau Safi White Expert Deep Exfoliator ini rupanya memang cenderung lebih cocok untuk pemilik dry skin seperti saya. Dari list ingredients di atas, ada beberapa list ingredients yang memang berfungsi sebagai emollient. Emollient merupakan sebutan untuk zat-zat yang memiliki fungsi untuk melembapkan kulit dengan cara mengisi bagian-bagian kering di kulit dengan zat yang melembapkan sehingga kulit jadi kembali lembap serta lembut. Nah, beberapa kandungan yang memiliki fungsi sebagai emollient ini antara lain adalah: Glyceryl Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Olea Europaea Oil, Olive Oil PEG-7 Esters, dan Nigella Sativa Seed Oil. Beberapa kandungan yang berfungsi sebagai emollient tersebut mendominasi list ingredient Safi White Expert Deep Exfoliator bahkan berada di list awal sehingga persentasenya cukup besar. 


Bagus untuk Kulit Kering, Tetapi Gimana untuk Kulit Berminyak?


Karena mengandung bahan yang berfungsi sebagai emollient, nggak heran setelah menggunakan face scrub ini kulit saya tidak terasa kering. Justru ada efek lembap dan halusnya yang jarang saya temukan di produk physical exfoliator. Walaupun performa face scrub ini bagus di kulit saya yang normal to dry, tapi ternyata Safi White Expert Deep Exfoliator ini nggak recommended untuk temen-temen dengan kulit berminyak, memiliki fungal acne, dan sensitif. 

Walaupun nggak ada klaim produk ini hanya untuk kulit normal to dry, tetapi beberapa ingredientsnya memang bisa memicu masalah pada kulit berminyak. Misalnya kandungan Stearic Acid yang bisa dibilang bad for oily skin sekaligus bisa memicu fungal acne dan masih ada beberapa kandungan lain yang memang berisiko memicu fungal acne. Apalagi produk ini disertai micro scrub yang tentunya bersifat abrasif untuk temen-temen dengan kulit berjerawat atau kulit yang sensitif. 

My Own Review


Setelah mempelajari kandungan di dalam produk Safi White Expert Deep Exfoliator sekaligus memakainya secara rutin selama kurang lebih 2,5 bulan saya pun punya beberapa poin yang pengen dishare di sini: 

1. Safi White Expert Deep Exfoliator hadir dengan butiran scrub dari biji buah aprikot. Butiran scrubnya tidak harsh di kulit saya. Sehingga aktivitas scrubbing pun nggak menyiksa kulit. Meski begitu, micro scrub ini mungkin terasa nggak nyaman kalau mengenai kulit yang sedang berjerawat. So, kalau kulitmu berjerawat, please think twice ya! 



2. Mengandung banyak emollient agent yang bagus untuk kulit kering karena memberikan efek lembap di kulit sekalipun habis scrubbing. Sebenarnya emollient agent juga bagus untuk kulit berminyak so yang membuat scrub ini kurang direkomendasikan untuk kulit berminyak itu bukan karena kandungan emollient agent-nya, tetapi karena stearic acidnya. 

3. Salah satu komposisi yang membuat saya kurang suka dengan scrub ini adalah kandungan parfum-nya. Saya sedikit sensitif dengan produk skincare yang mengandung parfum. Biasanya efek yang langsung saya rasakan itu memperparah kondisi kulit jadi semakin kering. Untungnya efek itu nggak terasa di kulit saya karena mungkin sudah teratasi dengan banyaknyak emollient agent dalam produk ini. 

4. Apakah produk ini recommended menurut saya? Ehm, kembali lagi ke masalah kulit masing-masing. Kalau di kulit normal to dry seperti saya, scrub ini recommended. Tapi buat kamu yang punya masalah jerawat, saya lebih menyarankanmu untuk mencoba chemical exfoliator seperti Avoskin Miraculous Refining Toner aja yang secara tekstur lebih aman dan lebih gentle. Plus, untuk yang menghindari kandungan paraben, face scrub ini masih mengandung paraben walaupun ada di list paling akhir. Jadi apakah produk ini recommended for all skin type? Tentu saja tidak. 



Empat poin tersebut bisa dibilang rangkuman dari review saya setelah mencoba Safi White Expert Deep Exfoliator selama kurang lebih 2,5 bulan. Saya masih akan terus memakainya walaupun efek mencerahkan yang dijanjikan produk ini belum terasa. Tapi, selama efek mengangkat kotoran dan sel kulit mati sudah berfungsi, saya rasa saya punya alasan untuk mempertahankan produk ini dalam weekly skincare routine. Bila kamu sudah nyobain face scrub seharga 40 ribuan ini, please let me know your review! Let's share!

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. aq pakai juga nih, kulit aq berminyak tapi cocok loh gak timbul jerawat makanya aq pake terus, beda banget sama sebelumnya aq pake st ives apricot scrub sekali pake langsung jerawat timbul di muka dan bener wanginya enak banget kalau abis pake ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya.... Pake ini malah cocok ya mbak. Aku malah blm pernah yg st. Ives. Iya aku juga suka sama wanginya

      Hapus
  2. Makasih reviewnya, sepertinya buat saya cocok deh

    BalasHapus