Something Makes Happy: Menata Ruang Tamu #OmahHakim

By erny's journal - 21.34.00



Ada yang mampir di tulisan ini dan sudah follow saya di Instagram? Kalau ada, mungkin ada juga yang ngeh saya sering share foto rumah atau aktivitas di rumah dengan hashtag #OmahHakim dia akun Instagram pribadi. Yes, kali ini saya mau cerita tentang salah satu ruangan yang meaningful di #OmahHakim yang tidak lain dan tidak bukan adalah ruang tamu. 

Sudah lama saya hobi nyimpenin foto-foto inspirasi rumah dari Pinterest. Termasuk juga inspirasi ruang tamu. Saya mengidam-idamkan punya ruang tamu yang sederhana, ada sofa empuknya yang nyaman, dan cozy. Impian kami, ruang tamu itu beneran nyaman bagi kami menghabiskan waktu bersantai sampai tempat yang nyaman pula untuk tamu. 

Perjalanan mewujudkan ruang tamu impian ini tentunya panjang. Ada masa-masa cari inspirasi yang ujung-ujungnya bingung karena pengen ini dan itu. Ada pula masa-masa harus menahan diri agar bisa nabung dari kerja keras kami. Tapi di sisi lain, persiapan menata rumah ini menjadi salah satu semangat kami untuk bekerja lho. Bahkan kalau saya dan suami sedang suntuk atau nggak semangat kerja, tidak jarang kami ke mall hanya untuk masuk ke Informa. Ngapain? Ya, mau lihat-lihat aja furnitur di sana. Asli, Informa ini juga salah satu tempat yang memberikan banyak inspirasi rumah bagi kami. Plus, kami juga hafal sama kapan waktu diskon dan dapet contact petugas Informa saking seringnya main ke toko furnitur rumah satu ini.

https://id.pinterest.com/pin/283023157817466774/?nic=1

Dilihat-lihat dari foto-foto inspirasi rumah yang tersimpan di handphone kami, selera kami tentang menata rumah itu terpengaruh oleh gaya Jepang dan Korea.Warna putih dan hangat kayu bisa dibilang paling mendominasi selera kami.

Bulan Juli kemarin saya dan suami akhirnya pindah rumah ke Jogja. Rasanya excited sekali karena akan tinggal di rumah baru. Nggak dipungkiri, hal yang menyenangkan saat pindah rumah begini adalah kenyataan kalau impian kami menata rumah bakal bisa diwujudkan satu persatu. Dalam hal membeli furnitur rumah, saya dan suami nggak mau asal. Kami benar-benar memperdulikan banyak hal. Bisa dibilang faktor harga bukan yang pertama karena kami sangat mengutamakan kualitas dan kemungkinan life span barang. Apalagi ini furnitur kan, kalau nggak oke kualitasnya cepet rusak, pasti nantinya ribet buat beli lagi. Plus ribet juga ngebuang barang yang udah nggak layak.


Setelah survey ke toko furnitur ini dan itu, riset toko furnitur online juga, akhirnya kami memutuskan untuk membeli sofa, meja, dan printilan ruang tamu lainnya di Informa dan beberapa furnitur sisanya seperti side table kami beli secara online di IKEA. Ada beberapa pertimbangan kenapa kami memilih beli kebutuhan ruang tamu di Informa dan IKEA. Di antaranya:

  • Mudah menemukan store Informa di Jogja. Plus, saya bisa survey terlebih dulu harga barang yang diincar via website atau aplikasinya. 
  • Lengkap karena hampir semua isi ruang tamu rumah saya beli di Informa. Mulai dari sofa, cushion, meja, lampu, side table, dan printilan semacam toples hingga figura juga saya beli di sini. Jadi sekali jalan tuh bisa sekaligus beli ini dan itu. 
  • Beberapa produk incaran kami harganya lebih terjangkau di IKEA atau ada pula yang memang tidak tersedia di Informa. Jadilah beli di IKEA.
Saya memilih sofa 4 dudukan dengan warna cream yang sesuai dengan konsep ruang tamu impian saya. Sejujurnya, memilih sofa yang relatif besar ukurannya ini emang lumayan makan tempat. Tapi, jatuhnya double fungsi. Ada kalanya ada keluarga ramean ke rumah dan sofa ini mampu menampungnya. Bahkan nyaman juga buat dijadikan tempat tidur.

Selain ruang tamu, masih ada beberapa ruang di #OmahHakim ini yang sangat personal bagi saya. Misalnya dapur dan ruang makan. Next time saya mau cerita lagi yah. Saya baru sadar kalau ternyata menata rumah bisa memberikan efek happy pada diri saya. That's why saya sematkan "Something Makes Happy" di judul tulisan ini. Harapannya sih ini jadi tulisan pertama untuk series "Something Makes Happy" yang bakal saya share di blog ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar