Wedding Preparation: Menentukan Gaun untuk Resepsi

By erny's journal - 00.13.00

wedding dress inspiration, hijab wedding dress

Huah, nggak terasa lho ternyata pernikahan saya sudah 9 bulan berlalu. Padahal banyak sekali hal yang belum saya tuliskan di blog ini. Soalnya, sayang banget kalau nggak direkam memorinya di sini. Walaupun hari pernikahan itu istimewa, tetapi ingatan saya kan terbatas. Jadi, cepet lupa kalau hal-hal detil tidak dituliskan. Walaupun agak basi, tapi hari ini saya mau bercerita tentang menentukan gaun untuk resepsi. 

Di acara resepsi pernikahan saya pada Agustus, 2018 lalu, saya memilih color palette light grey dan navy blue sebagai panduan warna untuk gaun dan jas suami. Saya sengaja memilih warna itu karena tahun lalu warna abu-abu dan navy blue untuk baju resepsi belum banyak dipilih oleh pasangan lain. Di samping itu, saya sengaja menghindari warna gold, cream, khaki, dan pink yang rasanya semua pasangan selalu melirik warna ini sebelum memilih warna lain untuk gaun dan jas pernikahan mereka. 


Kurang lebih, beberapa foto di bawah ini adalah inspirasi color palette dan juga model gaun yang saya kumpulkan dari pinterest selama beberapa bulan.

inspiration from pinterest
inspiration from pinterest
Color palette dari Pinterest ini sangat membantu saya menentukan warna dari gaun dan jas untuk resepsi impian sih. Karena nggak perlu ribet kan, tinggal scroll dan temukan yang dirasa paling klik di hati. Saat menentukan color palette ini, saya juga menghindari warna putih untuk resepsi. Makanya, nggak sama persis dengan color palette di atas di mana mempelai perempuan memilih gaun berwarna putih. Saya sendiri justru memilih gaun berwarna light grey yang saat itu saya pikir bakalan lebih kepake nantinya. 

Saya memang memutuskan untuk membuat gaun pernikahan bukan menyewanya. Alasannya karena gaun di persewaan di Jogja modelnya gitu-gitu aja. Yang kedua, badan saya bentuknya pear dan agak susah cari yang pas. Ketiga, harga gaun yang saya taksir pasti over price dengan budget resepsi kami. Karena pertimbangan tersebut saya memilih untuk bikin gaun resepsi di tempat kenalan saya. Kebetulan banget saya punya kenalan seorang penjahit dengan background designer. Nah, dia ini juga punya banyak klien yang minta dibikinin wedding dress. Saat saya lihat portfolionya, saya juga langsung naksir dan yakin dia bisa mewujudkan wedding dress impian saya. Yang terpenting, ongkos jahitnya hanya 1 juta saja! 

Baca juga: Drama Kebaya Akad

Selanjutnya, saya pun mengumpulkan beberapa inspirasi dari Pinterest. Yes, lagi-lagi pinterest membantu saya mewujudkan pernikahan impian. Saya memilih model dress yang sekiranya bakalan kepakai untuk kesempatan lain. Maka dari itu, pilihan saya jatuh pada dress dengan model yang kurang lebih terinspirasi dari foto ini: 

Inspirasi gaun tampak depan
Detail dominan di bagian lengan
Tiga foto ini saya tunjukin ke desainer sekaligus penjahitnya. Karena judulnya inspirasi, maka hasil akhirnya nggak sama persis. Tentunya ada beberapa hal yang disesuaikan dari desainnya agar cocok dengan bentuk tubuhku. Dan, voila hasil akhirnya pun langsung sesuai dengan impian saya.

hijab wedding, wedding dress hijab, wedding dress inspiration
hijab wedding, wedding dress hijab, wedding dress inspiration
the details


Bagian roknya memang dibikin A Line, nggak sepan seperti di foto di atas. Model sepan seperti itu kurang cocok dengan bentuk tubuh saya. Lalu bagian wing-nya pun dibikin lepas pasang sehingga saat resepsi wing dipakai agar kesannya nggak terlalu simple. Namun untuk momen lain, saya bisa memakainya tanpa wing agar terkesan lebih casual. Secara keseluruhan, saya senang sekali dengan wedding dress ini. Makin senang saat dapet compliment dari tamu dan beberapa temen yang bilang dressnya bagus dan modelnya beda dari kebanyakan pengantin di waktu itu. Compliment sesederhana itu sangat berarti buat saya yang merancang pernikahan ini tanpa WO dan hanya dibantu oleh suami serta keluarga. Oiya, kalau ada yang penasaran siapa sih desainer dan penjahit gaun untuk resepsi saya, feel free untuk DM saya ya!








  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. cantikkk bangaet, dulu aq gak buat untuk wedding gown tapi sewa, hihihi

    BalasHapus
  2. I just found this article dan keren bangetttttt! Fotonya juga kece kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you untuk apresiasinya! Terima kasih juga udah baca hehe

      Hapus