Staycation & Cafe Hopping di Jogja

By erny's journal - 10.51.00

couvee jogja, couvee seturan jogja, couvee seturan

Pertengahan April lalu saya dan suami memutuskan untuk staycation di salah satu hotel di Jogja. Selain untuk reward ulang tahun masing-masing, short vacation ini juga menjadi salah satu solusi buat kami yang merindukan jalan-jalan berdua, tetapi nggak perlu ambil cuti. Soalnya emang bener sih, hari-hari kami di rumah tuh walaupun cuma berdua, tapi seringnya nggak bisa fokus sama satu sama lain. Suami masih mengerjakan pekerjaan freelance di rumah. Begitu pun dengan saya yang beberapa bulan terakhir sering membawa pekerjaan ke rumah. Kami pun merasa penat dan merasa perlu banget quality time berdua. Dalam momen staycation kali ini, kami sebenarnya juga sekalian pura-pura jadi turis di kota sendiri. Tahu sendiri kan, Jogja punya banyak sekali destinasi wisata? Dan, jujur kami tuh jarang banget eksplor wisata di Jogja. Jadilah 3 hari 2 malam staycation kali ini dihabiskan untuk mengunjungi tempat wisata dan juga cafe hopping. 

Menginap dua malam di GAIA Cosmo Hotel 

Saya dan suami memilih untuk menghabiskan long weekend di pertengahan bulan April lalu untuk staycation di GAIA Cosmo Hotel. Kenapa memilih hotel ini? Karena saya pernah melihat ruangan kamarnya yang punya interior menarik dan nggak monoton kayak hotel lain. Akhirnya kami memesan satu kamar deluxe di hotel ini. Setelah check in, kami beneran nggak kecewa memilih hotel ini. Untuk ukuran hotel bintang 3, harga per malam sekitar 800 ribuan untuk deluxe room memang agak mahal. Tapi begitu dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan, saya sih puas banget dan nggak ragu merekomendasikan hotel ini untuk kalian pilih juga saat nanti berkunjung ke Jogja. Seperti kata banyak orang di Google Review, hotel bintang 3 ini punya fasilitas dan pelayanan layaknya bintang 5. Karena itulah saya menyebut hotel ini recommended. 

review gaia cosmo hotel, hotel jogja, hotel recommended di Jogja

Yang saya suka dari hotel ini nggak lain ruangnya yang spacious, kamar mandi yang bersih, dan area washtafel yang semi terbuka terhubung dengan area tidur. Oiya, nggak lupa cahaya lampu di ruang kamar tersebut juga bagus dari segi penempatan sumber cahayanya hingga hasil akhirnya yang bisa dibikin terang maupun seredup yang kita butuhkan. Jadi hawanya nyaman, nggak sumpek karena saya pribadi emang lebih senang tinggal di kamar hotel dengan nuansa yang terang sehingga nggak singup kesannya. 

Mampir ke Situs Warungboto


situs warungboto jogja, wisata di jogja,

Salah satu destinasi wisata yang sering banget temen-temen saya dari luar kota tanyain akhir-akhir ini adalah Situs Warungboto. Situs Warungboto ini memang naik daun sejak Kahiyang prewed di sini. Kebetulan lokasinya nggak terlalu jauh dari hotel tempat kami menginap. Saya pun ngajakin suami ke sana biar kalau ada yang nanya ke saya soal Situs Warungboto ini saya bisa jawab. Nggak seperti sebelumnya, saya pasti bilang "wah belum pernah kesana" haha. 

Rupanya saya terlalu siang saat sampai di lokasi Situs Warungboto. Jam di handphone menunjukkan pukul 11.00 siang. Matahari sedang terik-teriknya dan situs ini sedang ramai-ramainya. Untuk berfoto di spot andalannya saja perlu antri. Jadilah saya mengurungkan niat untuk foto di spot tersebut. Saya dan suami memilih untuk berkeliling di situs ini dan mengambil foto di beberapa tempat yang tidak dipadati pengunjung. 

Menurut saya, best time untuk berkunjung ke sini itu pada pagi atau sore hari. Tapi, sepertinya saya lebih menyarankan kamu ke sini pagi hari saja karena hampir bisa dipastikan kalau sore hari bakalan lebih ramai lagi. Nggak heran sih karena lokasi dari situs ini tepat di pinggir jalan utama sehingga mudah dijangkau. Selain itu, tidak ada pemberlakuan karcis masuk atau dengan kata lain full gratis. Mendukung banget kan untuk take foto-foto buat diupload di feed atau seperti saya yang sengaja ke sini untuk take beberapa foto sunscreen yang nantinya bisa mendukung konten-konten review. 

Ngopi di TUJUAN


Dari Situs Warungboto saya mengajak suami untuk ngadem dan ngopi di salah satu cafe baru di daerah Jl. Prawirotaman. Nama cafe-nya Tujuan. Karena saya dateng saat hari Sabtu di waktu long weekend, cafe ini pun rame pengunjung. Siang itu perut kami masih sama-sama kenyang, akhirnya kami memilih untuk memesan signature kopi susu mereka dan juga mix plate sebagai camilan yang lumayan bikin tambah kenyang. 

tujuan cafe, cafe tujuan jogja, tujuan jogja

Karena saya pecinta kopi susu, saya excited banget untuk mencoba kopi susu mereka. Saat mencicipinya, saya langsung familiar dengan rasanya. Kopi susu yang menjadi signature dari cafe ini punya rasa yang sedikit berbeda dari kopi susu lain di Jogja. Rasanya cenderung light dan mirip dengan kopi susu ala ARABICA% yang saya coba saat ke Kyoto bulan Maret lalu. Karena rasanya light, kopi ini ramah di lidah orang-orang yang memang nggak begitu suka kopi susu dengan dominan rasa pahit seperti suami saya misalnya.

Oiya, poin lain yang bikin saya suka dengan cafe ini adalah interiornya yang unik dengan dominasi warna bold, tapi tetap nyaman di mata. Nilai plus lainnya, toiletnya bersih!
tujuan cafe jogja, review tujuan cafe

Menghabiskan Sore di Maison Daruma


Nilai plus menginap di GAIA Cosmo Hotel salah satunya adalah lokasinya yang cukup strategis. Plus, ada berbagai tempat makan sampai cafe menarik di sekitarnya. Sore itu, saya sempat meet up sama temen suami di Tujuan dan berniat jalan-jalan. Tapi karena jalanan macet luar biasa, kami mengurungkan niat. Saya dan suami pun berpisah dengan teman kami, lalu kami memilih menghabiskan sore di Maison Daruma, sebuah cafe cantik dekat tempat kami menginap. 

Awalnya tak ada rencana kemari, hanya saja perut kami sudah keroncongan luar biasa. Setelah mendatangi beberapa tempat makan recommended ala Google, tapi semuanya tutup. Akhirnya kami ke cafe ini untuk makan siang yang sudah kesorean. Menu makan yang mereka tawarkan sebenarnya belum begitu variatif, tetapi mereka sudah punya beberapa main menu yang menarik dan harganya pun terjangkau. Sore itu saya memesan menu rice bowl paru sambal matah dan suami memesan burger set. Untuk minumnya kami memesan es teh bunga telang. Untuk semua menu yang kami pesan tersebut totalnya tidak sampai 100 ribu! Padahal cafe ini punya suasana yang nyaman dan memanjakan banget buat yang hobi foto-foto.
cafe Maison Daruma, Cafe jogja

Waktu menunjukkan pukul 5 sore lebih saat kami memutuskan untuk kembali ke hotel. Karena tujuan utama kami memang mau staycation, percobaan kami menjadi turis pun nggak benar-benar sukses karena kami memilih untuk nggak ambisius mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada.

Baca juga: Sabtu Sore di Boerdjo Rakyat

Baca Buku dan Ngopi di Couvee Seturan


Hari Minggu kami harus check out sekitar pukul 12.00 siang. Saya dan suami sudah nggak ada agenda explore di sekitar hotel lagi. Kami memilih untuk menikmati sarapan yang enak-enak di GAIA Cosmo Hotel, lalu check out lebih awal karena ingin mampir ngopi di cafe Couvee Seturan.

FYI, Couvee merupakan nama cafe dengan varian kopi susu favorit saya. Makanya saya excited banget untuk dateng ke outlet barunya yang lebih lega dan cocok buat me time baca buku. Sayangnya, siang itu perut saya agak bermasalah sehingga saya memutuskan untuk memesan green tea latte sebagai teman membaca buku.

Well, liburan singkat di kota sendiri ternyata cukup menyenangkan walaupun agendanya nggak ambisius sama sekali. Yang terpenting, saya merasa bonding sama suami jadi makin erat. Maklum, kalau di luar begini kan kami komitmen untuk agak mengabaikan pekerjaan, jadi kami bisa ngobrol panjang, eksplor ini itu, dan juga saya dibantuin bikin konten foto haha. Makanya, cuma staycation aja kaya heboh banget nih fotonya, kaya habis liburan kemana! 

Mungkin temen-temen bisa juga memasukkan agenda cafe hopping kalau ke Jogja karena jujur banyak sekali cafe yang menjual menu kopi enak dan juga punya tempat ciamik di kota ini. Atau kalau bingung mau menentukan kemana aja saat liburan ke Jogja, ya bisa juga ngandelin paket wisata Jogja Traveloka karena vendor seperti Traveloka juga punya banyak rekomendasi wisata yang menarik dan terjangkau. Kalau kamu mau ke Jogja, kira-kira pengen ngapain aja?

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Seruuu ya di Jogja banyak tempat oke untuk di-explore. Aku udah lama banget nggak main ke Jogja, sekarang banyak tempat wisata yang bagus dan kafenya menarik yaaa, hihi. Thank you for sharing, Mba. Traveling berdua bareng suami gini emang kudu sering-sering, sebelum nanti punya anak lho :P

    BalasHapus
  2. Wah asik ya, jalan-jalan di Jogja. Itu hotelnya, Gaia Cosmo, lucu banget interiornya.

    BalasHapus
  3. Aduh aku jadi kangen Jogja lagi nih Erny, pengen eksplore kafe juga.

    BalasHapus