Lima Cafe Menarik di Jogja yang Layak Kamu Coba

By erny's journal - 23.06.00

rekomendasi cafe di Jogja, cafe jogja recommended

Coffee lovers, raise your hand! Nggak papa ya kali ini saya nulis tentang food & place lagi. Edisi ngebahas cafe-cafe di Jogja yang pernah saya cobain. Eh ada satu yang konsepnya cafe, tapi menu-menu makanannya vegetarian gitu.
Kalau ngikutin perkembangan cafe di Jogja, wah rasanya setiap hari ada saja kafe baru yang hadir menawarkan konsep-konsep menarik. Plus, saking menjamurnya bisnis kopi di Jogja, hampir setiap tikungan pasti ada cafe kekiniannya. Bagi temen-temen pecinta kopi yang sedang berkunjung ke Jogja, ini jadi kabar baik sih. Soalnya jadi punya banyak pilihan kan? Apalagi ke Jogja kayanya destinasi terbaik banget banget nggak sih? Tiket pesawat mahal, bisa naik kereta. Mau naik kereta juga gampang dan udah nyaman. Tinggal lihat jadwal naik kereta Bogowonto di Traveloka misalnya.
Dan berhubung saya tuh senang nyobain kopi, jadilah kali ini saya mau share lima cafe menarik di Jogja! Yuk, langsung simak dan bookmark yang menarik untukmu!

Tugu Lor Cafe



Saya baru tahu cafe ini sekitar pertengahan bulan Juni 2019 lalu. Awalnya karena ada temen dari Jakarta yang berkunjung ke Jogja dan pengen ketemuan di tempat yang nyaman enak untuk ngobrol. Setelah cari-cari referensi cafe yang ada di tengah Kota Jogja, Tugu Lor pun jadi pilihan. 

Yang bikin menarik cafe ini suasananya. Dikeliling banyak pohon rimbun dan berlokasi tepat di samping Hotel Tentrem cafe ini nggak cuma gampang diakses, tetapi juga nyaman untuk menghabis waktu bareng temen bahkan sampai kerja sekalipun. Menurut pengalaman, best time ke sini tuh siang hari. Soalnya semakin sore biasanya semakin ramai. Kalau malam, nuansanya cenderung remang-remang. Ramai sih, tapi agak kurang nyaman untuk saya.

Karena yang dijual suasananya, maka makanan dan minumannya jujur saja standar rasanya. Jadi emang suasananya yang bikin saya pengen balik lagi ke sana. Apalagi nih bagi pecinta suasana seger, nah ke sini deh.

Estuary Coffee



Cafe ini masih satu kawasan dengan Tugu Lor. Tapi, konsepnya berbeda walaupun dari segi harga minuman dan makanannya cenderung mirip. Lokasinya tepat di pinggir Kali Code di Jalan AM. Sangaji. Konsep cafenya sendiri lebih ke modern, tapi nggak minimalis. Spacenya luas jadi nggak sumpek. Areanya juga ada outdoor dan indoor. 

menu estuary coffee

Yang saya suka, cafe ini bisa dijadikan tempat meeting, workshop, kerja, ataupun sekadar ketemu temen untuk chill gitu. Terus untuk menu kopi dan makanannya juga enak. Sayangnya, cafe ini nyaris selalu ramai sehingga kurang nyaman untuk berlama-lama di sini. 

Couvee


Couvee ini mungkin kopinya setara Kopi Kenangan deh hitsnya. Awalnya konsep Couvee ini lebih ke take away. Outletnya kecil dan saking ramainya jadi kurang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong atau tempat kerja. Tapi karena demand yang meningkat, akhirnya Couvee buka cabang dengan outlet yang lebih besar dan juga lebih nyaman untuk kerja, ketemu temen, bahkan meeting.

Menu kopi favorit saya tiap kesana adalah Java dan untuk non-coffeenya saya suka green tea latte mereka. Untuk menu kopinya cenderung murah di kisaran 18K s.d 27K. Sayangnya di sini nggak ada menu makanan beratnya. Jadi lebih ke specialty coffee gitu. But, worth to go kalau kamu sedang ke Jogja. 

Tulip Cafe


Cafe yang satu ini mengingatkan saya pada Kim Soo di Bali. Bedanya, menu-menu makanan di sini mostly menu vegetarian. Seakan menjawab keinginan temen-temen vegetarian buat nongkrong cantik kan? 


Saat kesana, saya nggak nyobain menu kopinya. Saya justru memilih es teh bunga telang dan tomyam vegetarian. Semuanya enak dan terasa fresh. Nah, karena Tulip Cafe ini fotogenic banget setiap sudutnya, jadi jangan heran kalau orang-orang kemari untuk berfoto. Bahkan banyak juga brand fashion yang melakukan pemotretan di sini. 

Lalu yang pengen belanja home decor unik-unik juga bisa sekaligus belanja di sini. Beneran mirip Kim Soo hanya saja color palette cafe ini bukan monokrom, tapi lebih ke warna paste seperti tosca dan earthy tone lainnya. 


Marisini Coffee


photo credit @marisini.coffee

Pertama kali ke Marisini Coffee mengingatkan saya sama cafe di Ubud. Berlokasi di daerah Sleman Utara, Marisini Coffee ini menawarkan pemandangan cafe yang dikelilingi sawah. Ruangan indoornya hanya 30% dari keseluruhan cafe. Jadi, bisa dibilang 70%-nya itu outdoor area. 

Plusnya, kita bisa menikmati suasana persawahan, minusnya kalau dateng siang-siang biasanya terasa terik dan karena banyak area outdoor yang diperkenankan merokok, jadi ya untuk saya yang alergi asap rokok ini merasa kurang nyaman. Untungnya, menu makanan dan kopi di cafe ini relatif ini serta harganya terjangkau sehingga pengen balik lagi, pesen lagi. Bahkan saya sering gojekin es kopi susu papa yang jadi signature coffee mereka. 

photo credit @marisini.coffee

Misal ditanya dari lima cafe itu mana yang paling saya suka, jawaban saya adalah Marisini. Cafe ini ramai sih, tapi masih nyaman dan makanan serta minumannya enak dengan harga relatif murah. Best time-nya kemari di jam-jam 4 s.d 6 sore. 

Nah, kalian ada agenda ke Jogja? Jangan lupa mampir di salah satu cafe itu ya!

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Wah sayang bacanya pas dah di Jakarta lagi. Mau ah nyobain kalau balik Jogja lagi :D

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah semuanya hehehe tapi yang paling penasaran marisini, walaupun kayaknya hampir menyatu sama sawah gitu tapi keliatanya unik banget, masuk wishlist kalau ke jogja

    BalasHapus
  3. Aku kok tergoda ke Tugu Lor Cafe ya? kelihatannya emang yang dijual suasananya, kayaknya rela kalau makanannya standart demi feed instagram hehehehe

    BalasHapus